Pilih Mana: Crayon Joyko atau Faber Castell?

Crayon atau krayon merupakan salah satu peralatan mewarnai yang menjadi andalan bagi setiap kalangan, hal ini dikarenakan penggunaan crayon lebih mudah dan menghasilkan sentuhan yang halus.

Crayon terbuat dari lilin padat yang berwarna dan dibentuk menyerupai stick. Keunggulan dari krayon adalah tidak mudah patah dan warna tidak luntur. Selain dari lilin padat, crayon juga terbuat dari campuran pigment extender yang membuat pewarna ini mudah digunakan.

Karena banyaknya variasi crayon dari berbagai merk dan produk tentunya akan membuat Anda bingung dalam memilih alat pewarna yang bagus.

Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan dua jenis crayon yang paling sering digunakan, yaitu Joyko dan Faber Castell.

Walaupun sama-sama crayon, kedua jenis pewarna ini menghadirkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaannya, Anda dapat membaca artikel ini.

Crayon Joyko

Anda tentunya familiar dengan merk Joyko, Joyko terkenal sebagai produsen alat-alat tulis yang dapat digunakan untuk semua kalangan. Joyko juga mengeluarkan produk crayon yang cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Crayon ini memiliki desain dengan ujung yang lebar untuk memudahkan ketika digunakan menggambar atau mewarnai. Crayon dari Joyko ini juga mengklaim bahwa mereka tidak akan meninggalkan bekas noda saat digunakan.

Kelebihan Crayon Joyko

Sebagai pelopor alat-alat tulis, Joyko juga memberikan berbagai kelebihan pada crayonnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Memiliki Kertas Pembungkus

Untuk Anda yang tidak menginginkan tangan kotor ketika mewarnai, Joyko dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Joyko memiliki kertas pembungkus di seluruh bagian badannya. Apabila crayon telah memendek, Anda hanya perlu merobek kertas pembungkusnya sesuai panjang crayonnya.

Memiliki Ujung yang Lebar

Joyko memiliki ujung yang lebar, tentunya hal ini akan memudahkan ketika digunakan untuk menggambar atau mewarnai. Joyko memiliki bentuk crayon yang menyerupai pensil sehingga akan memudahkan anak-anak menggenggam crayon ini.

Warna yang Terang

Joyko menghadirkan warna-warna yang terang, dengan warna ini akan memudahkan dalam mewarnai karena Anda tidak perlu mengulang ketika mewarnai. Dengan warna ini juga, akan membuat hasil warna lebih cemerlang.

Kekurangan Crayon Joyko

Walaupun dibuat oleh produsen khusus alat tulis, crayon dari Joyko juga memiliki beberapa kekurangan, seperti di bawah ini.

Warna yang Lengket di Kulit

Seperti yang kita tahu bahwa Joyko memiliki crayon dengan warna yang terang. Meskipun telah dibungkus dengan kertas pembungkus, terkadang warna dari Joyko secara tidak sengaja terkena kulit tangan. Warna yang menempel di kulit akan sulit ketika dibersihkan.

Crayon Faber Castell

Merk Faber Castell pasti tidak akan asing lagi di telinga Anda. Perusahaan ini merupakan produsen alat-alat tulis yang mengeluarkan produk seperti, pena, pensil, peralatan kantor bahkan peralatan seni yang terbesar di dunia.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jerman ini memproduksi alat warna seperti crayon. Alat warna ini memiliki berbagai keunggulan baik dari bentuk crayon sampai ke warna yang dihasilkannya.

Kelebihan Crayon Faber Castell

Sebagai produsen alat tulis raksasa, crayon dari Faber Castell juga memiliki berbagai kelebihan. Berikut penjelasannya.

Memiliki Bentuk Hexagonal

Crayon dari Faber Castell ini memiliki keunikan yaitu bentuknya yang hexagonal. Dengan bentuk seperti ini membuat crayon dari Faber Castell lebih mudah digenggam, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Warna yang Pekat

Ketika mewarnai dengan crayon ini, akan menghasilkan warna yang pekat. Warna pekat ini akan memudahkan bagi penggunanya dalam mewarnai. Hal ini juga membuat penggunanya tidak perlu menekan crayon terlalu kuat agar mengeluarkan warna yang cemerlang.

Mudah Ditemukan

Kelebihan lainnya adalah crayon ini mudah dijumpai di berbagai tempat, seperti toserba, mini market bahkan pasar swalayan lainnya. Hal ini tentunya akan mempermudah bagi siapapun untuk mendapatkan crayon ini.

Kekurangan Crayon Faber Castell

Crayon dari Faber Castell ini memiliki beberapa kekurangan pada produknya. Berikut kekurangannya.

Harga Lebih Mahal

Crayon Faber Castell ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan crayon lainnya. Hal ini sebenarnya sebanding dengan kualitas yang didapatkan ketika menggunakan crayon dari Faber Castell ini.

Jenis Crayon Berdasarkan Bahan

Meskipun crayon adalah alat mewarnai yang sederhana dan paling diminati, namun crayon memiliki berbagai jenis yang berbeda.

Paraffin Wax Crayon

Jenis crayon ini adalah crayon yang paling umum ditemui, memiliki bentuk yang lebih padat dan tidak lengket. Harga dari crayon ini juga tergolong lebih ekonomis.

Beeswax Crayon

Jenis ini menggunakan bahan yang terbuat dari wax sarang lebah sehingga akan aman jika digunakan oleh anak-anak karena terbuat dari bahan alami.

Oil Pastel Crayon

Crayon ini memiliki bahan dasar berupa wax yang ditambah dengan minyak. Jenis crayon ini akan menghasilkan goresan yang lebih halus dibandingkan dengan crayon biasanya.

Conte Crayon

Jenis ini terbuat dari wax atau clay dan ditambah dengan kandungan charcoal atau grafit. Crayon ini juga hadir dalam pilihan crayon yang lebih netral, seperti hitam, coklat, merah dan putih.

Perbandingan Crayon Joyko dan Faber Castell

Crayon JoykoCrayon Faber Castell
Kelebihan- Memiliki Kertas Pembungkus
- Memiliki Ujung yang Lebar
- Warna yang Terang
- Memiliki Bentuk Hexagonal
- Warna yang Pekat
- Mudah Ditemukan
Kekurangan- Warna yang Lengket di Kulit- Harga Lebih Mahal
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Meskipun kedua merk ini menawarkan produk yang sama, namun keduanya dapat membuat gambaran menjadi lebih cantik dan menarik. Perbedaan dari kedua crayon ini terdapat dari harganya saja. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Crayon Joyko atau Faber Castell?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!