HomeMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Comotomo atau Pigeon?

Susu formula merupakan susu penunjang untuk bayi yang tidak bisa diberikan secara berlebihan. Tetap saja ASI senantiasa yang menjadi nomor satu, namun seiring berjalannya waktu, bayi pun juga mesti diajari untuk mengkonsumsi makanan selain ASI. Nah, inilah alasan botol susu amat efektif dipakai sebagai pengganti ibu.

Saat ini sudah banyak merek botol susu yang bisa membantu para ibu salah satunya seperti Comotomo dan Pigeon. Kedua merek botol susu ini sudah berpengalaman dibidangnya selama puluhan tahun. Jadi para ibu tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitas dari keduanya.

Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Comotomo dan Pigeon agar bisa para ibu jadikan referensi dalam memilih botol susu untuk si kecil. Stay tune ya moms!

Comotomo

Comotomo Natural Feel Baby Bottle adalah botol susu berbahan silikon yang didesain menyerupai payudara ibu, bisa dipakai untuk asi perah, formula, dan minuman lainnya. Baca juga Pilih Mana: Tommee Tippee atau Pigeon?

Botol ini juga mempunyai anti colic vent system yang membuat bayi bisa minum tanpa menelan udara. Perihal ini mencegah sakit perut yang sering menyebabkan bayi menangis dan susah tidur terutama pada malam hari.

Bahan botol yang lembut seperti kulit memudahkan bayi untuk menyusu dari botol sehingga bayi tidak bingung. Desainnya juga memudahkan susu mengalir dengan lancar ke dalam mulut anak.

Tekstur botol silikon yang lembut memudahkan bayi untuk memegang botol, meningkatkan kemampuan motorik bayi, dan aman apabila sampai tidak sengaja terjatuh mengenai wajah bayi atau bahkan jatuh ke lantai.

Comotomo adalah brand botol bayi dari Amerika Serikat (USA). Botol bayi Comotomo merupakan best-seller di Amerika dari jutaan SKU serta produk botol bayi yang ditawarkan di USA marketplace. Comotomo dijual dalam 2 warna yakni Pink dan Hijau, 2 ukuran yakni 150 ml dan 250 ml dalam Single Pack Twin Pack.

Kelebihan Comotomo

  • Dibuat dari material yang aman
    Semua material yang dipakai pada botol ini aman untuk kesehatan kecil, BPA Free, dan memenuhi standar kualifikasi FDA. Mayoritas botol ini dibuat dari bahan silikon yang notabene lebih aman dibandingkan material plastik BPA Free.
  • Desain yang menarik
    Didesain untuk mengurangi resiko bingung puting dan bahannya yang lembut“ natural- feel” saat dipegang oleh baby dia akan memegang sesuatu yang lembut sebab dibuat dari bahan silikon yang notabene fleksibel (elastis) dan mendekati sifat kulit tubuh manusia. Dengan ini diharapkan bayi mendapat sensasi sama ketika nenen langsung dengan ibu.
  • Awet dan tahan lama
    Dibuat dari silikon yang relatif lebih tahan terhadap panas sehingga aman direbus/ sterilisasi, microwave-safe, dan dishwasher-safe. Cocok untuk pemakaian jangka panjang.

Kekurangan Comotomo

  • Sulit ditemukan
    Kekurangan pertama dari Comotomo yaitu cenderung sulit ditemukan. Tidak semua toko perlengkapan bayi menyediakan Comotomo. Hal ini tentu membuat para Ibu menjadi kewalahan, namun saat ini sudah banyak dijual secara online.
  • Harga mahal
    Kekurangan selanjutnya adalah harga yang mahal. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk para ibu. Namun itu semua sesuai dengan fitur dan manfaat yang diberikan oleh Comotomo.
  • Terlalu lembut
    Kekurangan terakhir dari Comotomo adalah tekstur bahannya yang terlalu lembut membuat si kecil menjadi senang menggigit daripada menyedotnya dan lama-kelamaan melepasnya.
Varian Botol Susu Comotomo KeteranganHarga (per September 2019)
Comotomo botol susu silikon anti jatuh Produk ini dibuat dari silikon yang nyaman digenggam sehingga tidak mudah jatuh saat digenggam oleh si kecil.Rp. 120.000 ukuran 250 ML
Comotomo baby bottleComotomo Natural Feel Baby Bottle adalah botol susu berbahan silicone yang didesain menyerupai payudara ibu, bisa digunakan untuk asi perah, formula, dan minuman lainnya.

