Pilih Mana: Genteng Metal atau Genteng Keramik?

Dalam membangun atau merenovasi rumah, pemilihan genteng menjadi salah satu keputusan krusial yang dapat mempengaruhi tampilan dan kualitas bangunan secara keseluruhan.

Dua opsi yang umum digunakan adalah genteng metal dan genteng keramik, keduanya memiliki karakteristik unik dan keunggulan masing-masing. Pemilihan antara genteng metal atau genteng keramik seringkali menjadi dilema bagi pemilik rumah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang perbandingan antara genteng metal dan genteng keramik, membantu kalian untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Genteng Metal

Genteng metal pasir adalah jenis atap rumah yang terbuat dari bahan metal atau logam. Berbeda dengan genteng metal lain yang memiliki tekstur halus, genteng ini memiliki ciri khas tersendiri. Sesuai dengan namanya, genteng metal pasir ini menampilkan tekstur yang ketika disentuh, akan memberikan kesan seperti memegang pasir. Inilah yang menjadi alasan penamaan genteng metal pasir.

Genteng metal pasir buatan Aplus dilapisi dengan lapisan alumunium zinc yang memiliki kandungan sebanyak 55% alumunium. Selain itu, genteng ini memiliki bobot yang ringan, memudahkan dalam proses pemasangan dan mempermudah mobilisasi. Keunggulan ini membuat penggunaan genteng metal pasir menjadi pilihan yang efisien dalam membangun atap rumah.

Kelebihan Genteng Metal

Bobot yang Ringan

Atap rumah yang terbuat dari bahan dasar metal sangat sesuai untuk digunakan di daerah-daerah yang rentan terhadap gempa. Kenapa? Karena atap metal memiliki risiko patah yang lebih rendah jika dibandingkan dengan atap beton dan keramik.

Selain itu, genteng metal memiliki berat yang ringan. Ketika terjadi gempa yang memiliki potensi merusak bangunan, atap metal tidak segera patah dan jatuh menimpa penghuni rumah. Sebaliknya, atap metal masih dapat ditahan dengan plafon karena bobotnya yang ringan.

Anti Karat

Keunggulan kedua dari genteng metal berpasir ini adalah sifatnya yang anti karat. Terkadang, bahan metal dapat menimbulkan kekhawatiran bagi calon pengguna, khususnya terkait dengan potensi karat.

Hal ini menjadi perhatian utama, terutama jika bahan tersebut akan digunakan di luar ruangan, di mana akan terpapar langsung oleh perubahan cuaca. Dengan genteng metal berpasir, kekhawatiran terhadap masalah tersebut dapat diminimalkan.

Proses pewarnaan menggunakan oven memberikan dampak positif pada ketahanan genteng ini. Warna yang diaplikasikan pada atap menjadi lebih tahan lama dan mampu menjadikan genteng ini lebih tahan terhadap risiko karat. Selain itu, genteng metal berpasir juga dilapisi dengan lapisan antikarat, menambah keandalan material ini dalam menghadapi tantangan lingkungan.

Pemasangan yang Mudah

Atap metal pasir memiliki kelebihan ketiga, yaitu kemudahan dalam pemasangannya. Dengan lebar atap mencapai 80 cm dan ketebalan berkisar antara 0,20 mm hingga 0,35 mm, pemasangan atap ini menjadi cepat karena dapat menutup area yang lebih luas.

Ketebalan atap yang tidak terlalu besar membuatnya ringan untuk mobilisasi, sehingga memudahkan proses pemasangan rangka atap. Selain itu, prosedur pemasangannya juga simpel dan tidak memerlukan kerumitan yang berlebihan.

Dapat Meredam Suara

Keunggulan keempat dari genteng metal pasir ini adalah kemampuannya dalam meredam suara. Saat hujan turun, suara air yang jatuh ke atap rumah dapat menjadi mengganggu, terutama jika kita tidak memilih dengan cermat jenis atap yang digunakan.

Penggunaan atap rumah yang terbuat dari bahan metal berpasir dapat efektif mengurangi kebisingan tersebut. Tidak lagi terganggu oleh suara gemericik hujan yang bising, melainkan dapat menikmati suara tersebut sebagai pembawa tidur yang tenang atau sebagai elemen yang menenangkan.

Kekurangan Genteng Metal

Tidak Tahan Terhadap Tekanan yang Berat

Kelemahan utama dari genteng metal pasir terletak pada ketidakmampuannya menahan tekanan. Kendala yang umum terjadi pada bahan metal adalah rentan terhadap penyok saat menerima tekanan berat. Bagian yang mengalami penyok tersebut sulit untuk dikembalikan ke bentuk semula, dan upaya pelurusan dapat menimbulkan risiko patah dan membentuk lubang.

Tidak Mampu Meredam Panas

Dalam pembahasan mengenai keunggulan, genteng metal pasir menonjol karena kemampuannya dalam meredam suara. Namun, jenis genteng ini memiliki keterbatasan dalam menahan panas.

Pada kondisi cuaca panas, genteng metal pasir dapat memungkinkan hawa panas masuk ke dalam ruangan. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa solusi dapat diterapkan, seperti menggunakan AC atau kipas angin.

Genteng Keramik

Genteng keramik adalah jenis genteng yang terbuat dari bahan dasar keramik atau tanah liat yang diproses dan dibakar pada suhu tinggi. Genteng ini umumnya digunakan sebagai penutup atap pada bangunan, baik rumah tinggal maupun bangunan komersial.

