Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra?

Dalam dunia otomotif Tanah Air, Daihatsu telah lama menjadi salah satu merek yang dipercaya dan populer di kalangan masyarakat. Kehadirannya dengan beragam model kendaraan telah memberikan pilihan yang luas bagi konsumen.

Namun, di antara model-modelnya, dua mobil yang sering menjadi perbincangan adalah Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra. Kedua mobil ini memiliki keunggulan masing-masing yang menarik perhatian pembeli.

Dengan fitur-fitur yang canggih dan performa yang tangguh, memilih antara Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra bisa menjadi tugas yang menantang. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbandingan antara kedua mobil ini untuk membantu kalian dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.

Daihatsu Ayla

PT Astra Daihatsu Motor sebagai produsen memperkenalkan Daihatsu Ayla pada April 2017. Ayla dilengkapi dengan mesin 1.000 CC dan 1.200 CC yang sama dengan yang digunakan oleh Daihatsu Sigra. Dengan mesin yang kecil, konsumsi bahan bakar Ayla juga diklaim irit, terutama pada varian 1.000 cc.

Mobil Daihatsu Ayla termasuk dalam kategori mobil LCGC, yaitu Low Cost Green Car. Syarat mobil LCGC adalah produksinya harus dilakukan di Indonesia untuk menekan harga. Berkat insentif pajak, harganya menjadi lebih terjangkau, dengan kisaran harga antara Rp98,15 juta hingga Rp147,85 juta.

Berikut spesifikasi Daihatsu Ayla:

Eksterior

Setelah cukup lama beredar di pasaran, Daihatsu Ayla sudah menjadi akrab di mata konsumen. Satu kata yang bisa mewakili penampilan mobil ini adalah ringkas.

Untuk model yang menggunakan mesin 1.000 cc, dimensinya adalah 3.640 mm × 1.600 mm × 1.520 mm dengan wheelbase sepanjang 2.455 mm. Sedangkan untuk model dengan mesin 1.200 cc, terdapat perbedaan pada dimensi panjangnya, yaitu sepanjang 2.455 mm dengan wheelbase sepanjang 2.450 mm.

Perbedaan mendasar lainnya antara kedua model adalah ukuran pelek yang digunakan. Semua varian dengan mesin 1.200 cc dilengkapi dengan pelek 14 inci (175/65 R14). Pelek yang sama juga digunakan pada model 1.000 cc varian X. Sementara varian 1.000 cc varian D dan D+ menggunakan pelek 13 inci (155/80 R13).

Selain itu, semua varian dengan mesin 1.000 cc masih menggunakan lampu depan halogen, sementara varian 1.200 cc sudah dilengkapi dengan proyektor.

Interior

Spesifikasi interior mobil Ayla bervariasi dari satu varian ke varian lainnya. Misalnya, varian termurah (1.0 D MT) memiliki interior yang minim fitur.

Dianjurkan bagi konsumen untuk memilih minimal varian 1.0 D+ MT karena sudah dilengkapi dengan fitur dasar seperti AC, power steering, dan head unit 1 DIN.

Naik ke varian yang lebih tinggi seperti 1.0 X, konsumen akan mendapatkan lebih banyak fitur, seperti Multi Information Display (MID), takometer, eco indicator, dan head unit 2 DIN yang dapat memutar CD, MP3, USB, dan AUX.

Fitur power window dan power door lock baru tersedia pada varian 1.2 X. Sementara itu, varian tertinggi memiliki fitur lebih lengkap dengan audio steering switch dan koneksi Bluetooth ke head unit.

Seluruh kabin Daihatsu Ayla memiliki kapasitas 5 kursi. Namun, salah satu kekurangannya adalah headrest kursi baris depan tidak dapat disesuaikan tinggi rendahnya.

Mesin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kendaraan ini tersedia dalam dua opsi mesin, yaitu mesin 1.000 cc 3-silinder dan mesin 1.200 cc 4-silinder. Pertanyaannya, mana yang sebaiknya dipilih oleh konsumen?

