ElektronikGadgetsTechnology

Pilih Mana: Dell atau MacBook?

Beberapa persaingan ketat dalam industri teknologi termasuk persaingan Laptop atau Notebook kelas berat antara perangkat andalan Dell dan MacBook, yang terus berlanjut hingga saat ini. Dengan persaingan yang masih terbilang sengit. Pada artikel kali ini kita akan membahas keduanya dari segi dasar dan Spesifikasi di keduanya dan beberapa rekomendasi yang akan kami berikan dan juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari Dell atau MacBook.

Dell

Dell merupakan salah satu brand  laptop atau notebook yang cukup baik di Indonesia maupun di dunia untuk saat ini dan memang layak untuk disejajarkan dengan beberapa merk merk laptop ternama di dunia seperti Asus , MSI, Fujitsu, dan lain lain. Selain karena mempunyai kualitas yang cukup baik dari segi keandalan dan ketahanan, Dell juga mempunyai market share yang baik pula.

Dell merupakan sebuah perusahaan dari Texas, Amerika Serikat yang bergerak di bidang produksi perangkat komputer dan berdiri pada tahun 1984.

Selain menjual laptop atau notebook Dell juga menjual server, alat penyimpanan data seperti hardrive atau storage drive, switch untuk jaringan networking, dan cluster komputer untuk digunakan diberbagai perusahaan. Pada tahun 2005 Perusahaan Delltelah menjadi sebuah perusahaan yang terkenal dan layak untuk dipandang. Pada bulan Februari tahun 2005, Dell berada pada posisi pertama di dalam urutan “Perusahaan yang paling patut dibanggakan” versi dari majalah Fortune.

Untuk di Indonesia sendiri Dell banyak memberikan kualitas servis yang baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya pusat servis Dell di Indonesia di bawah PT Compudata Technology yang merupakan Authorized untuk Service Center Dell. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Laptop Dell?

Spesifikasi Dell 

Komponen
Dengan beragam laptop yang ada, Dell menggunakan prosesor berbeda dari merek seperti AMD dan Intel. Laptop dengan harga rendah akan mendukung prosesor dual-core sementara model high-end yang lebih baru menggunakan quad generasi terbaru, enam atau bahkan delapan-core CPU.

Laptop gaming dan diperuntukan bisnis kelas atas dapat bervariasi dalam GPU yang mereka gunakan, dengan mesin gaming cenderung memilih kartu grafis NVIDIA terbaru. Laptop dengan harga murah akan menggunakan grafis Intel HD.

Kualitas layar juga dapat sangat bervariasi, tergantung pada model yang Anda pilih. Beberapa model yang lebih murah mungkin hanya memiliki HD daripada full HD. Sementara mesin game premium akan menampilkan full HD, 3K atau 4K dengan teknologi G-sync.

Desain
Desain utama yang ada pada Laptop yang ditujukan untuk bisnis seperti yang lama, sebagian besar jajaran laptop Dell tidak menampilkan desain yang menarik. dilengkapi plastik hitam matte bisa terlihat sangat membosankan dibandingkan dengan alumunium yang ada pada pesaing, meskipun Dell memang menawarkan beberapa pilihan warna.

Hanya di jajaran XPS dan laptop gaming Alienware desainnya menjadi ramping dan menarik. XPS 13 keluar-MacBook Mac sendiri, menurut banyak kritik. Dell telah berhasil menurunkan XPS tahun ini menjadi kurang dari 0,3 inci pada titik tertipis.

Berbagai Produk Dell

Merek Dell ditujukan untuk penggunaan di rumah atau sekolah adalah Inspiron, yang hadir dengan model di semua rentang harga. Untuk pengeditan foto dasar, beberapa pekerjaan kampus atau mengelola keuangan rumah tangga, Merk Dell adalah yang termutakhir. Beberapa yang lebih tinggi juga akan cocok untuk game yang ringan.

Jika kalian ingin bermain game, kalian ingin melihat jangkauan Alienware Dell. Laptop gaming ini biasanya menampilkan semua komponen terbaru, dengan konstruksi yang ditujukan untuk gamer hardcore.

Akhirnya, untuk pengguna bisnis atau orang yang sering traveling sambil bekerja menggunakan laptop, ada merek Latitude. Ini tipis, namun kuat, laptop dengan beberapa dirancang untuk menjadi lebih kasar untuk digunakan dalam situasi yang lebih ekstrim. Berikut beberapa rekomendasi laptop Dell yang kami berikan untuk anda:

Rekomendasi Laptop Dell Keterangan
Dell Inspiron 14-7472CPUnya menggunakan Intel Core i5 atau Intel Core i7 untuk menciptakan kinerja yang lancar. GPU Nvidia Geforce MX150 sudah terpasang pada laptop ini, memberikan kenyamanan saat main game atau mengedit.
Dell Alienware Area-51mArea-51m dibekali dengan Intel Core i9-9900K, Nvidia GeForce RTX 2080, RAM 32GB DDR4 serta 2x penyimpanan SSD RAID 0 512GB dan 1x SSHD 1TB.
Dell XPS 13 XPS 13 membawa Intel Core i7-8565U, bersama dengan RAM 16GB DDR3 dan penyimpanan berbasis SSD PCIe 1TB.
Dell Inspiron 11 3153Dell Inspiron 11 3153 ini Laptop yang mengusung konsep hybird, Layarnya yang berukuran 11 inci berteknologi touchscreen itu dapat ditekuk hingga 360 derajat sehingga membentuk layaknya tablet.