Rp. 260.000 ukuran 150 ML isi 2 buah

Pigeon

Pigeon dibuat di Jepang pada tahun 1957 oleh Yuichi Nakata dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para ibu di seluruh dunia dengan memproduksi produk-produk dengan kualitas tinggi, tahan lama dan user-friendly untuk bayi dan toddlers.

Sejak dimulai, perusahaan telah tumbuh secara mantap serta mempunyai merek yang kuat di lebih dari 40 negara, dengan anak perusahaan di Singapura, Cina dan Amerika Serikat.

Saat ini ini, Pigeon merupakan pemimpin pasar dalam produk-produk bayi dan ibu. Tidak hanya memproduksi botol, perusahaan juga memproduksi dot, pompa payudara, baby toiletries, popok, tissue basah, mainan dan berbagai produk untuk orang-orang lanjut usia.

Untuk mendukung kesehatan dan kenyamanan hidup tiap hari untuk bayi dan para orangtua, Pigeon memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam aspek kehidupan sehari-hari melalui sentuhan produk-produknya. Fokus pigeon yang terletak pada pembentukan kenyamanan telah membuat pigeon jadi opsi yang dipercaya oleh para orangtua di seluruh dunia.

Pigeon menempatkan kepentingan yang tinggi di atas keyakinan dari jalinan ikatan secara individu dengan para konsumen produk dalam rangka memberikan kualitas yang terbaik produk perawatan bayi bagi para orangtua.

Pigeon membuat berbagai cara untuk menggabungkan pemenuhan akan perawatan hidup dan menawarkan produk perawatan anak yang berkualitas tinggi melalui penanganan hubungan yang erat dengan para konsumen.

Kelebihan Pigeon

  • Nyaman dipakai
    Bentuk dot ini bisa dikatakan ideal sebab dibuat menyerupai bentuk payudara ibu. Permukaan dot bertekstur sehingga bibir dan lidah bisa menempel dengan mudah. Dot yang lebar berfungsi untuk mencegah rembesan susu keluar dan udara masuk ke dalam mulut bayi. Dot ini berbahan silikon lembut yang membuat si kecil nyaman saat menyusui.
  • Sistem Ventilasi Udara (Air Ventilation System/AVS)
    Sistem Ventilasi Udara (Air Ventilation System/AVS) membantu menyesuaikan tekanan udara di dalam botol. Terdiri dari proyeksi yang dikonsep secara khusus pada bagian dasar serta pada bagian atas nipple-nya, sehingga susu mengalir lancar ke mulut bayi. Penyesuaian tekanan udara pada bagian dalam botol meminimalisir masuknya udara selama proses menyusu.
  • Mudah ditemukan
    Berbeda dengan Comotomo, Pigeon cenderung lebih mudah ditemukan di toko-toko peralatan bayi, mall, supermarket dan toko-toko online lainnya. Harga yang disematkan pun juga cukup ekonomis.
Lihat juga:  Pilih Mana: Jotun atau Dulux?

Kekurangan Pigeon

  • Desain kurang variatif
    Kekurangan pertama dari Pigeon yang pertama yaitu tidak dilengkapi dengan gambar, sehingga terlihat sedikit membosankan sebab cuma warna ring botol saja yang membedakan variannya.
  • Nipple atau dot mudah tersobek
    Kekurangan selanjutnya yaitu dot yang yang mudah sobek. Meski lembut dan kenyal, namun nipple pada botol susu Pigeon mudah robek, terutama bagi bayi yang baru tumbuh gigi. Mereka biasanya suka menggigit dan menyebabkannya nipple robek. Sehingga, ibu memerlukan nipple cadangan sebagai penggantinya.
  • Sulit dibersihkan
    Botol susu Pigeon sulit dibersihkan, terutama bila ASI ibu banyak mengandung lipase. Bukan cuma itu, botol tersebut semakin susah bersih bila meletakkannya di dalam satu sink yang sama dengan peralatan masak lainnya, terutama setelah memasak dengan minyak. Ibu wajib mencucinya dengan tepat, supaya botol tersebut tidak lagi licin.
Varian Botol Susu PigeonKeteranganHarga (per September 2019)
Pigeon Bottle StandardAdanya regulator susu digunakan untuk mengatur aliran susu agar sesuai dengan irama isapan bayi, mencegah agar bayi tidak tersedak. Dibuat dari bahan Polypropylene, yang kuat, ringan, dantidakmengandung Bisphenol-A (BPA) Rp. 30.000 ukuran 240 ML
Botol Susu Pigeon BPA FreeBotol susu ini yang memiliki harga yang sangat murah dan mudah untuk kau dapatkan. Dengan adanya label BPA free pada kemasan lua botol membuat daya tarik bagi para ibu.Rp. 25.000 ukuran 240 ML
Pigeon Botol Wide NeckTerbuat dari bahan PP (Polypropylene) yang tidak mengandung BPA (Bisphenol-A). Dilengkapi dengan Ultra Soft Silicone (Peristaltic) nipple. Memiliki banyak varian warna. Rp. 60.000 ukuran 160 ML

