Pilih Mana: Gitar Akustik Ibanez atau Yamaha?

Bermain gitar merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, terlebih jika memainkannya dengan orang-orang terdekat seperti teman, keluarga bahkan orang terkasih sekalipun. Gitar sendiri memiliki 2 jenis yaitu akustik dan elektrik, namun kali ini Selera.id akan membahas mengenai gitar akustik.

Produsen alat musik sendiri saat ini selalu menghasilkan produk yang memiliki kualitas serta performa suara yang sangat indah. Salah satunya seperti Gitar Akustik Ibanez dan Gitar Akustik Yamaha yang bisa kamu temukan di toko-toko musik terdekat kota kamu.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai Gitar Akustik Ibanez dan Gitar Akustik Yamaha, sehingga bisa kamu jadikan referensi dalam memilih gitar kesayangan kamu. Disini aja ya!

Gitar Akustik Ibanez

Ibanez merupakan merk gitar yang dimiliki oleh Hoshino Gakki dan berbasis di Nagoya, Aichi, Jepang. Hoshino Gakki merupakan salah satu perusahaan alat musik Jepang awal buat memperoleh pijakan yang signifikan di Amerika Serikat dan Eropa.

The Hoshino Gakki mulai tahun 1908 sebagai divisi penjualan alat musik dari Hoshino Shoten, suatu perusahaan toko buku. Dan aktivitas ini terus berlanjut sampai tahun 1929, Hoshino Gakki mulai mengimpor Salvador Ibáñez gitar dari Spanyol.

Ketika “Salvador Ibáñez” Lokakarya ini hancur selama Perang Saudara Spanyol, gitar “Salvador Ibáñez” tidak lagi tersedia, jadi Hoshino Gakki membeli “Ibanez Salvador” nama merk hak serta mulai membuat gitar akustik Spanyol pada tahun 1935, pada awalnya memakai “The Ibanez Salvador”, dan kemudian memakai “Ibanez”

Gitar Ibanez sendiri tentunya memiliki versi elektrik, akustik dan akustik elektrik. Kualitas suara yang dihasilkan dari gitar-gitar dari Ibanez sendiri tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi, hal ini bisa dilihat dari beberapa gitaris dunia yang memakai gitar ini untuk show nya seperti Steve Vai, Herman Li, Joe Satriani dan lain sebagainya.

Kelebihan Gitar Akustik Ibanez

Kualitas suara yang baik

Kualitas suara yang dihasilkan oleh Ibanez sangat bersih dan nyaman didengarkan. Hal ini tentunya karena pembuatan gitar Ibanez yang sangat detail dan teliti sehingga menciptakan suara yang sangat baik. Gitar ini juga cocok untuk pemula yang baru saja belajar bermain gitar.

Material yang digunakan bagus

Material untuk membuat gitar tentunya salah satu faktor yang harus diperhatikan. Material yang digunakan oleh gitar Ibanez memakai kayu-kayu dengan kualitas yang sangat baik seperti mahoni dan lain sebagainya. 

Memiliki banyak varian

Tidak usah ditanya lagi mengenai varian yang ditawarkan oleh Ibanez, terlebih untuk seri akustiknya, karena sangat banyak sekali varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Kekurangan Gitar Akustik Ibanez

Harga cukup tinggi

Harga yang ditawarkan oleh Ibanez untuk setiap seri akustiknya tentu memiliki harga yang cukup tinggi. Namun tentunya ini sesuai dengan fitur serta performa gitar yang dimiliki oleh Ibanez.

Tidak bisa ditemukan di sembarang toko 

Jika kamu mencari gitar-gitar yang biasa dijual di toko olahraga, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan gitar Ibanez. Karena gitar ini biasa dijual di toko-toko khusus peralatan musik.

Resiko barang palsu

Saat ini sudah sangat banyak sekali gitar Ibanez yang memiliki kualitas kurang baik dengan harga yang dijual lebih murah. Hal ini sudah pasti palsu, maka dari itu kamu harus teliti dalam memilih gitar ini dan direkomendasikan untuk membeli gitar Ibanez hanya di toko-toko musik terpercaya di sekitar kota kamu.

Rekomendasi Gitar Akustik Ibanez

Ibanez AEG15II LG

Gitar satu ini mempunyai ketebalan lebih ramping dari gitar standar biasa sehingga menghasilkan suara akustik yang seimbang baik dengan atau tanpa amplifier. Bila kamu ingin menikmati keindahan suara gitar akustik dalam volume besar bahkan saat kamu tidak memakai amplifier, produk ini solusinya.

Ibanez AEG8TNE

Gitar akustik terbaru keluaran Ibanez yang didesain dengan bodi yang minimalis dengan single cutaway ini dibuat dari bahan mahoni untuk bodinya serta cemara untuk bagian atasnya. Dilengkapi sonicore pickup dan Ibanez preamps dengan onboard tuners bisa menghasilkan suara yang jernih di ruangan apapun. Cocok banget untuk kamu yang suka nge-band.

