Home

Pilih Mana: Genset Honda vs Genset Yamaha

Genset merupakan suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu daya listrik dengan besaran tertentu. Prinsip kerja generator, yakni mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik.

Genset sendiri memiliki banyak varian yang beredar di pasaran, salah duanya seperti Genset Honda dan Genset Yamaha yang memiliki kualitas dan daya tahan mesin yang canggih.

Pada artikel kali ini, Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai Genset Honda dan Genset Yamaha yang bisa kamu jadikan acuan dan perbandingan dalam memilih genset andalan bangunan kamu sehari-hari. Stay tune ya guys!

Genset Honda vs Genset Yamaha

Genset Honda

Honda merupakan brand terkenal milik jepang dengan mempunyai kepercayaan yang penuh dari para pengguna yang sudah banyak menjadi pelanggan tetap. Selain beberapa produksi yang sudah merajai pasar dunia, Honda juga menghasilkan mesin genset dengan kualitas yang sesuai dengan standar kualifikasi internasional.

Pada tahun 1965 perusahaan honda membuat sebuah mesin genset dengan nama Generator Portabel E300, dengan bentuknya yang mini dan dapat dibawa kemana saja dengan diangkat oleh tangan menjadi banyak digemari oleh seluruh dunia karena keunggulannya.

Sampai saat ini Honda menemani hari-hari pemakainya dikala padamnya listrik dengan genset-genset berkualitas tinggi dengan jenis yang bervariasi yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Baca juga Pilih Mana: Genset atau Power Inverter?

Kelebihan Genset Honda

  • Kualitas mesin yang sudah diakui dan bersertifikat
    Mesin genset dari hasil produksi honda melalui lolos dalam tahap tes standar internasional dan bersertifikat, jangan berpikir kalau saat suatu perusahaan menciptakan sesuatu tidak mesti melalui proses hal yang rumit.
  • Memiliki banyak varian
    Honda juga sudah menghasilkan banyak mesin genset dengan tipe yang beragam opsi, perusahaan besar milik jepang tersebut sudah jual genset honda silent sebanyak jutaan unit yang disebar di seluruh belahan dunia.
  • Daya pakai yang cukup lama
    Genset ini bisa beroperasi antara 3,8-8,3 jam pada satu kali pengisian bahan bakar, tergantung pada bebannya. Memakai teknologi canggih 4 langkah dan menghasilkan daya yang cukup efisiensi yang lebih bagus.

Kekurangan Genset Honda

  • Memiliki harga yang mahal
    Karena Honda adalah merk raksasa yang cukup menguasai pangsa pasar dunia, maka tak heran bila banyak barang produksi Honda memiliki harga yang mahal, tidak terkecuali gensetnya.
  • Kerap tidak berfungsi
    Beberapa pemakainya menyebutkan bahwa genset dari Honda juga tidak semerta-merta sesuai dengan harga dan nama besar yang dibawa oleh perusahaan asal Jepang ini. Mereka kerap mengeluhkan genset yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya padahal hanya memakai untuk kebutuhan rumah sendiri tidak untuk industri.
  • Service center yang masih sedikit di Indonesia
    Jika genset Honda kamu mengalami kendala, maka tentu harus diservice. Hal inilah yang menjadi kelemahan tersendiri bagi pemilik genset Honda, karena service center yang masih sedikit tersebar di Indonesia.

Genset Honda vs Genset Yamaha

Rekomendasi Genset Honda

1. Honda ET 1200 K1
Genset merk ini bersifat open mode atau menimbulkan suara. Umumnya dipakai untuk di luar ruangan, pabrik, gedung dan acara-acara tertentu. Bensin yang dipakai juga lebih dari 86 bersifat oktan. Bensin yang bersifat oktan besar maka makin bagus kandungan bensin itu sebagai bahan bakar.

2. Honda ER 2500 CX
Genset ini sangat laris dipasaran, sebab genset ini termasuk ekonomis dan mempunyai kualitas yang cukup oke. Genset ini bersifat open mode, dengan memakai mesin 4 tak. Daya output yang dikeluarkan yaitu sebesar rata-rata 1600 Watt dan maksimum 2000 Watt. Sehingga, genset ini cocok dipakai untuk kebutuhan rumah tangga saja ketika terjadi pemadaman listrik.

3. Honda EG 6500 CXS
Genset ini merupakan genset dengan harga yang standar dengan kapasitas daya rata-rata sebesar 4000 Watt dan maksimal mencapai 5000 Watt. Genset ini bersifat open mode dan menggunakan mesin 4 Tak. Genset ini cukup disenangi para konsumen karena sudah mempunyai 2 sistem starter yaitu manual starter dan elektrik starter.

Rekomendasi Genset HondaHarga per Desember 2019
Honda ET 1200 K1Rp 57.000.000,-
Honda ER 2500 CXRp 7.127.000,-
Honda EG 6500 CXSRp 23.000.000,-

Genset Yamaha

Sama seperti Honda, Yamaha sendiri juga merupakan perusahaan Jepang yang mencakup banyak sektor seperti elektronik, musik, motor dan lain sebagainya. Perusahaan ini dibuat oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki Co., Ltd. (日本楽器製造株式会社) di Hamamatsu, prefektur Shizuoka.