Keunggulan genteng keramik meliputi daya tahan terhadap cuaca ekstrem, tahan terhadap serangan rayap, dan umumnya memiliki umur pakai yang cukup lama. Selain itu, genteng keramik juga dikenal memiliki estetika yang menarik, dengan berbagai pilihan warna dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan desain arsitektur bangunan.

Pemilihan genteng keramik seringkali dipilih untuk memberikan perlindungan maksimal dan penampilan yang estetis pada atap suatu bangunan.

Kelebihan Genteng Keramik

Memiliki Umur Pakai yang Panjang

Tak dapat disangkal, genteng yang melalui proses pembakaran pada suhu tinggi ini menunjukkan daya tahan yang sangat unggul. Penggunaan kombinasi bahan seperti tanah liat, cat, dan keramik sebagai lapisan atas mampu meningkatkan ketahanan genteng ini hingga beberapa puluh tahun.

Tidak hanya itu, warna genteng keramik juga tetap awet karena tahan terhadap lumut yang mungkin tumbuh saat musim hujan, serta memiliki kemampuan memantulkan sinar matahari saat cuaca sedang cerah.

Perawatan Mudah

Pemanfaatan bahan alami pada genteng keramik membuatnya memerlukan perawatan yang minimal. Genteng ini tahan terhadap lubang, pembusukan, dan lumut karena pengaruh cuaca. Oleh karena itu, genteng keramik menjadi pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang menginginkan atap yang dapat diandalkan dan membutuhkan perawatan yang ringan.

Tahan Api

Kelebihan berikutnya dari genteng keramik adalah sifat tahan api pada materialnya. Genteng ini memiliki ketahanan terhadap api karena menggunakan bahan baku tanah liat yang dipanaskan pada suhu tinggi. Dengan keunggulan ini, genteng keramik dapat secara efektif mengurangi risiko kerusakan rumah dalam situasi kebakaran yang mungkin disebabkan oleh arus pendek atau kelalaian.

Tahan Dalam Segala Kondisi Cuaca

Ketika merancang rumah, daya tahan terhadap serangan cuaca menjadi pertimbangan utama. Untungnya, genteng keramik menjadi pilihan yang andal untuk berbagai kondisi cuaca di Indonesia. Pada musim hujan, genteng ini tidak menghasilkan suara bising seperti atap galvalum atau genteng metal.

Kelebihannya terletak pada lapisan cat dan keramik yang licin, memungkinkan air cepat mengalir dan mencegah kelembaban. Selain itu, dengan bobot mencapai 3 kilogram per lembar, genteng ini memberikan stabilitas yang baik pada struktur atap, membuatnya tahan terhadap angin kencang. Dengan genteng keramik, bangunan atap tinggi tetap stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh angin.

Tidak Menghantarkan Panas

Terdapat dua keunggulan dari sifat genteng keramik yang tidak menghantarkan panas. Pertama, pada saat cuaca sangat panas, genteng keramik mampu mencegah suhu ruangan di dalam rumah meningkat dengan cepat, menjaga kenyamanan. Kedua, ketika cuaca dingin, genteng keramik dapat mempertahankan suhu di dalam rumah agar tetap hangat.

Kekurangan Genteng Keramik

Memiliki Bobot yang Berat

Salah satu kelemahan dari genteng keramik adalah beratnya yang cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan genteng biasa yang terbuat dari tanah liat, sebuah genteng keramik dengan ukuran sekitar 31 cm x 32 cm dapat mencapai bobot sekitar 3 kilogram.

Untuk menjaga agar beban genteng keramik dapat ditahan secara optimal, perlu dilakukan penyesuaian pada konstruksi struktur atap sebelum proses pemasangan. Hal ini berarti biaya yang diperlukan juga akan meningkat, membuatnya menjadi investasi yang lebih mahal.

Kurang Cocok untuk Desain Rumah Minimalis

Meskipun genteng keramik memiliki sejumlah kelebihan, namun sayangnya, genteng ini kurang sesuai dengan desain rumah minimalis yang tengah populer. Hal ini disebabkan oleh tampilan genteng keramik yang cenderung mengarah ke gaya tradisional atau vintage, ditandai dengan aksen melengkung dan corak yang mengkilap yang umumnya terlihat pada rumah zaman dahulu.

Perbandingan Genteng Metal dan Genteng Keramik

Genteng MetalGenteng Keramik
Kelebihan- Bobot yang Ringan
- Anti Karat
- Pemasangan yang Mudah
- Dapat Meredam Suara
- Memiliki Umur Pakai yang Panjang
- Perawatan Mudah
- Tahan Api
- Tahan Dalam Segala Kondisi Cuaca
- Tidak Menghantarkan Panas
Kekurangan- Tidak Tahan Terhadap Tekanan yang Berat
- Tidak Mampu Meredam Panas
- Memiliki Bobot yang Berat
- Kurang Cocok untuk Desain Rumah Minimalis
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan keduanya, pengguna dapat membuat keputusan yang bijak sesuai dengan kondisi dan keinginan spesifik, sehingga memastikan atap rumah memberikan perlindungan optimal dan meningkatkan nilai estetika bangunan secara keseluruhan. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Genteng Metal atau Genteng Keramik?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!