Pilih Mana: Cotton 40S atau 20S?

Kaos telah menjadi bagian penting dari gaya hidup modern. Banyak orang memilih untuk memakainya sebagai pakaian harian, dan banyak desainer fashion yang menggunakannya sebagai bahan utama untuk koleksi mereka. Kaos juga digunakan oleh berbagai organisasi untuk tujuan promosi, dan seringkali dipersonalisasi dengan logo atau tulisan tertentu.

Kini, kaos telah berkembang menjadi lebih dari sekedar pakaian harian biasa. Dengan beragam desain dan warna yang tersedia, kaos telah menjadi alat ekspresi bagi para pengguna untuk mengekspresikan identitas mereka sendiri. Kaos juga merupakan cara mudah bagi orang-orang untuk mendapatkan perhatian dengan cara yang unik dan inovatif.

Kaos Cotton 40S dan 20S adalah jenis kain yang memiliki tingkat kehalusan benang yang berbeda. Angka “40S” dan “20S” mengacu pada jumlah benang per inci persegi (thread count) yang digunakan dalam pembuatan kain. Kaos Cotton 40S memiliki thread count lebih tinggi daripada Kaos Cotton 20S, sehingga lebih halus dan lembut saat disentuh.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kaos cotton 40S dan 20S, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Cotton 40S

Jika kamu mencari kaos dengan karakter seperti judul diatas tipis, ringan dan lembut, opsi terbaik untuk kamu yaitu kaos polos cotton combed 40s. Kaos 40s bahan kaos paling tipis dari golongan lainnya, seratnya sangat halus dibandingkan gramasi lainnya. ini karena benang yang di proses untuk kaos ini amat kecil sehingga menghasilkan karakter ringan, tipis serta paling halus dibandingkan dengan gramasi 30s, 24s dan 20s.

Bahan Cotton Combed memakai benang yang diproses paling kecil dari bahan lainnya, yakni sekitar 140-160 gr/m2, tetapi bukan berarti kualitas bahan ini di bawah jenis lainnya.

Karakter 40s juga cukup lentur dibandingkan dengan tipe gramasi lainnya, lentur disini bukan seperti jenis kaos spandex, kelenturannya sebanding dengan kaos tri-Blends.

Kenyamanan kaos ini bila di gunakan pada siang hari pada kondisi cuaca yang panas, dengan kondisi tersebut, kamu tidak akan kepanasan saat melakukan aktivitas.

Sebaliknya apabila digunakan disaat malam hari, kamu akan merasa seperti tidak mengenakan kaos, sebab karakternya yang tipis, baju 40s ini tidak bisa menahan angin yang ada di luar.

Tingkat kenyamanan paling dominan pada kaos 40s yaitu fleksibel. ini karena karakter gramasi kaos lain cukup kaku bila dibandingkan dengan kaos polos 40s yang lentur.

Kelebihan Cotton 40S

Nyaman dipakai

Dengan lembut dan tipis nya kaos ini tentu membuat para pemakainya nyaman. Kaos dengan bahan dasar cotton 40S cocok banget dipakai saat pergi ke pantai, hangout bersama teman dan lain sebagainya.

Bisa menyerap keringat

Kelebihan selanjutnya dari kaos dengan bahan cotton 40S yaitu mampu menyerap keringat dengan baik. Hal ini tentu membuat pemakainya tidak merasa gerah lagi dan tidak lengket sehingga dapat meminimalisir adanya bakteri yang tumbuh pada permukaan kaos.

Tidak gerah saat dipakai

Karena bahannya yang sangat lembut, ringan dan fleksibel tentu saja membuat kaos dengan bahan cotton 40S nyaman dan tidak gerah dipakai. Kaos dengan bahan cotton 40S cocok untuk kamu pakai saat tidur.

Kekurangan Cotton 40S

Tembus pandang

Bila di warna terang, terutama warna putih, kaos tipe ini akan tampak transparan, sehingga bentuk dan warna badan bagian dalam akan sedikit terlihat. Hal ini tentu kurang baik jika dikenakan oleh para wanita.

Kurang cocok untuk dibordir

Karena karakter tipisnya ini pula, 40s kurang cocok jika dibordir. Kaos akan cenderung mengkerut di area bordir dan sedikit ketarik.

Harga cukup tinggi

Umumnya kain yang tebal justru lebih bagus dan biayanya lebih mahal dibanding dengan bahan yang tipis. Tetapi perihal itu tidak berlaku dengan kaos cotton combed, maksudnya adalah semakin tipis bahan kaos tersebut maka akan semakin mahal. Tentu saja cotton 40S lebih mahal dibandingkan dengan cotton 20S.

Cotton 20S

Bahan kain Katun Combed 20s mempunyai gramasi bahan kaos antara 180-220 gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knit. Bahan 20s merupakan bahan paling populer di antara bahan Katun Combed yang lain, bahkan di antara semua bahan kaos yang ada.

