Pilih Mana: Headset Bluetooth atau Kabel?

Dapat kita ketahui kalau sekarang banyak yang mempermasalahkan headset kabel lantaran munculnya tipe baru dari headphone yang bernama bluetooth headphone. Tanpa kabel, kamu sudah bisa mendengarkan musik atau apapun dari medium penyimpan suara layaknya yang tradisional.

Lalu apa yang menjadikan ini sebuah masalah? Itu adalah masalah kualitas diantara Headset Bluetooth atau Headset Kabel . Tidak sedikit orang berpendapat jika headset berkabel kualitasnya masih lebih bagus ketimbang Headset Bluetooth. Namun karena kepraktisan yang ditawarkan dan inovasi dalam model yang ditawarkan lebih kekinian Headset Bluetooth menjadi pilihan bagi kaum remaja.

Berikut ini akan kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Headset Bluetooth atau Headset Kabel di bawah. Semoga bermanfaat!

Headset Bluetooth

hobi mendengarkan musik melalui headset ? Musik memang paling cocok dijadikan teman kegiatan kita sehari-hari atau sekadar jadi pelarian ketika sedang suntuk. Nah, tentu rasanya tidak lengkap apabila mendengarkan musik sambil beraktivitas tanpa menggunakan headset.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ada banyak jenis headset Bluetooth yang dapat digunakan tanpa kabel. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu dalam beraktivitas, karena kamu tidak perlu khawatir akan kabel headset yang kusut atau putus. Jangkauan konektivitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena headset bluetooth dapat disambungkan dengan gadget sejauh 10 meter.

Kelebihan Headset Bluetooth

Bebas Bergerak

Headset bluetooth memberikan keleluasaan yang lebih pada pengguna untuk bergerak. Dengan teknologi bluetooth, kalian dapat bebas bergerak tanpa perlu khawatir kabel terlepas secara tidak sengaja.

Selain itu, hal ini juga dapat mengatasi ketidaknyamanan karena harus selalu membawa perangkatnya setiap saat. Beberapa jenis bluetooth bahkan dapat digunakan dengan jarak hingga 100 kaki dari perangkat yang terhubung.

Lebih Praktis

Dikarenakan headset Bluetooth tidak menggunakan kabel dan komponen tambahan, headset ini memberikan kesan praktis dan ringan. Desainnya yang sederhana membuatnya menjadi pilihan yang ideal bagi individu yang aktif dan memiliki banyak kegiatan.

Bobot yang lebih ringan juga berkontribusi pada tingkat kenyamanan, karena umumnya headset yang lebih enteng dapat mengurangi tekanan saat digunakan. Sebagian besar headset Bluetooth juga dapat dilipat, memudahkan penyimpanan dan dibawa saat bepergian atau dalam kegiatan sehari-hari.

Terlihat Stylish

Menggunakan headphone bluetooth akan memberikan sentuhan gaya ekstra pada penampilan kalian. Tampil lebih stylish dapat dicapai dengan mudah saat kalian mengenakan headphone bluetooth. Aktivitas sehari-hari pun menjadi lebih lancar tanpa adanya batasan, dan yang lebih menarik, kalian tetap dapat menunjukkan gaya pribadi saat menggunakan headphone di telinga.

Kekurangan Headset Bluetooth

Membutuhkan Pengisian Daya

Salah satu kelemahan yang dapat diidentifikasi pada headset Bluetooth adalah masa pakai baterainya yang terbatas. Situasi ini dapat menjadi sangat menjengkelkan ketika kita sedang menikmati musik dengan asyik dan tiba-tiba baterai headset habis.

Terlebih lagi, ketika headset digunakan untuk perjalanan jarak jauh, hal ini dapat menyulitkan mencari stopkontak guna mengisi daya perangkat tersebut.

Masalah Konektivitas dan Pemasangan

Apabila kalian menggunakan headset Bluetooth, isu terkait sambungan dan konektivitas ke perangkat menjadi fokus utama. Hingga saat ini, terdapat banyak versi Bluetooth yang telah dikembangkan sejak awal.

Semakin canggih versi Bluetooth, semakin handal pula kinerjanya. Oleh karena itu, pastikan bahwa headset dan perangkat kalian telah menggunakan versi terbaru dari Bluetooth untuk memastikan kualitas sambungan yang optimal.

