Pilih Mana: Dell Alienware atau Acer Predator?

Bagi para gamer, laptop gaming merupakan perangkat penting untuk menikmati pengalaman bermain game yang maksimal. Dua merek ternama yang menawarkan laptop gaming berkualitas tinggi adalah Dell Alienware dan Acer Predator. Kedua merek ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, sehingga memilih di antara keduanya bisa menjadi dilema bagi para gamer.

Artikel ini akan mengulas perbandingan antara Dell Alienware dan Acer Predator secara mendalam. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Dell Alienware

Dibuat pada tahun 1996 oleh Nelson Gonzalez serta Alex Aguila, Alienware merakit desktop, notebook, dan workstation. Bagi karyawan Alienware, panggilan Alienware dipilih karena kesukaan pendiri‘ untuk serial tv hit The X-Files, maka tema buat produk mereka, dengan nama-nama seperti Area-51, Hangar 18 serta Aurora.

Pada tahun 2002, Dell sedang mempertimbangkan untuk membeli Alienware, tetapi tidak mengambil tindakan apapun hingga dengan 22 Maret 2006. Setelah Alienware diakuisisi Dell, Alienware tetap diberi wewenang dalam perihal konsep serta penjualan. Tetapi, akses Alienware untuk jalur distribusi Dell, daya beli, serta skala ekonomi akan menurunkan biaya operasional.

Pada tanggal 2 Juni 2009, M17X dipublikasikan sebagai Alienware pertama. Saat ini Alienware merepresentasikan premium performance dalam lini produk Dell. Peresmian ini pula memperluas distribusi global Alienware dari 6 jadi 45 negeri. Pada bertepatan pada 4 Desember 2009, Alienware resmi masuk dan diproduksi di Indonesia.

Kelebihan Dell Alienware

Performa yang Kencang untuk Gaming

Dibuat khusus untuk gaming, laptop Alienware menawarkan performa yang andal saat digunakan untuk bermain game. Dilengkapi dengan layar 11,6 inci beresolusi HD 1366×768 dan didukung oleh teknologi NVIDIA Optimus, laptop ini dapat bertahan hingga 3 hingga 4 jam dalam keadaan idle. Dengan laptop ini, kalian dapat menjalankan game apa pun dengan lancar dan lama! Bahkan game seberat Far Cry 5 pun bisa dijalankan dengan lancar!

Pondasi Laptop yang Kokoh

Dengan harga yang ditawarkannya, laptop gaming ini memiliki kualitas bahan yang sangat kokoh. Bahkan, beberapa seri dari laptop ini dapat bertahan dari benturan yang keras. Ini disebabkan oleh penggunaan casing laptop yang terbuat dari logam berkualitas tinggi dan sangat kuat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika laptop ini tidak akan mengalami keretakan atau kerusakan saat terjatuh atau terbentur.

Tampilan Desain yang Menarik

Dari sisi desain, laptop Alienware menampilkan desain yang sangat elegan yang sesuai dengan harganya yang tinggi. Ini tercermin dari keyboard yang terang dengan lampu belakang yang dapat disesuaikan dengan warna sesuai keinginan menggunakan fitur Alien Fusion.

Tak hanya itu, bentuk bodinya yang stylish dan sangat keren membuat laptop gaming ini benar-benar terlihat seperti perangkat dari alien yang berasal dari luar bumi.

Kekurangan Dell Alienware

Bobot yang Berat

Perihal ini sangat berbahaya bila menggendong tas + laptop Alienware dalam waktu waktu yang begitu lama sebab bisa menimbulkan beberapa penyakit.

Harganya Super Mahal

Kekurangan Dell Alienware terletak pada perbandingan spesifikasi dengan harga, seperti contohnya pada laptop Alienware M11X yang dijual sekitar Rp 11 jutaan, spesifikasinya tidak terlalu jauh berbeda dengan laptop standar yang harganya sekitar 5 jutaan. Meskipun secara performa, terdapat perbedaan yang jelas antara keduanya.

Rekomendasi Dell Alienware

Alienware M15

Tidak hanya mengusung pemakaian prosesor tangguh generasi masa kini, laptop ini pula sudah dibekali dengan kartu pengolah grafis yang cukup mumpuni. Buat detail, laptop ini dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7- 8750H, RAM 16 GB, SSD 128 GB, harddisk 1 TB, dan mempunyai kartu pengolah grafis berupa Nvidia GeForce GTX 1060 (6GB GDDR5).

Alienware 17 R5

Tidak hanya dibekali dengan prosesor kuat generasi terbaru, laptop ini pula mempunyai sebuah layar berukuran 17.3 inch yang amat nyaman buat aktivitas gaming. Buat perihal dapur pacu, laptop ini dibekali oleh prosesor Intel Core i7-8750H, RAM 8 GB, hard disk 1 TB, dan mempunyai kartu pengolah grafis berupa Nvidia GeForce GTX 1070 (8GB GDDR5).

Alienware 15 R4

Dibekali dengan memori RAM berkapasitas lega yang dipadukan dengan SSD, laptop ini diklaim lumayan ideal buat kebutuhan gaming. Buat dapur pacu, laptop ini dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7-8750H, RAM 16 GB, SSD 128 GB, dan mempunyai kartu pengolah grafis berupa Nvidia GeForce GTX 1060 (6GB GDDR5).

Alienware M17

Mempunyai segudang fitur serta detail mumpuni kelas tinggi, laptop ini cukup recommended buat kalangan gamers professional. Buat dapur pacu, laptop ini mengusung pemakaian prosesor Intel Core i7-8750H, RAM 32GB, SSD 1TB, dan mempunyai kartu pengolah grafis berupa Nvidia GeForce RTX 2070 Max-Q.

