Kecantikan

Pilih Mana: Concealer atau Foundation?

Memiliki penampilan yang menarik merupakan hampir kebutuhan semua wanita. Namun, memiliki warna kulit wajah yang tidak merata serta memiliki bintik-bintik hitam pada wajah dapat membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Untuk membantu memaksimalkan penampilan dan menutupi noda hitam pada wajah Anda dapat memilih untuk menggunakan concealer ataupun foundation. Manakah yang memiliki fungsi paling baik? Concealer atau foundation?

Concealer merupakan salah satu makeup yang banyak digunakan karena dapat membantu menutupi berbagai noda pada wajah. Concealer dipakai hanya pada bagian-bagian wajah tertentu saja. Sedangkan foundation merupakan alas bedak yang sering dipakai pula untuk meratakan warna kulit dan menutupi noda pada wajah. Foundation diaplikasikan pada seluruh permukaan wajah sebagai alas beda. Baca juga: Bedak Padat vs Bedak Babur.

Concealer

Concealer atau color corrector adalah jenis kosmetik yang digunakan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, bintik-bintik hitam karena usia, pori besar, serta kekurangan kecil lainnya yang terlihat di kulit wajah. Concealer ini tidak diaplikasikan ke seluruh bagian wajah, melainkan ke bagian tertentu saja.

Kelebihan Concealer

Berikut beberapa kelebihan concealer yang perlu Anda ketahui:

  • Menutupi Lingkaran Hitam dan Bintik Hitam pada Wajah

Manfaat yang diberikan concealer untuk wajah adalah dapat menutupi lingkaran hitam pada bawah mata serta menutupi bintik hitam berupa flek ataupun bekas jerawat. Tidak seperti foundation yang langsung diratakan pada seluruh permukaan wajah, concealer hanya diaplikasikan pada tempat-tempat khusus yang membutuhkan. Concealer juga memiliki tekstur yang lebih kental daripada foundation. Warna yang dimiliki concealerpun berbeda dengan warna foundation. Karena diaplikasikan ke seluruh bagian wajah, warna foundation biasanya mengikuti warna kulit wajah. Sedangkan foundation memiliki warna-warna lain seperti kuning, hijau, ungu dan warna lain yang memiliki fungsi khusus untuk menyamarkan noda. Warna tersebut digunakan sesuai dengan jenis noda. Intinya, concealer lebih detail dalam hal menutupi noda.

  • Dapat Berfungsi untuk Membentuk Alis

Selain digunakan untuk menutupi lingkaran hitam dan noda hitam pada wajah. Concealer juga memiliki fungsi untuk membantu merapikan dan membentuk alis. Concealer bisa menambah efek alis kamu agar terlihat lebih terbentuk dan berisi. Untuk efek lebih tebal, gambar dulu alis kamu seperti biasa, bisa pakai pensil alis atau eyeshadow warna gelap. Setelah alis dibentuk, aplikasikan concealer 2 warna lebih terang dari kulit wajah Anda dibawah alis. Lebih tepatnya, dari bagian ujung mata paling dalam sampai ke bagian ujung alis. Cara ini dapat membuat mata Anda lebih terbuka dan Anda akan terlihat lebih segar.

  • Dapat Menjadi Base Makeup

Concealer bisa juga berfungsi sebagai base makeup untuk bibir dan mata Anda. Agar lipstick Anda terlihat lebih terang saat dipakai, Anda dapat menggunakan concealer terlebih dahulu pada bibir sebagai kanvas putih (base makeup). Terakhir, aplikasikan lipstik. Hasilnya, Anda akan mendapatkan warna lipstik yang lebih tegas dan dramatis.

Kekurangan Conceler

Berikut beberapa kekurangan concealer yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyebabkan Kerutan di Bawah Mata

Penggunaan concealer di bawah mata secara terus menerus tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit. Anda perlu membersihkan wajah setelah berhias. Lupa mencuci muka setelah menggunakan concealer di bawah mata dapat mengakibatkan adanya kerutan di bawah mata. Kulit juga membutuhkan istirahat sehingga wajah perlu dibersihkan dari sisa-sisa makeup.

  • Harus Dilakukan dengan Teliti

Menggunakan concealer untuk menyamarkan noda pada wajah harus dilakukan dengan cara yang teliti dan detail. Hal ini dikarenakan setiap noda harus diberikan warna yang sesuai. Concealer dengan warna kuning memiliki fungsi yang berbeda dengan warna hijau, merah dan ungu. Maka dari itu, Anda memerlukan ketelitian menggunakannya.

