Pilih Mana: Google Meet Atau Zoom?

Di era zaman yang digital sekarang, telah banyak aplikasi yang memudahkan hidup kita. Mulai dari mudahnya berbelanja, hingga memudahkan kita dalam hal pekerjaan, salah satunya aplikasi meeting. Aplikasi meeting adalah sebuah perangkat lunak atau software yang dirancang untuk memungkinkan pertemuan, rapat, atau konferensi yang dilakukan secara virtual melalui internet.

Aplikasi ini memungkinkan para peserta dari lokasi yang berbeda untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam waktu nyata melalui audio, video, dan fitur kolaborasi lainnya. Aplikasi meeting biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti video conference, audio conference, chat, berbagi layar, whiteboard digital, dan kemampuan untuk berbagi berkas.

Fitur-fitur ini memungkinkan peserta rapat untuk berkomunikasi, berdiskusi, serta berkolaborasi dalam sebuah forum virtual yang mirip dengan suasana pertemuan fisik. Aplikasi meeting sangat berguna bagi berbagai kelompok dan organisasi, termasuk perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, dan kelompok-kelompok proyek. Dengan menggunakan aplikasi meeting, mereka dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan, memungkinkan kolaborasi tim yang efisien, dan memfasilitasi komunikasi yang efektif antara anggota tim yang berada di berbagai lokasi geografis.

Beberapa contoh populer dari aplikasi meeting adalah Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Skype, dan Webex. Aplikasi- aplikasi ini telah menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan kerja jarak jauh dan kolaborasi lintas batas geografis di era globalisasi ini.

Di artikel ini kami akan membahas dua aplikasi meeting yang populer di dunia. Yaitu, Google Meet dan Zoom, berikut pembahasan serta kelebihan dan kekurangan dari dua aplikasi tersebut.

Google Meet

Google Meet adalah platform konferensi video yang dikembangkan oleh Google yang menyaingi layanan dan aplikasi telepon video seperti Zoom dan Microsoft Teams . Diluncurkan sebagai aplikasi khusus undangan pada Februari 2017 dan secara resmi diluncurkan ke publik pada Maret 2017, basis penggunanya telah meningkat lebih dari 30 kali lipat pada tahun 2020 karena pandemi global COVID-19 yang memaksa individu dan organisasi untuk menggunakan alat komunikasi digital dan platform untuk bekerja jarak jauh.

Kelebihan Google Meet

Berikut beberapa kelebihan dari Google Meet yang perlu Anda ketahui:

Fitur Kolaborasi

Kita hidup di masa ketika interaksi tatap muka dibatasi untuk tujuan keamanan. Jadi, satu-satunya pilihan yang kita miliki untuk menyelesaikan pekerjaan dan tetap berhubungan dengan orang yang kita cintai adalah teknologi. Google Meet adalah salah satu teknologi yang mempromosikan kerja sama serta menawarkan berbagai fitur seperti papan tulis digital, laporan kehadiran, ruang breakout, dan polling. Papan tulis digital disebut Google Jamboard dan digunakan untuk menyelenggarakan sesi curah pendapat kolaboratif. Fitur-fitur ini meningkatkan interaksi antar peserta. Dengan cara ini, pembelajaran kreatif dipromosikan, memberi peserta platform untuk menjadi lebih produktif.

Ramah Pengguna

Google dikenal dengan desainnya yang ramah pengguna, menyiratkan bahwa Google Meet cukup mudah digunakan. Jika Anda ingin bergabung dengan rapat, Anda cukup mengklik tautan yang dibagikan dengan Anda. Kemudian, Anda akan diarahkan ke aplikasi atau browser web. Demikian pula, jika Anda ingin mengadakan rapat, Anda hanya perlu meluncurkan Google Meet, membuat tautan, dan membagikannya dengan peserta melalui media pilihan Anda.

Dua media tersebut adalah email dan aplikasi perpesanan. Selain itu, Google Meet juga menyediakan fitur membuat acara di Kalender Google, di mana undangan dikirim ke kontak. Singkatnya, antarmuka pengguna yang sederhana dan fitur yang mudah digunakan membuat penghalang masuknya rendah.

Fitur Screen Sharing

Seperti teknologi konferensi video utama lainnya, Google Meet menawarkan fitur screen sharing atau berbagi layar. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengklik opsi ‘Presentasikan sekarang’ yang tersedia di layar saat Anda sedang rapat. Perangkat lunak akan segera menanyakan apakah Anda ingin menampilkan seluruh layar atau jendela. Demikian pula, jika Anda ingin mengakhiri berbagi layar, Anda cukup mengklik ‘Hentikan presentasi’. Keuntungan yang tak terbantahkan menggunakan berbagi layar adalah meningkatkan komunikasi dan menghemat banyak waktu.

