Kesehatan

Pilih Mana: Dettol atau Lifebuoy?

Merk Dettol dan juga Lifebuoy merupakan merk untuk bidang kesehatan yang sudah banyak dikenal dan disukai banyak orang. Bagaimana tidak, kedua merk ini memiliki banyak produk yang menjadi pilihan keluarga seperti sabun mandi, sabun cuci tangan dan shampoo.

Namun, dalam keseluruhan manakah yang lebih baik dari keduanya? Apa kelebihan dan kekurangan dari produk Dettol dan juga Lifebuoy? Agar dapat memahami dengan jelas, maka Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini ya. Selamat membaca.

Dettol atau Lifebuoy

Dettol

Dettol adalah merupakan nama merek yang merupakan antiseptik yang diproduksi oleh Reckitt Benckiser dan adalah salah satu produk kesehatan yang paling populer di dunia sejak tahun sekitar 80 tahunan yang lalu. Baca juga Pilih Mana: Sabun Batang atau Cair?

Seperti produk kesehatan, produk Dettol dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua kategori besar yaitu produk Home care dan produk keluarga. Dan sudah pasti produk Dettol ini disukai dan diminati banyak keluarga.

Dettol memperoleh sifat antiseptik dari senyawa kimia aromatik yang dikenal sebagai chloroxylenol (C8H9ClO) yang terkandung dalam semua produk Dettol tetapi dalam jumlah yang bervariasi.

Konsentrasi maksimum senyawa kimia ini hadir dalam cairan-cairan antiseptik Dettol yang juga berisi bahan-bahan lain seperti minyak pinus, minyak jarak dan karamel banyak yang tidak larut dalam air.

Kelebihan Dettol

  • Membersihkan kuman
    Kelebihan yang pertama dari Dettol adalah bahwa produk ini sudah menjadi banyak dikenal para kalangan keluarga sehat. Berbagai produk dari Dettol memiliki kelebihan akan membersihkan kuman yang membandel di seluruh tubuh, misalnya untuk sabun mandi.
  • Kulit terasa segar
    Banyak sekali produk dari Dettol ini. Untuk sabun mandinya banyak sekali review yang mengatakan bahwa kulit akan terasa sangat segar jika Anda selesai menggunakannya setelah mandi. Bagus sekali untuk kesehatan dan kesegaran tubuh ya.
  • Dapat membersihkan luka
    Nah, mungkin sebagian besar banyak mengira bahwa Dettol hanya memiliki manfaat atau kelebihan untuk kesehatan mandi atau cuci tangan dan lainnya. Namun, pada dasarnya Dettol juga memiliki manfaat akan membersihkan luka, maupun lecet, mempercepat penyembuhan luka sengatan serangga.

Kekurangan Dettol

  • Badan terasa gatal
    Untuk kekurangan yang pertama dari Dettol sudah pasti akan gatal terasa di kulit ketika setelah digunakan. Hal ini terjadi karena pada dasarnya tidak cocok menggunakan produk dari Dettol ini, jika hal ini terjadi hentikan penggunaan.
  • Terasa perih di sebagian kulit
    Dan juga kekurangan yang lainnya yaitu sebagian di kulit orang akan terasa perih, banyak juga orang yang mengatakan hal tersebut dari review-review yang ada. Untuk itu Anda pastikan bahwa jika tidak cocok hentikan saja.

Dettol atau Lifebuoy

  • Busa yang sedikit
    Dan kekurangan yang terakhir adalah untuk busanya hanya ada sedikit tidak begitu banyak, bagi Anda yang suka dengan busa banyak maka produk Dettol ini tidak begitu cocok untuk Anda lho.
Rekomendasi Sabun DettolKeterangan
Sabun Dettol OriginalSabun Dettol Original yang baru dengan formula yang telah disempurnakan memberikan formulasi yang spesial untuk kegunaan sehari-hari.
Sabun Dettol SkincareSabun Dettol Skincare memberikan keseimbangan yang sempurna antara kebutuhan anda untuk kulit yang cantik dan terlindungi.
Sabun Dettol CoolSabun Dettol Cool menggabungkan perlindungan dan kesejukan dari mentol. Mandi dengan sabun Dettol Cool tidak hanya mengembalikan energi anda, tetapi juga memberikan anda perlindungan menyeluruh dari kuman.
Sabun Dettol SensitiveSabun Dettol Sensitive terbukti secara klinis lembut pada kulit. Mandi dengan Sabun Dettol Sensitive tidak hanya akan memberikan anda perlindungan dari kuman tetapi juga memberikan kulit anda perlindungan dari iritasi.
Sabun Dettol ActiveSabun Dettol Active dengan aroma citropine memberikan rasa segar dan keharuman yang tahan lama dan secara bersamaan akan memberikan perlindungan dari kuman untuk anda yang selalu aktif.

Lifebuoy

Lifebuoy adalah salah satu merek tertua Unilever, sebuah merek yang benar-benar mendunia, Lifebuoy diluncurkan pada tahun 1894 sebagai sebuah produk baru yang terjangkau di Inggris, untuk mendukung orang-orang dalam pencarian mereka untuk kebersihan pribadi yang lebih baik.

Segera setelah peluncuran, sabun Lifebuoy berkelana melintasi dunia, mencapai banyak negara-negara termasuk Indonesia, di mana bahkan sampai hari ini Lifebuoy masih merupakan merek terkemuka di pasar.

Sejak tahun 2000, perubahan besar telah dibuat dari bentuk bar sabun Lifebuoy klasik untuk memastikan bahwa hal itu memberikan perlindungan kebersihan ditingkatkan dan pengalaman mencuci lebih menyenangkan sehat bagi miliaran konsumen.

