Pilih Mana: Elastex atau Aquaproof?

Dalam dunia industri material, pemilihan bahan yang tepat menjadi sangat penting, terutama dalam penggunaan Elastex dan Aquaproof. Baik Elastex maupun Aquaproof merupakan pilihan yang menonjol dalam berbagai aplikasi, namun pertanyaan yang muncul adalah, mana yang lebih unggul di antara keduanya?

Dalam artikel ini, kita akan merinci karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari kedua bahan tersebut untuk membantu kalian membuat keputusan yang tepat.

Elastex

Elastex Waterproof, produk unggul dari Nippon Paint. Walaupun di pasaran sudah beredar banyak sekali produk pelapis waterproofing, bahkan sebagian sudah mendominasi pasar. Namun Nippon Paint sebagai manufaktur coating raksasa tanah air tidak mau kalah.

Elastex Waterproof merupakan cat pelapis anti-bocor 3-in-1 dengan bahan dasar latex elastomerik akrilik yang amat baik untuk mencegah kebocoran air, bisa berfungsi sebagai cat dasar yang unggul dan juga sebagai cat akhir. Cat ini mempunyai sifat kedap air, elastis, tahan retak, anti-alkali, anti-jamur, daya lekat yang kuat, dan anti leleh.

Elastex Waterproof dipakai pada tempat-tempat yang kerap mengalami kebocoran seperti pada langit-langit, atap talang atau sambungan, atap genteng atau seng, atap asbes atau kayu, atap beton, tangki air, tembok bagian luar, dan lain-lain. Cat ini bisa dipakai pada permukaan semen atau beton, kayu, besi, fiber dan galvanis/seng.

Jangan melakukan pengecatan pada kelembaban udara 85% atau temperatur udara kurang dari 7 derajat celcius. Dan semua peralatan sebaiknya langsung dibersihkan dengan air setelah selesai dipakai. Hal ini merupakan prosedur yang sudah ditentukan agar menciptakan hasil yang maksimal.

Kelebihan Elastex

Memiliki Kualitas yang Baik

Nippon Paint Mengklaim Elastex Waterproof merupakan cat pelapis anti-bocor dengan perlindungan 5 tahun anti-bocor, berbahan dasar latex elastomerik akrilik yang amat tangguh untuk mencegah kebocoran air, menutup retak rambut dan bisa juga berfungsi sebagai cat dasar yang unggul.

Harga Murah

Keunggulan kedua dari Elastex adalah harganya yang terjangkau. Meskipun terpaut sedikit dari Aquaproof namun ini merupakan upaya agar kita bisa lebih berhemat dan kualitasnya sebanding dengan Aquaproof.

Memiliki Sifat yang Baik untuk Keperluan Bangunan

Sifat-sifat tersebut adalah kedap air, elastis, tahan retak, anti-alkali, anti-jamur. Untuk itulah beberapa orang menggunakan Elastex untuk cat andalan bangunan mereka.

Kekurangan Elastex

Adanya Prosedur yang Harus Dilakukan

Kekurangan pertama yang dimiliki Elastex adalah terdapatnya prosedur yang harus dilakukan agar menciptakan hasil yang lebih maksimal. Tentu ini merupakan suatu hal yang tidak semua orang akan membaca dan melakukannya.

Kurang Terkenal

Kekurangan kedua dari Elastex adalah kurang begitu terkenal. Jika dibandingkan dengan Aquaproof, Elastex tentu masih belum begitu dikenal. Ini juga berpengaruh dengan penjualannya karena orang tentu lebih memilih cat yang terkenal meskipun Elastex memiliki kualitas yang cukup baik.

Tidak Bisa Dibersihkan Jika Terkena Noda

Kekurangan terakhir dari Elastex ini yaitu tidak bisa membersihkan noda yang ada pada dinding rumah, tentu ini tidak cocok jika kamu mempunyai anak kecil di dalamnya.

Aquaproof

Aquaproof merupakan cat pelapis anti bocor berbahan dasar polimer yang kedap air sehingga menghambat air masuk ke dalam pori-pori bidang yang diterapkan. Dengan aplikasi yang sesuai dengan instruksi, lapisan Aquaproof bisa bertahan hingga 5 tahun lamanya.

Aquaproof bersifat elastis 500% sampai 600%. Sifat elastis diperlukan sehingga Aquaproof bisa menyesuaikan dengan keadaan cuaca dan geografis Indonesia.

Aquaproof juga merupakan cat pelapis yang bersifat thixotropic, yang artinya tidak menetes bila digunakan. Aplikasi Aquaproof pun amat mudah, bisa memakai kuas, rol, atau airless spray.

Aquaproof memiliki daya lekat ke bidang aplikasi yang amat kuat. Perihal ini diperlukan sehingga Aquaproof tidak gampang mengelupas.

Aquaproof memiliki 24 varian warna yang menarik sehingga bisa juga digunakan sebagai cat eksterior yang mempercantik penampilan rumah kamu.