Bagi yang masih memiliki fleksibilitas anggaran, disarankan untuk memilih model dengan mesin 1.200 cc karena menawarkan kinerja yang lebih baik. Dengan begitu, mobil juga akan lebih responsif ketika digunakan di jalan-jalan tanpa hambatan.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, model dengan mesin 1.200 cc juga memiliki potensi untuk lebih hemat. Hal ini karena dengan tenaga yang lebih besar, mesin tidak perlu bekerja keras untuk mencapai kecepatan tertentu dan mempertahankannya.

Fitur

Semua versi Daihatsu Ayla sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik untuk bangku depan dan belakang. Di varian 1.0 X, konsumen juga akan mendapatkan front stabilizer di roda depan.

Di varian 1.2 X ke atas, stabilizer semakin lengkap dengan penambahan pada roda belakang. Varian tertinggi, 1.2 R, dilengkapi dengan kamera parkir mundur. Fitur ABS dan EBD hanya tersedia pada model dengan transmisi otomatis.

Meski fiturnya minimalis, Daihatsu Ayla menawarkan harga yang terjangkau. Untuk fitur lebih lengkap, konsumen dapat mempertimbangkan saudara kembarnya, Toyota Agya, yang menawarkan fitur kemewahan seperti tombol engine start stop, namun dengan harga yang lebih tinggi.

Kelebihan Daihatsu Ayla

Mesin Super Irit

Daihatsu menawarkan dua pilihan mesin untuk Ayla, yaitu yang berkapasitas 1,0 liter dan 1,2 liter. Kedua varian mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Jika digunakan hanya untuk keperluan dalam kota, maka mesin 1,0 liter sudah lebih dari cukup dan tentunya sangat irit bahan bakarnya.

Secara spesifikasi, mesin 1,0 liter memiliki volume 998 cc DOHC, dengan 3 silinder dan 12 katup. Mesin 1NR mampu menghasilkan tenaga hingga 65 Hp pada putaran 6.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 85 Nm pada putaran 3.000 rpm. Sesuai peraturan pemerintah mengenai mobil LCGC, konsumsi bahan bakarnya harus mencapai setidaknya 20 kilometer per liter.

Sudah Tersedia Varian CVT

Berbeda dengan kendaraan LCGC lainnya, kerjasama antara Toyota-Daihatsu menghasilkan mobil-mobil yang memiliki variasi yang lengkap. Mulai dari pilihan mesin hingga transmisi, serta berbagai fitur yang tersedia dalam beragam pilihan. Salah satu opsi yang banyak diminati oleh pengguna perkotaan adalah transmisi CVT yang membuat pengemudi dapat mengemudi tanpa merasa lelah.

Daihatsu Ayla menawarkan transmisi otomatis hanya pada varian X dan M. Namun, untuk varian D dan D+, belum ada pilihan transmisi otomatis yang tersedia. Kehadiran varian ini tentu memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan yang sering terjebak dalam kemacetan lalu lintas.

Interior Nyaman dengan Fitur Hiburan Proporsional

Di segmen mobil LCGC, keberadaan sistem hiburan yang lengkap tentunya dianggap sebagai kemewahan tersendiri. Untuk menjaga nilai keberhargaannya, Daihatsu melengkapi varian X dari Ayla dengan head unit yang terintegrasi dengan radio, MP3/CD/WMA, AUX Port, dan USB.

Dengan beragam fitur tersebut, kalian tidak akan kehabisan opsi hiburan saat dalam perjalanan karena dapat memutar musik melalui perangkat gawai yang dibawa. Meskipun kenyamanan masih sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan city car non LCGC, namun interior Ayla sudah cukup proporsional untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Beberapa varian juga menawarkan opsi jok berbahan fabric bagi pengguna yang lebih menyukai kenyamanan ala rumah dengan duduk santai layaknya di sofa.

Sparepart Melimpah

Bagi mobil populer seperti Daihatsu Ayla, tidak perlu merasa cemas mengenai ketersediaan suku cadang. Umumnya, baik bengkel besar maupun bengkel kecil akan menyediakan berbagai macam spare part Ayla, mulai dari yang asli hingga KW.