Terintegrasi Dengan Aplikasi Google

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Google Meet terintegrasi dengan Google Calendar dan Google Contact untuk menjadwalkan acara dan rapat. Demikian pula, itu terintegrasi dengan layanan lain yang disediakan Google. Jika Anda menggunakan Gmail, Anda harus tahu bahwa Anda dapat mengakses layanan konferensi video ini dari Kotak Masuk dengan mengklik ikon Google Meet di bagian bawah. Selain itu, Anda dapat mengaksesnya dari layanan lain seperti Google Chats, Google Slides, dan Google Classroom.

Kekurangan Google Meet

Berikut beberapa kekurangan dari Google Meet yang perlu Anda ketahui:

Fitur Screen Sharing Terbatas

Screen Sharing Berbagi layar adalah fitur unggulan yang ditawarkan Google Meet, tetapi sayangnya, hanya memungkinkan berbagi satu layar dalam satu waktu. Jadi, alternatif untuk ini bisa dengan menambahkan dua jendela ke layar sebelum membagikan konten seluruh layar. Dengan cara ini, lebih banyak informasi dapat ditampilkan, yang sangat berguna saat membuat perbandingan. Sayangnya, saat Anda berada di tengah rapat penting, ini bisa terasa seperti tugas yang membosankan.

Menampilkan Jumlah Peserta Yang Terbatas

Di Tampilan Ubin, Google Meet hanya dapat menampilkan hingga 16 peserta sekaligus. Ini mungkin tampak mengesankan pada awalnya, tetapi ketika Anda membandingkannya dengan Zoom, Anda akan segera menyadari sebaliknya

Fitur Terbatas

Lebih baik membandingkan bentuk teknologi dengan yang serupa untuk memahami fitur mereka dengan lebih baik. Google Meet tampaknya merupakan opsi yang ideal karena tingkat keamanannya yang tinggi. Hanya ketika Anda mengadunya dengan Zoom, Anda menyadari bahwa yang pertama hadir dengan serangkaian batasan terkait fitur. Ruang tunggu adalah fitur yang ditawarkan Zoom, dimana peserta dapat menunggu, dan tuan rumah dapat mengontrol kapan mereka dapat bergabung. Fitur ini memang terbukti cukup bermanfaat, namun sayangnya tidak ada konsep ruang tunggu di Google Meet.

Fitur kedua yang akan kita bicarakan adalah papan tulis. Tidak diragukan lagi, Google Meet menawarkannya, tetapi untuk itu Anda harus menggunakan Google Jamboard. Sedangkan di Zoom, papan tulis sudah terpasang. Jadi, dalam banyak hal, Google Meet memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan para pesaingnya.

Zoom

Mencerminkan skor 10 pada papan skor Zoom untuk kinerja, ketersediaan, peringkat implementasi, dan skalabilitas produk sungguh menakjubkan. Mendapat skor lebih dari 8,5 untuk performa dan kompatibilitas acara & rapat online serta berbagi layar adalah Zoom. Solusi konferensi web hebat berbasis cloud yang mudah, andal dengan kualitas audio dan video yang luar biasa. Ini adalah cara terbaik untuk melakukan bisnis Anda dari jarak jauh karena menyediakan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Zoom telah mendapatkan popularitas di dunia bisnis dalam waktu singkat. Langganan nominal membantu mengadakan rapat Zoom dengan seratus peserta. Ada ruang Zoom untuk audiens yang lebih besar, yang mendukung lima ratus peserta. Aplikasi ini mendukung pengguna seluler dan integrasi media sosial langsung di Facebook.

Kelebihan Zoom

Berikut beberapa kelebihan dari Zoom yang perlu Anda ketahui:

Ramah Pengguna

Pemasangan aplikasi Zoom adalah proses tiga langkah yang mudah. Yaitu, unduh, pasang & buka. Selain laptop dan desktop, ini juga mendukung seluler karena memiliki alat konferensi lintas platform. Jadi itu berjalan di Android, Windows, iOS, Mac, dan Linux. Terutama ditujukan untuk tujuan bisnis, ini mencakup semua fitur yang diperlukan seperti rapat dan konferensi virtual, webinar, pelatihan online, dan banyak lagi.

Aplikasi ini menyediakan akses mudah ke semua pelanggan dan kolega. Fitur aplikasi seperti ruang Zoom, berbagi layar yang mudah, pengalaman luar biasa di ruangan mana pun membuat pengguna terpesona. Tidak ada aplikasi lain yang melakukan konferensi video dengan cara yang begitu sederhana.

Biaya Langganan Yang Murah

Rapat empat puluh menit gratis di Zoom, dan durasi ini cukup untuk bisnis kecil dan penggunaan pribadi. Ini menawarkan layanan berbasis langganan untuk perusahaan besar, yang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya tur bisnis. Itu adalah pilihan terbaik untuk memotong biaya dengan fitur yang penuh dengan banyak pilihan.

