Home

Pilih Mana: Deodorant Spray atau Deodorant Roll On?

Deodorant merupakan kebutuhan sekunder manusia yang berfungsi untuk mengontrol bau badan, namun tidak mengontrol produksi keringat. Deodorant sendiri memiliki 3 jenis, namun pada pembahasan kali ini kita akan mengulik lebih dalam mengenai Deodorant Spray dan Deodorant Roll On.

Deodorant Spray dan Deodorant Roll On sendiri menjadi andalan tersendiri untuk mereka yang menginginkan aroma badan yang selalu wangi setiap hari saat beraktivitas diluar rumah. Saat ini pun sudah banyak sekali merek pewangi terkenal yang memproduksi kedua deodorant ini untuk para penggunanya.

Penasaran dengan detail lebih dalam mengenai kedua deodorant ini? Untuk itu pantengin terus artikel ini agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih deodorant andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya!

Deodorant Spray atau Deodorant Roll On

Deodorant Spray

Deodoran berjenis spray atau yang sering juga disebut dengan aerosol biasanya mempunyai kandungan antiperspirant yang berfungsi menahan keringat yang dibuat oleh pori kulit di area ketiak. Tidak hanya itu, jenis spray juga memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi.

Itu sebabnya kenapa tipe deodoran ini bisa kering dengan cepat serta kerap memberikan sensasi dingin yang menyejukkan. Walaupun begitu, kamu harus berhati-hati bila kandungan alkohol serta antiperspirant yang terkandung dalam deodoran sudah melebihi batas yang disarankan.

Alih-alih ingin meminimalisir bau ketiak, yang ada ketiak justru semakin mengeluarkan bau tak sedap, menimbulkan alergi kulit. Jika lebih senang praktis, jenis deodorant spray pasti amat cocok buat kamu. Terlebih, selain cepat kering, jenis ini juga gampang dibawa ke mana-mana sebab kemasan botolnya yang amat ringan.

Tetapi sayang, selain harganya lebih mahal, pemakaian deodoran jenis spray juga lebih boros serta cepat habis dibanding jenis lainnya.

Beberapa rekomendasi deodorant spray yang bisa kamu jadikan andalan sehari-hari yaitu Dove, Rexona, Axe, The Body Shop dan lain sebagainya. Baca juga Pilih Mana: Deodorant atau Parfum?

Deodorant Spray atau Deodorant Roll On

Kelebihan Deodorant Spray

  • Lebih cepat kering
    Secara alamiah, deodorant spray bisa mengering lebih cepat dibanding jenis deodoran lain seperti roll on atau stick. Hal ini karena deodorant spray dirancang dengan konsep aerosol, yaitu berupa partikel kecil yang tersuspensi dalam gas, kemudian diletakkan di dalam botol atau kaleng bertekanan.
  • Memberikan sensasi dingin
    Kelebihan lain yang dipunyai deodorant spray dan jarang ditemukan pada deodoran jenis lain yaitu sifatnya yang sanggup memberikan sensasi dingin di kulit. Selain karena dilengkapi kandungan alkohol, perihal ini juga terjadi akibat adanya tekanan dari botol deodoran saat disemprotkan. Kehebohan dingin yang menyejukkan itu tentu amat diperlukan, khususnya untuk kamu yang aktif supaya terhindar dari rasa gerah yang mungkin muncul saat beraktivitas seharian.
  • Praktis dan cepat
    Saat memakai deodoran roll on, kamu perlu mengoleskannya beberapa kali di ketiak untuk mendapatkan perlindungan dari bau badan. Kamu juga mesti menunggu beberapa saat sampai deodoran itu kering sebelum memakai pakaian. Saat sedang terburu-buru, perihal ini terkadang bisa dirasa cukup merepotkan. Di saat-saat seperti inilah deodorant spray dapat diandalkan. Selain cepat kering, deodoran jenis ini juga cukup dipakai dengan cara disemprot seperti parfum, sehingga tidak memakan banyak waktu saat Kamu sedang terburu-buru.

