Pilih Mana: Counterpain atau Balsem?

Nyeri otot atau yang sering dikenal dengan sebutan medis Myalgia bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Nyeri otot ini digolongkan sebagai gejala yang ringan dan hanya terjadi di satu otot tertentu dan dapat terasa pada seluruh bagian tubuh dan akan terasa sangat menyiksa penderitanya.

Nyeri otot dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, seperti otot punggung, leher, paha, lengan atau betis. Penyebab dari nyeri otot ini juga sangat beragam, mulai dari berolahraga, cedera otot, infeksi hingga postur tubuh yang tidak tepat saat bergerak.

Untuk mengatasi gejala ini, biasanya dioleskan salep yang berperan sebagai pereda nyeri, dua diantara banyaknya salep ini adalah Counterpain dan Balsem. Counterpain atau Balsem adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri otot pada tubuh.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai kedua salep ini beserta kelebihan dan kekurangannya ketika dioles pada tubuh. Berikut penjelasannya.

Counterpain

Counterpain adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. Banyak orang yang menggunakan counterpain untuk meredakan nyeri pada otot, sendi, serta nyeri pada bagian tubuh lainnya.

Salep buatan Taisho Pharmaceutical ini dapat dijadikan sebagai alternatif minyak pijat. Counterpain akan memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada tubuh yang sedang mengalami nyeri otot. Counterpain dibuat dari bahan-bahan alami seperti minyak esensial dan bahan-bahan lain yang dapat membantu meredakan nyeri.

Kelebihan Counterpain

Sebagai jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan diproduksi oleh perusahaan farmasi terkemuka, Counterpain tentunya memiliki berbagai kelebihan pada produknya. Simak penjelasan di bawah ini.

Efektif Meredakan Nyeri

Counterpain dapat meredakan nyeri pada otot, sendi, serta nyeri pada bagian tubuh lainnya dengan cepat. Hal ini karena bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembuatannya dapat membantu meredakan nyeri secara cepat.

Mudah Digunakan

Counterpain sangat mudah digunakan, cukup digosokkan pada area yang sakit, maka nyeri akan terasa berkurang. Selain itu, counterpain juga dikemas ke dalam bentuk tube yang memudahkan penggunanya untuk membawa salep ini dimana dan kapanpun.

Dapat Digunakan Untuk Berbagai Nyeri

Counterpain dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat ataupun nyeri yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti osteoarthritis atau pun nyeri pada tulang belakang.

Kekurangan Counterpain

Terlihat sempurna sebagai obat pereda nyeri, tapi Counterpain juga memiliki beberapa kekurangan pada produknya. Berikut penjelasannya.

Dapat Menimbulkan Iritasi

Rasa hangat yang dihasilkan oleh Counterpain terkadang membuat sebagian pengguna dengan kulit sensitif akan merasakan iritasi, kemerahan dan juga gatal. Untuk Anda yang memiliki kulit sejenis ini, tidak dianjurkan untuk mengoleskan salep ini secara berlebihan.

Balsem

Balsem adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. Sejarah penggunaan balsem telah ada sejak zaman dahulu, dimana balsem digunakan oleh berbagai kultur untuk mengobati berbagai jenis nyeri.

Pada zaman kuno, balsem dibuat dari bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, minyak, dan rempah-rempah. Pada zaman Mesir kuno, balsem digunakan untuk mengobati berbagai jenis nyeri, termasuk nyeri otot dan sendi, serta digunakan sebagai obat pembusukan. Pada zaman Yunani kuno, balsem digunakan untuk mengobati luka dan nyeri pada tubuh, serta digunakan dalam ritual keagamaan.

Pada abad pertengahan, balsem dibuat dengan menambahkan bahan-bahan kimia seperti alkohol dan asam, yang memberikan efek meredakan nyeri yang lebih kuat. Pada abad ke-19, balsem mulai dibuat dengan menggunakan teknologi modern sehingga dapat diproduksi dalam skala besar.

Kelebihan Balsem

Balsem merupakan istilah obat pereda nyeri yang sudah ada sejak zaman dulu. Kelebihan dari pereda nyeri ini, sebagai berikut:

Aman Digunakan

Balsem terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman digunakan tanpa efek samping yang berbahaya. Selain itu, balsem juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi mereka yang tidak ingin menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Efektif Meredakan Nyeri

Balsem juga dapat meredakan nyeri pada otot, sendi, serta nyeri pada bagian tubuh lainnya dengan cepat. Hal ini karena bahan-bahan alami yang digunakan dalam pembuatannya dapat membantu meredakan nyeri secara cepat.

Alternatif Terapi Pengobatan

Balsem dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi mereka yang tidak ingin menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Kekurangan Balsem

Meskipun salah satu obat pereda nyeri tradisional, balsem juga memiliki berbagai kekurangan di dalamnya.

Bau yang Menyengat

Balsem memiliki aroma yang sangat menyengat, sebenarnya aroma ini merupakan aroma yang khas ketika menggunakan balsem. Namun, bagi sebagian orang, aroma ini sedikit mengganggu dan tidak sedap.

Memiliki Efek Samping

Balsem juga memberikan rasa yang hangat ketika dioleskan pada bagian tubuh, namun bagi pemilik kulit yang sensitif, hal ini akan menimbulkan beberapa iritasi kulit seperti, gatal, kemerahan dan muncul bintik merah.

Perbandingan Counterpain dan Balsem

CounterpainBalsem
Kelebihan- Efektif Meredakan Nyeri
- Mudah Digunakan
- Dapat Digunakan Untuk Berbagai Nyeri
- Aman Digunakan
- Efektif Meredakan Nyeri
- Alternatif Terapi Pengobatan
Kekurangan- Dapat Menimbulkan Iritasi- Bau yang Menyengat
- Memiliki Efek Samping
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Counterpain dan balsem adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri. Kedua produk ini dapat membantu meredakan berbagai jenis nyeri, termasuk nyeri otot dan sendi, sakit kepala, nyeri tulang belakang, dan nyeri lainnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kedua salep ini, Anda tetap dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Hal ini untuk menghindari beberapa efek samping seperti iritasi kulit, gatal dan kemerahan.

Anda Pilih Counterpain atau Balsem?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!