Home

Pilih Mana: Dulux Weathershield atau Aquaproof?

Waterproof merupakan lapisan cat yang sangat berguna untuk melindungi sebuah bangunan agar terhindar dari rembesan air hujan atau semacamnya. Saat ini sudah banyak varian merek yang memiliki kandungan waterproof di dalamnya seperti Dulux Weathershield dan Aquaproof.

Aquaproof dan Dulux Weathershield merupakan merek cat yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Beberapa manfaat dan kelebihan yang diberikan juga sebanding dengan harga yang disematkan. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi akan kualitas dari kedua merek tersebut.

Berbicara mengenai kelebihan tentunya terdapat beberapa kekurangan juga yang ada di dalamnya. Lalu apa saja kekurangan tersebut? Mari cari tahu lebih dalam lagi mengenai Aquaproof dan Dulux Weathershield melalui artikel ini. Check it out!

Dulux Weathershield

Dulux Weathershield, Produk Unggulan tahan cuaca dari produsen kelas dunia. Dulux merupakan salah satu pemain besar didunia cat tanah air. Bahkan induk perusahaan dulux AkzoNobel merupakan perusahaan cat dan pelapis terbesar di dunia, serta produsen utama untuk bahan kimia.

Portfolio AkzoNobel termasuk merek ternama seperti Dulux, Sikkens, International dan Eka. Berpusat di Amsterdam, Belanda. AkzoNobel merupakan salah satu perusahaan dari Global Fortune 500 dan secara konsisten menduduki peringkat atas pada Dow Jones Sustainability Indexes.

Di Indonesia, merek cat dulux sudah amat familiar, beragam inovasi dilakukan oleh Dulux untuk menjaga loyalitas konsumennya. Termasuk produk Dulux Weathershield untuk eksterior.

Dulux Weathershield merupakan cat bermutu tinggi khusus untuk eksterior, berbahan dasar air. Terbuat dari 100% bahan acrylic buat dinding luar yang baru atau sudah pernah dicat sebelumnya.

Cat ini cocok untuk dipakai buat semua permukaan tembok normal termasuk pasangan bata, semen, plaster, dan semi permanen permukaan luar.

Diformulasikan untuk memberikan perlindungan 5 tahun terhadap pertumbuhan jamur dan lumut. Weathershield memiliki daya tahan alkali, amat baik daya rekatnya, tahan lama dan warna tidak gampang pudar.

Kelebihan Dulux Weathershield

  • Perlindungan unggul yang tahan lama
    Dulux Weathershield merupakan cat eksterior berkualitas tinggi untuk perlindungan unggul terhadap cuaca apapun yang membuat rumah Kamu senantiasa bagus serta bilik bidang luar kamu nampak terkini.
  • Tahan terhadap lumut dan jamur
    Dulux Weathershield dengan Advanced Algae & Fungus Guard memakai Smart Release Technology yang unik,mencegah pertumbuhan lumut dan jamur sehingga melindungi dinding 2x lebih lama terhadap lumut serta jamur.
  • Sudah mendapatkan sertifikat Singapore Green Label
    Cat eksterior dari Dulux sudah mendapatkan sertifikat Singapore Green Label yang merupakan produk ramah lingkungan yang sudah memenuhi standar.

Kekurangan Dulux Weathershield

  • Harga mahal
    Kekurangan yang dimiliki oleh Dulux Weathershield harga yang disematkan cukup tinggi. Hal ini tentu sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan Dulux sehingga bangunan menjadi lebih cantik dan awet tahan lama.
  • Hanya bisa digunakan untuk eksterior bangunan
    Kekurangan kedua yang dimiliki Dulux Weathershield adalah penggunaan yang hanya bisa dipakai untuk eksterior bangunan saja. Tentu ini menjadi kekurangan tersendiri mengingat saat ini banyak waterproof yang bisa dipakai untuk interior maupun eksterior bangunan.
  • Tekstur yang cair
    Kekurangan terakhir yang dimiliki Dulux Weathershield ini adalah tekstur yang sedikit cair, hal ini akan menjadikan kamu harus melapisi tembok atau permukaan lainnya lebih dari satu kali dan membuat boros untuk penggunaan cat.
Dulux WeathershieldKeterangan
AsalAmsterdam
Tahun berdiriTahun 1931
Rata-rata harga Rp 266.000 - Rp 1.878.000,- per September 2019

Aquaproof

Aqua Proof merupakan pelopor cat pelapis anti bocor yang sudah hadir sejak puluhan tahun yang lalu. Aqua Proof setia dalam melindungi hunian kamu dari masalah kebocoran dan tahan lama untuk digunakan. Banyak masyarakat yang sudah memakai sekaligus membuktikan kehebatan Aquaproof ini.

Dengan bahan dan kualitas yang baik, Aquaproof sanggup mengurangi terjadinya rembesan dan kebocoran pada sebuah rumah. Tidak heran bila sampai saat ini Aquaproof masih dipercaya masyarakat untuk melapisi dinding rumah mereka.