Kekurangan Deodorant Spray

  • Beresiko menyebabkan kanker payudara
    Deodoran yang disemprotkan di ketiak amat dekat dengan jaringan payudara. Kandungan deodorant bisa mengurangi produksi hormon estrogen, serta melemahkan jaringan otot payudara.
  • Harga mahal
    Dibandingkan dengan deodorant roll on, deodorant spray nyatanya memiliki harga yang lebih tinggi. Namun tentunya hal ini sesuai dengan kepraktisan dan kenyamanan deodorant spray yang diberikan kepada para penggunanya.
  • Bisa menimbulkan alergi kulit
    Sebagian besar deodoran mengandung ethanol, turunan dari alkohol. Kandungan ini bisa menimbulkan kulit menjadi kering, gatal serta timbul ruam. Selain itu kandungan kimia lainnya seperti triclosan pada deodoran bisa menimbulkan reaksi alergi pada tubuh.
Rekomendasi Deodorant SprayHarga per Desember 2019
Unilever Dove Original Light and Smooth Antiperspirant Deodorant SprayRp 20.300,-
Beiersdorf Nivea Black & White Clear SprayRp 36.225,-
Unilever Rexona Women Antibacterial Defense Deodorant SprayRp 27.500,-
The Body Shop For Men Maca Root Deodorant SprayRp 115.000,-

Deodorant Roll On

Deodoran dengan jenis roll-on mempunyai tekstur cair yang cenderung kental. Beberapa di antaranya ada yang mempunyai warna putih susu, tetapi ada juga yang berwarna bening.

Walaupun harganya jauh lebih ekonomis dari jenis spray, beberapa wanita nyatanya enggan memilih jenis ini sebab khawatir cairan roll on-nya akan mengotori pakaian, khususnya di area ketiak.

Nah, bila tidak mau hal ini terjadi, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa aktivitas bermanfaat, semacam menggunakan bedak atau memoles lipstik sembari menunggu satu ataupun 2 menit sampai deodoran mengering. Dibanding deodorant spray, jenis roll-on lebih ramah lingkungan sebab tidak mengandung bahan-bahan yang bisa mencemari udara.

Deodorant Spray atau Deodorant Roll On

Pemakaiannya juga jauh lebih irit, bahkan dapat sampai 2 atau 3 bulan. Khusus kamu yang mempunyai kulit sensitif, deodorant jenis ini amat disarankan sebab mempunyai kandungan yang melembabkan kulit dan minim alkohol.

Beberapa rekomendasi deodorant roll on yang bisa kamu pakai yaitu Unilever Axe, Nivea, Rexona, Dove dan lain sebagainya.

Kelebihan Deodorant Roll On

  • Harga lebih ekonomis
    Berbeda dengan deodorant spray yang memiliki harga tinggi, deodorant roll on justru memiliki harga yang lebih ekonomis. Meskipun harga yang dimiliki lebih murah, namun kelebihan dan manfaat yang diberikan deodorant jenis ini tidak kalah baik dengan jenis spray kok guys.
  • Ramah lingkungan
    Dengan penggunaan roll on yang mana langsung dipakai di ketiak pastinya deodorant jenis ini ramah lingkungan. Lain halnya dengan deodorant spray yang mengeluarkan gas dan tidak ramah lingkungan karena memiliki beberapa kandungan yang sebenarnya kurang baik yakni alkohol.
  • Mudah dibawa kemana-mana
    Deodorant roll on umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Mau apapun aktivitas kamu diluar rumah, deodorant roll on bisa menemani hari-hari kamu dengan bau yang lebih segar dan beraroma wangi.

