KesehatanParenting

Pilih Mana: Ever E atau Folavit?

Ingin memiliki anak pastinya sudah menjadi tujuan dan harapan terbesar bagi pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan. Bahkan tidak jarang setelah menikah mereka sudah mulai merencakan program hamil. Ada berbagai cara atau usaha yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri, salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan berkonsultasi dengan dokter. Maupun mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantuk promilnya, salah satu suplemennya yaitu Ever E atau Folavit.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ever E maupun Folavit apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari keduanya? akan kita bahas pada artikel di bawah ini, Yuk langsung saja disimak!

Ever E

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, vitamin yang satu ini juga merupakan salah satu antioksidan kuat yang salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan.

Kedua obat ini dapat diminum kapan saja, boleh dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Suplemen yang satu ini jika dikonsumsi dalam kadar yang berlebih dapat memberikan efek samping seperti mual, muntah, sembelit atau konstipasi, diare, nyeri kepala dan lainnya.

Tak hanya untuk promil, pada kehamilan, vitamin E juga dapat mencegah terjadi keguguran dan menurunkan resiko darah tinggi selama kehamilan. Baca juga Pilih Mana: Ever E atau Nourish Skin?

Dosis Ever E

Ever E diminum 1 kali sehari 1 kapsul. EVER E 250 IU 6 KPS diminum sesudah makan. Tidak ditemukan dosis untuk anak-anak sehingga kemungkinan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. EVER E dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia termasuk ibu hamil dan menyusui.

Ever E tidak memiliki efek samping, namun hindari penggunaan Ever E melebihi dosis yang dianjurkan. 

Kelebihan Ever E

  • Mencegah keguguran
    Dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan organ reproduksi pria dan wanita, Ever E yang mengandung Vitamin E alami juga dapat mencegah terjadinya keguguran pada masa awal kehamilan. Dan tentu saja manfaat Ever E untuk ibu hamil ini aman untuk dikonsumsi dengan dosisnya yang tepat.
  • Bagus untuk ibu hamil
    Ibu yang sedang hamil, juga dapat mengkonsumsi Ever E ini, karena Ever E terbuat dari bahan- bahan alami, tanpa campuran bahan kimia berbahaya. Selain itu, vitamin E juga bagus bagi janin, karena dapat membantu perkembangannya. Akan tetapi, mengkonsumsi suplemen bagi ibu hamil, tetap harus dengan pengawasan dokter, sehingga tidak menggangu masa kehamilan itu sendiri.
  • Mengatasi stress dan depresi
    Kandungan vitamin E alami pada Ever E juga memiliki manfaat yang cukup baik ketika anda merasa stress atau depresi. Hal ini akan menyebabkan kondisi pikiran anda menjadi lebih rileks, dan membuat anda dapat menyelesaikan tugas dan aktivitas anda dengan baik.

Kekurangan Ever E

  • Dapat menyebabkan over dosis vitamin
    Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin E akan berdampak sangat buruk pada tubuh. Ever E adalah salah satu suplemen dengan dosis vitamin E yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi Ever E harus sesuai dosis yang telah di berikan. Dosis tersebut untuk mencegah kita mengalami over dosis vitamin. Over dosis vitamin dapat menyebakan kerusakan organ dalam seperti hati, serta dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Dosisnya cukup tinggi
    Sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik, termasuk mengonsumsi vitamin E secara berlebihan. Konsumsi Ever E secara berlebihan dan tidak sesuai dosis yang disarankan dapat berdampak buruk pada tubuh seperti kerusakan hati dan menimbulkan penyakit jantung. Perlu Anda ketahui, Ever E adalah salah satu vitamin E yang memiliki dosis cukup tinggi.
  • Alergi pada kulit
    Mengonsumsi Natur E dapat menimbulkan alergi, apabila pengonsumsinya tidak cocokan dengan vitamin E. Alergi yang ditimbulkan Natur E sering kali menimbulkan bercak merah-merah dan gatal-gatal pada kulit.

Folavit

Folavit adalah vitamin yang berisi asam folat. Mengonsumsi asam folat sangat disarankan untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan penutupan tuba neural pada bayi yang dapat menyebabkan penyakit seperti spina bifida, anensefali (tidak ada kepala), ataupun ensefalokel (terdapat penonjolan di kepala yang berisi otak dan selaput otak).

Penggunaan asam folat dan vitamin E diperbolehkan selama sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

Namun jika kedepan sudah berhasil hamil, konsultasikan penggunaan semua suplemen dan vitamin tersebut pada dokter kandungan terlebih dahulu.

Perlu diingat juga bahwa faktor yang memengaruhi kesuburan bukan hanya dari konsumsi vitamin saja. Untuk mendapatkan anak, diperlukan sel telur yang sehat dan sperma yang sehat.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lactogen atau Lactogrow?

