Kendaraan

Pilih Mana: Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?

Daihatsu dan Toyota merupakan produsen mobil raksasa yang sangat terkenal akan produk mobilnya yang memiliki spesifikasi dan performa yang mumpuni. Seperti halnya Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, kedua mobil ini sekarang menjadi dambaan untuk beberapa orang khususnya untuk para anak muda. Penasaran dengan fitur dan detail dari kedua mobil tersebut? So kalo ini saya akan membahas mengenai Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Stay tune guys.

Daihatsu Sigra

Astra Daihatsu Motor sudah memperkenalkan calon mobil sejuta umat yang amat ditunggu oleh para masyarakat Indonesia. Betul, Astra Daihatsu Motor sudah meluncurkan suatu mobil bertipe MPV 3 baris, 7 seater, serta berskema Low Cost Green Car (LCGC) yang dikasih nama Astra Daihatsu Sigra. Mobil ini sudah dikeluarkan serta dipublikasikan ke khalayak secara resmi pada ajang GIIAA bulan Agustus 2016 lalu.

Kedatangan Astra Daihatsu Sigra ini tentu saja bakal memberikan persaingan yang ketat pada Datsun Go+ Panca yang sudah terlebih dulu memperkenalkan konsep mobil dengan desain MPV, 7 seater, dan juga LCGC di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra? 

Desain Daihatsu Sigra

Pada bagian depan, Daihatsu Sigra dianugerahi dengan grill berlapiskan chrome yang jelas yang memadukan antara headlamp kanan dan headlamp kiri, sehingga bakal menaikkan kesan modern serta stylish dari mobil terbaru Daihatsu ini.

Tidak hanya itu, baik headlamp kanan ataupun kiri juga dilengkapi dengan multi reflector, sehingga bakal menaikkan opini elegan pada mobil dan juga membuat sistem pencahayaan jadi lebih tajam serta terfokus. Pada bagian belakang, Sigra dianugerahi dengan lampu belakang yang dilengkapi dengan reflektor.

Berpindah ke bagian interior, mobil Daihatsu Sigra mempunyai kabin yang tergolong sangat lega buat mobil dengan kelas LCGC dan 7 seater. Buat bagian kabin depan, kesan lega dan luas bisa terasa sebab panel buat mengontrol transmisi tertempel di bagian dashboard sehingga tidak terdapat batasan antara pengendara dan penumpang.

Mesin Daihatsu Sigra

Untuk kamu yang mau mempunyai mobil dengan daya yang besar, maka kamu dapat memilih Daihatsu Sigra jenis X dan R dengan mesin berkapasitas 1200 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, serta berteknologi DOHC Dual VVT-i.

Nah, teknologi DOHC Dual VVT-i ini amat berguna buat mengontrol intake dan exhaust antara bahan bakar serta udara, sehingga nantinya pemakaian bahan bakar jadi lebih efisien serta optimal. Tidak hanya itu, Sigra jenis X serta R juga sanggup menciptakan daya menggapai 88 Ps pada putaran 6000 rpm, dengan torsi menggapai 108 Nm pada putaran 4200 rpm.

Untuk kamu yang mau mempunyai mobil buat hanya bepergian di jalanan kota yang mulus dengan pemakaian bahan bakar yang lebih hemat, maka kamu dapat memilih Daihatsu Sigra tipe M dan D. Sigra dengan jenis itu memiliki mesin berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder segaris, 12 katup, dan juga teknologi DOHC VVT-i yang bakal mengoptimalkan pemakaian bahan bakar. Sigra tipe M dan D sanggup menciptakan daya 67 Ps pada putaran 6.000 rpm, dengan torsi menggapai 89 Nm pada 4400 rpm.

Fitur Daihatsu Sigra

Pada Daihatsu Sigra tipe X dan R, tersedia dual SRS Air Bag, dimana Air Bag bakal tersedia baik buat pengendara dan juga penumpang yang duduk di depan. Tidak hanya itu, mobil ini pula sudah dilengkapi dengan safety belt buat ketujuh penumpangnya.

Seluruh baris bangku mobil ini juga telah dilengkapi dengan headrest yang bakal membagikan keamanan pada bagian kepala pengendara serta penumpang kala terjadi guncangan yang keras.

Buat fitur keselamatan bagian luarnya, rangka mobil ini diperkuat dengan rancang bangun Total Advanced Function atau TAF. Nah, TAF mempunyai peranan yang amat vital buat meredam benturan serta meminimalkan resiko cedera para penumpangnya dikala mobil terbentur di bagian depan atau samping. Daihatsu Sigra pula dilengkapi dengan teknologi ABS yang berguna buat menghindari selip pada ban dikala kondisi jalanan licin.

Harga Daihatsu Sigra

SIGRA 1.0 D MT Rp 114,000,000,-
SIGRA 1.0 M MT Rp 122,900,000,-
SIGRA 1.2 X MT Rp 132,250,000,-
SIGRA 1.2 X MT DLX Rp 137,750,000,-
SIGRA 1.2 X AT Rp 145,050,000,-
SIGRA 1.2 X AT DLX Rp 150,550,000,-
SIGRA 1.2 R MT Rp 138,150,000,-
SIGRA 1.2 R MT DLX Rp 141,950,000,-
SIGRA 1.2 R AT Rp 150,950,000,-
SIGRA 1.2 R AT DLX Rp 154,750,000,-

Toyota Calya

Di awal kemunculannya, mobil dengan sebutan resmi Astra Toyota All New Calya ini termasuk fenomenal sebab jadi mobil low cost green car (LCGC) atau rancangan mobil terjangkau ramah lingkungan dengan kapasitas 7 penumpang.

