Makanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: Coklat Putih vs Coklat Hitam ?

Coklat yang digemari banyak orang, mulai dari anak kecil, orang dewasa, bahkan lansia. Berdasarkan penelitian, coklat, terutama coklat hitam mampu merangsang produksi endorphin yaitu sebuah bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Selain itu, kandungan serotonin, antidepresan dan rasa manis yang ada pada coklat dapat meningkatkan mood seseorang menjadi naik atau bahagia loh!.

Itulah mengapa coklat sering kali dijadikan sebagai salah satu simbol untuk mengekspresikan kasih sayang kepada orang terdekat, baik itu pacar, sahabat atau teman, orang tua, dan orang-orang disekitar kamu. Selain rasanya yang nikmat, coklat juga dapat meningkatkan suasana hati orang yang mengkonsumsinya.

Dari sekian banyak orang yang menyukai coklat, ada juga beberapa diantaranya yang menghindari makan terenak ini. Karena coklat mengandung kalori yang banyak sehingga cepat menaikkan berat badan kamu.Namun, sepotong cokelat bisa jadi makanan sehat jika dikonsumsi secukupnya. Meskipun mengandung banyak kalori, sepotong cokelat juga memiliki banyak manfaat kesehatan.  

Salah satu manfaatnya adalah membantu mengurangi kenaikan berat badan yang disebabkan oleh stres. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi coklat hitam dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh secara keseluruhan. Ini karena cokelat hitam mengandung lebih sedikit gula dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Jadi, coklat yang mana ya yang bagus untuk dikonsumsi ? apakah putih atau coklat hitam ? yuk simak penjelasannya di artikel kali ini.

Coklat putih 

Coklat putih adalah manisan coklat, berwarna gading pucat, terbuat dari mentega kakao, gula, padatan susu, dan terkadang vanila. Coklat putih tidak mengandung padatan kakao, seperti yang ditemukan pada jenis cokelat lain, seperti cokelat susu dan coklat hitam.

Karena rasanya yang manis membuat coklat putih ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat cake atau kue dan bahan eksperimen ahli pastry. Baca juga: Pilih mana : Beras Shirataki vs Beras Basmati ?

Manfaat coklat putih 

  • Mengandung kalsium, memiliki kandungan kalsium yang bisa mencapai 169 miligram. Karena tubuh manusia memerlukan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi, serta mendukung fungsi normal jantung, otot dan saraf.
  • Antioksidan, tanaman ini dikenal memiliki kandungan senyawa organik yang berfungsi sebagai antioksidan salah satunya flavonoid. Karena senyawa organik ini pula, coklat putih juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.
  • Mengatur kadar kolesterol, Konsumsi coklat putih bisa menaikkan kadar kolesterol baik atau hiper density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat alias low density lipoprotein (LDL). Coklat putih juga membantu penyerapan vitamin dari asupan makanan dan mampu mencegah penyakit jantung koroner.

Kelebihan mengkonsumsi coklat putih 

  • Mengurangi resiko kanker payudara

Beberapa riset telah membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat putih dapat mengurangi resiko kanker payudara loh guys. Memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Meningkatkan perasaan bahagia

Coklat yang terbukti bisa menaikkan mood kamu jika kamu mengkonsumsinya. Coklat putih mampu menyelamatkan orang dari ‘hari yang buruk’. Cokelat membantu tubuh memproduksi hormon yang baik bagi tubuh.

  • Meningkatkan daya ingat

Kandungan flavonoid pada coklat dapat menyehatkan otak, khususnya terkait daya ingat. Flavonoid menata kembali formasi ingatan khususnya ingatan jangka panjang. Orang yang makan coklat putih dapat jauh dari penyakit demensia. Demensia diketahui mengakibatkan hilangnya ingatan jangka panjang maupun jangka pendek penderitanya.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Coklat putih yang tinggi akan kandungan dopamin bisa berfungsi sebagai anestesi pada otak, sehingga tidur bisa lebih tenang dan nyenyak. Jadi buat kamu yang susah tidur, kamu bisa mengkonsumsi coklat putih agar kamu bisa lebih tenang dan bisa tertidur dengan nyenyak.

Kekurangan mengkonsumsi coklat putih 

  • Beresiko kerusakan pada gigi

Rasa coklat yang manis membuat kamu akan ketagihan untuk menikmati dan terus menikmati coklat. Namun jika kamu terlalu banyak mengkonsumsinya dan tidak menggosok gigi, kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan pada gigi seperti sakit gigi dan gigi berlubang.

  • Kelebihan asupan gula

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi coklat kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah yang cukup serius. Apalagi yang memiliki penyakit diabetes yang dimana penyakit ini tidak bisa diobati dan memicu kematian.

