Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Dunkin’Donuts atau J.CO?

Donat adalah makanan yang identic dengan bentuk bulat dan memiliki lubang di bagian tengahnya. Makanan yang digoreng dan dibuat dengan tepung terigu, gula pasir, telur dan mentega, menjadikan donat sebagai makanan yang digemari dari seluruh kalangan usia.

Pada bagian atas donat biasanya ditaburi dengan cokelat meses atau gula halus, tapi semakin hari taburan donat terus mengalami bertambah seperti keju, cokelat cair, glaze dengan berbagai rasa dan krim manis.

Pada tahun 1985 gerai donat pertama kali dibuka oleh Dunkin’Donuts di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat dan terus berkembang menjadi 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Pada tahun 2005 J.CO Donuts & Coffe membuka gerai pertamanya di Karawaci.

Dua brand produsen donat Dunkin’Donuts dan J.CO Donuts & Coffe ini tidak asing lagi didengar di Indonesia. Walaupun sama-sama memproduksi donat tapi kedua brand ini pasti memiliki perbedaan dari tekstur, harga maupun letak gerai. Simak penjelasan di bawah ini!

Dunkin’Donuts

Dunkin’Donuts adalah restoran makanan internasional yang khusus dalam pembuatan donat. Perusahaan ini pertama kali didirikan tahun 1950 oleh William Rosenberg di Amerika Serikat. Dunkin’Donuts merupakan restoran donat terbesar di dunia yang hampir memiliki 7.000 restoran.Dunkin’Donuts pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1985 di Jakarta pusat dan saat ini sudah memiliki lebih dari 200 gerai di Indonesia.

Kelebihan Dunkin’Donuts

1. Tekstur dan ukuran donat yang padat

Untuk tekstur donat yang disajikan oleh Dunkin’Donuts ini memiliki teskstur yang padat dan berisi dikombinasikan rasa donat yang klasik. Donat dengan tekstur ini lebih disukai oleh orang tua dan dianggap membawa konsumennya kembali ke masa kecil.

Ukuran dari donat Dunkin’Donuts ini juga tergolong besar dibandingkan dengan ukuran donat pesaingnnya.

2. Memiliki varian yang lebih variatif

Donat Dunkin memiliki varian rasa yang dapat dijadikan varian favorit bagi kosumennya. Varian yang ditawarkan oleh Dunkin’Donuts memiliki cita rasa yang berbeda dengan varian lainnya, menjadikan varian dari Dunkin’Donuts ini lebih menonjol.

3. Mudah dijumpai

Beberapa gerai donat biasanya berada di dalam Mall, tapi untuk Dunkin’Donuts sendiri memiliki gerai baik di dalam Mall maupun di luar. Hal ini menjadikan Dunkin’Donuts lebih mudah dijumpai jika sedang berada di jalan.

4. Harga yang sangat terjangkau

Untuk harga yang ditawarkan oleh Dunkin’Donuts lebih murah dibandingkan dengan harga pesaingnya. Harga Dunkin’Donuts dengan isi 6 pcs donut classic dapat dibeli sekitar  Rp. 60.000 (per September 2022) dan dengan isian 12 pcs dibandrol dengan harga sekitar Rp. 110.000 (per September 2022).

Kekurangan Dunkin’Donuts

1. Mudah membuat kenyang

Tekstur dari Dunkin’Donuts yang padat dan berisi membuat donat ini cepat membuat kenyang. selain membuat kenyang tekstur donat yang padat ini kurang disenangi oleh remaja, mereka lebih menyukai donat yang memiliki tekstur yang lembut.

2. Dapur yang tertutup

Dapur pembuatan donat di Dunkin’Donuts ini mengusung konsep dapur yang tertutup. Hal ini menjadi kelemahan Dunkin’Donuts, dapur yang tertutup membuat pelanggan tidak mengetahui proses pembuatan donat. Berbeda dengan gerai donat lainnya yang menggunakan konsep dapur terbuka.