Headset Kabel

Variasi dari headphone yang pertama dan sudah tidak asing lagi yaitu Headphone kabel yang tentunya mempunyai keunggulan tersendiri dan yang pasti Headphone kabel sedikit lebih mudah ditemukan dan masih banyak penjelasan lebih lanjut lagi simak di bawah ya.

Kelebihan Headset Kabel

Kualitas Suara Lebih Baik

Teknologi headset kabel telah mengalami peningkatan signifikan dan masih mempertahankan kualitas audio yang unggul selama bertahun-tahun. Dengan menggunakan sinyal analog, jenis kabel ini mampu memberikan kualitas suara yang superior. Hal ini menjelaskan mengapa headset kabel dapat menangani volume data yang lebih besar dibandingkan dengan sinyal digital seperti bluetooth.

Harga Lebih Murah dan Mudah Perbaikan

Headset dengan kabel umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bluetooth. Hal ini disebabkan oleh biaya pengembangan dan produksi teknologi bluetooth yang cenderung lebih tinggi.

Selain itu, headset berkabel juga lebih mudah untuk diperbaiki, baik itu kerusakan pada headset itu sendiri maupun pada kabelnya yang mungkin mengalami kerusakan atau korsleting. Proses perbaikan untuk headset berjenis ini terbilang sederhana.

Suku cadang pengganti untuk headset berkabel juga tersedia dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan. Namun, perlu diingat bahwa ketika mempertimbangkan antara harga headset kabel dan bluetooth, faktor merek, kualitas, dan fitur tambahan juga perlu diperhatikan.

Mudah Digunakan

Headset dengan kabel memiliki pengaturan plug-and-play yang sederhana. Kalian hanya perlu menyambungkannya ke perangkat audio, dan headset akan terhubung secara otomatis untuk memutar audio. Dengan menggunakan headset berjenis kabel, kalian tidak perlu khawatir akan kemungkinan gangguan bluetooth yang tak terduga atau masalah pemasangan yang mungkin timbul.

Kekurangan Headset Kabel

Tidak Dapat Bergerak Bebas

Tidak dapat dipungkiri bahwa kabel memiliki potensi untuk membatasi kebebasan gerak pengguna. Mereka terkendala untuk menghindari menarik kabel secara tidak sengaja dan pada dasarnya terbatas oleh sumber audio mereka.

Untuk mengatasi kendala gerak ini, pengguna headset berkabel dapat memilih untuk memperoleh ekstensi kabel headphone, yang hadir dalam berbagai panjang. Kabel ekstensi ini seringkali diperlukan oleh para penggemar game yang menginginkan kabel panjang demi kenyamanan saat bermain game.

Kabel Mudah Putus

Kebanyakan headset dengan kabel memiliki desain yang tipis dan rentan putus. Terkadang, situasi ini bisa terjadi ketika kabel secara tiba-tiba terjepit atau terkena benda tajam. Baik disengaja maupun tidak, hal ini berpotensi merusak bagian internal kabel, bahkan dapat menyebabkan korsleting. Kondisi inilah yang membuat headset berjenis kabel menjadi rentan mengalami kerusakan, terutama pada bagian kabelnya.

Perbandingan Headset Bluetooth dan Kabel

Headset BluetoothHeadset Kabel
Kelebihan- Bebas Bergerak
- Lebih Praktis
- Terlihat Stylish
- Kualitas Suara Lebih Baik
- Harga Lebih Murah dan Mudah Perbaikan
- Mudah Digunakan
Kekurangan- Membutuhkan Pengisian Daya
- Masalah Konektivitas dan Pemasangan
- Tidak Dapat Bergerak Bebas
- Kabel Mudah Putus
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Sebenarnya bluetooth dan kabel sangatlah setara dilihat dari harganya. Kamu bisa menemui Headset bluetooth biasanya lebih sedikit mahal dibandingkan dengan dengan yang Headset kabel, namun dijamin kualitas suaranya akan berbeda karena versi bluetooth mengalokasikan kualitas suaranya dan kepraktisan tanpa kabel.

Itu artinya headset berkabel lebih baik digunakan kepada orang yang tidak sekedar mendengarkan musik, melainkan juga mencari suara. Sedangkan yang versi Headset bluetooth lebih cocok untuk mereka yang suka dengan kepraktisan dan tidak mau repot. Versi manapun dapat digunakan tergantung kebutuhan dan kondisi.

Anda Pilih Headset Bluetooth atau Kabel?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!