PhotographyTechnologyTrends

Pilih mana: Drone Dji vs Xiaomi?

Untuk Anda pecinta fotografi dan videografi tentu sangat mengenal teknologi Drone. Drone merupakan alat canggih berupa pesawat kecil yang dilengkapi dengan kamera untuk mengontrol drone ini sendiri kita memerlukan remote sebagai pengarahnya.

Sebagian orang berpikir bahwa drone tergolong barang yang mahal dan canggih. Ada banyak jenis drone yang dijual di toko-toko elektronik. Nah, Anda bingung memilihnya. Tenang, diantara jenis drone yang bertebaran, kami menyarankan merk Dji dan Xiaomi.

Kedua produk ini memiliki keunggulan dan kualitas yang bagus. Anda penasaran apalagi keunggulan dari kedua produk tersebut? Dan apa saja kira-kira kekurangannya? Kalau begitu langsung saja disimak!

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Kogan 4K vs Xiaomi Yi

Drone Dji vs Xiaomi

Drone Dji

Dji Drone bisa dibilang merupakan salah satu produsen drone yang paling dikenal dengan produk Phantom mereka. Perusahaan ini dibentuk oleh Frank Wang pada tahun 2006 di Shenzhen, Guangdong, China.

DJI terkenal sebagai produsen pesawat tanpa awak (lebih dikenal sebagai “drone”) untuk videografi dan fotografi udara. DJI juga merancang dan memproduksi gimbal kamera, platform penerbangan, kamera, stabilisator dan sistem kendali penerbangan.

DJI Innovations mirip dengan sepak terjang Xiaomi di jagat smartphone atau Alibaba di bisnis e-commerce. Perusahaan yang awalnya startup asal China tak dikenal, namun kini banyak dibicarakan. Tapi DJI Innovations dianggap lebih menonjol karena memimpin di bisnisnya sehingga berhasil membuat paket drone lengkap, ada softwarenya dan mampu terbang sempurna.

Kelebihan Drone Dji

Berikut ini Kelebihan Drone Dji:

  • Memiliki berbagai fitur canggih
    Dibanding dengan drone merk lainnya, produk dari dji tidak perlu diragukan lagi. Drone ini memiliki berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan penggunanya. Selain, itu harganya juga cukup terjangkau.
  • Memiliki set pendamping yang lengkap
    Kelebihan lainnya saat Anda memutuskan untuk membeli drone merk ini dalam satu paket pembelian. Dijamin Anda tidak akan rugi. Mengapa? Sebab Anda akan mendapatkan banyak kelengkapan. Mulai dari baterai Lipo cadangan, propeller guard, propeller n, propeller guard, propeller cadangan, tas, dan remote control.

Drone Dji vs Xiaomi

Kekurangan Drone Dji

Berikut ini Kekurangan Drone Dji:

  • Tidak bisa membawa beban berat
    Drone dji tak jarang memiliki ukuran yang kecil dan bobotnya juga ringan, oleh karena itu drone ini tidak mampu membawa beban fitur yang berat. Maka tidak heran bahwa kamera yang disematkan pada perangkat ini ukurannya juga kecil. Inilah yang menjadi kekurangan drone ini.
  • Kurangnya pelindung pada blade drone
    Drone dari merk dji ini bisa mendarat di telapak tangan Anda. Namun, sedikit berisiko jika blade-nya terkena tangan ketika mendarat karena bisa saja melukai sewaktu-waktu. Sebenarnya, dji telah mencoba mencari solusi atas masalah tersebut dengan teknologi yang mana blade drone akan berhenti berputar apabila ada objek yang mendekat. Tetapi, sayangnya sensor yang dilekatkan pada drone ini kurang bisa dioptimalkan.

Drone Xiaomi

Drone Xiaomi resmi hadir ke publik pada 25 Mei 2016. Drone yang lahir dari merk terkenal dengan sebutan Xiaomi ini sudah sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Selain memiliki kualitas yang bagus.

Brand ini begitu cepat memperoleh antusias dari peminatnya. Dikarenakan, dengan fitur dan kualitas kelas yang premium serta berani menjual produknya dengan harga yang sangat murah.

Karena Xiaomi berani bermain ekonomis tanpa mengabaikan kualitas produk. Sejak saat itulah, Xiaomi menjadi top of main brand untuk produk gadget canggih yang paling ditunggu hingga sekarang.