Dosis Folavit

Folavit tersedia dalam bentuk tablet dan setiap tabletnya mengandung 400 mcg asam folat. Berikut adalah dosis Folavit yang disarankan untuk kondisi tertentu:

  • Dosis Folavit dewasa untuk anemia atau defisiensi asam folat: 400-800 mcg diberikan satu kali sehari.
  • Dosis Folavit untuk program hamil, wanita hamil, dan ibu menyusui: 800 mcg diberikan satu kali sehari.

Tidak ditemukan dosis untuk anak-anak sehingga kemungkinan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kondisi wanita yang sedang program hamil, sedang hamil, dan juga ibu menyusui bisa dikatakan cukup rentan, sehingga lebih baik konsultasikan penggunaan dosis yang lebih pasti pada dokter atau bisa melalui Halodoc.

Dosis di atas bisa berubah sesuai dengan kebutuhan pasien dan harus berdasarkan pertimbangan dokter. Jangan mengganti dosis sendiri tanpa sepengatahuan dokter atau apoteker.

Kelebihan Folavit

  • Mempersiapkan kehamilan
    Kelebihan  Folavit yang pertama yaitu menjadi suplemen untuk mempersiapkan kehamilan. Asam folat tidak hanya baik dikonsumsi oleh wanita yang mempersiapkan kehamilan, tetapi juga baik untuk dikonsumsi oleh pria. Konsumsi Folavit pada pria dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Peningkatan kualitas sperma tidak hanya berkaitan dengan program hamil, melainkan juga untuk menurunkan kemungkinan kelainan sperma yang bisa membuat bayi lahir kurang sempurna.
  • Nutrisi ibu hamil dan menyusui
    Manfaat Folavit selanjutnya adalah sebagai suplemen untuk ibu hamil dan juga menyusui. Asam folat sangat bermanfaat pada proses pembentukan jaringan tubuh bayi. Maka dari itu suplemen ini sangat dibutuhkan terutama pada awal-awal kehamilan untuk mencegah terjadinya cacat bawaan. Sedangkan asam folat untuk ibu menyusui berguna untuk memenuhi asupan vitamin harian.
  • Mengatasi anemia
    Salah satu manfaat asam folat adalah peran pentingnya dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini lah yang membuat Folavit mampu mengatasi anemia. Jenis anemia yang bisa diatasi oleh Folavit adalah anemia megaloblastik atau anemia akibat kelaian pmembentukan DNA sel darah merah dan juga anemia akibat kekurangan nutrisi.

Kekurangan Folavit

  • Dapat menimbulkan gejala alergi
    Dapat menimbulkan gejala alergi kulit gatal atau biduran. Ciri reaksi alergi berat adalah tekanan darah rendah, syok, mual, muntah, ruam kemerahan di kulit, dan sesak napas. Jika terjadi hindari pemakaian dan cek ke dokter segera.
  • Efek samping untuk saluran cerna
    Efek samping untuk saluran cerna seperti perasaan mual, kembung, dan sakit pada abdomen. Ini disebabkan karena tidak ketercocokan pada obat dan segera hentikan penggunaan.
  • Efek samping untuk sistem saraf pusat
    Efek samping untuk sistem saraf pusat seperti insomnia, masalah konsentrasi, tak dapat mengendalikan emosi, gangguan kecemasan, depresi, bingung, dan gangguan nalar, Oleh sebab itu, konsultasikan ke dokter dan sesuaikan dosis yang dibutuhkan.
Ever E Folavit
KategoriVitamin & SuplemenVitamin & Suplemen
KomposisiVitamin E natural 250 IU Folic Acid 400 mcg
Dosis 1 kapsul sehari 400-500 mcg per hari, Defisiensi asam folat : Dosis Awal : 0.25 - 1 mg per hari. Dosis pemeliharaan : 0.25 mg per hari. Untuk ibu hamil dan menyusui : 2 tablet per hari.
Aturan Pakai Di berikan bersama makananSebelum atau sesudah makan
ManufakturKonimexSanbe Farma

Pilih Mana: Ever E atau Folavit?

Ever EFolavit
Kelebihan- Mencegah keguguran - Bagus untuk ibu hamil - Mengatasi stress dan depresi - Mempersiapkan kehamilan - Nutrisi ibu hamil dan menyusui - Mengatasi anemia
Kekurangan- Dapat menyebabkan over dosis vitamin - Dosisnya cukup tinggi - Alergi pada kulit - Dapat menimbulkan gejala alergi - Efek samping untuk saluran cerna - Efek samping untuk sistem saraf pusat

Kesimpulan

Ever E atau Folavit merupakan suplemen maupun vitamin yang menawarkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan dapat menjadi suplemen untuk para pasangan suami istri untuk program hamil. Pastinya, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk penggunaan tujuan khusus seperti ingin program hamil ada baiknya konsulkan terlebih dahulu ke dokter agar dosis yang digunakan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ever E VS Folavit

VS

Leave a Reply