Kelebihan Dell

  • Kualitas premium dengan desain khas
    Laptop keluaran Dell juga selalu didesain ergonomis. Tiap bagian hardware-nya disusun untuk memudahkanmu untuk melakukan beragam pekerjaan. Tampilannya terlihat klasik tapi memiliki sentuhan modern sehingga tetap mengikuti perkembangan zaman.
  • Laptop gaming yang dapat diandalkan
    Dell juga mengakomodasi kebutuhan untuk para pecinta gaming. Anak perusahaan Dell, Alienware, telah dikenal luas sebagai produsen hardware khusus gaming yang mempunyai kualitas yang baik. Kamu mungkin sering menjumpai produk berdesain alien, itulah ciri khas Alienware.
  • Awet dan tahan lama
    Untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan mempertimbangkan kualitas dan daya tahan sebuah laptop, Dell adalah jawaban yang tepat. Dell sudah dikenal luas akan ketahanannya jika dibandingkan dengan brand lain.

Kekurangan Dell

  • Servce center tidak merata
    Kekurangan laptop Dell yang pertama ialah dari segi service center nya, Pusat Service Center yang kantornya di Indonesia tidak merata, karena kantor service nya belum merata yang membuat sulit jika kita ingin melakukan perbaikan pada laptop ini
  • Beberapa tipe desainnya sangat kaku
    Walaupun casingnya dilengkapi dengan menggunakan Cromium, namun ternyata sebagian seri laptop Dell memiliki desain yang dirasa kurang menarik.  Sebagian seri dari laptop ini rupanya memiliki desain yang kaku sehingga akan membuatnya tampak seperti laptop kantoran. Tentunya, hal ini menjadi pertimbangan bagi para pengguna PC yang mementingkan desain dari laptop itu sendiri.
  • Promosi yang kurang
    Sebagian orang yang awam terhadap laptop sedikit mengetahui tentang merk Dell ini. Karena promosi yang ada terbilang cukup jarang terlihat.
Lihat juga:  10 Merk Proyektor Terbaik 2020

MacBook

MacBook merupakan notebook yang diproduksi oleh Apple, Inc. Hardware dan software MacBook diproduksi oleh satu perusahaan yaitu Apple. Apple adalah satu-satunya perusahaan yang memproduksi MacBook. “Mac” sendiri adalah kependekan dari sistem operasi Macintosh yang ditanamkan pada notebook atau PC yang dibuat oleh Apple. Artinya, semua komponen yang ada pada sebuah produk Apple menjadi hak milik Apple. Ini berarti Anda tidak bisa mengganti-ganti komponen tersebut dengan komponen lain.

MacBook diperkenalkan pada bulan Mei 2006, menggantikan seri iBook G4 dan PowerBook 12-inci, sekaligus sebagai bagian transisi Apple dari prosesor PowerPC ke Intel.

Spesifikasi Macbook

Komponen
Generasi terbaru dari MacBook Pro adalah yang paling kuat yang pernah ada, dengan prosesor inti Intel Generasi ke-8 dan memori hingga 32GB. Model 13-inci dimulai dengan CPU Quad-core Core i5 hingga prosesor Core i7 atau i9 enam-inti dalam versi 15-inci.

Prosesor Core i5 dan i7 menggunakan grafik terintegrasi yang dibangun pada CPU. Mac yang lebih baru dengan fitur grafis terintegrasi Iris Pro cenderung lebih bagus, karena memiliki memori tambahan untuk penggunaan grafis.

Apple memang menggunakan kartu grafis NVIDIA diskrit di masa lalu, tetapi saat ini mereka tampaknya lebih memilih chipset dan kartu AMD. Bagian atas jajaran MacBook Pro menggunakan kartu Radeon Pro 560 dengan VRAM 4GB, dengan grafis Radeon juga ditemukan di desktop Mac.

Desain
Meskipun ada netbook tipis sebelumnya, MacBook Air mengubah desain laptop yang lebih tipis dan kuat bagi banyak orang. Bahkan jajaran MacBook Air terbaru, dengan prosesor Intel Core 5 Gen, beratnya kurang dari 3 pound.

