Perangkat KerasTechnologyTrends

Pilih mana: Google Nest Mini vs Google Home Mini?

Jika bicara mengenai teknologi zaman sekarang tentu sudah berbeda dari zaman dahulu. Ada banyak perubahan yang terjadi dan tentu kini sudah sangat memudahkan banyak orang untuk melakukan apa saja. Beberapa hal yang bisa Anda temui yaitu barang elektronik hingga kebutuhan rumah tangga.

Nah, pernah nggak kebayang kalau saat ini Anda bisa memiliki perangkat mini yang dapat mengabulkan apa yang Anda ucapkan? Seperti memiliki asisten namun bedanya ia bukan manusia.

Perangkat yang memudahkan penggunanya untuk memenuhi apa yang penggunanya inginkan. Datang dari produk Google Nest Mini dan Google Home Mini. Produk yang diusung google ini akan membuat Anda tidak perlu bergerak banyak.

Meski terdengar sama tetapi kedua perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing lho. Ingin tahu lebih lanjut Anda bisa simak pembahasannya di artikel Selera.id kali ini. Yuk tunggu apalagi langsung intip saja ulasannya!

Google Nest Mini vs Google Home Mini

Google Nest Mini

Google resmi luncurkan Nest Mini di Indonesia. Tentu banyak orang yang menantikan kehadirannya. Google Nest mini sendiri merupakan salah satu perangkat speaker pintar (smart speaker) generasi terbaru.

Selain itu, Nest Mini adalah kombinasi dari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Google, perangkat lunak, dan perangkat keras. Google Nest Mini ini tersedia dalam dua varian warna yaitu Chalk dan Harcoal.

Jadi, Anda bisa memilih warna mana yang sesuai dengan selera Anda. Untuk harganya sendiri, perangkat pintar dari Google Nest Mini dibanderol sebesar Rp 925.000 saja. Anda juga dapat membelinya di Erafone dan Urban Republic seluruh Indonesia serta toko resmi Google di Tokopedia. Harganya cukup terjangkau bukan dan tentu kualitasnya sangat bagus.

Baca juga: Pilih Mana: Google Maps atau Apple Maps?

Kelebihan Google Nest Mini

Berikut ini Kelebihan Google Nest Mini:

  • Ramah lingkungan
    Kelebihan satu ini sungguh menarik, Nest Mini ini terbuat dari 100 persen botol plastik daur ulang. Penggunaan material daur ulang tersebut dilakukan Google agar produk Nest Mini menjadi lebih ramah lingkungan. So, bukankah sangat aman bukan?
  • Memiliki kualitas suara yang jernih
    Kelebihan lain yang terdapat pada perangkat Google Nest Mini ini yaitu perangkatnya yang didukung audio tuning software sehingga membuat kualitas suara Nest Mini ini sangat jernih. Selain itu, Google pun telah berpartner dengan penyedia layanan musik dan video streaming antara lain YouTube Music, Netflix, Spotify, dan Joox. So, Anda bisa mendengarkan musik apa saja yang Anda sukai dengan bebas.
  • Kemasan yang simpel
    Kelebihan dari perangkat pintar satu ini yaitu Ketika dibuka, isi dari kemasan box ini sangat simpel. Hanya terlihat sebuah speaker bulat, sementara perkabelan dan buku panduan tertutup oleh sekat di bagian bawah dan samping speaker. Oleh karena itu bisa dibilang Google memberikan kemasan yang praktis dan sederhana.

Kekurangan Google Nest Mini

Berikut ini Kekurangan Google Nest Mini:

  • Fitur yang kurang berfungsi baik
    Beberapa fitur yang dihadirkan oleh Google Nest Mini kadang tidak berjalan baik seperti fitur Google Asistantnya, jika terdapat device lain yang mengaktifkan fitur Google Assistant dan “Hey Google” seperti smartphone android, maka Google Assistant akan terpanggil juga di device tersebut.
  • Sulit untuk mencharge
    Jika dibanding dengan perangkat terlebih dahulunya, Google Nest Mini mungkin bisa dikatakan tidak bisa diandalkan dalam urusan mencharge. Karena kabel yang digunakan seperti kabel charge biasa.

Google Home Mini

Google Home Mini adalah perangkat speaker pintar yang bisa berbicara. Sama halnya dengan Google Nest Mini yang menjadi perangkat pintar baru setelah Google Home. Bedanya beberapa dari mereka dihadirkan dengan fitur yang cukup lengkap.

Google Home Mini ini sendiri didesain dengan bentuk bulat dalam varian tiga warna, yakni Chalk (abu-abu), Charcoal (hitam), dan Coral (oranye). Warna perangkat Home Mini juga tidak dapat digonta-ganti.

