Perangkat Keras

Pilih Mana: Epson L310 atau Epson L120?

Printer merupakan perangkat yang cukup penting untuk aktivitas kita sehari-hari. Kita jadi bisa mencetak beberapa dokumen penting dan sebagainya, selain itu kita juga bisa melakukan scan dan fotokopi sekalipun. Untuk itulah sekarang banyak produsen printer yang merilis produk nya dengan kualitas yang baik, salah satunya seperti Epson L310 dan Epson L120.

Epson L310 dan Epson L120 sendiri merupakan printer yang cukup diandalkan oleh sebagian orang karena fitur dan kecanggihan yang dimilikinya dirasa cukup membantu untuk aktivitas sehari-hari.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Epson L310 dan Epson L120 sehingga bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memiliki printer andalan kamu. Stay tune guys!

Epson L310 atau Epson L120

Epson L310

Printer asal Jepang ini hadir dengan seri L310 yang mana printer ini mempunyai fungsi tunggal sebagai printer biasa pada umumnya. Namun ada keistimewaan khusus kenapa printer ini dibuat dengan fungsi tunggal.

Printer berbentuk segi panjang dengan dimensi 482‎ x 222 x 130 mm (Width x Depth x Height) dan berat 2.8 Kg tidak membuat kamu repot untuk memindahkan maupun meletakan nya. Dengan ukurannya yang mungil kamu bisa meletakan nya berdampingan dengan komputer kamu dalam satu meja kerja.

Bila sebelumnya printer hadir dengan Print Head berteknologi Thermal, printer ini sudah hadir dengan Print Head baru yang lebih mempunyai performa serta handal, yakni Print Head Micro Piezo. Ini membuat hasil cetakan lebih cepat hinaga 33ppm (paper per minute) dengan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi.

Sama dengan printer tipe L pada printer EPSON lainnya, printer ini menawarkan cetak yang lebih hemat. Printer ini mempunyai tangki pengisian tinta tersendiri yang melekat di bagian samping printer.

Untuk sekali pengisian penuh printer ini sanggup mencetak kertas sebanyak 6500 lembar kertas dengan hasil print berwarna dan 4000 lembar kertas untuk hitam putih.

Epson L310 atau Epson L120

Sistem pengisian tinta pun amat mudah, mulut botolnya lancip dengan volume maksimal 70ml. Dengan tangki pengisian tinta besar tentu saja ini jauh lebih hemat dibanding kamu membeli cartridge. Baca juga Pilih Mana: Canon G2010 atau EPSON L3110?

Kelebihan Epson L310

  • Bisa juga dipakai selain kertas biasa
    Tidak cuma bisa dipakai untuk cetak kertas biasa namun juga mendukung jika kamu mau mencetak pada kertas jenis matte brochure, photo papers, glossy brochure papers dan envelope.
  • Menampung banyak kertas
    Untuk kertas A4 maksimal sanggup masuk sebanyak 200 lembar sedangkan kertas gambar sampai 20 lembar. Sehingga cukup banyak yang bisa dipasang pada printer ini untuk meminimalisir kurangnya kertas saat kamu lupa mengisinya.
  • Hemat listrik
    Saat printer sedang aktif cuma memakan daya sebesar 10 watt dan 2.2 watt saat standby. Sehingga kamu tidak perlu khawatir terlalu banyak mengeluarkan daya saat memakai printer ini.

Kekurangan Epson L310

  • Spare part tidak bisa diganti
    Cartridgenya atau spare part tidak bisa diganti dan perlu keahlian khusus untuk penggantiannya. Untuk itu kamu harus senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik agar printer kamu bisa awet tahan lama.
  • Untuk proses instalasi gagal pada beberapa komputer
    Kekurangan selanjutnya dari Epson L310 ini adalah proses instalasi yang gagal pada beberapa komputer. Tentunya hal ini menyulitkan pemiliknya jika saja laptop yang dimiliki tidak sesuai dengan printer dari Epson yang satu ini sehingga tidak bisa dipakai.
  • Harus rutin melakukan cleaning di aplikasi bawaan
    Epson L310 ini mesti sering dilakukan Cleaning di Aplikasi yang tersedia agar tidak bermasalah terhadap tintanya dan kualitas dari printer ini sendiri bagus.

Epson L120

Printer Epson L120 ini merupakan salah satu printer Epson L series yang baru saja dirilis sekitar awal bulan april tahun 2014 ini. Printer ini sendiri dibuat dengan menyempurnakan printer L series seri sebelumnya yakni L100 dan L110.

Sekilas memang tidak ada perbedaan yang berarti dari printer ini dengan printer L110. Tetapi jika kita teliti akan ada bagian yang berbeda dari printer ini dibanding dengan printer ink tank tipe sebelumnya. Pihak Epson mengaku memakai teknologi terbaru, tanpa memakai choke dan selang yang terlihat pada bagian luar.

Epson L310 atau Epson L120

Printer single-function ini meniadakan choke valve buat mengancing tinta, perihal ini berarti kala kamu memindahkan printer ke suatu tempat tidak perlu lagi untuk bingung karena tangki tinta sudah menjadi satu dengan bodi printer.

Selain itu, tutup bagian atasnya ditiadakan, jadi ketika kamu mengisi tinta kamu tidak perlu lagi membuka tutup yang ada, kamu tinggal membuka tutup tangki tinta.

Terdapat satu lagi kelebihan dari teknologi terbaru dari Epson L120 ini mengenai selang tinta yang langsung terhubung tanpa terdapat pada bagian luar printer, perihal itu tentu saja membuat printer terlihat lebih ringkas.

