Pilih Mana: Conditioner atau Masker Rambut?

Bagi para wanita yang gemar sekali melakukan perawatan rambut maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya masker rambut dan juga conditioner. Keduanya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan rambut yang lebih baik dan juga cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang. Tujuan dari keduanya adalah untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut.

Namun apakah perbandingan dari conditioner dan masker rambut ini? Conditioner berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih lembut tetapi tidak meresap ke dalam rambut. Conditioner ini lebih berfungsi untuk melembutkan yang bersifat sesaat. Conditioner hanya berfungsi untuk melembutkan rambut setelah keramas agar lebih mudah saat disisir.

Masker rambut selain berfungsi untuk cara melembutkan rambut keriting juga berfungsi untuk memberikan nutrisi ke dalam rambut. Oleh sebab itu masker rambut akan meresap ke dalam rambut. Selain itu ada beberapa faktor perbedaan dari segi manfaat dan cara penggunaan dari keduanya yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ya!

Conditioner

Untuk memiliki rambut sehat adalah menggunakan kondisioner (pelembab rambut) yang tepat dalam jumlah yang tepat pula. Mengapa perlu kondisioner? Kondisioner berfungsi menutup kembali celah-celah sel kutikula yang terbuka setelah keramas, meratakan atau menormalkan selaput rambut, serta memberikan lapisan tipis agar kelembaban dan kelembutan rambut terjaga.

pemakaian kondisioner setelah keramas dapat mengurangi resiko rambut menjadi kusut, bahkan pada rambut yang sangat keriting sekalipun. Salah satu fungsi kondisioner adalah melembutkan lapisan kutikula pada batang rambut sehingga tidak mudah bertautan dengan batang rambut lainnya.

Kelebihan Conditioner

Mengganti Minyak Alami

Deterjen yang terkandung dalam shampo dapat membersihkan kotoran sekaligus minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Kondisioner akan menggantikan minyak alami tersebut dengan kadar minyak yang rendah untuk melindungi setiap helai rambut. Hal ini akan mencegah rambut mengalami kekeringan karena kehilangan minyak alami setelah selesai keramas.

Merapikan Kutikula Rambut

Rambut dan kuku terbuat dari bahan yang sama. Jika diperbesar dengan mikroskop, satu helai rambut tersusun atas kutikula yang bentuknya menyerupai sisik ikan yang tersusun rapi. Saat kalian memakai shampo atau memakai bahan kimia pada rambut, kutikula atau sisik rambut tersebut akan mencuat dan tidak rapi. Ini akan membuat rambut terasa sangat kasar dan kusam. Pemakaian kondisioner akan membuat kutikula rambut kembali tersusun rapi. Kalian bisa merasakan bahwa rambut akan semakin lembut dan mudah diatur jika memakai kondisioner, itu karena kutikula di setiap helai rambut kembali rapi.

Rambut Mengembang dan Terlindungi

Beberapa kondisioner dirancang tidak hanya untuk membuat rambut berkilau, tetapi juga memberikan volume sehingga rambut lebih mengembang. Selain itu, beberapa produk kondisioner terkini menambahkan formula untuk melindungi rambut dari terpaan panas dari peralatan rambut, melindungi rambut dari paparan UV A dan B, juga melindungi rambut dari pengaruh radikal bebas.

Kekurangan Conditioner

Membuat Rambut Lepek dan Berat

Kekurangan conditioner rambut yang paling umum adalah membuat rambut lepek dan berat. Hal ini terjadi karena kandungan silikon dan minyak dalam conditioner melapisi batang rambut, menciptakan efek licin dan halus. Lapisan ini, meski membuat rambut tampak berkilau, dapat menghambat penyerapan air dan udara, sehingga rambut kehilangan volume dan terasa berat. Efek ini terutama dialami pemilik rambut berminyak, yang sudah rentan lepek sejak awal.

Menumpuk dan Menyebabkan Ketombe

Penggunaan conditioner yang berlebihan atau tidak tepat dapat menyebabkan penumpukan residu di kulit kepala. Lapisan residu ini menyumbat pori-pori, menghambat pertumbuhan rambut baru, dan menjadi sarang berkembang biaknya jamur penyebab ketombe. Pastikan untuk membilas conditioner hingga bersih, terutama di area kulit kepala, dan hindari mengaplikasikannya terlalu dekat dengan akar rambut.

Masker rambut

Masker rambut atau yang biasa dikenal dengan hair mask merupakan perawatan rambut yang perlu dilakukan secara rutin. Karena, masker rambut menyimpan banyak manfaat. Manfaat masker rambut tidak hanya sekedar untuk menutrisi rambut tapi ada manfaat lainnya yang ternyata bisa langsung dirasakan.

Kelebihan Masker Rambut

Meningkatkan Kualitas Rambut

Kualitas rambut yang baik tentu tampak dari luar seperti berkilau, lembut dan tidak rapuh. Efek selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah makin percaya diri. Untuk meningkatkan kualitas rambut, penuhi nutrisinya dengan hair mask.

Terhindar dari Kerusakan Rambut

Paparan sinar UV dari matahari dan polusi radikal bebas membuat rambut tampak kusam dan kering. Nah, agar terhindar dari efek tersebut, rambut butuh nutrisi yang cukup. Salah satu cara terbaiknya adalah masker rambut. Kerusakan rambut bercabang hingga kerontokan bisa diminimalisir dengan melakukan hair mask.

Meningkatkan Kualitas Rambut

Kualitas rambut yang baik tentu tampak dari luar seperti berkilau, lembut dan tidak rapuh. Efek selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah makin percaya diri. Untuk meningkatkan kualitas rambut, penuhi nutrisinya dengan hair mask.

Mencegah Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang memperlihatkan kondisi rambut yang tak sehat. Rambut pun akan mulai rapuh dan patah. Untuk menyiasatinya, maka kamu butuh nutrisi ekstra agar rambut tetap sehat. Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dari masker rambut.

Kekurangan Masker Rambut

Kemungkinan Reaksi Alergi atau Iritasi

Sebagian besar masker rambut mengandung berbagai bahan kimia, pewangi, dan bahan-bahan tambahan lainnya. Penggunaan yang tidak tepat atau sensitivitas terhadap beberapa zat dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit kepala.

Perbandingan Conditioner dan Masker Rambut

Conditioner Masker Rambut
Kelebihan- Mengganti Minyak Alami
- Merapikan Kutikula Rambut
- Rambut Mengembang dan Terlindungi
- Meningkatkan Kualitas Rambut
- Terhindar dari Kerusakan Rambut
- Meningkatkan Kualitas Rambut
- Mencegah Rambut Bercabang
Kekurangan- Membuat Rambut Lepek dan Berat
- Menumpuk dan Menyebabkan Ketombe
- Kemungkinan Reaksi Alergi atau Iritasi
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara conditioner dan masker rambut sebaiknya didasarkan pada kondisi rambut, tujuan perawatan, dan preferensi pribadi. Dengan pemahaman yang baik tentang kebutuhan rambut masing-masing, kalian dapat mencapai hasil perawatan rambut yang optimal sesuai dengan keinginan dan harapan kalian. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Conditioner atau Masker Rambut?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!