Selain beberapa sektor yang sudah disebutkan diatas, Yamaha juga memiliki genset yang cukup diandalkan oleh beberapa masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis sehingga tak heran bila genset dari Yamaha laku dipasaran.

Lihat juga:  Pilih Mana: Comotomo atau Pigeon?

Genset Honda vs Genset Yamaha

Cara menggunakan genset Yamaha sendiri juga cukup mudah dan perawatan yang diperlukan juga tidak terlalu menguras tenaga. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menggunakan genset dari Yamaha ini untuk kebutuhan bangunan kamu.

Kelebihan Genset Yamaha

  • Irit bahan bakar
    Genset dari Yamaha sendiri dikenal irit bahan bakar, dengan begitu pastinya mengurangi pengeluaran kamu untuk membeli bensin. Maka dari itu tak heran bila genset ini dipakai oleh kebanyakan orang di Indonesia.
  • Harga lebih murah
    Jika dibandingkan dengan Honda, harga yang ditawarkan oleh Yamaha sendiri cenderung lebih murah dan bersahabat. Namun hal ini bukan berarti kualitas yang dimiliki oleh Yamaha tidak sebanding dengan para kompetitornya ya guys, terutama Honda.
  • Kualitas mesin yang baik
    Seperti yang sudah disebutkan diatas barusan, meski memiliki harga yang lebih ekonomis namun kualitas yang dimiliki oleh genset Yamaha cukup baik untuk bisa membuat kamu menikmati elektronik di rumah meski listrik sedang padam.

Kekurangan Genset Yamaha

  • Varian lebih sedikit
    Varian dari Genset Yamaha cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan Honda yang memiliki banyak varian. Hal ini tentu menyulit calon pembeli yang ingin memiliki genset sesuai dengan seleranya masing-masing.
  • Menimbulkan suara yang cukup bising
    Sebagian besar genset produksi Yamaha memiliki suara yang cukup bising jika sudah dioperasikan. Hal ini tentu cukup mengganggu telinga pemilik rumah dan para tetangganya.
  • Service center masih sedikit
    Sama halnya dengan genset dari Honda bahwa service center resmi dari Yamaha sendiri nyatanya juga masih sedikit tersebar di Indonesia. Namun jangan khawatir karena saat ini juga sudah banyak kok orang yang ahli dalam membetulkan genset jika sedang mengalami kendala.

Rekomendasi Genset Yamaha

1. Yamaha Inverter EF 1000 iS SILENT
Apabila kamu sering terganggu dengan suara genset, produk ini cocok untuk kamu. Mempunyai tingkat kebisingan yang rendah dan hemat bahan bakar, produk ini mempunyai kualitas listrik yang amat baik. Bentuknya yang ringkas dan unik juga gampang dibawa kemana saja. Teknologi pada produk ini cocok dipakai pada produk elektronik yang sensitif terhadap perubahan tegangan.

2. Yamaha ET 1
Genset ini merupakan genset yang memiliki suara yang tidak berisik, ringan dan bahkan dapat terbilang genset yang cukup irit bahan bakar. Keunggulan genset Yamaha ET 1 2 tak ini dikenal karena perawatannya yang mudah, bahan bakarnya menggunakan bensin campur oli. Untuk pengoperasionalan genset ini menggunakan manual recoil starter.

3. Yamaha EF 2600 FW
Yamaha EF 2600 FW merupakan Genset Yamaha yang dilengkapi dengan teknologi FW (Future Wave), bisa meminimalisir distorsi gelombang listrik dari 22% menjadi cuma sekitar 6.2%, sehingga listrik yang dihasilkan jauh lebih stabil. Memakai mesin 4 Tak, sanggup mengeluarkan daya output 2000 Watt dan daya maksimum 2300 Watt.

Rekomendasi Genset YamahaHarga per Desember 2019
Yamaha Inverter EF 1000 iS SILENTRp 16.500.000,-
Yamaha ET 1Rp 2.700.000,-
Yamaha EF 2600 FWRp 7.450.000,-

Pilih Mana: Genset Honda vs Genset Yamaha

Genset HondaGenset Yamaha
Kelebihan- Kualitas mesin yang sudah diakui dan bersertifikat - Memiliki banyak varian - Daya pakai yang cukup lama - Irit bahan bakar - Harga lebih murah - Kualitas mesin yang baik
Kekurangan- Memiliki harga yang mahal - Kerap tidak berfungsi - Service center yang masih sedikit di Indonesia - Varian lebih sedikit - Menimbulkan suara yang cukup bising - Service center masih sedikit

Kesimpulan

Setelah membahas Genset Honda dan Genset Yamaha tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua genset ini memiliki kualitas dan varian yang cukup banyak. Kamu bisa mendapatkan genset andalan kamu di toko-toko peralatan rumah atau toko online juga sudah banyak yang memiliki. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Genset Honda vs Genset Yamaha

VS

Leave a Reply