Dengan tinggi sebesar 130mm (13 cm/5.1 inci), tinggi bodi Epson L120 sama dengan pendahulunya Epson L110. Untuk lebarnya Epson L120 ini cuma berada pada angka 215 mm (21,5 cm/8.5 inci). Panjang dari printer Epson L120 ini berada pada angka 461 mm (46,1 cm/18,1 Inci).

Kelebihan Epson L120

  • Kecepatan cetak tinggi
    Printer Epson L120 mempunyai kecepatan cetak yang cukup mengagumkan, yakni sampai 8,5 IPM untuk warna hitam dan sampai 4,5 IPM untuk warna-warni. Dengan demikian, produktivitas kamu dijamin tetap tinggi saat memakai printer ini karena tak perlu terlalu lama menunggu untuk mencetak suatu dokumen, terlebih bila dokumen tersebut cuma membutuhkan tinta hitam saja, misalnya dokumen yang cuma berisi teks.
  • Hemat tinta
    Nah, bicara soal hemat, Epson L120 ini adalah juaranya. Bahkan tanpa mode draft pun, Epson L120 tetaplah hemat. Epson L120 merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya, yakni Epson L110. Epson L110 dikenal merupakan printer yang hemat dengan biaya operasional sekitar Rp35 per halaman warna. Sebagai penerus dan sudah melalui berbagai peningkatan kualitas, Epson L120 tentu lebih hemat lagi.
  • Tinta mudah diisi ulang
    Proses isi ulang tinta printer Epson L120 ini mudah dilakukan dan dijamin tidak berantakan. Kemasan isi ulang tinta dibuat sedemikian rupa sehingga mudah diarahkan menuju tabung tinta. Selain itu, ada tabung khusus yang menjamin aliran tinta yang mudah saat tinta diisikan ulang ke dalam tabung.
Lihat juga:  Pilih Mana: Helio p60 vs Snapdragon 660

Kekurangan Epson L120

  • Kualitas foto kurang bagus
    Pada umumnya hasil cetak dari printer ini terkesan sangat prematur, seperti tanpa ada kombinasi warna yang bagus, tentunya ini merupakan kekurangan yang cukup merugikan mengingat harganya yang cukup tinggi.
  • Tidak bisa dipakai untuk mencetak selain kertas biasa
    Printer ini tidak bisa dipakai untuk mencetak pada kertas foto. Hal ini tentunya berbeda dengan Epson L310 yang bisa untuk mencetak beberapa kertas selain hvs biasa.
  • Tidak memiliki fitur Automatic Duplex Printing
    Epson L120 ini juga tidak terdapat fitur Automatic Duplex Printing (print bolak-balik otomatis). Tentunya hal ini kurang cocok untuk kamu yang ingin mudah untuk melakukan print bolak-balik.
SpesifikasiEpson L310Epson L120
Kecepatan pencetakan (hitam putih) 33lembar/min 9lembar/min
Kecepatan pencetakan (warna) 15lembar/min 5lembar/min
Resolusi5760 x 1440dpi 720 x 720dpi
Resolusi Pencetakan Maksimum 215.9 x 1117.6mm 216 x 1118mm
Harga per Oktober 2019Rp 1.685.000,-Rp 1.400.000,-

Epson L310 atau Epson L120

Tips merawat printer kesayangan kamu

1. Selalu jaga kebersihan printer
Ketika Kamu selesai memakai printer dan tidak ada rencana memakainya dalam waktu dekat, tutuplah dengan kain lembut atau penutup khusus printer. Terutama di bagian meletakkan kertas yang rentan dimasuki debu serta kotoran.

2. Lakukan “Clean Head”
Sistem perawatan ini biasanya dipunyai oleh setiap printer. Kamu tinggal membaca ulang buku manual yang disertakan saat membeli printer. Karena, beda merk printer umumnya beda pula cara melakukan clean head.

3. Gunakan secara rutin
Printer yang sering dipakai secara teratur akan memiliki kondisi mesin yang lebih optimal. Tentu saja selama pemakaian printer tidak berlebihan. Sedangkan printer yang jarang dipakai cenderung lebih cepat rusak. Saat printer jarang dipakai, tinta bisa kering.

4. Gunakan tinta yang direkomendasikan
Jangan pandang sepele penggunaan tinta printer. Selalu gunakan tinta printer sesuai yang direkomendasi produsen. Pemakaian tinta original akan memberi hasil yang maksimal kepada setiap halaman yang dicetak.

5. Lakukan perawatan kinerja kartrid
Pertama buatlah empat lingkaran dengan warna kuning, hijau, hitam, dan merah. Kamu bisa membuat empat lingkaran ini dengan mudah melalui insert shapes pada Ms Word. Lanjut dengan mencetak gambar tersebut dengan resolusi tertinggi.

Pilih Mana: Epson L310 atau Epson L120?

Epson L310Epson L120
Kelebihan- Bisa juga dipakai selain kertas biasa - Menampung banyak kertas - Hemat listrik - Kecepatan cetak tinggi - Hemat tinta - Tinta mudah diisi ulang
Kekurangan- Spare part tidak bisa diganti - Untuk proses instalasi gagal pada beberapa komputer - Harus rutin melakukan cleaning di aplikasi bawaan - Kualitas foto kurang bagus - Tidak bisa dipakai untuk mencetak selain kertas biasa - Tidak memiliki fitur Automatic Duplex Printing

Kesimpulan

Setelah kita ulas artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa Epson L310 dan Epson L120 memiliki kualitas yang baik dan fitur yang cukup canggih. Namun saya lebih merekomendasikan Epson L310 karena mampu untuk mencetak selain kertas hvs biasa dan kinerja yang dihasilkan lebih maksimal. Tentukan printer andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Epson L310 vs Epson L120

VS

Leave a Reply