Kelebihan Aquaproof

Anti Bocor

Aquaproof dikenal sebagai cat pelapis anti bocor yang kuat dengan daya lekat yang baik dan amat elastis. Penggunaannya sanggup menutupi bagian rumah yang telah mengalami keretakan yang berakibat pada kebocoran. Kebocoran banyak terjadi pada musim hujan. Pemakaian cat yang sembarangan, bisa membuat rumah kamu kebanjiran akibat pemilihan cat pelapis tembok yang salah.

Tahan di Segala Kondisi

Aqua Proof juga diketahui sebagai cat yang tahan di segala kondisi. Walaupun panas dan hujan menyerang, namun keberadaan cat ini sanggup bertahan lebih lama bila dibanding dengan pemakaian cat yang biasa. Tidak cuma itu namun Aquaproof juga anti jamur dan lumut sehingga membuat rumah kamu jadi lebih indah tanpa adanya serangan jamur dan lumut tersebut. Pemakaian Aquaproof cukup gampang dilakukan sebab dapat dipakai dengan roller, kuas atau bisa juga memakai sprayer.

Mempercantik Rumah

Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan kamu. Aquaproof sanggup mewujudkan rumah cantik dan indah melalui pemilihan warna cat yang tepat. Kamu bisa memadupadankan warna yang kamu pilih dengan konsep rumah kamu sehingga terjadi keserasian yang tepat antara rumah dan warna rumah yang baik.

Kekurangan Aquaproof

Mudah Menggelembung

Aquaproof yang dikenal sebagai cat yang elastis ternyata tidak mampu menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam) karena Aquaproof tidak melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung.

Harga Tinggi

Jika dibandingkan dengan Elastex, harga dari Aquaproof terbilang cukup tinggi. Tentu saja ini sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diperoleh dari Aquaproof untuk bangunan andalan kamu.

Tidak Bisa Terendam Dalam Air

Aquaproof tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam. Aquaproof hanya dapat digunakan pada daerah dimana air mengalir, karena apabila terendam air, Aquaproof akan mudah mengelupas. Tentu saja ini membuat bangunan kamu menjadi tidak awet dan tidak indah dipandang.

Cara Memakai Cat Waterproof

Merapikan Permukaan Dinding yang Akan Dicat

Cara memakai waterproof yang pertama yaitu memastikan bahwa permukaan dinding atau atap yang kamu akan gunakan tidak rapuh dan dalam kondisi yang bersih. Setelah membersihkan permukaan dari debu, minyak, karat, jamur, cat yang sudah lapuk dan kotoran lainnya, maka kamu perlu menunggu permukaan tersebut sampai benar-benar kering.

Mengkondisikan Retakan dan Sambungan

Untuk sambungan yang membutuhkan daya tahan ekstra, akan lebih baik bila pemakaian waterproof perlu diperkuat dengan supermesh atau polyester mesh di atas lapisan pertama cat anti bocor yang masih basah. Setelah lapisan tersebut kering, kamu dapat memberikan lapisan yang kedua. Untuk tempat-tempat yang sekiranya membutuhkan perlindungan ekstra, kamu bisa membubuhkan lapisan waterproof sampai ketiga kalinya.

Memakai Airless Spray (Cat Dispray­ ke Dinding)

Cat waterproof memang sedikit kental, namun kita tetap dapat memakai alat airless spray. Semprotkan secara merata pada dinding. Pastikan setiap bagian tertutupi secara rata dan biarkan kering supaya dapat menambah lapisan ke-2 untuk memastikan supaya dinding atau atap rumah kamu bisa terlindungi dengan baik. Setelah dibersihkan, permukaan perlu dikeringkan. Setelah lapisan waterproof sudah jadi dan kering, kamu bisa langsung menimalinya dengan cat rumah dengan warna yang kita sudah tentukan.

Perbandingan Elastex dan Aquaproof

Elastex Aquaproof
Kelebihan- Memiliki Kualitas yang Baik
- Harga Murah
- Memiliki Sifat yang Baik untuk Keperluan Bangunan
- Anti Bocor
- Tahan di Segala Kondisi
- Mempercantik Rumah
Kekurangan- Adanya Prosedur yang Harus Dilakukan
- Kurang Terkenal
- Tidak Bisa Dibersihkan Jika Terkena Noda
- Mudah Menggelembung
- Harga Tinggi
- Tidak Bisa Terendam Dalam Air
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pemilihan antara Elastex dan Aquaproof tergantung pada kebutuhan spesifik dan prioritas setiap individu. Sebelum memutuskan, sangat penting untuk mempertimbangkan kondisi bangunan, preferensi warna, dan budget yang dimiliki. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik keduanya, konsumen dapat membuat keputusan yang cerdas untuk menjaga dan meningkatkan kualitas bangunan mereka.

Anda Pilih Elastex atau Aquaproof?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!