Acer Predator

Acer Predator memang salah satu opsi laptop gaming dengan fitur-fitur yang memukau. Performa apiknya dalam menumpas segala macam game, bahkan sampai dengan game bergrafis tinggi sekalipun. Acer Predator pula memiliki banyak kelebihan yang membedakan laptop gaming ini berbeda dengan merek-merek yang lain.

Kelebihan Acer Predator

Performa yang Kencang

Predator selalu dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru serta terkuat yang tersedia di pasaran. Entah itu prosesor Intel Core i terbaru atau AMD Ryzen seri 7/9 yang tangguh, beserta kartu grafis Nvidia GeForce RTX atau AMD Radeon RX terbaru yang dilengkapi teknologi Ray Tracing, Predator menjamin performa yang tak tertandingi untuk menghadapi game berat dan aplikasi demanding dengan mulus.

Selain itu, Predator menggunakan sistem pendinginan inovatif seperti FrostBlade™ dan AeroBlade™ 3D Fan untuk menjaga suhu komponen tetap optimal bahkan saat di bawah tekanan tinggi. Dengan demikian, performa yang stabil dan tahan lama dapat dijamin tanpa adanya throttling yang mengganggu.

Desain yang Futuristik

Desain dari Predator selalu menampilkan kesan agresif dan futuristik, yang ditandai dengan kombinasi warna hitam, merah, dan silver yang khas. Logo Predator yang diterangi oleh lampu RGB turut menambah kesan tangguh dan menjadi ciri khas dari merek ini.

Layar yang digunakan oleh Predator menggunakan panel IPS dengan refresh rate tinggi, bahkan mencapai 360Hz, serta didukung oleh teknologi G-Sync/FreeSync untuk memastikan tampilan visual yang halus dan bebas dari masalah tearing. Dengan demikian, setiap detail aksi pada layar terlihat dengan jelas dan tanpa gangguan, yang secara signifikan meningkatkan pengalaman bermain game.

Pilihan Model yang Beragam

Predator menyediakan beragam model laptop gaming untuk memenuhi kebutuhan dan anggaran bermain yang berbeda. Dari Predator Helios yang ramping namun tetap kuat, hingga Predator Orion yang menggantikan desktop dengan performa tinggi, Predator memiliki pilihan yang sesuai untuk setiap gamer.

Kekurangan Acer Predator

Daya Tahan Baterai yang Kurang

Umumnya, baterai pada laptop gaming tidak bertahan lama, termasuk Predator. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan daya yang tinggi untuk menjalankan game-game berat. Khususnya bagi gamer yang sering menggunakan laptop di luar ruangan, daya tahan baterai Predator menjadi faktor pertimbangan yang penting.

Rekomendasi Acer Predator

Acer Predator Helios 300

Sebagai laptop gaming yang mempunyai performa tinggi, Acer Predator Helios 300 harus mempunyai dapur pacu yang berenergi. Sebab itu, Acer memilih menyematkan Intel Core™ i7-7700HQ. Prosesor ini merupakan prosesor yang bertenaga dengan clock speed hingga 3,8 GHz. Intel Core™ i7-7700HQ. juga merupakan prosesor dengan kode nama Kaby Lake. Prosesor ini dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Di dalam prosesor ini terdapat prosesor 4 inti (quad core eight threads) dengan kecepatan dasar 2, 8 GHz.

Acer Predator 17

Mengangkat prosesor Intel Core i7–7700HQ pada varian paling tinggi, laptop gaming ini bisa dipacu sampai 2,8 GHz. Sedangkan buat pemroses grafis, Acer mengunggulkan NVIDIA GTX 1070 buat versi yang sangat besar dengan kapasitas RAM 32 GB.

Acer Predator Nitro 5

Satu lagi seri yang mendapatkan penyegaran dari Acer Predator. Pada tahun 2018, seri ini juga telah memperoleh prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi ke-8. Buat kalian yang baru mulai masuk ke dunia game atau bahkan esport, Acer Predator Nitro 5 sesuai buat kalian jadikan laptop gaming andalan.

Acer Predator Triton 500

Triton 500 hadir dengan 2 opsi GPU Nvidia GeForce RTX 2080 serta RTX 2060 Max- Q. Tidak hanya itu, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7, 2 buah SSD NVMe dengan konfigurasi RAID0, serta memory DDR4 32GB. Sedangkan GPU pada laptop ini bisa di-overclock dan sudah mendukung VR yang memungkinkan gamer buat menikmati pengalaman gaming serta VR terkini.

Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan tombol Turbo yang merupakan tombol cepat buat mendongkrak kinerja GPU sehingga memberikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Perbandingan Dell Alienware dan Acer Predator

Dell AlienwareAcer Predator
Kelebihan- Performa yang Kencang untuk Gaming
- Pondasi Laptop yang Kokoh
- Tampilan Desain yang Menarik
- Performa yang Kencang
- Desain yang Futuristik
- Pilihan Model yang Beragam
Kekurangan- Bobot yang Berat
- Harganya Super Mahal
- Daya Tahan Baterai yang Kurang
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam perbandingan singkat antara Dell Alienware dan Acer Predator, kedua merek ini menawarkan performa gaming yang tinggi dengan spesifikasi yang mumpuni. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan gaming, dan anggaran yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.

Anda Pilih Dell Alienware atau Acer Predator?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!