Kekurangan Daihatsu Ayla

Mesin Berkapasitas Kecil

Membahas mengenai performa mesin mobil Ayla, bisa dikatakan bahwa mobil ini memiliki mesin yang kurang bertenaga. Bahkan, Ayla masih tersedia dengan opsi mesin 1,0 liter yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 65 PS. Ketika digunakan untuk perjalanan luar kota, mobil ini mungkin akan kesulitan menjaga kecepatan tinggi secara konsisten dan bisa membuat pengemudi merasa kelelahan.

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2016, bersamaan dengan Toyota Calya. Yang menarik, keduanya mengambil nama dari bahasa Sanskerta. Bahasa ini memiliki dominasi pada zaman kerajaan Hindu seperti Kutai dan Tarumanegara.

Dalam Bahasa Indonesia, Calya berarti sempurna dan Sigra berarti respon cepat. Mengenai bahan pembuatannya, kedua mobil tersebut mengklaim memiliki banyak kandungan lokal, hampir mencapai 100 persen.

Secara unik, Sigra tidak mengandalkan double blower AC seperti kebanyakan mobil sejenis, melainkan menggunakan air circulator di atas bangku penumpang baris kedua. Penyematan fitur ini dilakukan untuk menjaga harga Sigra tetap terjangkau sebagai mobil LCGC. Selain itu, lampu depannya juga belum menggunakan teknologi LED.

Berikut spesifikasi Daihatsu Sigra:

Mesin

Daihatsu Sigra masih mengadopsi dua jenis mesin yang sama dengan model sebelumnya. Mesin pertama memiliki kode 3NR-VE dengan kapasitas 1.200 cc, 4 silinder, dilengkapi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga sebesar 87 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin ini tersedia dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Sementara itu, mesin kedua menggunakan kode 1KR-VE dengan kapasitas 1.000 cc, 3 silinder, mampu menghasilkan tenaga 67 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 89 Nm pada 4.400 rpm.

Berbeda dengan mesin pertama, mesin kedua hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan. Selain itu, varian Sigra terbaru dilengkapi dengan fitur Drive by Wire dan ECO indicator pada varian M ke atas, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar mobil.

Dimensi dan Desain Bodi

Sigra terbaru memiliki dimensi panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Selain itu, mobil ini juga memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda sebesar 2.525 mm serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) sebesar 180 mm. Tak ketinggalan, Sigra juga memiliki radius putar minimum sebesar 4,5 m.

Perubahan pada bagian eksterior Sigra terbaru mencakup bagian gril yang kini berwarna hitam dan dilengkapi dengan ornamen krom khusus untuk tipe R dan R Deluxe. Selain itu, lampu depan LED pada model sebelumnya telah diubah menjadi smoked LED headlamp mulai dari tipe M ke atas.

Tidak hanya itu, desain velg atau pelek Sigra terbaru juga mengalami penyegaran dengan menggunakan Polished Alloy Wheel berukuran 14 inci untuk tipe R dan R Deluxe. Terdapat juga shark fin antenna yang dipasang pada tipe M ke atas, menambah kesan stylish pada penampilan Sigra terbaru.

Fitur

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan MID (Multi Information Display) agar pengguna dapat memantau kondisi mobilnya selama perjalanan. Tidak hanya itu, Sigra terbaru juga dilengkapi dengan AC dan rear air circulator (untuk tipe M ke atas).

Di sisi lain, mobil tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbag untuk tipe X ke atas, immobilizer untuk tipe M ke atas, side impact beam, ABS, serta EBD untuk tipe AT. Selain itu, terdapat front corner sensor untuk tipe R Deluxe, rear parking sensor untuk tipe M ke atas, dan New Rear Parking Camera untuk tipe R dan R Deluxe.

Tak ketinggalan, terdapat pula glove box, rear door cup holder, seat under tray untuk tipe R AT, serta New Smart Phone Pocket pada tipe M ke atas.