Fitur Yang Ramah Untuk Konferensi

Fitur utama dan tujuan Zoom adalah konferensi virtual. Tidak ada layanan lain yang menyediakan platform tempat hingga sepuluh ribu peserta bersama-sama mendaftar untuk rapat. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menyelenggarakan acara asosiasi bisnis atau terhubung dengan investor untuk perdagangan di masa depan.

Zoom memiliki fitur lain untuk melakukan streaming webinar atau rapat apa pun di Facebook untuk memfasilitasi peserta untuk bergabung dalam rapat. Ini hanya berfungsi dengan Facebook karena ini adalah media sosial paling populer, di mana sebagian besar dari kita memiliki akun. Saat menghadiri rapat, peserta juga dapat mengobrol satu sama lain menggunakan alat obrolan, mengajukan pertanyaan, atau memberikan pendapat pribadi mereka. Itu berarti itu adalah basis terpadu untuk komunikasi dua arah.

Fitur Streaming Secara Langsung

Meskipun Zoom dipuji sebagai aplikasi konferensi, Zoom juga dapat digunakan untuk streaming langsung. Sebagai platform media, kreator dapat memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan karya mereka secara langsung di hadapan audiens yang lebih besar sambil memiliki alternatif dalam bentuk Zoom . Fitur streaming langsung ini juga memungkinkan pengguna untuk menyelenggarakan komunikasi satu sisi yang jauh lebih efisien, seperti pidato atau alamat perusahaan. Tapi Zoom Live Streaming tidak gratis. Seseorang harus memenuhi persyaratan sebelum streaming langsung kustom atau menghosting webinar.

Kekurangan Zoom

Berikut beberapa kekurangan dari Zoom yang perlu Anda ketahui:

Keamanan Yang Lemah

Covid-19 mengubah mode kerja offline menjadi online, yang mengakibatkan peningkatan rapat dan konferensi virtual karena semua bekerja dari rumah. Kelalaian beberapa peserta memungkinkan penyerbu Zoom mengganggu panggilan konferensi. Peretas cukup pintar untuk melakukan hal yang sama, sehingga menyebabkan pengeboman Zoom. Jika tidak diurus, kelemahan ini dapat mengurangi jumlah pengguna. Dengan kata lain, Zoom tidak memiliki enkripsi end-to-end, mempertaruhkan keamanan. Perilaku buruk seseorang yang tidak diinginkan dalam konferensi mengganggu keseluruhan acara. Beberapa peretas juga dapat merekam panggilan Zoom dengan detail bisnis yang sensitif.

Tidak Ada Fitur Mengontrol Komentar

Aplikasi Zoom juga menampilkan opsi chatbot langsung seperti platform lainnya. Rapat perusahaan bisnis kecil dengan beberapa karyawan dapat mengontrol komentar. Tetapi jika itu adalah acara publik, layanan tidak dapat menghapus obrolan yang tidak layak. Masalah ini muncul sejak lama tetapi masih belum terpecahkan.

Membutuhkan Koneksi Internet Yang Tinggi

Zoom membutuhkan 600 MB hingga 1,7 GB data per jam. Oleh karena itu, koneksi internet dengan data yang terbatas tidak mendukung layanan tersebut. Agar rapat berjalan lancar, diperlukan koneksi internet tanpa batas dengan kecepatan unduh dan unggah 500 Mbps. Anda juga dapat mengalami keterlambatan dalam berbagi layar. Ini memiliki konsumsi daya yang tinggi karena banyak fitur menuntut kemampuan pemrosesan yang tinggi. Itu menyebabkan baterai lemah dalam konferensi video yang lebih lama.

Perbandingan Google Meet dan Zoom

Google MeetZoom
Kelebihan- Fitur Kolaborasi
- Ramah Pengguna
- Fitur Screen Sharing
- Terintegrasi Dengan Aplikasi Google
- Ramah Pengguna
- Biaya Langganan Yang Murah
- Fitur Yang Ramah Untuk Konferensi
- Fitur Streaming Secara Langsung
Kekurangan- Fitur Screen Sharing Terbatas
- Menampilkan Jumlah Peserta Yang Terbatas
- Fitur Terbatas
- Keamanan Yang Lemah
- Tidak Ada Fitur Mengontrol Komentar
- Membutuhkan Koneksi Internet Yang Tinggi
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Berdasarkan artikel diatas mengenai Google Meet dan Zoom dapat kita simpulkan bahwa keduanya juga memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Sehingga kembali lagi kepada Anda yang menentukan. Aplikasi mana yang cocok sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Google Meet atau Zoom?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!