MacBook Pro 13-inci menambah timbangan di 3,02 pound, dengan bagian atas kisaran MacBook 15 dengan berat hanya 1.8 kg. Macbook semua menggunakan sasis alumunium yang telah dilekatkan yang terbuat untuk mesin yang hanya berasal dari logam.

Berbagai Produk MacBook

Rangkaian produk Macbook pada suatu waktu hanya terdiri dari beberapa versi hingga saat ini. Meskipun mereka dapat dikustomisasi dengan SSD yang lebih besar, lebih banyak memori, dan peningkatan CPU, semuanya pada dasarnya adalah mesin yang sama.

Setelah kalian melewati OS X, dan banyak orang yang menyukainya, pilihan utama adalah ukuran layar dan kekuatan yang Anda inginkan. Apple dilihat oleh tipe kreatif sebagai komputer pilihan, dengan banyak paket video pro atau editing musik eksklusif untuk Mac. Berikut beberapa rekomendasi Macbook yang dapat kami berikan untuk kalian :

Rekomendasi MacbookKeterangan
MacBook AirMacBook Air memiliki 8GB LPDDR3 RAM, pilihan antara 128GB atau 256GB SSD, dan prosesor dual-core 1.6GHz
MacBook 2017MacBook ini tidak memiliki chop pemrosesan Pro, tetapi memiliki beberapa CPU yang berbeda untuk dipilih tergantung pada kebutuhan Anda.
MacBook Pro 13-Inch Memiliki lebih banyak opsi penyimpanan yang mencapai 1TB, dan dua port Thunderbolt 3 (USB-C). Terdapat pilihan antara 2.3GHz dual-core Intel Core i5 dan 2.5GHz dual-core Intel i7 processor.
MacBook Pro 13-Inch 2018Prosesor Macbook ini juga menawarkan kecepatan turbo hingga 3,8 GHz, membuatnya cukup cepat untuk menangani program kompleks dan multitasking, ditambah kartu Intel Iris Plus Graphics 655 yang ditingkatkan untuk daya pemrosesan tambahan.

Kelebihan MacBook

  • Desain mewah dengan material terbaik
    Masalah desain, Macbook memang gak bisa ditandingi. Desainnya itu terlihat mewah dan menawan, karena memang Apple sendiri gak sembarangan memilih material untuk bodi Macbook.
  • Lebih tangguh dalam menghalang virus
    Karena MacBook menggunakan OS Mac yang notabene berbasis Unix jadinya laptop ini bebas dari segala macam virus. Kamu juga tidak perlu repot-repot memasang anti virus di perangkat ini, karena memang virus saja tidak mau mampir ke Macbook saking ketatnya sistem keamanan yang diterapkan oleh produk Apple.
  • Tidak lelet 
    Hal ini dikarenakan MacBook rata-rata memang mengusung spesifikasi dapur pacu yang terbaik. Misalnya MacBook Pro yang mengusung prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan clock 2.93GHz dual core dan grafis Intel Iris 550, SSD 256GB/512GB sert USB type-C. Sudah teruji kecepatan dan kelancarannya.

Kekurangan MacBook

  • Harganya yang sangat mahal
    Sudah bukan rahasia umum lagi, jika kita mendengar produk dari Apple pasti yang terlintas dalam benak kita harganya yang cukup mahal. Termasuk dengan MacBook ini, Macbook ini bisa di bandrol sampai puluhan juta lho!
  • Harga hardware atau spare part-nya yang mahal
    Tidak hanya MacBook nya saja yang mempunyai harga selangit, Tetapi, hardware pendukung nya pun di bandrol dengan harga yang tinggi. Apalagi jika ada komponen spare part MacBook yang rusak harga nya pun cukup mahal.
  • Service Center-nya yang masih sangat jarang
    Service Center-nya yang masih sangat jarang atau dalam artian belum merata seperti service center brand-brand yang lain yang membuat kita susah untuk menservice jika terjadi kerusakan pada MacBook.

Pilih Mana: Dell atau Macbook?

DellMacbook
Kelebihan- Kualitas premium dengan desain khas - Laptop gaming yang dapat diandalkan  - Awet dan tahan lama - Desain mewah dengan material terbaik - Lebih tangguh dalam menghalang virus - Tidak lelet 
Kekurangan- Servce center tidak merata - Beberapa tipe desainnya sangat kaku - Promosi yang kurang- Harganya yang sangat mahal - Harga hardware atau spare part-nya yang mahal - Service Center-nya yang masih sangat jarang 

Kesimpulan

Baik Dell  dan MacBook adalah perusahaan mapan yang dibentuk oleh para pria muda dengan visi. Keduanya telah memainkan peran penting dalam evolusi komputasi mobile, tetapi keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing. MacBook telah membangun dunia komputasi OS-X dan perangkat-i mereka sendiri. Sementara Dell telah membangun bisnis laptop yang sukses dalam kerangka yang disediakan oleh Windows dan game PC. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih sesuai kebutuhan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dell VS Macbook

VS

Leave a Reply