Pilih Mana: GoPay atau LinkAja?

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk cara kita melakukan transaksi keuangan. E-Wallet, atau dompet digital, telah menjadi fenomena yang memimpin revolusi pembayaran, memberikan kemudahan dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

E-Wallet adalah bentuk penyimpanan uang digital yang memungkinkan individu untuk menyimpan, mentransfer, dan menggunakan uang mereka secara elektronik. Ini sering diimplementasikan melalui aplikasi seluler yang terhubung dengan rekening bank atau kartu kredit pengguna. Pengguna dapat mengisi saldo e-wallet mereka melalui transfer bank, kartu kredit, atau bahkan di gerai ritel yang bermitra.

GoPay dan LinkAja adalah dua penyedia layanan e-wallet yang telah menjadi pilihan populer di Indonesia, memudahkan masyarakat dalam berbagai transaksi keuangan. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai keduanya, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduannya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

GoPay

GO-PAY atau yang tadinya disebut sebagai Go Wallet merupakan dompet virtual buat menyimpan GO-JEK Credit kamu yang dapat dipakai buat membayar transaksi-transaksi yang berhubungan dengan layanan di dalam aplikasi GO-JEK.

Supaya dapat memakai GO-PAY, kamu perlu memastikan kalau saldo di dalam GO-PAY GO-JEK memenuhi untuk melakukan pembayaran, tetapi bila saldo kamu tidak memenuhi, GO-JEK sediakan layanan pembayaran parsial, dimana kamu dapat membayar dengan saldo GO-PAY, kemudian sisanya dapat dibayarkan dengan uang tunai.

Saat ini GO-PAY telah terintegrasi dengan bank-bank besar di Indonesia untuk keringanan kamu untuk melakukan isi saldo ke dalam GO-PAY. Sebagian bank besar yang menjadi mitra GO-JEK dalam layanan GO-PAY merupakan BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, dan pengisian Saldo Via ATM Bersama dan PRIMA.

Kelebihan GoPay

Antarmuka yang Sederhana dan Mudah Dipahami

GoPay menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah dipahami. Pengguna dapat dengan cepat mengakses semua fitur yang ditawarkan tanpa kesulitan, bahkan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan layanan e-wallet.

Terintegrasi Langsung dengan Gojek

Salah satu keunggulan GoPay adalah integrasinya dengan ekosistem Gojek. Pengguna dapat menggunakan GoPay untuk membayar layanan Gojek, seperti pesan makanan, transportasi, dan layanan lainnya. Hal ini memudahkan pengguna dengan menyatukan berbagai transaksi dalam satu aplikasi.

Sebagai Metode Pembayaran di Berbagai Layanan

GoPay tidak hanya terbatas pada pembayaran di dalam ekosistem Gojek. Pengguna dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan, belanja online, dan bahkan bertransaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan GoPay.

Kekurangan GoPay

Potongan Biaya dan Tarif Di Beberapa Layanan

GoPay menerapkan beberapa kebijakan biaya dan tarif untuk beberapa layanan tertentu, seperti penarikan saldo ke rekening bank. Pengguna perlu memahami dengan jelas aturan biaya yang berlaku untuk menghindari kejutan biaya yang tidak diinginkan.

Fitur GO-PAY

GO-PULSA

Dibantu berbagai pilihan operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Smartfren. Kebutuhan isi pulsa serta internet bisa selalu terpenuhi melalui GO-PULSA, pembayaran dapat langsung dilakukan dengan memakai saldo GO-PAY.

GO-BILLS

Kemudahan pembayaran tagihan Kamu sekarang jadi lebih cepat cukup dari satu aplikasi, tanpa ruwet. GO-PAY memperkenalkan GO-BILLS, satu layanan untuk bayar listrik, beli token listrik hingga BPJS. Pembayaran langsung memakai saldo GO-PAY Kamu.

Transfer GO-PAY

Saldo GO-PAY bisa ditransfer pada pengguna GO-PAY lainnya secara langsung dan tanpa biaya.

Tarik Tunai GO-PAY

Saldo GO-PAY dapat juga ditarik tunai lewat rekening bank kamu. Pastinya, untuk dapat mengaktifkan layanan Transfer serta Tarik Tunai GO-PAY, pastikan kamu sudah upgrade akun GO-PAY dengan cara mendaftarkan diri dengan foto diri dengan foto kartu identitas kamu.

LinkAja

LinkAja merupakan suatu layanan uang elektronik yang berbasis aplikasi untuk melakukan bermacam transaksi nontunai dengan mudah serta praktis. Layanan yang satu ini bisa kalian gunakan sebagaimana seperti layanan keuangan berbasis digital lainnya, yang membuat berbagai transaksi keuangan dapat dicoba dengan mudah serta cepat.

