Home

Pilih Mana: Dispenser Sharp atau Sanken?

Dispenser merupakan salah satu barang yang kebanyakan ada di rumah masyarakat Indonesia, Karena dispenser sangat memudahkan dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Sharp dan Sanken.

Keduanya merupakan produk dispenser yang hadir dalam brand yang sudah sangat terkenal akan produk kebutuhan rumah tangganya. Nah, Jika kalian sedang bingung memilih antara dispenser Sharp dan Sanken, Dalam postingan kali ini kami akan mengulas lebih lanjut kedua produk tersebut. Yuk langsung saja ke pembahasan di bawah ini!

Dispenser Sharp atau Sanken

Dispenser Sharp

Produk elektronik Sharp adalah produk unggulan yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarkat. Sharp juga menawarkan beberapa fitur yang menarik yang dapat bersaing dengan merk lainnya, seperti halnya dalam produk dispenser. Baca juga Filter Air Rumah Tangga Terbaik.

Berbicara masalah kualitas, kalian tidak bisa meragukan dispenser keluaran Sharp, meskipun terkadang harganya terbilang cukup tinggi. Saat ini banyak tersedia model dispenser Sharp dengan tipe bottom-loading, Yang berarti galon tetap diletakkan pada posisi di bawah.

Dispenser sharp memiliki keunggulan yakni daya listrik yang lebih hemat dan desain yang jauh lebih modern sehingga bisa mempercantik ruangan di rumah atau kantor anda.

Jenis ini lebih gampang digunakan dibandingkan dengan model top-loading, yang artinya anda harus mengangkat galon agak bisa diletakkan pada dispenser. Untuk keran air, dispenser Sharp menawarkan 3 pilihan, air dingin, panas dan normal seperti kebanyakan merk lain.

Kelebihan Dispenser Sharp

  • Memiliki battery back up
    Dengan fitur battery back up pada dispenser Sharp ini bisa dijalankan pada saat terjadi pemadaman listrik dan mampu menjaga kualitas air tetap panas/dingin. Pada saat listrik hidup kembali baterai pada  dispenser Sharp ini akan menyimpan daya listrik kembali seperti semula.
  • Dibekali dengan LED indicator
    Dispenser Sharp ini memiliki menu fungsi 4 LED Indicator sebagai petunjuk penggunaan air membuat kalian lebih gampang menggunakan air sesuai suhu temperatur yang anda butuhkan seperti membuat minuman hangat, minuman dingin dan lainnya.
  • Bottom loading
    Yang terakhir ini terdapar pada menu fungsi pada Dispenser Sharp  galon bawah yaitu Bottom Loading menjadikan kemudahan anda mengganti galon air tidak perlu repot lagi mengangkat air lebih hemat tenaga dan praktis.

Kekurangan Dispenser Sharp

  • Harga cukup tinggi
    Kekurangan yang pertama yang ada pada dispenser Sharp ini yaitu mengenai harga, Dimana harga dispenser Sharp ini dibandrol cukup tinggi dibandingkan dengan merk lainnya, Mengingat dispenser ini dibekali dengan berbagai fitur canggih yang membuat harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.
  • Kebutuhan daya listrik tinggi
    Kecanggihan teknologi yang terdapat pada dispenser galon bawah Sharp ini membutuhkan daya listrik tinggi untuk menggunakannya. Jika daya listrik di rumah kalian rendah tidak di anjurkan menggunakan dispenser ini karena akan membuat beban listrik tidak mampu menahan dan akan sering anjlok.
  • Sparepart yang langka dan mahal
    Sparepart atau komponen yang ada pada dispenser Sharp galon bawah lebih banyak daripada dispenser galon atas. Ada beberapa komponen tambahan seperti pipa, selang air, penyedot air dan lain-lain. Sparepart tersebut tidak selalu ada di pasaran, kadang sulit dicari dan tentu saja butuh waktu untuk mendapatkannya.

Dispenser Sanken

Dispenser merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang kini banyak dijumpai di mana saja. Hal ini karena dispenser mempunyai manfaat tersendiri bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu produk dispenser yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Sanken HWD 520 IC.

Dispenser Sanken ini aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan yang anti jamur dan lumut, sehingga lebih higienis, serta anti bakteri.

Dispenser ini hadir sebagai dispenser modern dengan fitur canggih di dalamnya. Dispenser dengan konsep bottom loading ini menjadikan Anda tak perlu repot lagi ketika ingin mengganti ulang galon, Cukup tarik slider pada bagian bawah, kemudian letakkan galon yang terisi air. Dengan begitu, pergantian galon yang praktis tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Kelebihan Dispenser Sanken