Lihat juga:  10 Monitor Gaming Terbaik 2020

Di dalam lapisan cover Google Home Mini ini juga terdapat empat lampu LED yang akan menyala saat Anda menyebutkan, “OK Google!” sebagai tanda gadget ini siap melaksanakan perintah. Sangat praktis penggunaannya. So, akan sangat memudahkan Anda.

Home Mini ini pun memiliki pengaturan sentuh, yakni dengan cara mengetuk bagian samping speaker untuk menaikkan atau menurunkan volume suara.Anda bisa mendapatkan perangkat pintar ini di toko online kesayangan lho. Baca juga: Pilih mana: Zoom vs Google Duo?

Kelebihan Google Home Mini

Berikut ini Kelebihan Google Home Mini:

  • Harganya terjangkau
    Jika dibandingkan dengan Google Nest Mini memang sangat jauh. Tetapi bila bahas tentang harga. Google Home Mini lebih relate lho. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau. Dan bisa sekaligus menghemat pengeluaran.
  • Menghemat listrik
    Kelebihan lainnya yaitu Google Home Mini dapat menghemat pemakaian listrik di rumah. Perang pintar yang bisa bicara ini juga dapat melakukan tugas hariannya sesuai Jadwal Rutinitas yang telah disesuaikan, contoh ketika Anda ingin menyesuaikan AC dan Lampu kamar yang akan mati setiap pada jam 6 pagi. Bayangkan jika device elektronik seisi rumah berjalan sesuai dengan jadwalnya, pasti tidak ada energi atau listrik yang terbuang sia-sia bukan?
  • Kemudahan dalam mencharge
    Dapat dikatakan Kelebihan yang dimiliki perangkat pintar Google Home Mini kali ini tentu jauh lebih unggul dengan pendatang barunya. Apalagi jika dalam mencharge perangkat ini. Kemudahan ini membuat Google Home Mini lebih baik dari setelahnya, karena perangkat ini menggunakan USB serta sangat praktis untuk mencolok dengan kabel jenis lain.

Kekurangan Google Home Mini

Berikut ini Kekurangan Google Home Mini:

  • Kualitas suara kurang jernih
    Kekurangan yang dimiliki oleh Google Home Mini sendiri ada pada kualitas suara audio yang ditampilkannya. Berbeda dengan pesaingnya, perangkat ini justru sebaliknya. Kualitas suara yang dihasilkan kurang jernih.
  • Penggunaannya yang kurang stabil
    Kekurang lain yaitu Anda harus memiliki Koneksi WiFi yang stabil jika tidak, ketika Anda bertanya pada Google Home maka akan membutuhkan waktu lama untuknya mencari jawaban di internet, apalagi pada saat memberi perintah “Putar musik” kadang terjadi loading.

Kegunaan Aplikasi Google Home pada Perangkat Pintar

  1. Menyiapkan perangkat Google Nest dan Home (Google Home, Google Nest Mini (generasi ke-2), Google Home Mini (generasi ke-1), Google Home Max, Google Nest Hub, Google Nest Hub Max), Google Nest Wifi, dan Chromecast (Chromecast, Chromecast Ultra, Chromecast Audio, serta TV dan speaker yang dilengkapi Chromecast).
  2. Mengontrol, mengatur, dan mengelola lampu, kamera, TV, dan perangkat lainnya yang kompatibel, semua hanya dari satu perangkat. Aplikasi Google Home berfungsi seperti remote dengan ribuan perangkat smart home dari merk paling populer.
  3. Mengelola setelan dan preferensi Asisten Google Anda.
  4. Mengelola setelan perangkat.
Keterangan Google Nest Mini Google Home Mini
Varian Warna -Chalk (abu-abu), -Charcoal (hitam)-Chalk (abu-abu), -Charcoal (hitam), dan -Coral (oranye)
Rentang HargaRp900.000-Rp1.500.000Rp500.000-Rp800.000

Pilih mana: Google Nest Mini vs Google Home Mini?

Keterangan Google Nest Mini Google Home Mini
Kelebihan -Ramah lingkungan -Memiliki kualitas suara yang jernih -Kemasan yang simpel-Harganya terjangkau -Menghemat listrik -Kemudahan dalam mencharge
Kekurangan-Fitur yang kurang berfungsi baik -Sulit untuk mencharge-Kualitas suara kurang jernih -Penggunaannya yang kurang stabil

Kesimpulan

Nah, dari beberapa perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangan perangkat pintar Google Nest Mini dan Google Home Mini zaman sekarang ini. Tentu Anda bisa menyimpulkan sendiri, mana yang akan menjadi pilihan Anda untuk mencoba membeli dan menggunakan satu dari kedua perangkat tersebut. Tapi, yang penting cek kembali barang yang akan Anda beli serta pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda ya. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Google Nest Mini vs Google Home Mini

VS

Leave a Reply