Kesehatan

Pilih Mana: Diapet atau Entrostop?

Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah diare. Penyakit ini menyebabkan penderitanya lebih sering buang air besar dengan konsistensi feses yang lebih cair daripada biasanya. Penyakit ini memiliki gejala seperti perut melilit, kembung, mual, nyeri bahkan lemas.

Penyebab dari diare ini juga bermacam, seperti infeksi pada bagian usus, keracunan makanan hingga efek samping dari obat-obatan yang mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Baca Juga: 8 Merk Obat Diare Terbaik 2022

Diare biasanya dapat berhenti sendiri, namun sebelum diare berlanjut ke tahap yang lebih parah, ada baiknya penyakit ini langsung diobati. Pengobatan diare dapat dilakukan secara alami atau mengkonsumsi obat diare dari apotik sebagai bentuk dari pertolongan pertama.

Obat Diare Diapet

Obat diare Diapet adalah produk herbal yang berguna untuk memulihkan diare, meredakan frekuensi buang air besar, memadatkan tinja yang cair, serta mengurangi rasa mulas akibat diare. Diapet ini memiliki tiga tipe produk Diapet yang dijual secara bebas di pasaran, yaitu Diapet, Diapet Anak, serta Diapet NR.

Diapet mengandung bahan-bahan alami seperti jambu biji, kunyit, buah mojokeling dan kulit buah delima. Kombinasi dari keempat bahan ini dipercaya bisa mengatasi diare. Untuk obat ini sendiri memiliki bentuk kapsul dan sirup.

Kelebihan Obat Diare Diapet

1.  Bisa dikonsumsi untuk anak-anak

Obat diare Diapet ini memiliki kelebihan yang menonjol yaitu obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Diapet memang menciptakan obat diare yang diformulasikan untuk anak-anak dengan tipe obat berbentuk sirup, hal ini membuat anak-anak akan mudah dalam mengkonsumsi obat diapet ini

2.  Memiliki bahan aktif alami

Seperti yang diketahui bahwa obat ini memiliki komposisi obat yang didominasi oleh bahan-bahan alami seperti jambu biji, kunyit, buah mojokeling dan kulit buah delima.sehingga dengan mengkonsumsi obat ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berat.

3.  Memiliki berbagai jenis produk

Kelebihan selanjutnya dari obat Diapet Ini adalah memiliki produk yang berbeda, yaitu Diapet yang dapat digunakan sebagai obat diare untuk umum, obat Diapet anak yang memiliki bentuk sirup dan diformulasikan untuk anak usia 5 tahun ke atas dan Diapet NR yang dapat menyerap racun akibat infeksi bakteri atau keracunan makanan

Kekurangan Obat Diare Diapet

1.  Obat susah ditelan

Dikarenakan kandungan alami yang ada di obat ini menjadikan Diapet memiliki ukuran kapsul yang besar, dengan kapsul yang besar ini sedikit membuat penderita susah untuk menelan Diapet.

2.  Menimbulkan efek alergi

Untuk pengguna yang memiliki alergi obat sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat diare ini dikarenakan obat Diapet dapat menimbulkan syok anafilaktik untuk yang memiliki alergi obat.

Alergi obat yang timbul antara lain muncul ruam gatal, bengkak pada bibir atau kelopak mata dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

3.  Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui

Lihat juga:  Pilih Mana: Imboost atau CDR?

Walaupun belum diketahui apakah Diapet dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa jangan mengkonsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Obat Diare Entrostop

Kalbe Farma merupakan perusahaan penghasil obat yang terkemuka. Perusahaan ini tak hanya menyediakan obat, namun juga menyediakan alat-alat kesehatan lainnya. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini diklasifikasikan menjadi empat segmen, yaitu obat resep, produk kesehatan, produk nutrisi dan juga logistik.

Kalbe juga memproduksi obat untuk mengatasi penyakit diare, yaitu Entrostop. Entrostop merupakan obat yang berperan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dengan kandungan Attapulgit dan Pektin.

Kelebihan Entrostop

Sebagai perusahaan farmasi terkemuka, Entrostop keluaran dari Kalbe tentunya akan memiliki berbagai kelebihan ada obatnya. Berikut penjelasannya.

1.  Mengandung Attapulgite Koloid

Kandungan attapulgite di dalam Entrostop ini akan membantu meringankan diare. Kandungan ini bekerja dengan cara memperlambat gerakan dari usus besar yang akan membuat usus dapat menyerap lebih banyak air dan feses.

2.  Merupakan Obat Bebas

Entrostop memiliki label obat bewarna hijau yang menunjukkan bahwa obat ini merupakan obat bebas. Hal ini tentunya akan membuat obat diare ini mudah uintuk dijumpai di berbagai apotek bahkan watun dan mini market.

3.  Mengandung Serat

Serat merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk membantu dalam pencernaan makanan. Selain memiliki kandungan untuk meredakan diare, Entrostop juga dilengkapi dengan serat pangan yang berasal dari buah dan sayur yaitu Pectin.

Kekurangan Entrostop

Kekurangan tak dapat dihindari dari produk manapun, sama halnya dengan Entrostop. Berikut penjelasannya.

1.  Mengandung Alergen

Sebelum mengkonsumsi obat ini, Anda disarankan untuk membaca kandungan yang tertera di kemasan. Hal ini dikarenakan, Entrostop memiliki kandungan yang akan membuat reaksi alergi.

2.  Belum Dilakukan Uji Terhadap Janin

Berbeda dari obat diare yang lain, Entrostop belum melakukan pengujian terhadap ibu hamil dan menyusui. Hal ini menjadikan kandungan di dalam Entrostop masih dipertanyakan jika diminum oleh ibu hamil dan menyusui.

Pilih Mana: Diapet atau Entrostop?

Keterangan Diapet Entrostop
Kelebihan - Bisa dikonsumsi untuk anak-anak - Memiliki bahan aktif alami - Memiliki berbagai jenis produk- Mengandung Attapulgite Koloid - Merupakan Obat Bebas - Mengandung Serat
Kekurangan - Obat susah ditelan - Menimbulkan efek alergi - Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui- Mengandung Alergen - Belum Dilakukan Uji Terhadap Janin
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Setelah mengetahui lebih menganai Diapet dan Entrostop, Anda tentunya dapat menyimpulkan apabila kedua obat ini dapat membantu dalam meredakan diare. Perlu diingat bahwa kedua obat ini hanya dijadikan untuk obat pertolongan pertama ketika diare, namun jika penyakit terus berlanjut, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Diapet atau Entrostop

VS