ElektronikHome

Pilih Mana: Genset atau Power Inverter?

Genset atau Power Inverter adalah sebuah alat atau bisa menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan saat akan acara acara penting, atau juga dalam keadaan listrik padam. Maka keduanya menjadi sangat dibutuhkan oleh bagi banyak orang.

Mungkin bagi Anda sudah tahu dengan Genset, bagaimana dengan Power Inverter? Apakah sudah tahu? Atau bahkan Anda belum begitu mengenal mengenai keduanya? Agar lebih jelasnya, kami akan memberikan penjelasan mengenai keduanya.

Selamat membaca artikel kami kali ini guys.

Genset atau Power Inverter

Genset

Genset merupakan akronim dari kata generator set yaitu suatu mesin atau fitur yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menciptakan suatu daya listrik dengan besaran tertentu.  Baca juga Pilih Mana: Tool Kit Nankai atau Kenmaster?

Genset atau generator merupakan mesin yang bisa menghasilkan tenaga listrik dengan cara masukan daya mekanik. Prinsip kerja pada mesin genset sinkron berdasarkan induksi elektromagnetik.

Setelah rotor diputarkan oleh penggerak (prime mover) dengan begitu kutub-kutub yang terdapat pada rotor akan berputar. Jika kumparan kutub disuplai dengan tegangan searah sehingga pada dataran kutub hendak menimbulkan medan magnet (garis-garis gaya magnet).

Medan magnet tersebut berkeliling dengan kecepatan sama dengan putaran kutub. Dengan terdapatnya genset ternyata manusia menjadi sangat terbantu dalam berbagai hal. Dari segi kebutuhan kebutuhan, kelistrikan dan juga kebutuhan memang genset memiliki banyak manfaatnya tersendiri.

Kelebihan Genset

  • Sebagai cadangan energi
    Bencana dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa satu juga yang mengetahuinya seperti bencana alam, tumbuhan tumbang, banjir, kebakaran, tanah longsor dan yang lain bisa membuat arus listrik menjadi terputus. Dengan adanya mesin genset, Anda tetap bisa menggunakan listrik cadangan disaat-saat seperti itu terjadi.
  • Sebagai alternatif saat ada acara
    Ketika Anda mengadakan acara besar seperti pernikahan, press conference, khitanan, atau lainnya yang membutuhkan banyak energi listrik karena akan ada banyak orang juga sebagai pesertanya. Tidak heran jika genset digunakan sebagai alternatif yang digunakan orang-orang ketika sedang mengadakan acara besar.
  • Perawatan yang mudah
    Kelebihan yang lainnya adalah bahwa Genset juga memiliki kelebihan akan memiliki perawatan yang cukup sangat mudah. Untuk itulah jika Anda ingin mencari alternatif untuk cadangan energi maka Genset ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kekurangan Genset

  • Mengeluarkan suara bising
    Kekurangan yang pertama dari Genset adalah bahwa Genset ketika digunakan akan menimbulkan suara bising yang sangat berisik. Hal ini mungkin tidak akan nyaman saat dihidupkan, namun dengan begitu manfaat Genset lebih bagus daripada kekurangan ini lho.
  • Penggunaan bahan bakar cukup banyak
    Kekurangan lainnya dari Genset adalah saat ingin digunakan harus ada bahan bakar yang cukup banyak dibutuhkan. Jika tidak akan berhenti ditengah-tengah saat akan digunakan lho, cukup ribet ya. Pastikan bahan bakar Anda cukup.

Genset atau Power Inverter

  • Kapasitas watt yang cukup tinggi
    Kekurangan yang terakhir mungkin tidak begitu menjadi kendala bagi banyak orang, pasalnya sendiri Genset lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Daya watt yang cukup tinggi mungkin menjadi masalah bagi beberapa banyak orang. Pastikan sebelum membelinya ya.
Jenis-Jenis GensetKeterangan
Mesin Genset GasMesin genset ini menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya, dengan gas sebagai berikut LPG (liquid Petroleum Gas) ,CNG ( Compressed Natural Gas).
Mesin Genset DieselMesin genset ini banyak digunakan secara umum karena sangat mudah menemukan genset ini, mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5 kw (5000 watt) sampai 2 MW (2.000.000 watt).
Mesin Genset BensinMesin genset ini menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki kapasitas maksimal 10 kw (10.000 watt), mesin genset tipe inipun sangat mudah ditemukan karena banyak yang menggunakannya.
Mesin Genset PortabelMesin genset ini banyak digunakan untuk diluar tempat maupun dibawa kemana-mana karena ukuran yang kecil dari genset tipe lain karena bisa dibawa dengan menggunakan mobil bak pick up yang biasanya digunakan untuk menyalakan listrik di lapangan.
Mesin genset TurbinMesin genset ini memiliki kapasitas listrik paling besar dari genset lain karena memiliki kapasitas diatas 2MW (2.000.000 watt), genset ini mampu menyalakan lampu hampir dikota kecil dengan cara menggabungkan beberapa turbin.

Power Inverter

Power inverter, atau inverter, merupakan konverter energi listrik yang mengubah arus searah (DC) menjadi alternating current (AC), AC dapat dikonversi pada tiap tekanan yang dibutuhkan dan frekuensi dengan penggunaan transformator, switching, serta kontrol sirkuit yang pas.

Inverter tidak memproduksi energi listrik sendiri, energi disediakan oleh sumber arus searah (DC). Sesuai dengan pengertian inverter yang melaporkan inverter ini berfungsi untuk mengganti tegangan DC (searah) menjadi tekanan AC (bolak-balik).