  • Dirancang dengan material berkualitas
    Dispenser Sanken yang Bottom Loading ini juga dirancang menggunakan tanki air dengan material Stainless Steel yang anti karat serta awet dan tahan lama. Agar menjamin agar air dalam dispenser tetap higienis, bersih dan tidak berbau maka Sanken melengkapi dispenser miliknya dengan pipa berbahan QYA yang dapat mencegah terhadap kuman, bakteri dan jamur.
  • Dilengkapi berbagai fitur canggih
    Sanken menerapkan sistem pompa dengan teknologi Z-Pipe. Pipa yang berbentuk huruf Z ini dapat mencapai air pada galon hinggaa paling dasar, sehingga air dalam galon dapat terpompa dengan sempurna.  Bukan hanya itu, tempat penyajian air Sanken ini juga dibekali dengan pengaman Safety Child Lock, pengaman yang berfungsi untuk mengunci keran air panas dengan tujuan untuk menjaga keamanan  pada keran air panas dari jangkauan anak-anak.
  • Bersertifikat halal MUI
    Kelebihan yang lainnya yang ada pada dispenser Sanken ini yaitu produk elektronik ini sudah tersertifikasi halal oleh lembaga MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Lihat juga:  Pilih Mana: Genteng atau Asbes?

Kekurangan Dispenser Sanken

  • Menggunakan daya listrik yang cukup besar
    Kekurangan yang pertama yang ada pada dispenser Sanken ini yaitu penggunaan daya listrik pada dispenser ini cukup besar, Sehingga sanga disarankan digunakan bagi kalian yang menggunakan kapasitas daya listrik di rumah yang besar ya.
  • Tidak dilengkapi dengan battery back up
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada dispenser Sanken ini yaitu tidak dilengkapi dengan battery back up dimana fitur ini berfungsi agar dispenser tetap bekerja jika terjadi pemadaman listrik.
  • Bobot yang cukup berat
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada dispenser Sanken ini yaitu bobot dispenser ini terbilang cukup berat yaitu sekitar 18kg, Yang membuat dispenser ini cukup sulit dipindahkan.

Dispenser Sharp atau Sanken

Spesifikasi Dispenser Sharp Dispenser Sanken
Merk Sharp Sanken
Asal Negara Jepang Indonesia
Yang diunggulkan produk Memiliki battery back up Bersertifikat halal MUI
Harga rata-rata produk per November 2019Rp. 2.000.000 - Rp.2.500.000Rp. 1.500.000 - Rp.2.500.000

Tips Memilih Dispenser yang Berkualitas

1. Perhatikan Bahan Pembuat Tangki Penyimpanan Air
Jika tangki penyimpanan air terbuat dari bahan yang sembarangan dan tidak berkualitas, tentu kualitas air yang dihasilkan tidak baik.  Hal tersebut justru akan memberbahayakan kesehatan kita.

Apabila tangki penyimpanan tidak 100% terbuat dari stainless stell maka hal tersebut bisa menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur dan bakteri yang akan mengganggu kesehatan.

2. Perhatikan Selang Penghubung yang Digunakan
Langkah selanjutnya dalam memilih dispenser yaitu perhatikan dengan baik selang penghubung menuju tangki yang digunakan oleh dispenser tersebut. Selang penghubung menuju tangki haruslah menggunakan anti jamur dan anti bakteri agar kualitas minuman tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

3. Tersedia Kran yang Khusus untuk Air dengan Suhu Normal
Tips lainnya dalam memilih dispenser yaitu usahakan memilih dispenser dengan kran khusus untuk air dengan suhu yang normal. Dengan adanya kran khusus air suhu normal kalian tidak perlu ribet lagi untuk mencampurkan air panas dan air dingin agar mendapatkan air minum dengan suhu yang normal.

4. Pilih Dispenser yang Mampu Membunuh Kuman
Selain dimanfaatkan untuk minum, ternyata ada beberapa manfaat lainnya yang dapat kalian temukan dari alat yang satu ini. Dispenser dapat digunakan untuk membunuh kuman asalkan dispenser yang kamu gunakan mampu memanaskan air hingga mencapai suhu 86 derajat atau bila perlu mencapai 99 derajat. Hal ini tentunya akan membantu menjaga kualitas air minum agar tetap terjaga dan bebas dari kuman serta bakteri.

Pilih Mana: Dispenser Sharp atau Sanken?

Dispenser Sharp Dispenser Sanken
Kelebihan- Memiliki battery back up - Dibekali dengan LED indicator - Bottom loading - Dirancang dengan material berkualitas - Dilengkapi berbagai fitur canggih - Bersertifikat halal MUI
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Kebutuhan daya listrik tinggi - Sparepart yang langka dan mahal - Menggunakan daya listrik yang cukup besar - Tidak dilengkapi dengan battery back up - Bobot yang cukup berat

Kesimpulan

Dari kesimpulan artikel di atas mengenai perbandingan antara Dispenser Sharp dan Sanken, Kedua produk dispenser ini memiliki kelebihan dasn kekurangannya tersendiri. Terlebih lagi keduanya juga dilengkapi dengan berabgai fitur yang cukup canggih yang membantu mendapatkan air yang sehat untuk kebutuhan keluarga. Namun untuk memilih di antara kedua dispenser ini kalian perlu sesuaikan dengan kebutuhan, luas tempat tersedia dan budget yang disediakan ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dispenser Sharp vs Dispenser Sanken

VS

Leave a Reply