Kendaraan

Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Mobil berukuran kecil menjadi salah satu mobil yang digemari oleh beberapa orang, terutama para wanita remaja. Namun tidak sedikit juga laki-laki yang membawa mobil berukuran kecil, alasanya memang lebih simpel dan tentunya lebih lincah dibanding dengan mobil berukuran sedang atau besar. Seperti halnya Datsun Go dan Toyota Calya, kedua mobil ini menjadi salah satu mobil “sejuta umat” karena lebih simpel dengan harga yang cukup terjangkau. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan membahas Datsun Go dan Toyota Calya. Stay tune ya.

Datsun Go

Datsun Indonesia akhirnya resmi meluncurkan tipe facelift buat 2 produk populernya, yakni Datsun Go dan Go+ dengan teknologi X-Tronic CVT. Perlu untuk diketahui kalau sesungguhnya kedatangan generasi terbaru kedua model terbaru produksi Datsun itu telah menawarkan teknologi X-Tronic CVT buat mengoptimalkan kenyamanan serta pengalaman baru dalam berkendara.

Datsun Go saat ini memang muncul sebagai mobil hatchback versi facelift yang bawa segudang pembaruan. Salah satunya ialah teknologi terkini X-Tronic CVT, yang awal kali dimunculkan dalam deretan Datsun yakni, jenis Cross. Yang mana, X-Tronic CVT (Continuously Variable Transmission) ini sudah ditambahkan pada Datsun Go facelift ini sebagai fitur baru dalam segmen dapur pacu sebagai penunjang kehandalan sistem transmisi buat mengoptimalkan akselerasi yang lebih bertenaga. Baca juga Pilih Mana: Toyota Corolla Altis atau Honda Civic?

Desain Datsun Go

Saat ini Datsun Go bakal mengangkat headlamp 3D dengan teknologi LED yang buatnya terkesan lebih modern. Apalagi, pada bagian depannya pula dilengkapi lampu DRL (Daytime Running Lights) yang ialah suatu fitur tambahan buat mensupport keamanan selama mengemudi siang hari dengan bentuk yang tidak cuma fungsional namun tetap stylish.

Tidak cuma itu, nampak pula grille bergaya Datsun Signature Style berlapis warna krom yang membingkai logo DATSUN sehingga semakin membuat wajah dari Datsun Go ini lebih gagah serta stylish. Setelah itu, pada bagian bodi samping, desainnya terlihat lebih sederhana dengan side skirt bergaya sporty berkah sentuhan garis bodi yang buatnya semakin berkesan beda dari hatchback lain.

Datsun Go pula bakal mengangkat desain dashboard dengan tata letak lebih rapi serta hadir lebih modern dengan warna yang mensupport nuansa interior yang lebih bermutu. Bukan tanpa alasan mengenang pada bagian center dari dashboard itu telah dilengkapi dengan monitor 2DIN seluas 6. 75 inci dengan beberapa menu mutahir, seperti aux, audio video player, radio AM/ FM, Mobile Link, sebagian aplikasi hiburan. Apalagi, layar sentuh itu juga pula dilengkapi sistem navigasi modern buat memandu pengendara mencapai tujuan.

Mesin Datsun Go

Datsun Go sendiri bakal dipersenjatai dengan mesin baru berupa Reengineered 3 Silinder yang mempunyai kapasitas 1.2 liter. Menariknya, mesin yang diperbaharui itu mempunyai kemampuan dalam menekan efisiensi termal yang lebih baik serta gesekan lebih kecil dibandingkan mesin 4-silinder.

Terlebih, pemakaian balancer luar, secara alami kurangi getaran mesin serta kebisingan, sehingga berkendara jadi lebih aman. Tidak cuma itu saja, mesin pula didesain dengan kemampuan pembakaran maksimal supaya efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Tidak hanya itu, buat mengoptimalkan performanya, Datsun Go pula bakal memercayakan sistem transmisi X-Tronic CVT yang dipastikan bakal membagikan pemindahan gigi bakal lebih lembut, bahan bakar lebih efisien serta respons akselerasi bertambah, mensupport pengalaman berkendara lebih maksimal dari tipe sebelumnya.