Cotton 20S adalah bahan komposisi 100% serat cotton serta memiliki ketebalan kain yang tebal. Umumnya dipakai untuk kaos panjang dan kaos oblong pada umumnya.

Bahan kain Katun Combed biasa ditawarkan oleh konveksi kaos sebagai opsi favorit sebab penjual bahan dengan tipe ini banyak ditemui dimana-mana.

Terlebih saat ini semakin banyak bermunculan produsen kaos polos 20s yang mempermudah konveksi maupun vendor sablon untuk melakukan produksi.

Kelebihan Cotton 20S

Cocok untuk dibordir

Berbeda dengan cotton 40S yang tipis, dengan ketebalan yang dimiliki oleh cotton 20S membuat para penjual kaos banyak menggunakan bahan 20S karena memungkinkan untuk dibordir.

Harga murah

Kelebihan selanjutnya adalah harga nya yang lebih murah dibandingkan dengan cotton 40S. Hal ini karena 20S memiliki rajutan yang lebih tebal dan lebih berat daripada cotton 20S.

Bisa menyerap keringat

Sama halnya dengan cotton 40S tadi, cotton 20S juga mampu menyerap keringat sehingga kamu leluasa beraktivitas tanpa perlu merasa gerah dan lengket diseluruh tubuh.

Kekurangan Cotton 20S

Tebal dan berat

Bahan kaos dengan ketebalan 20s yang sangat tebal dan cenderung panas dan lebih berat saat dipakai. Tentu saja hal ini kurang nyaman saat dipakai untuk beraktivitas sehari-hari.

Kurang cocok untuk aktivitas berat

Meskipun mampu menyerap keringat dengan baik, namun karakteristik dari cotton 20S tebal dan berat. Hal ini tentu kurang cocok jika dipakai untuk aktivitas berat karena tidak bisa leluasa bergerak dengan baik.

Susah untuk dicuci

Karena bahannya yang tebal dan berat tentu akan menyulitkan pemakainya kala akan mencucinya. Berbeda dengan cotton 40S yang ringan dan fleksibel sehingga mudah untuk dicuci.

Tips Memilih Kaos

Cari bahan 100% Cotton Combed

Sebenarnya kaos yang tebal bukan jaminan kualitasnya yang terbaik, dan sebaliknya, kaos yang berbahan tipis juga bukan berarti kualitasnya paling buruk. Bahan yang paling bagus untuk membuat kaos yaitu bahan cotton combed.

Pilih bahan kaos yang bisa meresap keringat

Salah satu ciri kaos berkualitas selain nyaman dikenakan dan bahan halus juga yang menyerap keringat. Sebab tidak akan merasa kegerahan saat memakainya.

Tidak mudah kendur

Pastikan kamu cuma memilih bahan kaos yang tidak gampang kendur saat melewati proses mencuci berulang kali. Sebab bahan baku kaos yang gampang kendur meninggalkan kesan kalau ukuran kaos terlalu besar untuk penggunanya.

Teliti terhadap jahitan kaos

Kualitas baju umumnya juga tergantung pada tingkat kerapian jahitannya, perhatikan terlebih dahulu kerapian jahitan kaos pilihanmu karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan tampilan dari kaos.

Tidak mudah luntur

Bahan kaos yang mudah luntur tentu memberikan ketidaknyamanan untuk penggunanya. Terlebih lagi, bahan kaos yang mudah pudar tentu akan membuat warna kaos jadi tidak cemerlang serta cenderung kusam.

Tidak gampang kusut

Kaos yang rapi tentu akan menarik rasa simpati dan meningkatkan rasa percaya diri. Maka dari itu, untuk membuatnya praktis. Pastikan kamu memilih bahan baku kaos yang tidak gampang kusut.

Jangan asal pilih kaos

Umumnya kamu akan lebih mudah tergoda dengan selisih harga kaos yang lebih murah. Tetapi, ada baiknya kamu senantiasa fokus memilih kaos yang benar-benar berkualitas baik sehingga kamu tidak asal membeli kaos sebab harganya murah.

Perbandingan Cotton 40S dan 20S

Cotton 40SCotton 20S
Kelebihan- Nyaman dipakai
- Bisa menyerap keringat
- Tidak gerah saat dipakai
- Cocok untuk dibordir
- Harga murah
- Bisa menyerap keringat
Kekurangan- Tembus pandang
- Kurang cocok untuk dibordir
- Harga cukup tinggi
- Tebal dan berat
- Kurang cocok untuk aktivitas berat
- Susah untuk dicuci
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Penting untuk diingat bahwa baik Kaos Cotton 40S maupun 20S memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan pilihan kalian dengan kebutuhan sehari-hari dan preferensi personal untuk mendapatkan kaos yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kenyamanan Kalian.

Anda Pilih Cotton 40S atau 20S?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!