Elektronik

Pilih Mana: Epson L310 vs L360

Epson merupakan merk dari Jepang yang sudah terkenal dengan berbagai tipe printer yang diproduksinya. Banyak sekali printer dari Epson ini memiliki spesifikasi yang bagus seperti cetakan yang baik. Kedua diantar tipe printer Epson yang akan kami bahas adalah Epson L310 dan L360.

Epson L310 dan L360 kedua printer yang disebut-sebut memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang mumpuni. Selain itu juga printer ini cocok untuk mahasiswa dan pekerja bahkan pebisnis cetakan.

Apakah Anda penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Untuk itu baca penjelasan detail dari kami di bawah ini.

https://www.selera.id/pilih-mana-canon-g2010-atau-epson-l3110/

Epson L310

Printer asal Jepang ini hadir dengan seri L310 yang mana printer ini mempunyai fungsi tunggal sebagai printer biasa pada umumnya. Tetapi ada keistimewaan khusus mengapa printer ini dibuat dengan fungsi tunggal. Baca juga Pilih Mana: Canon G2010 atau EPSON L3110?

Printer berbentuk segi panjang ini dengan mempunyai ukuran sebesar 482‎ x 222 x 130 mm (Width x Depth x Height) dan berat 2.8 kg tidak membuat Anda repot untuk memindahkan atau meletakkan printer Epson L310 ini.

Dengan ukurannya yang mungil Anda bisa meletakkannya berdampingan dengan komputer Anda dalam satu meja kerja. Dikala Anda membutuhkan suatu printer dan akan membelinya hingga mempertimbangkan berbagai kelebihan dalam spesifikasinya sangatlah penting.

Printer ini mempunyai tangki pengisian tinta tersendiri yang melekat di bagian samping printer. Untuk sekali pengisian penuh printer ini mampu mencetak kertas sebanyak 6.500 lembar kertas dengan hasil print berwarna dan 4.000 lembar kertas untuk hitam putih.

Sistem pengisian tinta ini juga pun sangat gampang, mulut botolnya lancip dengan volume maksimal 70 ml. Dengan tangki pengisian tinta besar tentu saja ini jauh lebih hemat dibanding Anda membeli cartridge.

Kelebihan Epson L310

  • Bentuknya tidak memuat banyak tempat
    Seperti penjelasan di atas bahwa printer Epson L310 ini memiliki bentuk segi panjang dengan ukuran yang cukup pas jika diletakkan dan dipindahkan di berbagai tempat. Hal ini membuat printer dengan bentuk yang pas ini tidak memuat banyak tempat pada ruangan Anda. Cocok sekali untuk Anda yang ngekos nih.
  • Hemat akan listrik
    Selain memiliki bentuk yang mungil sehingga tidak memuat tempat yang banyak, printer Epson L310 ini juga memiliki kelebihan hemat akan listriknya. Saat printer sedang aktif hanya memakan daya sebesar 10 watt dan 2.2 watt saat stand by. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak mengeluarkan daya saat menggunakan printer ini.
  • Menampung banyak kertas
    Untuk kertas A4 maksimal sanggup masuk sebanyak 200 lembar sedangkan kertas gambar sampai 20 lembar. Sehingga cukup banyak yang bisa dipasang pada printer ini untuk meminimalisir kurangnya kertas saat Anda lupa mengisinya.

Kekurangan Epson L310

  • Spare part tidak dapat diganti
    Kekurangan yang pertama yang ada pada printer Epson L310 ini adalah bahwa printer ini memiliki spare part yang tidak dapat diganti. Cartridgenya atau spare part tidak bisa diganti dan perlu keahlian khusus untuk penggantiannya.

Epson L310 vs L360

  • Roller printer yang sering bermasalah
    Kekurangan lainnya dari printer buatan Jepang L310 ini adalah bahwa roller pada printer ini memiliki kualitas yang kurang cukup baik, pasalnya banyaknya review yang mengatakan hal tersebut roller printer yang sering bermasalah.
  • Proses instalasi gagal pada beberapa komputer
    Nah, untuk kekurangan yang terakhir ini adalah kekurangan yang cukup amat sering dikeluhkan oleh penggunanya yaitu proses instalasi gagal pada beberapa komputer yang ada. Tentu saja hal ini cukup menyulitkan pengguna.

Epson L360

Seperti printer series L lainnya, Epson L360 ini memiliki bentuk persegi panjang dengan dimensi 482 x 300 x 145 mm dengan berat 4.4 kg. Printer ini mempunyai tangki tinta yang terpisah dari bagian printernya.

Letaknya menempel persis di sebelah kiri printer. Selain fungsi utamanya sebagai printer pada umumnya, Epson L360 ini juga memiliki kemampuan scan dan copy dengan kecepatan yang terbilang cepat.

Epson L360 memiliki kecepatan cetak yang luar biasa, baik untuk dokumen hitam putih ataupun dokumen berwarna. Untuk dokumen hitam putih mampu mencetak sebanyak 33 lembar per menitnya, dan 15 lembar kertas untuk dokumen berwarna tiap menitnya.

Epson L360 ini hadir dengan desain Print Head Micro Piezo yang memiliki performa yang lebih maksimal ketimbang Print Head Thermal, desain ini ditanamkan untuk membuat hasil cetakan lebih cepat dengan resolusi yang lebih baik.