Baca juga: 10 Drone Murah Terbaik 2020

Kelebihan Drone Xiaomi

Berikut ini Kelebihan Drone Xiaomi:

  • Dilengkapi dengan blade protector
    Kelebihan pertama dari drone merk ini yaitu dilengkapinya aksesoris blade protector. Sebuah aksesoris opsional yang dipasang pada setiap sisi, tepat dibagian bawah propeller. Jadi ketika drone menabrak dinding, maka drone tidak akan langsung jatuh. Sebab, yang pertama berbenturan adalah blade protector-nya. Sehingga, Anda dapat langsung melakukan gerakan menghindar dari objek benturan.
  • Memiliki kualitas kamera yang bagus
    Kelebihan lainnya produk dari Xiaomi ini memberikan dua pilihan untuk kualitas kamera pada Xiaomi Mi Drone. Yakni, kamera kualitas 1080p dan kamera kualitas 4K. Tentu saja, secara kualitas dua kamera dari Xiaomi Mi Drone ini juga berbeda dari segi harga. Namun, hasil gambar atau video dari drone ini dinilai cukup memuaskan.
Lihat juga:  10 Kamera Prosumer Terbaik 2020

Drone Dji vs Xiaomi

Kekurangan Drone Xiaomi

Berikut ini Kekurangan Drone Xiaomi:

  • Harganya cukup mahal
    Kekurangan yang ada pada produk drone xiaomi sendiri adalah harga belinya yang cukup mahal dibanding dengan merk drone lainnya.
  • Belum tersedia service center resmi
    Kekurangan lainnya ada pada proses garansi dari Xiaomi Drone. Produk drone ini masih dipertanyakan. Hingga saat ini, produk-produk Xiaomi (termasuk drone) di Indonesia masih belum memiliki service center resmi. Jadi,seandainya ada kerusakan pada produknya. Anda akan kesulitan memperbaikinya.

Tips Merawat Drone agar awet

  • Selalu sediakan peralatan pembersih
    Membersihkan drone tak cukup hanya dengan menggunakan tisu kering atau cotton bud. Cara membersihkannya diperlukan ketelitian karena bentuknya rumit. Ada bagian-bagian yang sulit dijangkau jika hanya menggunakan peralatan yang sederhana dan apa adanya. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah seperangkat alat pembersih, Anda bisa juga gunakan cleaning kit yang biasa digunakan untuk membersihkan kamera. Alat pembersih ini berupa sikat halus, alat semprot udara, dan lap bersih untuk menghilangkan noda debu atau kotoran yang menempel.
  • Perhatikan kondisi baterai
    Baterai adalah kunci apakah sebuah drone dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jika baterai tidak dalam kondisi yang sehat, ada resiko besar yang harus ditanggung saat memaksanya untuk terbang. Hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas daya yang tersimpan di dalamnya.
  • Perhatikan kondisi frame
    Drone memang diciptakan dengan rangka yang ringan agar bisa terbang dengan kekuatan yang dimilikinya. Namun, hal ini menjadi concern tersendiri karena kamu harus selalu mengecek kondisi rangka ini sebelum terbang. Jika rangka mulai terlihat bengkok sebaiknya segera diganti dan jangan dipaksakan untuk terbang.
  • Bersihkan juga area motor penggerak
    Area ini menjadi area yang sangat rawan diserang kotoran akibat debu yang menempel. Ada baiknya bersihkan secara berkala karena debu yang menumpuk di sana akan membuat umur motor ini menjadi pendek. Selain itu, motor ini juga dapat bekerja lebih maksimal saat terbang dalam kondisi yang bersih dari debu.
  • Simpan ditempat yang aman
    Terakhir, sediakanlah tempat yang paling bersahabat untuk menyimpan drone kesayangan Anda ini. Area tersebut sebaiknya harus selalu dalam kondisi kering dan jangan lembab karena dapat mengakibatkan korosi pada rangkaian rangkanya. Pilihlah juga ruangan dengan jalur sirkulasi udara yang memadai.

Pilih mana: Drone Dji vs Xiaomi?

Keterangan Drone Dji Drone Xiaomi
Kelebihan-Memiliki berbagai fitur canggih -Memiliki set pendamping yang lengkap-Dilengkapi dengan blade protector -Memiliki kualitas kamera yang bagus
Kekurangan -Tidak bisa membawa beban berat -Kurangnya pelindung pada blade drone-Harganya cukup mahal -Belum tersedia service center resmi

Kesimpulan

Dapat disimpulkan dari perbandingan Drone Dji dan Xiaomi bahwa kedua produk memiliki keunggulan dan perbedaan masing-masing. Namun bagi Anda yang menginginkan drone yang memiliki alat kelengkapan yang canggih maka kami sarankan untuk memilih drone dji.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Drone Dji vs Xiaomi

VS

Leave a Reply