Gitar Akustik Yamaha

Yamaha Corporation(ヤマハ株式会社) merupakan suatu perusahaan yang berasal dari Jepang. Penjualan termasuk sepeda motor (Yamaha Motor Company), instrumen musik, sirkuit terpadu, serta elektronik rumah tangga. 

Perusahaan ini dibuat oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki Co., Ltd.(日本楽器製造株式会社) di Hamamatsu, prefektur Shizuoka. Yamaha mengambil alih Korg pada 1989 dan Steinberg pada 2004.

Seperti yang kita tahu, bahwa Yamaha sendiri ternyata tidak sedikit merilis peralatan musik yang memiliki kualitas baik. Contohnya seperti gitar, bass, drum dan lain sebagainya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai gitar akustik dari Yamaha ini.

Gitar akustik Yamaha sendiri paling banyak dijual di pasaran, namun kami merekomendasikan untuk membelinya di toko-toko musik yang terpercaya karena sudah pasti barang yang dijualnya original dan tidak palsu.

Gitar akustik Yamaha sendiri memiliki beberapa seri yang sangat banyak dan menghasilkan suara yang lantang dan indah. Untuk itu tak heran bila saat ini sudah banyak sekali orang memiliki gitar akustik dari Yamaha ini.

Kelebihan Gitar Akustik Yamaha

Memiliki banyak seri

Sama halnya dengan gitar akustik Ibanez, Yamaha juga memiliki banyak seri yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Bahkan freed yang tersedia pun banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan tangan agar tidak terlalu kebesaran untuk jari-jari bermain gitar.

Kualitas suara yang baik

Yamaha sendiri tidak pernah main-main dengan seluruh produknya, salah satunya seperti gitar akustik buatannya. Kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar ini nyatanya bagus dan enak didengar. Gitar akustik Yamaha juga sesuai untuk kamu baru belajar bermain gitar.

Harga murah

Harga yang ditawarkan oleh Yamaha untuk setiap varian gitar akustiknya cukup murah sehingga tak heran banyak orang yang menyukai gitar ini. Karena selain memiliki kualitas suara yang baik, harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis.

Kekurangan Gitar Akustik Yamaha

Resiko barang palsu

Sama halnya dengan Ibanez, Yamaha pun saat ini banyak beredar versi palsunya. Untuk itu kamu harus senantiasa teliti dan cermat dalam memilih gitar akustik Yamaha kamu.

Fitur akustik elektrik kurang baik

Yamaha juga tentunya memiliki varian akustik elektrik yang baik. Namun fitur-fitur seperti volume, gain dan beberapa lainnya dirasa kurang bagus jika dibandingkan dengan Ibanez. Namun jangan khawatir karena suara yang dihasilkan jika disambungkan ke dalam speaker senantiasa bagus kok guys.

Menimbulkan goresan yang jelas ketika tergores sedikit

Material yang digunakan oleh Yamaha nyatanya cukup baik namun jika tergores sedikit saja, maka gitar Yamaha akan boncel dan tidak sedap dipandang. Untuk itu senantiasa rawat dan pelihara dengan baik gitar kamu ya guys.

Rekomendasi Gitar Akustik Yamaha

Yamaha JR1 Acoustic Guitar

Untuk kamu yang ingin mempunyai gitar yang bisa dengan mudah dibawa kemanapun ketika berpergian, Yamaha JR1 Acoustic Guitar ini bisa jadi opsi kamu. Seri varian dari Yamaha ini adalah bentuk kecil dari seri FG. Meski mempunyai konsep bodi yang berukuran lebih kecil, namun gitar ini tetap mempunyai playability yang bagus, suara yang keras, dan daya tahan yang mumpuni.

Yamaha F310 Acoustic Guitar

Ingin mempunyai gitar dengan harga yang murah buat dimainkan saat nongkrong bersama teman-teman? F310 bisa jadi opsi yang cocok untuk kamu. Dengan mengusung lebar fingerboard yang lebih sempit dibandingkan gitar pada umumnya, gitar ini bisa menguntungkan untuk kamu yang mempunyai jari yang pendek sehingga tidak mengalami kesulitan dalam menjangkau senar gitar.

Perbandingan Gitar Akustik Ibanez dan Yamaha

Gitar Akustik IbanezGitar Akustik Yamaha
Kelebihan- Kualitas suara yang baik
- Material yang digunakan bagus
- Memiliki banyak varian
- Memiliki banyak seri
- Kualitas suara yang baik
- Harga murah
Kekurangan- Harga cukup tinggi
- Tidak bisa ditemukan di sembarang toko 
- Resiko barang palsu
- Resiko barang palsu
- Fitur akustik elektrik kurang baik
- Menimbulkan goresan yang jelas ketika tergores sedikit
Beli online

Kesimpulan

Gitar Akustik Ibanez dan Gitar Akustik Yamaha sudah pasti memiliki suara yang sangat indah dan menawan, terlebih jika kamu jago dalam memainkannya. Lalu yang mana pilihan kamu? Tidak perlu khawatir salah pilih karena Ibanez dan Yamaha sama-sama memiliki gitar akustik dengan kualitas yang baik. Tentukan pilihan gitar akustik kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Anda Pilih Gitar Akustik Ibanez atau Yamaha?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!