Otomotif

Pilih Mana: Hankook Kinergy EX vs Bridgestone Ecopia

Ban mobil adalah  salah satu komponen terpenting pada kendaraan. Selain berfungsi untuk menopang seluruh berat kendaraan, ban juga sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan, Saat ini banyak pula merk ban mobil terkenal yang memiliki kualitas tinggi untuk menunjang kebutuhan pengendara seperti contoh Hankook Kinergy EX dan Bridgestone Ecopia.

Bagi kalian yang bingung memilih antara ban Hankook Kinergy EX dan Bridgestone Ecopia, Jangan khawatir! Pada artikel kali ini Selera.id akan membandingkan keduanya untuk mencari produk mana yang paling baik. Yuk langsung saja disimak pembahasan lebih lanjut di bawah ini!

Hankook Kinergy EX vs Bridgestone Ecopia

Hankook Kinergy EX

Hangkok Kinergy EX merupakan kombinasi teknologi dan desain yang menawarkan efisiensi bahan bakar yang mengagumkan serta performa yang luar biasa bagi para pengemudi. Baca juga Pilih Mana: Ban Michelin atau Bridgestone?

Kinergy EX dilengkapi dengan fitur Indikator Keseimbangan Visual atau Visual Alignment Indicator yang merupakan teknologi terobosan terbaru dari pusat Penelitian & Pengembangan (R&D) Hankook Tire. Teknologi ini berfungsi untuk mendeteksi tingkat keausan ban yang terdeteksi melalui permasalahan keseimbangan ban, sehingga akhirnya ban menjadi lebih awet dan stabil.

Hangkok Kinergy EX juga dilengkapi dengan empat garis groove atau ban biasa tiga garis)sehingga cocok untuk kondisi jalan basah maupun kering. Sidewall ban juga diperkuat agar tangguh berlari di jalan kasar dan berlubang.

Kelebihan Hankook Kinergy EX

  • Dilengkapi dengan senyawa tapak silika dispersi tinggi
    Senyawa silika dispersi tinggi yang ada pada Hangkok Kinergy EX ini dapat memberikan pengalaman berkendara dan performa kebisingan yang sangat baik serta resistansi gulir rendah. Sehingga mengendara pun lebih nyaman.
  • Dibekali dengan teknologi Visual Alignment Indicator
    Visual Alignment Indicator merupakan terobosan teknologi yang pertama kali diperkenalkan oleh Hankook yang berfungsi untuk mendeteksi tingkat keausan ban yang terdeteksi melalui permasalahan keseimbangan ban, sehingga akhirnya ban menjadi lebih awet dan stabil.
  • Desain yang mewah
    Hankook Kinergy EX juga dilengkapi dengan desain mewah yang dibuat lebih lebar dan kokoh sehingga menghasilkan performa ban serta pengereman optimal dan juga dengan desain mewah dapat meningkatkan percaya diri ketika mengendarai.

Kekurangan Hankook Kinergy EX

  • Harga yang relatif mahal
    Harga ban hankook dibandrol cukup tinggi, Namun tentunya sepadan dengan kualitas ban ini, seperti ketika digunakan ban ini tetap stabil digunakan. Maka dari itu, jika anda menginginkan ban yang berkualitas untuk mobil anda Hankook dapat menjadi pilihan yang tepat.
  • Lebih cocok di keadaan jalan yang kering
    Hankook Kinergy merupakan ban standar yang dapat digunakan di semua musim, ban tetap akan bekerja stabil saat hujan dan saat jalan dalam keadan kering, meskipun ban ini lebih nyaman jika digunakan pada kondisi jalan kering. Ban ini mengadopsi gaya teknologi dari eropa demi memaksimalkan peforma ban.
  • Harus memasang ban medium & soft agar ban lebih nyaman 
    Ban Hankook  ini dapat terbilang cukup seimbang antara kenyamanan dan sporty. Namun kenyamanan lebih diutamakan pada ban Hankook Kinergy. Maka dari itu dari produsen ban lebih merekomendasikan kepada pengguna untuk memasang ban medium & soft demi memaksimalkan kenyamanan.

Hankook Kinergy EX vs Bridgestone Ecopia

Bridgestone Ecopia

Bridgestone Ecopia merupakan produk ban yang memberikan tambahan value untuk konsumen, yaitu ‘Saving’ dan Eco Friendly.  Saving pada bahan bakar dan Saving bagi kantong konsumen. Eco Friendly, dengan hambatan gulir rendah dapat menurunkan emisi CO2 yang membuat ban ini ramah untuk lingkungan.

Dibuat dengan teknologi kompon Nano Pro-Tech, Ban Bridgestone Ecopia dapat menurunkan koefisien hambatan gulir dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban.

Ban Bridgestone ecopia ini juga digabungkan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis sehingga meningkatkan kinerja tekanan kontak ban dengan jalan serta pengereman saat kondisi basah.

Jika dibandingkan dengan berbagai produk Bridgestone yang ada saat ini dalam jenis yang sama, Ecopia EP150 memiliki hambatan gulir 23% lebih baik, sehingga membuatnya secara rata-rata 3% lebih hemat bahan bakar serta sekitar 3% lebih sedikit menghasilkan emisi gas buang karbon dioksida.

