Pilih Mana: DANA atau Jenius?

Dompet digital, atau yang juga dikenal sebagai e-wallet (electronic wallet), adalah suatu bentuk teknologi keuangan yang memungkinkan individu untuk menyimpan uang secara elektronik. Dengan menggunakan aplikasi atau platform khusus, pengguna dapat menyimpan uang, melakukan pembayaran, dan melakukan transaksi keuangan lainnya melalui perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet.

Dompet digital biasanya terhubung dengan rekening bank atau kartu kredit pengguna, memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai fisik. Beberapa fitur umum dari dompet digital meliputi pembayaran tagihan, transfer uang antar pengguna, pembelian online, dan bahkan penyimpanan kartu loyalitas atau voucher diskon.

Keuntungan menggunakan dompet digital termasuk kemudahan, kecepatan, dan kemudahan akses. Selain itu, pengguna juga dapat melacak riwayat transaksi mereka dan memiliki tingkat keamanan tambahan melalui teknologi enkripsi dan otentikasi ganda. Dompet digital semakin populer karena memberikan alternatif yang praktis dan modern dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Saat ini banyak sekali jenis e-wallet bermunculan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu DANA dan Jenius. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai DANA dan Jenius, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

DANA

Dompet Digital (e-wallet) DANA resmi diluncurkan pada 5 Desember 2018. Dompet digital DANA besutan Indonesia ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh warga Indonesia dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, hingga dunia usaha baik online maupun offline.

DANA merupakan aplikasi dompet digital yang sudah memperoleh izin dari pihak Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD), serta penggunaan e-money dan e-wallet. Yang menarik dari DANA adalah aplikasinya terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga masa approvalnya pun bisa dipersingkat.

Aplikasi DANA bisa digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant. Bahkan terhubung dengan ATM Bersama, BPJS Kesehatan, membayar cicilan, dan berbelanja secara online. Oleh karena itu DANA bisa dibilang aplikasi e-wallet yang lebih fleksibel.

Kelebihan DANA

Bisa Membayar Tagihan

Berbagai keuntungan DANA yang bisa kalian dapatkan salah satunya kalian dapat membayar tagihan dengan aplikasi DANA ini. Seperti membayar tagihan seperti tagihan Listrik, Air, Internet, Telepon, Asuransi, BPJS, Cicilan, Kabel TV, Telepon Pasca bayar. Hal ini dapat membuat kalian lebih hemat waktu dan tidak perlu repot-repot untuk membayar tagihan di tempat lain.

Banyaknya Promo Menarik

Setiap waktu DANA memiliki promo menarik yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah diskon atau cashback setiap transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama. Kalian bisa dapat cashback sampai 50% belanja di tempat yang sudah bekerjasama dengan DANA di seluruh Indonesia, dan bonus pulsa dengan upgrade akun jadi premium. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan voucher 50% untuk pembayaran tagihan-tagihan yang kalian perlukan.

Top up Saldo yang Mudah

Kalian tidak perlu khawatir untuk mengisi saldo DANA bila tabungan kalian hanya sisa sedikit, karena saldo DANA bisa kamu isi dengan minimal top up sebesar Rp10.000. Selain mengisi saldo, kalian juga bisa mentransfer saldo DANA ke teman kalian yang memiliki aplikasi DANA dengan memasukkan nomor handphone yang telah terdaftar. Top up saldo yang sangat mudah bisa kamu lakukan dengan cara membelinya dari atm ataupun mbanking dan juga bisa langsung mengisi di tempat yang menyediakan untuk top up saldo.

Kekurangan DANA

Merchant Belum Tersedia Lengkap

Kekurangan yang bisa kalian ketahui dimana untuk merchant belum tersedia lengkap, namun hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah yang besar. Karena untuk merchant yang sudah ada, hampir semua sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi Terkadang Error

Aplikasi DANA terkadang mengalami error atau mengalami down hal ini dimungkinkan pihak DANA lebih mengupgrade aplikasi tersebut sehingga saat kalian gunakan terasa down dan juga terasa eror. Biasanya jika sudah mengalami hal ini kalian bisa tidak menggunakannya dulu dalam beberapa jam kemudian kalian bisa buka kembali pasti aplikasinya sudah benar.

Saldo yang di top up Suka Lama Masuknya

Kekurangan satu ini sudah banyak diklaim dari beberapa orang, apakah kalian salah satunya? Saat melakukan top up tidak jarang saldo yang diisi lama masuknya perihal ini sangat membuat mengganggu sekali, dan membuat kalian harus menunggu hingga saldonya sudah terisi.

