LainnyaPhotography

Pilih mana: Hand Strap vs Neck Strap?

Bagi Anda pecinta fotografi tentu demi memudahkan aktivitas memotret. Anda akan sangat memperhatikan pemilihan beberapa alat yang mampu menunjang kamera Anda. Contohnya strap. Strap berguna agar kamera Anda tidak jatuh ketika digunakan untuk memotret.

Beberapa dari pecinta fotografi mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan strap. Daripada bolak-balik mengeluarkan kamera ketika akan memotret objek dan memasukkannya kembali ketika selesai, menggunakan strap adalah solusi yang lebih praktis untuk Anda pilih.

Strap sendiri memiliki dua macam jenis loh yakni neck strap dan hand strap. Keduanya memiliki sudut pandang masing-masing dalam pemakaian strap ini. Namun, tahukah Anda jika dari namanya saja bentuk kedua strap ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Nah, kira-kira mana yang lebih Anda pilih di antara kedua jenis strap diatas. Apapun pilihan Anda, pastikan strap yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan ya! So, Ingin tahu banyak mengenai kelebihan dan kekurangan strap tersebut. Yuk langsung simak perbandingannya di Selera.id kali ini.

Hand Strap vs Neck Strap

Hand Strap

Bagi Anda pecinta kamera dan suka memotret tentu Hand Strap bukan sesuatu yang asing lagi ditelinga bukan? Untuk menambah kepercayaan diri saat memotret, para fotografer pun sering menggunakan hand strap atau tali tangan.

Tali ini sangat berguna untuk menahan kamera seandainya meleset dari pegangan sehingga kamera tidak jatuh. Tentu bukan hal aneh jika Kamera bisa saja meleset dari pegangan tangan ketika mengambil foto dari sudut yang tak lazim.

Sebagai produsen aksesori kamera, Artisan and Artist juga memiliki produk hand strap sendiri loh. Kualitas dan materialnya pun sangat penting untuk diperhatikan. Nha, bagi Anda yang memilih hand strap sebagai penunjang kamera Anda maka Anda bisa simak pembahasan lengkap mengenai produk ini.

Baca artikel lainnya Pilih mana: Tripod vs Monopod?

Kelebihan Hand Strap

Berikut ini Kelebihan Hand Strap:

  • Penggunaan yang fleksibel
    Dibanding neck strap, bagi Anda pecinta Fotografi mungkin akan lebih mudah mengakses kamera dengan menggunakan hand strap. Selain itu, penggunaannya yang praktis dan fleksibel akan sangat mendukung gerak memotret Anda. Kelebihan inilah yang membuat kenapa banyak orang memilih produk hand strap.
  • Jauh dari guncangan
    Selain itu, adapun kelebihan lain yang dihadirkan oleh hand strap yakni kamera akan lebih sedikit mengalami guncangan daripada digantungkan di leher. So, hal ini juga yang membuat pecinta fotografi masih memilih produk hand strap sebagai salah satu penunjang kamera Anda.

Hand Strap vs Neck Strap

Kekurangan Hand Strap

Berikut ini Kekurangan Hand Strap:

  • Resiko mengalami benturan
    Hand strap juga memiliki beberapa kelemahan. Karena terikat di tangan, maka ketika berjalan kamera akan berada di samping tubuh. Ini meningkatkan resiko kamera mengalami benturan dengan benda lain di depannya. Bisa saja jatuh meskipun sudah dililitkan ke tangan. Meskipun begitu, tetap penggunaan hand strap lebih aman untuk kamera dibanding tidak memakainya sama sekali bukan?
  • Sulit di gerakkan
    Kekurangan lain yang ada pada Hand strap yaitu Karena posisinya berada di tangan, maka mungkin akan sedikit menyulitkan ketika akan mengatur kamera. Anda juga jadi harus selalu waspada dan fokus agar kamera tidak jatuh.

Neck Strap

Neck Strap seringkali menjadi andalan untuk para pecinta fotografer untuk memudahkan mereka memotret. Sudah jelas sesuai dengan namanya, Neck strap ibarat tali yang menopang kamera di leher Anda.

Dibanding jenis strap lain, tentunya neck strap ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang lebih menyukai menggunakan jenis strap ini maka Anda perlu mempertimbangkan hal apa saja yang harus Anda perhatikan saat membeli.