Kekurangan Deodorant Roll On

  • Lebih beresiko meninggalkan noda di pakaian
    Deodorant roll on lebih beresiko meninggalkan noda di pakaian yang membuat para pemakainya jadi lebih tidak percaya diri. Hal ini karena deodorant roll on bertekstur cair yang bisa membekas di pakaian penggunanya.
  • Resiko alergi kulit
    Sama halnya dengan deodorant spray, jenis roll on juga tentunya memiliki kandungan yang tidak semua orang akan cocok menggunakannya. Resiko alergi yang didapatkan jika kulit tidak cocok dengan kandungan deodorant ini yaitu kulit jadi memerah, gatal-gatal, panas dan lain sebagainya.
  • Butuh waktu untuk mengeringkan ketiak
    Karena memiliki tekstur cair, maka dibutuhkan beberapa waktu agar ketiak jadi kering. Tentunya ini menjadi kekurangan yang cukup merugikan mengingat jika ada orang yang terburu-buru pergi jadi harus meluangkan waktu untuk mengeringkan ketiak mereka dulu.
Rekomendasi Deodorant Roll OnHarga per Desember 2019
Unilever Axe 48 Hr Antiperspirant Roll On Urban Anti-bac ProtectionRp 19.450,-
Beiersdorf Nivea Black & White Clear Roll OnRp 18.900,-
Unilever Dove Ultimate White Antiperspirant Deodorant Roll OnRp 20.000,-
The Body Shop Deodorant Roll OnRp 99.000,-

Deodorant Spray atau Deodorant Roll On

Beberapa pertimbangan sebelum membeli deodorant:

1. Cermati bahan kandungannya
Kandungan adalah hal yang sangat sensitif untuk kondisi kulit kita. Untuk itu hindari kandungan yang berdampak buruk untuk kita. Mulai dari berbagai jenis dari Paraben (Methylparaben, Propylparaben, Ethylparaben atau Butylparaben) yang terindikasi bisa mengakibatkan kanker payudara, kandungan Amine yang memancing reaksi alergi kulit, sampai pewarna sintetis terlarang yang bisa menimbulkan iritasi.

2. Pilih jenis deodorant sesuai kebutuhan
Untuk jenis spray, walaupun praktis dan gampang kering, jenis ini umumnya mengandung alkohol, lebih cepat habis dan mempunyai harga yang cukup mahal dibandingkan jenis lainnya. Sedangkan roll-on, walaupun tergolong hemat, beberapa wanita enggan mengenakan jenis ini sebab tekstur cairnya yang mudah menempel pada bahan pakaian.

3. Pertimbangkan kandungan wewangian
Bila kamu baru saja mencukur ketiak, daerah kulit ini dapat menjadi amat sensitif. Bahan wewangian pada deodoran bisa memperparah masalah ini. Sama seperti beberapa produk perawatan badan lainnya, deodoran juga mempunyai kandungan wewangian yang bisa mengakibatkan iritasi dan alergi, khususnya pada kulit sensitif. Daripada mesti menanggung resiko masalah kulit, lebih baik kamu memilih deodorant berlabel Hypoallergenic dan Fragrance-Free yang sudah jelas aman buat kulit.

Pilih Mana: Deodorant Spray atau Deodorant Roll On?

Deodorant SprayDeodorant Roll On
Kelebihan- Lebih cepat kering - Memberikan sensasi dingin - Praktis dan cepat - Harga lebih ekonomis - Ramah lingkungan - Mudah dibawa kemana-mana
Kekurangan- Beresiko menyebabkan kanker payudara - Harga mahal - Bisa menimbulkan alergi kulit - Lebih beresiko meninggalkan noda di pakaian - Resiko alergi kulit - Butuh waktu untuk mengeringkan ketiak

Kesimpulan

Deodorant Spray dan Deodorant Roll On pastinya memiliki penggemarnya masing-masing. Baik pria maupun wanita, dari yang muda sampai yang sudah tua sekalipun tentu masih banyak yang memakai deodorant untuk menunjang kepercayaan diri mereka masing-masing. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan deodorant andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Deodorant Spray vs Deodorant Roll On

VS

Leave a Reply