Bagaimana tips memilih botol susu yang aman?

Banyak botol susu dan dot dengan berbagai model dan merek yang dijual di Indonesia. Botol susu dan dot tersebut didesain sedemikian rupa untuk memudahkan bayi dalam menyusu dengan botol.

  1. Pilih bahan botol susu yang aman
    Ada berbagai macam botol susu yang terbuat dari berbagai macam bahan yang berbeda. Botol susu umumnya dibuat dari bahan kaca, silikon, plastik, dan stainless steel. Namun, kebanyakan yang dijual yaitu botol susu dengan bahan plastik. Bahan plastik memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan bahan lainnya.
  2. Pilih bentuk botol susu yang sesuai
    Terdapat berbagai bentuk botol susu yang dijual. Ada yang berbentuk lebih tinggi, lebih pendek, dan ada juga yang lurus dan melengkung. Ini tergantung dari kesukaan kamu dan bayi. Memilih botol susu dengan bentuk yang memudahkan bayi untuk memegangnya.

Bagaimana tips memilih dot bayi?

Sama seperti botol susu, dot bayi juga tidak asal-asalan untuk dipilih. Terdapat berbagai jenis dan bentuk dot bayi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi kamu. Berikut tips nya.

  1. Pilih bahan dot
    Dot bayi umumnya terbuat dari lateks atau silikon. Dot dari bahan lateks umumnya lebih lembut dan fleksibel, namun penggunaannya tidak bisa bertahan lama. Dalam sebagian kasus, bayi bisa memiliki alergi terhadap bahan lateks. Sedangkan, dot dari bahan silikon lebih kuat dan lebih tahan lama.
  2. Pilih bentuk dot
    Umumnya dot bayi berbentuk seperti lonceng atau kubah. Ada juga dot ortodontik yang didesain menyesuaikan dengan langit-langit dan gusi bayi. Dot ini mempunyai ujung bola yang lebih datar dan bertumpu pada lidah bayi. Dot dengan ujung datar atau lebar lebih mirip seperti puting payudara ibu, sehingga bayi lebih nyaman.
  3. Pilih ukuran dan aliran dot
    Tidak hanya bentuknya, perihal lain yang mesti dicermati saat memilih dot bayi yaitu ukuran dan alirannya. Terdapat dot yang mempunyai aliran lebih lambat dan lebih cepat. Bayi prematur atau bayi baru lahir membutuhkan ukuran dot terkecil dengan aliran yang lebih lambat.

Pilih Mana: Comotomo atau Pigeon?

Comotomo Pigeon
Kelebihan - Dibuat dari material yang aman - Desain yang menarik - Awet dan tahan lama - Nyaman dipakai - Sistem Ventilasi Udara (Air Ventilation System/AVS) - Mudah ditemukan
Kekurangan - Sulit ditemukan - Harga mahal - Terlalu lembut - Desain kurang variatif - Nipple atau dot mudah tersobek - Sulit dibersihkan

Kesimpulan

Setelah kita membahas mengenai Comotomo dan Pigeon diatas tadi bisa disimpulkan bahwa kedua merek botol susu untuk bayi ini memiliki manfaat yang baik dalam memudahkan para Ibu memberikan susu untuk si kecil. Namun saya lebih merekomendasikan Pigeon karena memiliki produk yang banyak selain botol susu. Sehingga keperluan si kecil bisa dengan mudah didapatkan dalam 1 produk saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Comotomo vs Pigeon

VS

Leave a Reply