Aplikasi

Pilih Mana: Doku atau Ovo?

Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju diimbangi dengan inovasi dan kreativitas-an yang berkembang saat ini. Segala sesuatu yang terbaru juga bermunculan dan menjadi solusi dan alternatif untuk digunakan oleh manusia modern. Terutama di zaman milenial seperti sekarang dimana penggunaan uang kertas saat transaksi di ubah dengan dompet digital. Seperti yang akan kita bahas kali ini mengenai Doku Atau Ovo. Apasih Doku Atau Ovo itu? Akan kita jelaskan di bawah ya.. Stay tune..

Doku

Doku merupakan salah satu bentuk inovasi dalam mengubah uang fisik dalam bentuk digital untuk penggunaan yang lebih efisien, bisa dibawa dan dibelanjakan ke mana saja. Sistem ini sebenarnya dibangun berdasarkan basis perbankan dimana uang dapat disimpan pada rekening Bank online dan dapat gunakan sewaktu-waktu untuk keperluan belanja baik secara online maupun offline.

Salah satu dompet elektronik yang banyak dibicarakan pengguna internet terutama untuk melakukan belanja online adalah Doku Wallet (Dompet Doku).Doku Wallet banyak digunakan sebagai pengganti kartu kredit untuk berbelanja di online shop, membeli tiket nonton di bioskop, dan berbagai keperluan lainnya

Doku merupakan  sebuah layanan keuangan berbasis digital yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk keperluan penyimpanan uang elektronik yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online di situs-situs online shop nasional dan internasional termasuk untuk keperluan lain seperti: Pembelian Pulsa, Data Internet, Pembelian Token PLN, dll. Baca juga Pilih Mana: Ovo atau Dana?

Manfaat Doku

Secara umum kegunaan utama dari doku wallet selain sebagai dompet elektronik untuk penyimpanan uang digital yang bisa digunakan melalui ponsel. Doku Wallet juga sangat berguna untuk digunakan terutama bagi pengguna yang memiliki hobi berbelanja online namun terkendala karena tidak memiliki kartu kredit atau paypal. Saat ini belanja online menggunakan doku wallet dapat dilakukan di marketplace, dan beberapa merchant lain

Cara Menggunakan Doku

Khusus untuk belanja online kita hanya perlu melakukan belanja online di situs online shop yang menyediakan pembayaran Doku Wallet dan dapat langsung membayar orderan tanpa membutuhkan kartu kredit. Begitupun sebaliknya jika hendak berbelanja secara offline di beberapa toko yang tergabung ke dalam merchant Doku.


Untuk menggunakan Doku Wallet kita harus mendaftarkan akun doku dan menginstal aplikasi doku di ponsel kita terlebih dahulu. Saat ini Aplikasi Doku dapat dipasang ke ponsel berbasis android maupun iphone.

Ovo

Ovo merupakan aplikasi smart yang memberikan Anda kesempatan lebih besar mengumpulkan poin di banyak tempat. Anda bisa menggunakan Ovo untuk bertransaksi di semua merchant bertanda Ovo Accepted Here dan mengumpulkan serta menggunakan Ovo Points di merchant bertanda Ovo Zone.

Metode pembayarannya pun ada dua jenis, yakni Ovo Cash dan OVO Points. Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO menjadi lebih mudah.

Sedangkan Ovo Points merupakan loyalty rewards untuk yang melakukan transaksi dengan menggunakan Ovo Cash di merchant-merchant rekanan Ovo. Untuk Ovo Points sendiri, dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukarkan dengan transaksi di merchant rekanan Ovo.

Lihat juga:  Pilih Mana: Amazon atau Walmart?

Ovo juga menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak. Salah satunya cukup dengan menunjukkan aplikasi Ovo yang didalamnya terdapat saldo cash maupun point.

Manfaat Ovo

Ada banyak penawaran menarik yang dapat Anda temukan di berbagai marketplace online maupun food festival yang sedang diadakan.Hanya dengan memasukkan nomor rekening bank atau nomor ponsel yang telah terdaftar, Anda sudah bisa melakukan transaksi.

Anda juga akan mendapatkan OVO ID yang bisa ditunjukkan kepada merchant rekanan OVO saat bertransaksi.Obo juga dapat digunakan untuk membayar listrik, pulsa, paket data, pascabayar, asuransi, BPJS Kesehatan, tv kabel dan iuran lingkungan. Namun untuk asuransi masih terbatas.

Cara menggunakan Ovo

OVO menggunakan 2 sistem pembayaran, yang pertama menggunakan barcode,yang kedua adalah melalui nomor telepon. Biasanya sistem barcode akan digunakan untuk membayar parkir. Pada tiket parkir, akan tertera sebuah barcode, lalu pada aplikasi OVO, pilih “Scan”dan kemudian ikuti instruksi pembayaran. Dengan cara yang sangat mudah ini,

Anda dapat membayar parkir tanpa perlu mengantri lama.Sistem pembayaran yang kedua sering ditemui di tempat belanja, restoran atau pasar swalayan. Pada saat pembayaran, kasir akan meminta nomor telepon Anda yang terdaftar di aplikasi Ovo.

Kemudian, sistem akan mengirimkan notifikasi ke aplikasi Ovo Anda. Bila tidak muncul secara otomatis, Anda dapat melihat notifikasi melalui tanda bergambar lonceng di kanan atas.
Kemudian, pilih pembayaran menggunakan Ovo Cash atau Ovo Points dan ikuti instruksi. Pembayaran Anda akan diterima secara otomatis oleh merchant dan Anda tidak perlu menunggu lama.

Pilih Mana: Doku atau Ovo?

Doku Ovo
Kelebihan - Dapat dipakai untuk keperluan melakukan pembelian barang online sebagai pilihan bila belum mempunyai kartu kredit - Proses pendaftaran Doku gratis - Aplikasi mudah digunakan- Mendapatkan banyak promo di restoran offline maupun online - Menyediakan 8 jenis pembayaran - Untuk pengguna Grab mendapatkan promo khusus
Kekurangan - Aplikasi Doku tidak jarang mengalami gangguan loading yang lumayan berat kecuali Doku Web - Saldo masuk sedikit lebih lama sekitar 5-10 menit- Harus menggunakan data selular - Saat melakukan transaksi aplikasi sering keluar

Kesimpulan

Dari artikel diatas sudah dijelaskan mengenai Doku dan Ovo. Dan dapat kita simpulkan manfaat dari kedua aplikasi tersebut sangat bermanfaat jika kita ingin bertransaksi di e-commerce. Tetapi banyak juga perbedaan dari segi manfaat yang di tawarkan. Kalau Doku sangat di sarankan untuk kita yang aktif berbelanja online, dan jika kalian ingin mendapatkan berbagai promo yang menarik dari tempat makan maupun tempat berbelanja offline Ovo lah yang dapat kalian andalkan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Doku VS Ovo

VS