Dimana, dengan mesin serta transmisi itu, Datsun Go ini sanggup memancarkan power sampai 68-78 Bhp serta torsi 104 Nm yang lebih maju dan andal, dan membagikan performa serta kemampuan tingkat tinggi dalam paket yang lebih enteng serta ringkas. Alhasil, dapat dikatakan kalau sektor permesinan pada detail Datsun Go ini terhitung cukup efektif dan efisien serta lebih ramah lingkungan.

Fitur Datsun Go

Buat mendukung keselamatan maka Datsun sudah melengkapi hatchback buatannya ini dengan rem berventilasi yang ditaksir cukup handal dalam mengatur laju mobil ini. Tidak cuma itu saja, Datsun Go pun juga bakal dilengkapi dengan fitur- fitur hiburan, sebut saja seperti layar 2DIN seluas 6.75 inci dengan menu entertainment lengkap dan konektivitas handal yang sedia memanjakan para penumpang.

Tidak hanya itu, Datsun GO dilengkapi sistem power window pada seluruh pintu buat kenyamanan seluruh penumpang. Setelah itu, fitur-fitur pintar yang umumnya muncul di mobil segmen lebih tinggi, seperti auto headlights, follow-me-home system, front wiper with intelligent wiping system dan high response linear suspension, juga disematkan pada hatchback ini buat membagikan pengalaman berkendara yang lebih sempurna.

Nah, satu fitur yang sangat menarik yakni teknologi X- Tronic CVT yang bakal membuat performa dapur pacu dari detail Datsun Go ini semakin handal, efektif, dan pastinya jauh lebih efisien dan ramah lingkungan.

Harga Datsun Go

Datsun GO D – MT Rp 102,990,000,-
Datsun GO A – MT Rp 110,990,000,-
Datsun GO T – MT Rp 122,990,000,-
Datsun GO T-ACTIVE – MT Rp 126,690,000,-
Datsun GO A – CVT Rp 126,490,000,-
Datsun GO T – CVT Rp 138,490,000,-
Datsun GO T-ACTIVE CVT Rp 142,190,000,-

Toyota Calya

Kancah Toyota dalam menggeluti dunia bisnis otomotif pada bagian roda 4, kelihatannya dapat dikatakan berhasil. Alasannya, nyaris tiap produk mobil yang dikeluarkan pabrikan asal Jepang itu selalu disukai oleh calon pelanggan dan tidak jarang jadi primadona pada tiap segmennya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Corolla Altis atau Honda Civic?

Terpaut perihal itu, belum lamban ini Toyota dikabarkan sudah meluncurkan suatu mobil MPV ekonomis yang diklaim sebagai adik dari Avanza, ialah Toyota Calya. Mobil besutan Toyota yang dikabarkan diproduksi resmi pada beberapa waktu lalu itu kelihatannya akan muncul buat memenuhi pasar MPV dengan harga yang terhitung terjangkau.

Walaupun begitu, Toyota Calya ini pula dibekali detail serta beragam fitur menarik. Setelah sebelumnya penggemar otomotif harus puas memandang muka dari Toyota Calya dari spyshot-spyshot yang tersebar di dunia maya.

Desain Toyota Calya

Mobil ini mengadopsi konsep‘ keen look’ seperti keluarga Toyota yang lain. Lampu depannya didesain dengan sudut yang tajam bahkan dapat dibilang nyaris mendekati dengan Toyota Avanza. Kemudian, tiba pada sektor tengahnya, Toyota Calya ini dilengkapi pula dengan grille yang tidak mempunyai aksen chrome dengan logo‘ Burung Garuda’ di sektor tengahnya dimana menyambung pada komponen bawahnya yang mempunyai lubang udara berwujud trapesium.

Kemudian, bila diamati dari samping, perihal yang cukup mencolok dari Toyota Calya ini ialah bodinya yang terkesan lebih bongsor, terutama terlihat pada bodi bagian belakangnya yang terkesan memperoleh tambahan ruang. Kemudian, tiba pada seperempat bagian akhir dari bodinya, Toyota Calya menunjukkan bentuk yang nyaris mempunyai kesamaan dengan GO+ Panca. Perihal ini terlihat dari konsep kaca samping belakangnya.