Jenius

Jenius merupakan bagian dari PT Bank BTPN Tbk yang terdaftar atau diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Untuk kenyamanan dan keamanan Jenius menggunakan sistem enkripsi terbaru dan autentikasi transaksi dua tingkat.

Jenius adalah Banking Reinvented. Dengan Jenius, kalian memiliki kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah, dan cerdas. Kini Life Finance ada di ujung jari kalian.

Jenius adanya kartu tetapi tetap mengembalikan semua akses kepada penggunanya. Sehingga Nasabah memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan mereka sendiri.

Jenius lebih dari sebuah bank karena Jenius juga berperan sebagai alat yang membantu penggunanya dalam meraih integrasi yang lancar antara kehidupan dan keuangan sehingga dengan mudah, Nasabah bisa meraih tujuan hidup dan cita-citanya.

Kelebihan Jenius

Kemudahan Dalam Aplikasi

Kelebihan Jenius yang wajib kalian tahu adalah kalian bisa mengatur apapun yang kalian mau lewat aplikasi, tidak perlu telepon sana-sini! Dari limit harian, berapa dana yang kamu jadikan simpanan, hingga soal blokir kartu. Soal blokir, jika kalian kehilangan kartu Jenius kalian, kalian bisa melakukan blokir sementara hingga blokir permanen.

Banyaknya Promo Menarik

Setiap bank sering mengadakan promo tertentu, terutama di peringatan hari-hari besar. Jenius juga demikian. Bedanya, promo Jenius tidak perlu nunggu hari-hari besar alias ada setiap hari! Ada banyak banget promo di merchant pilihan yang bisa kamu dapatkan.

Gratis Kirim Uang ke Bank Lain

Kelebihan yang paling disukai orang dari Jenius ini adalah jika kalian memerlukan untuk kirim uang ke bank lain Jenius adalah pilihan yang tepat yang bisa kalian gunakan karena Jenius memberikan layanan gratis kirim uang ke bank lain hal ini tidak membuat kamu kehilangan biaya antar bank sebesar Rp. 6.500 juga adanya fasilitas gratis ambil uang di ATM bank lain juga sangat-sangat berguna karena dengan menggunakan Jenius, kalian bisa tidak perlu berpikir panjang lagi ketika tidak menemukan ATM bank yang kalian punya rekeningnya.

Kekurangan Jenius

Transaksi disesuaikan Jumlah Saldo

Jika awalnya Jenius gratis bisa transfer ke bank apapun dan juga menarik uang dari atm manapun sebanyak 25 kali per bulan. Namun kemudian ada aturan baru per september 2018 dimana jatah transaksi gratis itu dibatasi berdasarkan saldo. Jadi kalau saldo minimal 1.000.000, itu dapat jatah 15 kali gratis transfer antar bank dan narik di atm 5 kali. Nah jika mau tetap mendapatkan jatah 25 kali, saldo di rek harus min 10.000.000. Ketentuan ini sangat wajar karena pihak Jenius juga tidak mau rugi.

Fitur Pembayaran Masih Sedikit

Kekurangan lainnya Mungkin fitur pembayaran masih sedikit, mungkin hal ini karena kerjasama pembayaran juga masih sangat terbatas. Banyak orang yang mengharapkan kedepannya Jenius melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan tertentu untuk kemudahan dalam proses transaksi ini sehingga bisa mudah dan praktis,

Belum Banyak Dikenal Orang

Untuk saat ini Jenius memang belum banyak dikenal orang jika dibandingkan dengan DANA. Tetapi Jenius tetap semakin menyebarkan promosi-promosi di mall yang pastinya sehingga Jenius dapat banyak dikenal orang.

Perbandingan DANA dan Jenius

DANA Jenius
Kelebihan- Bisa Membayar Tagihan
- Banyaknya Promo Menarik
- Top up Saldo yang Mudah
- Kemudahan Dalam Aplikasi
- Banyaknya Promo Menarik
- Gratis Kirim Uang ke Bank Lain
Kekurangan- Merchant Belum Tersedia Lengkap
- Aplikasi Terkadang Error
- Saldo yang di top up Suka Lama Masuknya
- Transaksi disesuaikan Jumlah Saldo
- Fitur Pembayaran Masih Sedikit
- Belum Banyak Dikenal Orang
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam mengambil keputusan, mempertimbangkan kebutuhan spesifik, kenyamanan penggunaan, dan fitur-fitur yang paling relevan bagi kalian dapat membantu menentukan platform mana yang lebih sesuai. Beberapa orang mungkin juga memilih untuk menggunakan kedua platform ini sesuai dengan keperluan dan keuntungan masing-masing. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih DANA atau Jenius?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!