  • Hanya Berfungsi Menutupi Kekurangan kecil Pada Wajah

Concealer hanya memiliki fungsi untuk menutupi kekurangan-kekurangan kecil pada wajah. Sebelum memakai concealer Anda tetap perlu menggunakan alas bedak seperti foundation dan lain sebagainya untuk meratakan warna kulit terlebih dahulu.

Kelebihan ConcealerKekurangan Concealer
- Menutupi lingkaran hitam dan bintik hitam pada wajah- Dapat menyebabkan kerutan di bawah mata
- Dapat berfungsi untuk membentuk alis- Harus dilakukan dengan teliti
- Dapat menjadi base makeup-Hanya berfungsi menutupi kekurangan kecil pada wajah

Foundation

Foundation adalah make up dengan warna seperti kulit yang diaplikasikan ke wajah. Fungsi foundation adalah untuk menyeragamkan dan meratakan warna kulit serta menyamarkan kekurangan. Foundation ini biasanya diaplikasikan ke seluruh bagian wajah.

Kelebihan Foundation

Berikut beberapa kelebihan foundation yang perlu Anda ketahui:

  • Menutupi Bekas Jerawat dan Noda Hitam

Kelebihan menggunakan foundation saat merias wajah adalah dapat menutupi bekas jerawat dan noda yang ada pada wajah. Bekas jerawat dan noda hitam pada wajah tentunya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Dengan adanya foundation, Anda dapat menutupi bekas jerawat dan noda dengan foundation. Dengan demikian, Anda bisa tampil lebih percaya diri.

  • Meratakan Warna Kulit

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh foundation adalah dapat meratakan warna kulit. Biasanya akan terdapat bagian tertentu yang tidak memiliki warna yang sama. Misalnya bagian bawah mata, dagu dan kening akan tampak lebih gelap daripada daerah wajah yang lain. Dengan menggunakan foundation Anda dapat membuat warna kulit tampak lebih rata dengan menebalkan foundation di bagian-bagian yang gelap.

  • Membuat Makeup Lebih Tahan Lama

Make up yang menempel langsung pada wajah akan lebih cepat habis atau luntur daripada make up yang menempel pada wajah yang diberikan foundation. Dengan memakai foundation, riasan Anda akan lebih tahan lama. Jika Anda menggunakan foundation dengan jenis waterproof, riasan Anda juga dapat lebih tahan lama dan tahan terhadap keringat. Jika Anda membutuhkan riasan yang tahan lama. Maka foundation dengan jenis waterproof bisa Anda andalkan.

Kekurangan Foundation

Berikut beberapa kekurangan foundation yang perlu Anda ketahui:

  • Menyumbat Pori

Terlalu sering memakai foundation dapat menyebabkan pori-pori Anda menjadi tersumbat. Foundation yang masuk ke dalam pori-pori Anda, akan membuat pori-pori kesulitan untuk bernapas. Hal itu yang dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kulit. Dikutip dari Kompas.com pemakaian foundation yang tebal dan berlapis-lapir akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya jerawat.

  • Menyebabkan Alergi

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik yang Anda gunakan, dapat menyebabkan alergi. Ada dua tipe dampak alergi yang terlihat yakni jangka panjang dan jangka pendek. Tetapi bila orang yang rentan terhadap pemakaian foundation secara terus menerus akan menimbulkan efek langsung.

  • Menyebabkan Minyak Berlebih

Kebanyakan dari penggunaan foundation setiap hari memang berdampak pada kulit kering. Namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak pada awalnya, penggunaan foundation malah akan menyebabkan wajah semakin berminyak. Bukannya menutupi efek minyak yang semula di kulit Anda, malah akan menjadikannya semakin berminyak.

Kelebihan FoundationKekurangan Foundation
- Menutupi bekas jerawat dan noda hitam- Dapat menyumbat pori-pori wajah
- Meratakan warna kulit - Dapat menyebabkan alergi pada wajah
- Membuat makeup lebih tahan lama- Dapat menyebabkan minyak berlebih

Pilih Mana: Concealer atau Foundation?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara concealer dan foundation. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Concealer Foundation
- Diaplikasikan pada bagian tertentu - Diaplikasikan pada seluruh permukaan wajah
- Memiliki warna khusus untuk jenis noda tertentu - Memiliki warna sesuai dengan warna kulit
- Tidak dapat meratakan warna kulit secara keseluruhan- Meratakan warna kulit secara keseluruhan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai concealer dan foundation di atas, tidak bisa disimpulkan mana yang lebih baik untuk digunakan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan saling membutuhkan. Anda perlu menggunakan foundation untuk membuat makeup lebih tahan lama dan Anda memerlukan concealer untuk menutupi noda pada wajah lebih detail.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Concealer vs Foundation

VS

Leave a Reply