Dengan Print Head Micro Piezo printer ini mampu mencetak hingga resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi. Untuk memenuhi kebutuhan cetak, copy dan scan, printer ini memiliki tangki tinta terpisah sehingga memudahkan dalam mengisi ulang.

Lihat juga:  Pilih Mana: Subwoofer Polytron PSW 500 vs PSW 600

Kelebihan Epson L360

  • Gampang dalam pengisian ulang tinta
    Fitur Ink Tank pada Epson L360 memiliki sistem infus yang dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam memasukkan pengisian ulang tinta ke dalam tabung tinta. Tabung tinta telah terintegrasi kuat dan tidak mudah bocor.
  • Hasil cetakan cepat dan baik
    Kelebihan lainnya dari Epson L360 ini adalah hasil cetakan cepat dan baik, hal ini dikarenakan adanya Print Head Micro Piezo yang memiliki performa yang lebih maksimal ketimbang Print Head Thermal, desain ini ditanamkan untuk membuat hasil cetakan lebih cepat dengan resolusi yang lebih baik.

Epson L310 vs L360

  • Irit daya listrik
    Sama halnya dengan Epson L310 dimana printer L360 ini juga memiliki kelebihan hemat akan biaya listriknya. Epson L360 ini beroperasi pada angka 220 – 240 V ditambah tingkat frekuensi 50-60 Hz. Lebih hemat lagi, printer ini hanya menggunakan daya maksimal sebesar 13 watt dalam melakukan scanning, printing serta mengcopy berbagai dokumen. Sementara saat posisi stand by, printer hanya akan menghabiskan daya 3.8 watt.

Kekurangan Epson L360

  • Fitur fotocopy yang terbatas
    Kekurangan Epson L360 adalah fitur fotocopy yang hanya bisa melakukan copy sebanyak 20 lembar. Apakah tidak bisa lebih dari itu? Bisa saja, namun Anda harus melakukan setting lagi di bagian tombol fotocopy untuk setiap 20 lembar.
  • Hanya melakukan scanning kertas ukuran maksimal A4
    Kekurangan printer Epson L360 selanjutnya adalah ia hanya mampu melakukan scanning kertas ukuran maksimal A4. Jadi printer ini tidak bisa scan F4 atau Folio yang notabene merupakan ukuran yang paling banyak digunakan di Indonesia.
  • Tidak dilengkapi fitur wireless printing
    Kekurangan yang terakhir dari Epson L360 lainnya adalah ia tidak dilengkapi fitur wireless printing yang lumrah ada pada printer-printer dari merk lain. Sebenarnya fitur ini sangat penting mengingat banyak aplikasi olah data mobile yang dibekali fitur cetak secara wireless.
KeteranganEpson L310 Epson L360
Tipe ProdukInkjet Printer Inkjet Printer
Ukuran482‎ x 222 x 130 mm 482 x 300 x 145 mm
BeratBerat 2.8 kgBerat 4.4 kg
FungsiFungsi tunggal hanya mencetak sajaFungsi printer, scan dan copy
Konsumsi Daya10 watt dan 2.2 watt saat stand by13 watt dan 3.8 watt saat stand by
HargaRp. 1.725.000 per November 2019Rp. 1.970.000 per November 2019

Tips Membersihkan Printer Dengan Benar

1. Hilangkan debu
Gunakan penyemprot udara untuk menghilangkan debu, penyemprot udara ini bisa Anda beli di toko peralatan kantor atau toko barang umum. Semprot secara rutin dan berkala untuk menghilangkan debu baru agar tidak terjadi penumpukan debu yang akan menyebabkan susahnya pembersihan.

2. Bersihkan interior dengan kain yang Lembut
Untuk membersihkan bagian interior printer, gunakan kain lembut dan alkohol atau Windex.

Atau juga bisa menggunakan larutan cuka atau air dengan takaran sama merupakan solusi pembersih lainnya, untuk alasan keamanan printer jangan menggunakan cairan langsung ke dalam mesin printer, tetapi tuangkan lebih dahulu ke kain.

3. Bersihkan eksterior printer
Sama dengan membersihkan bagian dalam mesin printer, untuk membersihkan bagian luar printer juga menggunakan kain lembut.

4. Lakukan printhead
Ini tidak bisa Anda bersihkan dengan mengusap dengan kain lembut, tetapi menggunakan program yang ada di komputer Anda. 

Pilih Mana: Epson L310 vs L360

Epson L310 Epson L360
Kelebihan- Bentuknya tidak memuat banyak tempat - Hemat akan listrik - Menampung banyak kertas - Gampang dalam pengisian ulang tinta - Hasil cetakan cepat dan baik - Irit daya listrik
Kekurangan- Spare part tidak dapat diganti - Roller printer yang sering bermasalah - Proses instalasi gagal pada beberapa komputer - Fitur fotocopy yang terbatas - Hanya melakukan scanning kertas ukuran maksimal A4 - Tidak dilengkapi fitur wireless printing

Kesimpulan

Kedua printer dari Epson yang sudah dijelaskan di atas yaitu seri L310 dan L360 keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan keduanya juga tergantung dengan kebutuhan saja, namun kami menyarankan Anda memilih L360 karena memiliki banyak fungsi, sedangkan L310 hanya untuk mencetak saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Epson L310 vs L360

VS

Leave a Reply