Bentuk batu bata klasik keras Lifebuoy merah telah diganti dengan bentuk Lifebuoy baru. Bentuk baru membuat bar lebih mudah untuk pegangan dan menggunakan. Tim Lifebuoy telah mengembangkan formulasi baru memberikan perlindungan lebih baik kuman yang menciptakan busa yang kaya pada kulit.

Kelebihan Lifebuoy

  • Membersihkan kuman yang membandel
    Kelebihan yang pertama adalah untuk membersihkan kuman yang membandel akan sangat bagus untuk Anda memilih sabun Lifebuoy ini lho. Untuk itu Anda harus selalu perhatikan kebersihan pada tubuh Anda.
  • Banyak pilihan produknya
    Kelebihan lainnya yaitu untuk pilihan produknya banyak sekali. Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda saja, selain itu juga Anda bisa memilih varian wangi atau aroma dari Lifebuoy ini.
  • Menutrisi kulit
    Dan kelebihan yang terakhir adalah Anda bisa memilih sabun dari produk yang disukai dengan sesuai selera. Namun, ada baiknya Anda pilih yang bisa menutrisi kulit juga ya. Untuk itu produk Lifebuoy bisa menjadi pilihan Anda.

Dettol atau Lifebuoy

Kekurangan Lifebuoy

  • Terasa sangat pedih
    Sama halnya dengan Dettol. Dimana Lifebuoy juga memiliki kekurangan akan terasa pedih, hal ini juga banyaknya review yang mengatakan hal tersebut, apalagi jika terkena mata sangat terasa sekali pedihnya lho. Hati-hati saja ya.
  • Kulit menjadi cukup kering
    Nah, untuk kekurangan yang satu ini mungkin memang sangat disayangkan. Untuk kulit terasa segar wajah jika dirasakan apalagi setelah mandi. Namun, jika kulit menjadi kering dan segar sepertinya cukup disayangkan, hal inilah terjadi dengan produk Lifebuoy.
  • Terasa gatal-gatal
    Jika menggunakan suatu produk namun produk tersebut tidak cocok digunakan sehingga akan menimbulkan kegatalan. Hal inilah yang terjadi dengan seluruh sabun yang bermerk. Jika Anda tidak cocok dengan produk Lifebuoy maka Anda akan merasakan gatal-gatal. Hentikan penggunaan jika ini terjadi ya.
Rekomendasi Sabun LifebuoyKeterangan
Sabun Cair Cool FreshSabun cair Lifebuoy coolfresh mengandung kristal mentol organik dari minyak daun pepermint yang menghaluskan dan dirancang untuk membersihkan secara mendalam hingga ke pori-pori.
Sabun Cair Nature PureFormula khusus sabun cair Lifebuoy naturepure mengandung daun sirih alami. Tanaman daun sirih secara tradisional digunakan untuk pengobatan karena kekuatan menyembuhkan dan manfaat mengobatinya.
Sabun Cair Total 10Sabun cair Lifebuoy total10 mengandung bahan baku yang sudah dipatenkan, ActivSilver Formula bersamaan dengan timol aktif diketahui akan kekuatannya sebagai antiseptik alami.
Sabun Batang MatchaDiformulasikan dengan dua bahan alami yang terinspirasi dari alam; Antioksidan Matcha dan Aloe Vera. Membantu membersihkan secara menyeluruh kuman.
Sabun Batang Lemon FreshKesegaran jeruk tercatat dalam sabun batang Lifebuoy lemonfresh yang akan membantu anda tetap segar sepanjang hari dan memnbantu kulit tetap bersih dan terlindungi.

Tips Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

1. Kulit Kering
Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang mudah bersisik, gatal, dan cenderung terlihat kusam. Jika jenis kulit Anda adalah kulit kering, sebaiknya hindari sabun yang memiliki terlalu banyak deterjen dan sabun anti bakteri karena akan membuat kulit semakin kering.

2. Kulit Sensitif
Kulit sensitif mudah terkena iritasi, mudah gatal, dan mudah bersisik, Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, hindari sabun yang mengandung terlalu banyak pewangi atau parfum karena bahan yang satu ini dapat menyebabkan alergi.

Sabun bayi jadi salah satu pilihan yang tepat untuk jenis kulit sensitif. Jika Anda ingin menggunakan sabun cair, sabun yang mengandung vitamin E dan sedikit deterjen bisa dicoba.

3. Kulit Normal
Bagi Anda yang mempunyai kulit normal, Anda tidak perlu memikirkan sabun apa yang harus kamu pilih. Sebab, Anda bisa dengan bebas memilih sabun dengan jenis apapun. Mulai dari sabun batang, shower gel, hingga body wash bisa jadi pilihan untuk Anda.

4. Kulit Berminyak
Tak hanya kulit wajah, kulit tubuh pun juga bisa berminyak. Hal ini ditandai dengan kulit kenyal dan lembab. Kulit jenis ini menjadi tempat yang bagus bagi bakteri untuk berkembang. Jadi, sabun anti bakteri bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pilih Mana: Dettol atau Lifebuoy?

Dettol Lifebuoy
Kelebihan- Membersihkan kuman - Kulit terasa segar - Dapat membersihkan luka - Membersihkan kuman yang membandel - Banyak pilihan produknya - Menutrisi kulit
Kekurangan- Badan terasa gatal - Terasa perih di sebagian kulit - Busa yang sedikit - Terasa sangat pedih - Kulit menjadi cukup kering - Terasa gatal-gatal

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bahwa Dettol dan juga Lifebuoy merupakan merk yang sudah sangat dikenal bagi masyarakat Indonesia. Keduanya memiliki banyak varian dan juga dipercaya oleh masyarakat luas. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah sesuai selera dan kebutuhan juga kecocokan Anda saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dettol vs Lifebuoy

VS

Leave a Reply