Dimana perubahan ini dicoba untuk mengganti kecepatan motor bertegangan AC dengan mengganti frekuensi outputnya saja. Jadi dapat dikatakan inverter ini merupakan fitur yang multifungsi, bahkan tidak hanya diganti melainkan dapat dikembalikan lagi.

Inverter sudah banyak dipakai pada aspek industri. Dimana aplikasi inverter yang telah terpasang akan diproses dengan cara linear yaitu parameter yang dapat diubah-ubah. Inverter juga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk melakukan perputaran yang akurasi. Anda bisa membeli Power Inverter di Ace Hardware.

Kelebihan Power Inverter

  • Sebagai converter daya listrik
    Inverter berfungsi sebagai untuk konverter daya listrik yang mampu mengkonversikan arus searah atau DC (Direct Current) menjadi arus bolak-balik atau AC (Alternating Current), atau juga sebaliknya dengan efektivitas yang sama.
  • Mengatur atau menstabilkan tegangan
    Tidak hanya berfungsi sebagai pengubah arus listrik, rangkaian inverter juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur atau menstabilkan tegangan dari keluaran arus listrik yang dihasilkan. Dalam rangkaian inverter kita bisa melakukan semua kebutuhan pengaturan, mulai dari frekuensi, ampere, torsi, kecepatan dan masih banyak lagi.
  • Perawatan yang cukup simple
    Kelebihan lainnya dari Power Inverter adalah yaitu perawatan yang cukup simple. Dengan begitu hal ini menjadikan kelebihan tersendiri bagi banyak orang yang suka dengan perawatan yang sangat cukup mudah.

Kekurangan Power Inverter

  • Waspada akan kebakaran
    Karena fungsi dari Power Inverter ini mengubah arus searah menjadi alternating current, ada kekurangan akan kebakaran yang terjadi. Karena hal inilah menjadikan kekurangan yang sangat penting diketahui oleh banyak orang.

Genset atau Power Inverter

  • Kapasitas watt yang cukup besar
    Kekurangan lainnya sama halnya dengan Genset yaitu kapasitas watt yang cukup besar. Dengan begitu mencari Power Inverter harus Anda cari pilih menggunakan tips-tips yang ada ya guys.
  • Tidak cukup bagus untuk acara besar
    Beda halnya dengan Genset yang sangat cocok untuk acara besar. Sedangkan untuk Power Inverter tidak cocok dan tidak begitu bagus untuk acara-acara besar guys.
Jenis-Jenis Power InverterKeterangan
True Sine Wave InverterTerutama untuk beban-beban yang masih menggunakan motor atau beban yang berisifat induksi agar bekerja lebih mudah, lancar dan tidak cepat panas.
Modified Sine Wave Inverter Dalam perkembangannya di pasaran juga beredar modified sine wave inverter yang merupakan kombinasi antara square wave dan sine wave.
Square Wave InverterBeban-beban listrik yang menggunakan kumparan atau motor tidak dapat bekerja sama sekali.
Grid Tie InverterYang merupakan special inverter yang biasanya digunakan dalam sistem energi listrik terbarukan, yang mengubah arus listrik DC menjadi AC yang kemudian diumpankan ke jaringan listrik yang sudah ada.

Tips Cara Membeli Genset vs Power Inverter

1. Total daya listrik peralatan rumah tangga.
Kalkulasi terlebih dahulu total daya listrik peralatan yang ada dalam rumah tangga Besarnya total daya listrik dari seluruh peralatan rumah tangga, mungkin tidak semua harus nyala atau dengan kata lain dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan utama saja.

2. Efisiensi Daya yang keluar
Seperti halnya Genset maka Power Inverter memiliki efisiensi/kemurnian daya output yang dihasilkan.

Contoh power inverter yang memiliki efisiensi 90% dengan type 1000 watt, maka daya yang bisa dihasilkan adalah 900 watt, dan jika inverter yang memiliki efisiensi hanya 40% maka hanya bisa dipakai 400 watt saja.

3. Pilih Perawatan Mudah
Dan juga Anda harus memiliki Genset dan juga Power Inverter dengan perawatan yang sangat mudah. Untuk menjadikan sebuah kelebihan tersebut Anda harus memperhatikan sebelum membelinya ya guys.

4. Pemilihan Harga
Harga Genset dan juga Power Inverter ditentukan dari kualitas komponen.

Ada harga ada kualitas, makin mahal makin bagus yang penting standard harga pasar dan bukan murahan.

5. Garansi Service
Seluruh alat listrik berkualitas bergaransi service setidaknya 1 tahun, makin lama Garansi makin baik. Garansi (Purna Jual) service membuktikan penjual bertanggung jawab atas produk-produk yang dijual.

Pilih Mana: Genset atau Power Inverter?

Genset Power Inverter
Kelebihan- Sebagai cadangan energi - Sebagai alternatif saat ada acara - Perawatan yang mudah - Sebagai converter daya listrik - Mengatur atau menstabilkan tegangan - Perawatan yang cukup simple
Kekurangan- Mengeluarkan suara bising - Penggunaan bahan bakar cukup banyak - Kapasitas watt yang cukup tinggi - Waspada akan kebakaran - Kapasitas watt yang cukup besar - Tidak cukup bagus untuk acara besar

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai Genset dan Power Inverter mungkin sudah pasti Anda bisa menyimpulkannya. Bahwa, Power Inverter akan lebih cocok menjadi alat alternatif saat dibutuhkan dalam kegiatan rumah sehari-hari saja. Namun untuk Genset akan sangat bagus untuk dibutuhkan dalam kegiatan rumah misalnya listrik pada, dan acara besar lainnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Genset vs Power Inverter

VS

Leave a Reply