Pada dashboardnya tampil dengan style rancang yang terkesan sederhana di mana dashboardnya mengadopsi sistem multi layer dashboard buat versi yang mewah ini. Tepat dibawah audio itu ada switch AC yang terletak di sisi tuas transmisi. Kemudian, tiba pada bagian kemudinya, ada finger rest tepat disamping palang stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya.

Tepat di bawah logo Toyota bagian setir Toyota Calya, ada logo SRS Airbag. Setelah itu, di depan bangku penumpang, ada ruang penyimpanan yang cukup buat menaruh beberapa benda. Di bagian atasnya terdapat airbag yang tentunya bersembunyi dibalik dashboard Calya ini.

Mesin Toyota Calya

Mobil garapan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura ini, menggendong mesin 3NR yang mempunyai kapasitas sampai 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengangkat teknologi Dual VVT-i yang sanggup menciptakan semburan daya 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm serta sanggup menggapai torsi maksimal sampai 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan berbekal tubuh yang lebih besar dan juga bakal menampung bawaan lebih banyak Toyota Calya menurut kabar akan dibantu oleh sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Tidak hanya itu, buat konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya dapat menggapai 1: 20 sebab syarat untuk menjadi mobil LCGC yang memperoleh potongan pajak merupakan konsumsi BBM dengan perbandingannya 1:20 yang maksudnya 1 liter BBM dapat buat perjalanan 20 Km.

Jadi, dapat dibilang kalau Toyota Calya ini bakal dipastikan hemat seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ serta lain-lain yang kesemuanya sudah lewat pengujian tes yang sanggup menempuh lebih dari 20 km buat 1 liter BBM-nya dalam rute bebas hambatan. Sebagai LCGC pastinya detail Toyota Calya pada komponen ini ialah idaman untuk para konsumen nantinya.

Fitur Toyota Calya

Toyota Calya dilengkapi dengan Rear AC Circulator yang sanggup melindungi temperatur dalam kabin senantiasa stabil. Kemudian, ruang kaki serta kepala juga cukup lebar dengan barisan bangku yang dapat diatur sedemikian rupa dan dapat dilipat sehingga dapat membawa barang yang besar.

Tidak hanya itu, fitur kenyamanan Toyota Calya ini pula dibantu dengan fitur hiburan yang komplit, seperti audio serta film system sampai port USB buat mensupport keinginan konektivitas gadget. Tidak tertinggal pula, 2 speaker buat bentuk E dan 4 speaker buat model G sedia membagikan kenyamanan fitur audionya. Di bagian lain, buat pengemudi ada posisi kemudi yang memang didesain senyaman mungkin sehingga semua device gampang diakses dengan mudah.

Apalagi, dengan MID Digital yang bakal selalu sedia membagikan informasi realtime kendaraan pada pengemudinya. Tiba pada fitur keselamatan, Toyota Calya pula dilengkapi dengan Seatbelt 3 point sehingga sanggup lebih pas mengamankan penumpang serta pengendara dalam hal terjadi rem mendadak.

Harga Toyota Calya

Toyota Calya Tipe E M/T Rp. 132.450.000,00
Toyota Calya Tipe E A/T Rp. 145.450.000,00
Toyota Calya Tipe G M/T Rp. 138.000.000,00
Toyota Calya Tipe G A/T Rp. 150.000.000,00

Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Datsun GoToyota Calya
Kelebihan - Irit BBM - Tenaga mesin cukup responsif - Pengereman cukup handal- Harga terjangkau - Fitur keselamatan terjamin - Bagasi cukup luas
Kekurangan- Ukuran velg kecil - Bahan jok kurang berkualitas- Posisi duduk kurang nyaman - Bodi tipis

Kesimpulan

Datsun Go dan Toyota Calya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena memang sudah mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota. Namun jika kalian menginginkan mutu yang sudah terjamin, maka Toyota Calya jawabannya mengingat Toyota sendiri merupakan produsen raksasa yang cukup menguasai segmen pasar mobil di dunia. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Datsun Go vs Toyota Calya

VS