Lihat juga:  Pilih Mana: HiLo atau Milo?

J.CO Donuts & Coffe

J.CO Donuts & Coffe donuts merupakan restoran makanan yang bergerak di produksi donat, kopi bahkan es krim. Perusahaan ini didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group dan didirikan pada tahun 2005.Johnny andrean mendirikan J.CO Donuts & Coffe setelah melakukan perjalanan bisnis ke amerika serikat dan mencicipi berbagai rasa dan keunikan donat yang berbeda-beda. Awalnya johnny ini membeli satu restoran donat di USA, karena mendapati berbagai keterbatasan pada produknya membuat johnny membuat restoran nya sendiri yaitu J.CO Donuts & Coffe.

Kelebihan J.CO Donuts & Coffe

1. Tekstur donat

Berbeda dengan saingan nya, donat J.CO Donuts & Coffe memiliki tekstur donat yang lembut dan berongga. Donat ini sangat disukai oleh para remaja karna tekstur lembutnya.

2. Menggunakan dapur terbuka

Resotan j,co menggunakan konsep dapur yang terbuka sehingga para pembeli dan melihat secara langsung ketika koki memasak dan membuat donat. Dengan adanya dapur terbuka ini menjadi daya Tarik dari J.CO Donuts & Coffe.

3. Varian lebih banyak

Untuk J.CO Donuts & Coffe ini memiliki varian rasa yang lebih banyak. Rasa unggulan dari J.CO Donuts & Coffe ini adalah donat dengan menggunakan topping glaze yang menjadi favorit pembelinya.

4. Gerai J.CO Donuts & Coffe yang keren

Selain memberikan produk makanan dan minuman yang lezat tapi gerai J.CO Donuts & Coffe juga didesign dengan mengusung suasana yang asyik dan nyaman untuk mengerjakan tugas bersama teman maupun kumpul keluarga.

5. Memiliki variasi menu

Bukan hanya donat tapi J.CO Donuts & Coffe juga menyediakan berbagai menu lainnya seperti kopi dan eskrim. banyaknya produk lain dari J.CO Donuts & Coffe ini menjadikan suatu kelebihan dan J.CO Donuts & Coffe ini sendiri.

Kekurangan J.CO Donuts & Coffe

1. Susah ditemui

J.CO Donuts & Coffe hanya membuka gerai di dalam mall, jadi untuk pembeli yang ingin membeli donat J.CO Donuts & Coffe harus masuk ke mall terlebih dahulu.

2. Harga yang lebih tinggi

Berbeda dengan Dunkin, J.CO memiliki harga donut yang lebih tinggi. Untuk paket donat yang berisi 6 pcs dapat dibeli dengan kisaran harga Rp. 90.000 (per Juni 2022).

Pilih Mana: Dunkin’Donuts atau J.CO?

Keterangan Dunkin'Donuts J.CO
Kelebihan - Tekstur dan ukuran donat yang padat - Memiliki varian yang lebih variatif - Mudah dijumpai - Harga yang sangat terjangkau- Tekstur donat - Menggunakan dapur terbuka - Varian lebih banyak - Gerai J.CO Donuts & Coffe yang keren - Memiliki variasi menu
Kekurangan - Mudah membuat kenyang - Dapur yang tertutup- Susah ditemui - Harga yang lebih tinggi

Kesimpulan

Dilihat dari perbandingan kedua donat ini, dapat diketahui bahwa tekstur dari dua donat yang berbeda. Tapi tekstur yang berbeda ini sesuai dengan selera masing-masing. Jika menyukai donat yang padat dan berisi maka Dunkin’Donuts cocok untuk Anda tapi jika menyukai donat yang lembut dan berongga maka J.CO Donuts & Coffe dapat menjadi pilihamu. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dunkin'Donuts vs J.CO

VS