Aqua Proof berawal dari perusahaan kimia yang khusus melahirkan produk cat pelapis anti bocor dengan kualitas baik dan sudah terbukti. Pembuatan Aquaproof yang dicampur dengan polimer thixotropic, ampuh dipakai dalam melapisi berbagai bagian rumah dari kebocoran.

Lihat juga:  Pilih Mana: Batu Alam atau Keramik?

Aqua proof sudah terjamin kualitasnya terutama sebagai cat pelapis di bagian asbes serta dinding bagian luar rumah. Mengingat bagian atap dan dinding luar rumah yang memang rentan akan terjadinya kebocoran, maka diperlukan suatu perlindungan yang lebih untuk merawatnya.

Lapisi Aquaproof pada permukaan beton atau dinding yang mengalami retak rambut dengan memakai kape supaya celah benar-benar terisi sempurna. Untuk mengisi celah lebar gunakan Aquaproof dan campuran pasir halus (maksimum 30 mesh) dengan perbandingan 1:1 (volume) untuk hasil yang maksimal.

Kelebihan Aquaproof

  • Tahan di segala kondisi
    Cat pelapis Aquaproof dikenal sebagai cat yang tahan pada segala kondisi. Walaupun panas dan hujan bergantian menyerang, namun dengan memakai cat pelapis yang satu ini bisa memberikan pertahanan yang lebih bila dibanding dengan cat pelapis yang biasa.
  • Mempercantik rumah
    Terdapat banyak sekali opsi warna yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Cat pelapis Aquaproof ini bisa membantu mewujudkan rumah cantik nan indah idaman kamu melalui pemilihan warna cat yang dilakukan dengan tepat dan sesuai.
  • Anti bocor
    Seperti yang kita tahu kalau cat pelapis Aquaproof memang banyak dikenal sebagai cat pelapis anti bocor yang kuat dan mempunyai daya lekat yang baik dan amat elastis. Pemakaian dari cat pelapis Aquaproof ini bisa menutupi bagian rumah yang sedang mengalami kerusakan sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran.

Kekurangan Aquaproof

  • Mudah menggelembung
    Aquaproof yang dikenal sebagai cat yang elastis ternyata tidak sanggup menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam) karena Aquaproof tidak melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung.
  • Tidak bisa terendam dalam air
    Aquaproof tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam. Aquaproof hanya dapat digunakan pada daerah dimana air mengalir, karena apabila terendam air, Aquaproof akan mudah mengelupas. Tentu saja ini membuat bangunan kamu menjadi tidak awet dan tidak terawat.
  • Harga tinggi
    Sama halnya dengan Dulux Weathershield, Aquaproof juga memiliki harga yang tinggi. Tentu hal ini tidak mungkin terlepas karena beberapa kelebihan dan manfaat yang diberikan oleh Aquaproof terhadap bangunan.
AquaproofKeterangan
AsalIndonesia
Tahun berdiriTahun 1980
Rata-rata harga Rp 232.000 - Rp 1.300.000,- per September 2019

Tempat yang perlu memakai cat waterproof

Dalam sebuah hunian, terdapat beberapa tempat yang perlu menggunakan cat waterproof. Hal ini agar penghuninya terhindar dari resiko rembes nya air hujan. Berikut ini adalah tempat-tempat yang perlu dipakaikan cat waterproof.

  1. Tembok luar
    Tempat yang paling penting untuk dipakai cat waterproof adalah tembok, hal ini untuk menghindari rembesan air hujan.
  2. Tembok kamar mandi
    Tembok yang terdapat pada kamar mandi pun perlu dilapisi dengan cat waterproof untuk mencegah kerusakan serta kelembaban tinggi, karena seperti yang kita tahu bahwa jika kita mandi tentu akan mengenai dinding yang ada disekitarnya.
  3. Bagian atap
    Bagian atap juga perlu dilapisi cat waterproof supaya tidak timbul kebocoran, baik itu genteng maupun temboknya karena atap lah yang akan melindungi kita dari sinar matahari dan derasnya air hujan.

Pilih Mana: Dulux Weathershield atau Aquaproof?

Dulux WeathershieldAquaproof
Kelebihan- Tahan di segala kondisi - Anti bocor - Mempercantik rumah - Perlindungan unggul yang tahan lama - Tahan terhadap lumut dan jamur - Sudah mendapatkan sertifikat Singapore Green Label
Kekurangan- Mudah menggelembung - Tidak bisa terendam dalam air - Harga tinggi - Harga mahal - Hanya bisa digunakan untuk eksterior bangunan - Tekstur yang cair

Kesimpulan

Setelah kita bahas Aquaproof dan Dulux Weathershield diatas tadi dapat disimpulkan bahwa kedua waterproof ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu kamu harus sesuaikan kondisi bangunan kamu dengan waterproof yang akan kamu pakai. Namun jika kamu mencari waterproof yang kamu bisa kamu gunakan untuk eksterior maupun interior bangunan kamu, maka Aquaproof lah jawabannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Aquaproof vs Dulux Weathershield

VS