Kelebihan Daihatsu Sigra

Konsumsi Bahan Bakar Irit

Sebagai salah satu mobil LCGC (Low Cost Green Car), keunggulan utama dari Daihatsu Sigra terbaru adalah konsumsi bahan bakar yang hemat dan efisien. Sigra terbaru dilengkapi dengan dua varian mesin berbeda, yaitu mesin berkapasitas 1.0 dan 1.2 liter.

Kedua mesin ini telah diperbarui dengan teknologi VVT-I yang meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, serta memiliki rasio kompresi yang ditingkatkan menjadi 10.5:1. Karena perbandingan kompresi tersebut, Daihatsu Sigra terbaru sebaiknya tidak menggunakan bahan bakar premium atau beroktan 88.

Memiliki Ruang Kabin Luas

Daihatsu Sigra terbaru memiliki keunggulan lainnya yaitu ruang kabin yang luas mampu menampung hingga 7 penumpang. Dari segi dimensi, Sigra terbaru memiliki panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm, sehingga memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi penumpang di dalamnya.

Mempunyai Sistem Multimedia Touch Screen (Layar Sentuh)

Salah satu fitur unggulan terbaru dari Daihatsu Sigra adalah adopsi sistem multimedia layar sentuh. Dengan fitur ini, pengemudi dapat dengan mudah mendengarkan musik favorit dari smartphone mereka dan bahkan menjawab panggilan telepon secara hands-free melalui koneksi Bluetooth.

Menawarkan Banyak Varian

Di Indonesia, Daihatsu Sigra terbaru hadir dalam 10 varian dengan 4 tipe, yaitu tipe D, M, X, dan R, juga tersedia X Deluxe serta R Deluxe. Ketersediaan banyak varian pada Sigra terbaru ini memberikan fleksibilitas bagi konsumen untuk memilih sesuai dengan anggaran atau kebutuhan mereka.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Mesin Standar dan Rem Belum ABS

Versi terbaru dari Daihatsu Sigra yang dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.200 cc dan 4 silinder, serta teknologi dual VVT-I, dinilai memiliki standar performa yang biasa saja. Dengan kode mesin 3NR-VE, mobil ini menampilkan performa yang tidak terlalu mencolok. Bagi sebagian orang, mesin terbaru Sigra ini mungkin terasa kurang bertenaga, terutama bagi yang menggunakan transmisi otomatis.

Selain itu, rem pada Daihatsu Sigra versi terbaru belum dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) pada varian manualnya. Fitur rem dengan teknologi tersebut hanya tersedia pada varian Sigra terbaru tipe X dan R yang menggunakan transmisi otomatis. Ketidakadanya fitur ABS ini dapat menjadi potensi bahaya bagi pengemudi yang masih kurang terampil atau belum berpengalaman. Kehadiran ABS dapat membantu pengemudi dalam melakukan pengereman mendadak dan memungkinkan mobil tetap dapat dikendalikan saat menghindar dari hambatan di depan.

Tanpa keberadaan rem ABS, mobil ini dapat kehilangan kemampuan untuk menghindar atau melakukan manuver saat melakukan pengereman mendadak, sehingga meningkatkan risiko terjadinya tabrakan meskipun pengemudi sudah berusaha untuk mengarahkan setir ke kiri atau kanan.

Perbandingan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra

Daihatsu AylaDaihatsu Sigra
Kelebihan- Mesin Super Irit
- Sudah Tersedia Varian CVT
- Interior Nyaman dengan Fitur Hiburan Proporsional
- Sparepart Melimpah
- Konsumsi Bahan Bakar Irit
- Memiliki Ruang Kabin Luas
- Mempunyai Sistem Multimedia Touch Screen (Layar Sentuh)
- Menawarkan Banyak Varian
Kekurangan- Mesin Berkapasitas Kecil- Mesin Standar dan Rem Belum ABS
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam menjawab pertanyaan “Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra?”, kunci utamanya adalah memahami kebutuhan dan preferensi pribadi serta melakukan evaluasi yang cermat terhadap fitur, performa, dan nilai yang ditawarkan oleh masing-masing model. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!