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan Neck Strap yang bisa Anda jadikan pertimbangan sewaktu memilih jenis strap lain:

Lihat juga:  Pilih Mana: United atau Polygon?

Baca juga: Pilih mana: Tripod vs Gorilla Pod?

Kelebihan Neck Strap

Berikut ini Kelebihan Neck Strap:

  • Sangat aman digunakan
    Kelebihan yang hadir oleh neck strap yaitu sangat aman baik dalam penggunaan ataupun penyetelan. Karena sudah digantungkan ke leher, Anda bisa leluasa mengatur kamera menggunakan kedua tangan tanpa perlu fokus memegangi kamera agar tidak lepas dari genggaman. Dan yang paling penting, neck strap membuat kamera lebih aman dari pencurian. Pencuri akan berpikir dua kali jika ingin merampas kamera Anda.
  • Kemudahan dalam mengganti lensa
    Menggunakan neck strap juga memudahkan Anda untuk mengganti lensa karena kamera berada di depan. Seorang fotografer biasanya menggonta-ganti lensa sesuai dengan objek yang akan dibidik. Nah, kelebihan inilah yang sangat menguntukan para pecinta fotografi dalam pemakaiannya. Apalagi jika harus memotret di tempat yang ekstrim. Anda tidak perlu khawatir jika kamera Anda akan terjatuh.

Hand Strap vs Neck Strap

Kekurangan Neck Strap

Berikut ini Kekurangan Neck Strap:

  • Ukurannya yang kurang friendly
    Nah, kekurangan yang ada pada neck strap juga perlu Anda pertimbangkan jika ingin membeli jenis strap ini. Ukuran yang dihadirkan oleh neck strap cukup lebar jadi bisa membuat Anda yang tidak terbiasa merasa risih. Dan karena berada di depan tubuh, maka bisa saja menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas lainnya.
  • Hasil foto kurang maksimal
    Jika kekurangan sebelumnya membahas mengenai ukuran maka masih berkaitan dengan ukuran. Kekurangan kali ini akan mempengaruhi hasil foto Anda loh. Ketika memotret objek, ada kemungkinan neck strap ini menghalangi lensa kamera sehingga ikut muncul pada hasil jepretan. Hal ini mungkin sedikit kurang nyaman jika di aplikasikan.

Tips Memilih Strap Kamera

Mungkin bagi para pecinta fotografi, strap kamera merupakan bagian yang sangat penting. Nah, Anda tentu tidak boleh sampai salah memilih strap untuk kamera Anda bukan? Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilih strap kamera. Jika Anda bingung Anda bisa mencoba tips kali ini sebagai pertimbangan saat ingin membeli strap.

  1. Perhatikan bahan atau material strap kamera
    Bahan yang lembut dan lentur sangat perlu Anda perhatikan. Pemilihan bahan yang bagus akan membuat Anda nyaman saat memotret serta beban kamera akan terasa lebih ringan.
  2. Pertimbangkan Bentuk dan ukuran Strap
    Tanpa sadar, bentuk dan ukuran strap sangat mempengaruhi aktivitas memotret Anda loh. Oleh karena itu pemilihan Strap yang lebih lebar akan dapat membagi beban sehingga terasa lebih nyaman dipakai.
  3. Pilih strap yang mengutamakan kenyamanan
    Wajib untuk Anda membeli strap yang memiliki bantalan di bagian bahu, agar mampu mengurangi resiko lecet jika kamera dibawa dalam waktu yang cukup lama.

Pilih mana: Hand Strap vs Neck Strap?

Keterangan Hand Strap Neck Strap
Kelebihan -Penggunaan yang fleksibel -Jauh dari guncangan-Sangat aman digunakan -Kemudahan dalam mengganti lensa
Kekurangan -Resiko mengalami benturan -Sulit di gerakkan-Ukurannya yang kurang friendly -Hasil foto kurang maksimal

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Hand Strap dan Neck Strap maka dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk Anda yang sedang mencari jenis strap yang aman maka penggunaan neck strap lebih aman dibanding hand strap. Bagi pecinta fotografi yang tidak suka berjalan dengan kamera di depan sebaiknya memilih hand strap. Namun perlu juga diingat bahwa saat menggunakan hand strap Anda harus lebih berhati-hati agar kamera terhindar dari benturan. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hand Strap vs Neck Strap

VS

 

Leave a Reply