Lihat juga:  10 Merk Sepeda Lipat Terbaik 2021

Tetapi, sampai saat ini masih banyak yang meragukan kemampuannya. Terutama kemampuannya buat menempuh perjalanan jauh dan melibas berbagai macam medan jalur. Benar adanya atau cuma hoax doang ? langsung aja ke detailnya setelah ini ya guys.

Desain Toyota Calya

Bicara soal tampilan, Toyota calya hadir dengan style simple namun senantiasa terlihat elegan. Seperti keluarga Toyota lain, bagian wajah Calya mengadopsi rancangan ‘Keen Look’ dengan bentuk lampu tajam yang nyaris mirip seperti Avanza. Keglamoran bisa diamati pada komponen grill yang berangkap krom komplit dengan logo ‘Kukila Garuda’ di tengahnya.

Beralih ke bagian samping, nampak bodi yang lebih panjang seperti terdapat ruang tambahan antara bangku baris kedua dan ketiga. Tidak hanya itu, aura sporty terlihat pada konsep pelek 2 warna berukuran 14 inci.

Pada bagian belakang, lampu Toyota Calya mengadopsi konsep L-Shape terbalik sama kayak All New Kijang Innova. Kemewahan buritan belakang juga bisa diamati pada list krom berlogo Toyota di bagian pintu belakang.

Interior mobil ini telah didesain buat menyajikan ruang kabin yang luas, sehingga bisa menampung tujung orang penumpang di dalamnya. Kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga dibantu dengan Rear Air Circulator serta sandaran kepala pada tiap bangku penumpang.

Mesin Toyota Calya

Mobil garapan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura ini, menggendong mesin 3NR yang mempunyai kapasitas sampai 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengangkat teknologi Dual VVT-i yang sanggup menciptakan semburan daya 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm serta sanggup menggapai torsi maksimal sampai 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan berbekal tubuh yang lebih besar dan juga bakal menampung bawaan lebih banyak Toyota Calya menurut kabar akan dibantu oleh sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Tidak hanya itu, buat konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya dapat menggapai 1:20 sebab syarat untuk menjadi mobil LCGC yang memperoleh potongan pajak merupakan konsumsi BBM dengan perbandingannya 1:20 yang maksudnya 1 liter BBM dapat buat perjalanan 20 Km.

Jadi, dapat dibilang kalau Toyota Calya ini bakal dipastikan hemat seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ serta lain-lain yang kesemuanya sudah lewat pengujian tes yang sanggup menempuh lebih dari 20 km buat 1 liter BBM-nya dalam rute bebas hambatan. Sebagai LCGC pastinya detail Toyota Calya pada komponen ini ialah idaman untuk para konsumen nantinya.

Fitur Toyota Calya

Toyota Calya dilengkapi dengan Rear AC Circulator yang sanggup melindungi temperatur dalam kabin senantiasa stabil. Kemudian, ruang kaki serta kepala juga cukup lebar dengan barisan bangku yang dapat diatur sedemikian rupa dan dapat dilipat sehingga dapat membawa barang yang besar.

Tidak hanya itu, fitur kenyamanan Toyota Calya ini pula dibantu dengan fitur hiburan yang komplit, seperti audio serta film system sampai port USB buat mensupport keinginan konektivitas gadget. Tidak tertinggal pula, 2 speaker buat bentuk E dan 4 speaker buat model G sedia membagikan kenyamanan fitur audionya. Di bagian lain, buat pengemudi ada posisi kemudi yang memang didesain senyaman mungkin sehingga semua device gampang diakses dengan mudah.

Apalagi, dengan MID Digital yang bakal selalu sedia membagikan informasi realtime kendaraan pada pengemudinya. Tiba pada fitur keselamatan, Toyota Calya pula dilengkapi dengan Seat belt 3 point sehingga sanggup lebih pas mengamankan penumpang serta pengendara dalam hal terjadi rem mendadak.

Harga Toyota Calya

Toyota Calya Tipe E M/T Rp. 132.450.000,00
Toyota Calya Tipe E A/T Rp. 145.450.000,00
Toyota Calya Tipe G M/T Rp. 138.000.000,00
Toyota Calya Tipe G A/T Rp. 150.000.000,00

Pilih Mana: Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?

Daihatsu SigraToyota Calya
Kelebihan - Irit BBM - Harga ekonomis - Kabin luas- Fitur lengkap - Harga ekonomis - Bagasi luas
Kekurangan - Ukuran ban yang kecil - Harus menggunakan bahan bakar pertamax- Posisi duduk kurang nyaman - Interior kurang modern

Kesimpulan

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya menjadi mobil dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang ekonomis, tentu ini menjadi salah satu kelebihan untuk kedua mobil tersebut. Namun jika kalian menginginkan kualitas dan fitur yang lebih banyak maka Toyota Calya menjadi jawaban yang pas buat kamu. Tentukan mobil impianmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu Sigra vs Toyota Calya

VS