KesehatanOlahraga

Pilih mana: Dumbbell vs Barbell?

Alat olahraga yang biasanya ada di dalam gym dan tempat kebugaran kini bisa Anda miliki sendiri. Anda juga bisa berolahraga dan latihan ringan dengan produk ini. Nah, salah satu dari alat kebugaran itu yaitu ada dari Dumbell dan Barbell.

Keduanya memiliki fungsi masing-masing dalam setiap gerakan yang Anda lakukan. Yang terpenting adalah bagaimana memaksimalkan dua benda tersebut untuk membangun massa otot dan menghindari cedera.

Namun, tahukah Anda jika kedua alat tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika bertanya mana yang lebih baik diantara keduanya maka Anda perlu mempertimbangkannya.

Untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak pembahasan mengenai kedua alat kebugaran tersebut di Selera.id kali ini. So, jangan kemana-mana stay tune disini saja!

Dumbbell vs Barbell

Dumbbell

Dumbbell bisa dikatakan versi kecil dari barbel. Dumbbell memiliki panjang bar yang hanya sejengkal tangan saja. Berbeda dengan barbel, dumbbell justru lebih leluasa disaat Anda gunakan dan dapat dikombinasikan dengan berbagai gerakan seperti fly dan lateral raise.

Dumbel sendiri merupakan sejenis alat angkat beban bebas yang digunakan dalam latihan beban. Alat ini dapat digunakan sendiri atau berpasangan masing-masing digenggam satu tangan.

Desain yang dimiliki oleh dumbbell ini praktis dan pas digenggaman, serta dapat digunakan oleh siapapun karena sangat mudah digunakan dan aman meski di jangkauan anak-anak sekalipun.

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Taekwondo atau Karate?

Kelebihan Dumbbell

Berikut ini Kelebihan Dumbbell:

  • Sangat praktis
    Kelebihan yang ada pada produk dumbbell ini yaitu desain yang praktis. Bisa Anda bawa kemana-mana tanpa harus repot memikirkan penyimpanannya karena penyimpanannya sendiri sangat mudah karena bentuknya yang relatif kecil.
  • Harga yang terjangkau
    Dibandingkan dengan produk alat kebugaran lainnya Dumbbell ini memiliki harga yang terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar dan menguras kantong.
  • Mudah untuk membentuk otot
    Dumbbell bisa melakukan banyak latihan otot. Kelebihan ini yang membuat Anda tidak perlu repot untuk datang ke gym hanya untuk latihan membentuk otot dengan menggunakan dumbbell. Cukup beli beberapa pilihan bobot, Anda sudah bisa melakukan semuanya di rumah. Anda juga bisa melatih otot Anda dimanapun.

Dumbbell vs Barbell

Kekurangan Dumbbell

Berikut ini Kekurangan Dumbbell:

  • Adanya resiko cedera
    Jika menggunakan dumbbell maka ada baiknya Anda diawasi oleh beberapa orang karena jika Anda salah menggunakan akan mengakibatkan resiko cedera otot ringan. Hal ini yang perlu Anda perhatikan saat menggunakannya.
  • Sulit dibongkar pasang
    Kelebihan lain yang terdapat pada dumbbell yaitu ada pada penggunaan bebannya yang sulit dibongkar pasang. Sebenarnya bisa dilakukan namun butuh waktu lama untuk melepas penguncinya.
  • Ukurannya yang kurang pas
    Meski ukurannya yang relatif kecil memiliki kemudahan dalam penyimpanannya namun ada juga kekurangannya. Sebagian orang merasa tidak puas karena ukurannya ini. Sehingga beberapa orang kurang percaya bahwa dumbbell bisa membentuk otot tubuh.

Barbell

Barbel adalah bar atau tongkat besi dimana di setiap masing-masing ujungnya dapat ditambahkan piringan beban atau plate yang berfungsi sebagai pemberat. Berlatih dengan barbel dapat melatih power juga keseimbangan dalam mengangkat beban.

Stabilitas gerakan juga akan terasa lebih sempurna serta dapat terkontrol dengan aman. Tak hanya itu, berlatih dengan menggunakan barbell, dapat menyeimbangkan bagian tubuh antara sisi kanan dengan sisi kiri.

Penggunaan barbell sendiri sangat mudah yaitu Anda hanya perlu mendorong atau mengangkat bar lurus ke atas, kemudian menurunkannya ke bawah dengan teknik dan program yang terkendali. Lakukan berulang dan rutin agar mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Baca artikel lainnya Pilih Mana: Yoga atau Aerobik?

