Smartphone

Pilih Mana: Galaxy A6 atau A8?

Samsung merupakan perusahaan asal Korea yang telah terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas. Dua smartphone yang baru-baru ini dirilis oleh Samsung adalah Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A8. Manakah smartphone yang memiliki performa lebih baik? Galaxy A6 atau A8?

Galaxy A6 dan Galaxy A8 merupakan dua smartphone besutan Samsung yang dirilis pada awal 2018. Dua varian Galaxy ini kerap diperbandingkan karena memiliki banyak perbedaan. Perbedaan mengenai smartphone ini dapat Anda simak pada artikel berikut.

Galaxy A6

Galaxy A6 merupakan salah satu produk Samsung yang dirilis pada April 2018. Smartphone ini ditawarkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan pendahulunya Samsung Galaxy A8.

Kelebihan Galaxy A6

Berikut beberapa kelebihan Galaxy A6 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A6 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy A8. Perbedaan harga antara kedua smartphone yang diusung oleh Samsung ini bisa dikatakan cukup besar. Selish harga antara kedua smartphone ini berkisar 1,8 hingga 2 juta rupiah. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penghematan cukup besar jika memilih Samsung Galaxy A6.

  • Dilengkapi Pengaman Ganda

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A6 adalah telah memiliki fitur dengan pengaman ganda sehingga smartphone Anda akan lebih aman. Untuk bisa melindungi data pribadi penggunanya, Smartphone ini telah memiliki pengaman berlapis yakni Face Recognation dan Finger Print Sensor.

  • Tampilan Cukup Menarik

Kelebihan selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah memiliki tampilan yang cukup menarik. Smartphone ini telah menggunakan efek ratio yang mencapai 18,5:9. Selain itu, desain yang dimiliki oleh smartphone ini juga cukup baik.

Kekurangan Galaxy A6

Berikut beberapa kekurangan Galaxy A6 yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Didukung Fast Charging

Salah satu kekurangan Samsung Galaxy A6 adalah belum didukung fast charging. Dengan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, seharusnya Samsung memberikan fitur fast charging sehingga lebih mudah dalam mengisi daya baterai. Namun sayangnya fitur ini belum terdapat pada Samsung Galaxy A6, sedangkan Samsung Galaxy A8 telah memiliki hal ini.

  • Resolusi dan Kerapatan Layar Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki Samsung Galaxy A6 ini adalah memiliki resolusi dan kerapatan layar yang lebih kecil daripada resolusi dan kerapatan layar yang dimiliki Samsung Galaxy A8. Smartphone yang dirilis pada April 2018 ini memiliki resolusi 720 x 1440 pixels dan kerapatan ~287ppi.

  • Hardware Kurang Mumpuni

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A6 adalah hardware yang dimiliki oleh smartphone ini kurang mumpuni atau tidak lebih baik dari Samsung Galaxy A8. Smartphone ini dibekali chipset Exynos 7870, CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali T830MP1. Hardware yang dimiliki ini lebih kecil daripada pendahulunya Samsung Galaxy A8.

Kelebihan Galaxy A6Kekurangan Galaxy A6
- Harga lebih terjangkau- Belum didukung fast charging
- Dilengkapi pengaman ganda- Resolusi dan kerapatan layar lebih kecil
- Tampilan cukup menarik- Hardware kurang mumpuni

Galaxy A8

Samsung Galaxy A8 merupakan salah satu produk yang dirilis pada januari 2018. Smartphone ini dapat memanjakan Anda dengan kamera yang telah memiliki resolusi 16 MP pada kamera belakangnya dan 16 MP & 8 MP pada kamera depannya. Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai Nokia 8 vs Samsung A8.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo Y83 atau Oppo A3S?

Kelebihan Galaxy A8

Berikut beberapa kelebihan Galaxy A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Hardware Lebih Mumpuni

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki hardware yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6. Smartphone ini telah dilengkapi dengan Chipset Exynos 7885, CPU Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali G71. Hardware yang dimiliki oleh Samsung Galxy A8 ini tentunya lebih besar dibandingkan dengan hardware yang dimiliki Samsung Galaxy A6.

  • Telah Didukung Fast Charging

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah telah didukung fitur fast charging. Dengan adanya dukungan ini, Anda tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk bisa mengisi daya baterai terlalu lama. Dengan demikian, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dan cepat.

  • Resolusi dan Kerapatan Layar Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki resolusi dan kerapatan layar yang lebih besar daripada resolusi dan kerapatan layar yang dimiliki Samsung Galaxy A6. Samsung galaxy A8 memiliki resolusi 1080 x 2160 pixels dan kerapatan ~441ppi.

Kekurangan Galaxy A8

Berikut beberapa kekurangan Galaxy A8 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A6. Selisih harga dari kedua smartphone ini cukup besar sehingga Anda perlu mempertimbangkan dengan matang.

  • Kapasitas Baterai Kurang Mumpuni

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah memiliki baterai yang kurang mumpuni. Dengan harga yang cukup mahal, kapasitas baterai yang dimiliki oleh smartphone ini hanya 3.000 mAh.

  • Performa Biasa Saja

Dengan harga yang terbilang cukup mahal, namun performa yang dimiliki oleh smartphone ini bisa dikatakan biasa saja. Banyak brand lain yang menawarkan produk dengan performa sama namun dengan harga yang lebih terjangkau. Samsung Galaxy A8 ini juga tidak memiliki perbedaan yang terlampau jauh dengan Samsung Galaxy A6.

Kelebihan Galaxy A8Kekurangan Galaxy A8
- Hardware lebih mumpuni- Harga lebih mahal
- Telah didukung fast charging- Kapasitas baterai kurang mumpuni
- Resolusi dan kerapatan layar lebih besar- Performa biasa saja

Pilih Mana: Galaxy A6 atau A8?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Galaxy A6 dan Galaxy A8. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Galaxy A6Galaxy A8
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Belum memiliki fitur fast charging- Telah memiliki fitur fast charging
- Hardware kurang mumpuni- Hardware lebih mumpuni

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A8 di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, Anda lebih baik memilih Samsung Galaxy A6 dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, jika Anda memiliki budget yang banyak, Anda bisa memilih Samsung Galaxy A8.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Galaxy A6 vs A8

VS

Leave a Reply