Buat kamu yang menginginkan layanan keuangan yang gampang serta praktis, memakai LinkAja akan jadi opsi yang pas. Kamu dapat aktifkan serta menikmati beragam kemudahan dalam melakukan transaksi nontunai lewat aplikasi ini. Nikmati kemudahan serta kenyamanan memakai LinkAja, transaksi semudah memakai smartphone di genggaman.

Per tanggal 21 Februari 2019, layanan dompet digital TCASH sudah berubah jadi LinkAja. Konsumen layanan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk menikmati layanan ini. Cukup mengunduh aplikasi LinkAja melalui Google Play Store untuk smartphone android atau App Store untuk IOS.

Saldo serta akun TCASH kamu kemudian akan langsung terkonversi jadi LinkAja dan siap untuk dipakai. Bila ingin berhenti berlangganan, kamu dapat langsung menutup akun TCASH melalui gerai GraPARI Telkomsel terdekat. Saldo yang tersisa juga dapat langsung ditarik dengan cukup membawa kartu identitas pelanggan.

Kelebihan LinkAja

Berkolaborasi dengan Banyak Perusahaan Terkemuka

LinkAja diinisiasi oleh sejumlah perusahaan besar seperti Telkomsel, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Dengan dukungan dari entitas-entitas tersebut, LinkAja dapat menyediakan solusi pembayaran yang komprehensif dan mendalam.

Menyediakan Berbagai Macam Layanan

Salah satu kelebihan LinkAja adalah keberagaman layanan yang ditawarkannya. Dari pembayaran tagihan bulanan, top-up pulsa, hingga bertransaksi di gerai ritel, LinkAja hadir sebagai solusi lengkap untuk kebutuhan finansial sehari-hari.

Mendukung Berbagai Transfer Uang Ke Bank

LinkAja juga menyediakan fitur transfer uang yang bisa digunakan oleh pengguna untuk transfer uang ke berbagai Bank. Mulai dari Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank Lainnya. Hal ini tentu mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai transaksi.

Kekurangan LinkAja

Jumlah Transfer yang Terbatas

Bagi yang sering melakukan transfer uang dalam jumlah besar tentu akan cukup terhambat menggunakan LinkAja. Pasalnya jumlah transfer di LinkAja terbatas terutama untuk nominal transfer dalam jumlah besar. Jadi perlu diperhitungkan jika hendak melakukan transfer dalam jumlah cukup banyak.

Fitur LinkAja

Kemudahan Transaksi

Melakukan transaksi pembayaran secara online tanpa kartu kredit atau uang tunai cukup dengan aplikasi LinkAja

Layanan Transaksi Lengkap

Jalani pembayaran transaksi online maupun offline cukup dengan aplikasi LinkAja

Cara Bayar Beragam

Bayar transaksi belanja kamu dengan bermacam cara mudah. Cukup dengan menempelkan handphone kamu (TAP) atau dengan QR Code.

Promo-promo Menarik

Miliki keleluasan berbelanja serta penawaran menarik lainnya khusus buat Kamu konsumen LinkAja dari Telkomsel.

Layanan Pembayaran Fleksibel

Jalani transaksi pembayaran dengan LinkAja kapan saja 365 hari/1 tahun yang dapat dilakukan dimana saja lewat aplikasi LinkAja di handphone Kamu.

Dipastikan Aman

Transaksi dipastikan Aman sebab seluruh data saldo, transaksi, serta data pribadi dilindungi sistem keamanan canggih dari Telkomsel.

Perbandingan GoPay dan LinkAja

GoPay LinkAja
Kelebihan- Antarmuka yang Sederhana dan Mudah Dipahami
- Terintegrasi Langsung dengan Gojek
- Sebagai Metode Pembayaran di Berbagai Layanan
- Berkolaborasi dengan Banyak Perusahaan Terkemuka
- Menyediakan Berbagai Macam Layanan
- Mendukung Berbagai Transfer Uang Ke Bank
Kekurangan- Potongan Biaya dan Tarif Di Beberapa Layanan- Jumlah Transfer yang Terbatas
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, baik GoPay maupun LinkAja adalah solusi pembayaran digital yang solid, dan pilihan terbaik tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan finansial kalian. Dengan menjelajahi fitur-fitur masing-masing dan mencoba keduanya, kalian dapat membuat keputusan yang lebih informan dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Anda Pilih GoPay atau LinkAja?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!