  • Kadar kalium yang tinggi

Cokelat termasuk dalam makanan dengan kadar kalium yang tinggi. Meski terlihat baik, tingginya kadar kalium ini bisa membahayakan penderita penyakit ginjal atau penyakit adrenal karena bisa membuat kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Cokelat juga bersifat asam yang tentu akan membuat lambung mengalami peningkatan produksi asam lambung jika dikonsumsi berlebihan.

Coklat hitam 

Coklat Hitam adalah suatu bentuk coklat yang mengandung padatan kakao dan mentega kakao, tanpa susu atau mentega yang terdapat pada coklat susu. Standar pemerintah dan industri tentang produk yang mungkin diberi label “Coklat hitam” berbeda-beda menurut negara dan pasar.

Dengan demikian, coklat hitam berpotensi memiliki sedikit dampak pada penambahan berat badan dibandingkan susu coklat. Terlepas dari manfaat dark chocolate, secara teratur mengkonsumsi salah satu dari produk ini bisa menyebabkan kamu menjadi gemuk.

Manfaat mengkonsumsi coklat hitam 

  • Menjaga gula darah tetap stabil
Lihat juga:  Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Putih?

Beberapa riset membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat menjaga gula darah agar tetap stabil dan memperbaiki kinerja hormon insulin.

  • Menurunkan resiko penyakit jantung

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung adalah memiliki tekanan darah tinggi serta kolesterol berlebih. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi coklat hitam bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi pada coklat hitam terlihat bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Melindungi tubuh dari paparan radikal bebas

Memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti coklat hitam, maka kesehatan tubuh pun dapat terjaga.

Kelebihan mengkonsumsi coklat hitam 

  • Meningkatkan perasaan bahagia

Tidak hanya rasanya yang sangat enak tetapi juga bisa membantu perbaikan hormon kamu. Dimana jika mood kamu tidak bagus disarankan untuk mengkonsumsi coklat hitam agar kamu kembali bahagia lagi hehe.

  • Mengatasi stress

Ada banyak hal yang bisa membuat kamu stress, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, hingga hubungan dengan pasangan. Jika sudah demikian, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil ngemil coklat hitam.

Menurut penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat meredakan stres, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood. Jika kamu mengkonsumsinya secara rutin tiap hari selama 2 minggu, makan coklat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

  • Memelihara kecantikan kulit

Bagi kamu yang baru tahu bahwa coklat hitam bisa memelihara kecantikan kulit, kamu sangat beruntung sudah membaca artikel ini. Terdapat kandungan antioksidan flavonoid pada coklat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini kulit.

Coklat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam produksi kolagen. Protein ini memiliki peran penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

Kekurangan mengkonsumsi coklat hitam 

  • Meningkatkan berat badan

Beberapa jenis coklat mengandung gula tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan. Jadi, pilihlah coklat hitam dengan 70 persen kakao. Coklat hitam membantu meningkatkan metabolisme, mencegah lonjakan insulin, dan membuat kamu merasa kenyang. 

Itulah kenapa mengkonsumsi coklat hitam dapat meningkatkan berat badan kamu sehingga jika kamu menjalankan program diet dijamin gagal hehe.

  • Masalah pada jantung

Dark coklat memang memiliki manfaat besar bagi jantung, tetapi kafein yang dikandungnya dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur pada individu yang rentan.

  • Beresiko kerusakan pada gigi

Jika kamu tidak bisa mengontrol untuk mengkonsumsi coklat tersebut maka kemungkinan terjadi kerusakan pada gigi, dan gusi membengkak. Apalagi kamu tidak menggosok gigi yang akan menyebabkan gigi kamu sakit.

Coklat Putih vs Coklat Hitam

Keterangan Coklat Putih Coklat Hitam
Kelebihan - Mengurangi resiko kanker payudara - Meningkatkan perasaan bahagia - Meningkatkan daya ingat - Meningkatkan perasaan bahagia - Mengatasi stress - Memelihara kecantikan kulit
Kekurangan - Beresiko kerusakan pada gigi - Kelebihan asupan gula - Kadar kalium yang tinggi - Meningkatkan berat badan - Masalah pada jantung - RBeresiko kerusakan pada gigi

Kesimpulan 

Tidak berlaku untuk semua coklat, hanya ada beberapa jenis coklat saja. Untuk itu jangan memilih coklat yang mengandung gula tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan. Jadi, pilihlah coklat hitam dengan 70 persen kakao. Coklat hitam yang membantu meningkatkan metabolisme, mencegah lonjakan insulin, dan membuat kamu merasa kenyang. Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi coklat putih sama halnya dengan coklat hitam, intinya kamu harus mengontrol konsumsi coklat agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu ya, terima kasih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Coklat Putih vs Coklat Hitam

VS

Leave a Reply