Kelebihan Barbell

Berikut ini Kelebihan Barbell:

  • Melatih keseimbangan otot
    Kelebihan yang dimiliki oleh barbell sendiri yaitu mampu melatih keseimbangan otot kiri dan kanan Anda. Hal ini akan membuat oto Anda terkontrol dan terlatih secara bersamaan. Sehingga dapat memaksimalkan kesimetrisan tubuh Anda. Oleh karena itu, barbell masih menjadi alat kebugaran yang dapat diandalkan untuk melatih otot tubuh.
  • Stabilitas gerakan yang baik
    Gerakan dalam menggunakan barbell diantaranya mendorong atau mengangkat kemudian menurunkan sehingga membuat stabilitas gerakan dengan menggunakan barbell akan terasa lebih sempurna serta dapat terkontrol dengan aman. Tak hanya itu, berlatih dengan menggunakan barbell, dapat menyeimbangkan bagian tubuh antara sisi kanan dengan sisi kiri.
  • Dapat dibongkar pasang
    Nha, kelebihan lain dari barbell adalah penggunaanya yang menyesuaikan penggunanya seperti jika Anda ingin mengurangi beban bobot pada barbell Anda hanya tinggal melepas piringan bebannya disamping.
Lihat juga:  8 Merk Pasta Gigi Herbal Terbaik 2020

Dumbbell vs Barbell

Kekurangan Barbell

Berikut ini Kekurangan Barbell:

  • Kurang praktis
    Dibanding dengan dumbbell, jika bicara mengenai kepraktisan barbell bisa dibilang barbell kurang praktis. Bobotnya besar dan sulit untuk disimpan dengan ruang yang minim. Barbell juga memiliki desain yang tidak kecil jadi repot untuk Anda pindahkan kemana-mana.
  • Pemakaiannya tidak fleksibel
    Berbeda dengan dumbbell, penggunaan barbell sendiri kurang leluasa atau bisa dikatakan tidak fleksibel. Sangat sulit untuk dikombinasikan dengan berbagai gerakan seperti fly dan lateral raise. Tidak bisa membuat latihan olahraga Anda dengan gerakan yang bebas.
  • Harga yang relatif mahal
    Jika bicara mengenai harga untuk barbell sendiri Anda harus menyiapkan budget yang cukup tinggi. Karena material dan bobotnya yang cenderung besar maka harga yang ditawarkan juga bisa dibilang mahal.

Manfaat Latihan Beban dengan Bobot Ringan

Berlatih menggunakan bobot beban yang lebih berat maupun bobot beban yang lebih ringan, keduanya dapat membentuk dan memperbesar otot. Nah, namun tahukah Anda jika mengangkat bobot yang ringan mampu memberikan manfaat lebih untuk tubh Anda ketika menggunakannya. Manfaat dari latihan beban dengan menggunakan bobot lebih ringan bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini:

  • Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan yaitu, Rentang gerak yang lebih baik. Jadi, penggunaan beban yang lebih ringan memungkinkan kita untuk memiliki rentang gerak yang maksimal serta memiliki kekuatan dan ukuran otot yang lebih besar daripada partisipan yang melakukan latihan kekuatan dengan rentang gerak terbatas.
  • Manfaat lainnya yakni mampu mengurangi resiko cedera. Mengangkat beban lebih berat daripada yang tubuh dapat topang adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko cedera, terlebih ketika tidak dilakukan dengan teknik yang memadai. Karena itu, sesuaikan berat beban dengan kemampuan tubuh.

Pilih mana: Dumbbell vs Barbell?

Keterangan Dumbbell Barbell
Kelebihan-Sangat praktis -Harga yang terjangkau -Mudah untuk membentuk otot-Melatih keseimbangan otot -Stabilitas gerakan yang baik -Dapat dibongkar pasang
Kekurangan -Adanya resiko cedera -Sulit dibongkar pasang -Ukurannya yang kurang pas-Kurang praktis -Pemakaiannya tidak fleksibel -Harga yang relatif mahal

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai perbandingan Dumbbell dan Barbell diatas maka dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika Anda yang sedang ingin mencari alat kebugaran yang lebih efektif dan mudah dipergunakan saat latihan maka Anda bisa memilih Dumbbell. Tetapi kenyataannya untuk mendapatkan hasil latihan yang terbaik, Anda tetap harus menggunakan keduanya. Nah, jadi intinya bagi Anda yang ingin melatih otot dan bentuk tubuh Anda maka sangat penting untuk membuat tujuan terlebih dahulu agar hasilnya sesuai dengan keinginan begitupun dengan alat yang akan Anda gunakan.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dumbbell vs Barbell

VS

Leave a Reply