Kelebihan Bridgestone Ecopia

  • Hemat bensin
    Satu andalan dari pabrikan ban Bridgestone adalah mampu menghemat bahan bakar. Ya, bukan isapan jempol belaka, terlebih pada ban Bridgestone Ecopia yang bisa dipasang pada berbagai mobil jenis Low MPV. Dibuat dengan teknologi kompon Nano Pro Tech, ban ini bisa menurunkan koefisien hambatan gulir dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon ketika ban berputar.
  • Lebih stabil ketika menikung
    Bridgestone sengaja merancangnya punya tiga alur serta dua tulang bagian tengah serta dalam. Alhasil ketika berbelok, traksi ban dapat terjaga, sekaligus menambah tingkat kestabilan karena mampu menahan gaya lateral pada saat menikung pada kecepatan menengah ke tinggi.
  • Tahan lama
    Bridgestone tipe Ecopia pun ternyata punya kelebihan lain, yaitu dapat tahan sampai pemakaian 75 ribu km atau dalam rentang waktu 2,5 sampai 3 tahun. Bukannya tanpa alasan pabrikan berani memberikan klaim tersebut, Karena sebelum dipasarkan, ban Ecopia ini telah diuji ribuan kilometer dengan melintasi berbagai macam permukaan jalan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Kekurangan Bridgestone Ecopia

  • Harga yang relatif mahal
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh ban Bridgestone yaitu harganya yang cukup tinggi. Mengingat performa yang diberikan cukup tinggi, Harga yang dibandrol pun cukup sepadan dengan kualitas yang diberkan.
  • Tersedia hanya di store tertentu
    Kekurangan yang terakhir pada ban Bridgestone ini yaitu ketersediaan ban ini hanya di store otomotif yang besar, Jadi, cukup sulit di temukan di store kecil.
  • Daya cengkram yang kurang kuat
    Jika dibandingkan dengan ban Hankook Kinergy EX yang mempunyai daya cengkram yang cukup kuat. Ban Bridgestone ini masih terhitung kurang. Sehingga cukup berhati-hati ketika sedang berada di jalanan yang basah.

Tips Memilih Ban Mobil

1. Ketahui Tipe dan Ukuran Ban
Tipe dan ukuran ban yang disarankan untuk mobil yang kalian gunakan biasanya terdapat pada plakat yang ada di pintu atau laci, dibelakang penutup tangki bahan bakar atau petunjuk penggunaan. Sebagai contoh ban dengan kode P195/55/R15 84V.

Hankook Kinergy EX vs Bridgestone Ecopia

Huruf ‘P’ merupakan singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula LT (Light Truck), ST (Special Trailer) serta T yang berarti Temporary atau ban serep. Huruf ‘R’ berarti bahwa ban tersebut berjenis Radial.

Untuk masalah ukuran, kalian harus memperhatikan dengan detail apabila memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, disebabkan ban tidak dapat dipasang jika ukurannya tidak sesuai. Ukuran disimbolkan dengan angka dibelakang huruf ‘R’.

Jangan lupa untuk memperhatikan merk ban yang sudah terbukti kualitasnya dan terjamin seperti merk ban Hankook Kinergy EX dan Bridgestone Ecopia.

2. Lebar Ban
Hal yang harus di perhatikan lagi yaitu lebar ban. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya akan semakin baik, begitupun sebaliknya. Akan tetapi, ban yang lebar akan mempengaruhi akselerasi pada tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan. Maka dari itu, setiap kendaraan memiliki perbedaan ukuran ban.

3. Tampilan pola pada ban
Dalam hal memilih ban, pastikan juga bahwa kalian memperhatikan pola yang ada pada ban. Alur normal pada umumnya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik, akan tetapi jika kalian tinggal di daerah yang basah yang memiliki curah hujan cukup tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena bisa memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan.

Untuk jalan yang terlalu panas sebaiknya jangan menggunakan ban yang memiliki guratan banyak. Semakin tegas garis kembangan alurnya, maka semakin besar gaya geseknya. Oleh sebab itu pastikan kalian mengganti ban mobil kalian jika pola ban mobil kalian sudah halus.

4. Ketebalan pada ban
Ban dengan ketebalan antara 40 atau 50 memang terlihat keren saat digunakan, akan tetapi kurang baik jika digunakan. Hal ini dikarenakan ban dengan ketebalan yang tipis dapat merusak velg jika terlalu sering digunakan di jalan yang tidak rata. Oleh sebab itu, produsen pembuat mobil pada dasarnya menggunakan ban dengan ketebalan yang baik.

5. Cek tahun pembuatan pada ban
Pastikan juga kalian memeriksa tahun pembuatan pada ban. Tahun pembuatan ban sebaiknya tidak lebih dari 6-12 bulan. Misalkan ban dengan kode 1012, angka 12 berarti tahun pembuatan ban. Cara memperhatikan dimensi atau ukuran sebuah ban, yakni seperti ini “205/55/ZR16”. Keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:

  • 205: lebar telapak ban (mm).
  • 55: aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban.
  • ZR: kode limit kecepatan.
  • 16: diameter velg dalam ukuran inci.

Pilih Mana: Hankook Kinergy EX vs Bridgestone Ecopia

Hankook Kinergy EXBridgestone Ecopia
Kelebihan- Dilengkapi dengan senyawa tapak silika dispersi tinggi - Dibekali dengan teknologi Visual Alignment Indicator - Desain yang mewah - Hemat bensin - Lebih stabil ketika menikung - Tahan lama
Kekurangan- Harga yang relatif mahal - Lebih cocok di keadaan jalan yang kering - Harus memasang ban medium & soft agar ban lebih nyaman - Harga yang relatif mahal - Tersedia hanya di store tertentu - Daya cengkram yang kurang kuat

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai Hankook Kinergy EX dan Bridgestone Ecopia bahwa kedua merk ban mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh sebabnya, Jika kalian ingin memilih diantara kedua merk tersebut kalian harus menyeysuaikan dengan kebutuhan mobil dan sesuaikan dengan jenis mobil kalian. Selain itu kondisikan dengan kondisi jalan yang akan kalian lewati. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hankook Kinergy EX vs

VS

Leave a Reply