Pilih Mana: Honda Beat eSP atau Scoopy eSP?

Performa Honda dalam segmen sepeda motor tampaknya memang dapat dikatakan cukup sukses. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya berbagai macam produk terbaru dalam kurun waktu yang tidak lama sejak peluncuran sebelumnya. Seperti yang terjadi belum lama ini bahwa pabrikan otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini dikabarkan telah merilis sebuah motor matic yang dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu Honda BeaT eSP dan Scoopy eSP. Yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Note : Teknologi eSP merupakan kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.

Honda Beat eSP

Honda Beat eSP ini datang dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu Enhanced Smart Power yang diklaim dapat lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain itu, yang menjadi daya tarik tersendiri dari Honda Beat eSP ini yaitu bahwa skutik ini berbeda dari generasi sebelumnya di mana Honda Beat eSP ini telah dibekali dengan bermacam fitur-fitur canggih dengan fungsionalitas tinggi yang siap memberikan kenyamanan kepada pengemudinya.

Honda juga telah membekali motor matic besutannya dengan fitur yang fungsional.yaitu, sistem pengereman depan yang mengandalkan rem cakram dan rem tromol pada rem belakangnya. Honda BeAT eSP ini juga menggunakan teknologi lampu AHO (Automatic Headlight On), teknologi CBS, dan teknologi ISS (Idling Stop System) serta parking Brake Lock.

Dengan mengetahui beberapa fitur unggulan tersebut, terlihat memang Honda Beat eSP ini ingin dapat memberikan kenyamanan, keamanan serta keselamatan kepada para pengemudi maupun penumpangnya. Hal yang pasti, dengan konsep all new, terlihat spesifikasi Honda Beat eSP ini memang menyajikan kepastian kecanggihan dan penampilan.

Berikut spesifikasi Honda Beat eSP:

Motor Honda BeAT eSP CBS ISS memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 1857 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1070 mm. Dengan berat kosong sebesar 102 kg, motor ini menawarkan keseimbangan yang baik antara portabilitas dan stabilitas. Jarak terendah ke tanah sebesar 135 mm memberikan kelincahan yang baik di berbagai kondisi jalan. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3,8 L memastikan perjalanan yang lebih panjang tanpa perlu sering mengisi bahan bakar.

Sasis motor ini menggunakan rangka tulang punggung yang kokoh, dengan suspensi belakang berupa shockbreaker tunggal dan suspensi depan teleskopik. Sistem rem belakang menggunakan tromol, sementara rem depan menggunakan cakram, memberikan kontrol penuh kepada pengendara.

Mesinnya didukung oleh mesin 4-langkah, SOHC, dengan isi silinder sebesar 110cc. Mesin ini menggunakan bahan bakar bensin dengan rasio kompresi sebesar 9,5:1. Sistem bahan bakar PGM-FI mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Dengan transmisi otomatis V-Matic, pengendara dapat menikmati perpindahan gigi yang mulus.

Ukuran ban belakang sebesar 90/90 – 14 M/C 46P (Tubles), sedangkan ukuran ban depan adalah 80/90 – 14 M/C 40P (Tubles), memberikan traksi yang baik di berbagai medan. Mesin ini mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 9,01 Nm pada 6.500 rpm dan daya maksimum sebesar 8.68 PS pada 7.500 rpm, memberikan kinerja yang handal untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan Honda Beat eSP

Lincah dan Gesit

Dengan dimensi 1.856 x 666 x 1.068 mm, Honda Beat eSP ini bisa dapat dikatakan sebagai motor matic yang paling ramping di Indonesia. Sehingga dengan bodi yang ramping tersebut, membuat motor ini sangat gesit dan lincah pada saat melakukan manuver di jalanan perkotaan yang terkenal padat.

Mesin Cukup Bertenaga

Kelebihan Honda Beat eSP kedua yang juga perlu kalian ketahui yaitu mesin yang cukup bertenaga. Walaupun kapasitas mesin motor ini hanya 110cc namun untuk urusan berkendara yang optimal dan bertenaga, motor ini sanggup melakukannya. Karena dengan mesin tersebut, Honda Beat eSP ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 8.68 PS/ 7.500 rpm dengan torsi puncak 9,01 Nm/ 6.500 rpm.

Fitur Cukup Lengkap

Honda Beat eSP memiliki fitur yang cukup lengkap. Adapun fitur yang telah disematkan pada motor ini diantaranya CBS yang berfungsi untuk memberikan pengereman yang stabil pada motor ini dan fitur ISS yang memiliki fungsi untuk mematikan motor beberapa detik pada saat berhenti dan menghidupkan kembali dengan cepat, yang mana fitur tersebut juga mendukung konsumsi bbm yang lebih irit.

Kekurangan Honda Beat

Tarikan Kurang Responsif

Kekurangan Honda Beat eSP yaitu tarikan motor yang kurang responsif khususnya pada saat masih di putaran bawah. Namun jika sudah pada putaran atas motor ini sangat enak untuk digeber, bisa dikatakan motor ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan akselerasi dan melakukan manuver karena tarikan atasnya begitu cepat.

Ukuran Bagasi Kecil

Ukuran bagasi yang kecil. pemilik motor tidak bisa menaruh barang bawaan dengan jumlah yang banyak pada bagasi motor. Oleh karena itu jika ingin membawa barang bawaan dengan jumlah yang banyak, kalian perlu menambahkan box di bagian belakang.

Ruang Pijak Terlalu Sempit

Kekurangan Honda Beat eSP yang lainnya yaitu ruang pijak yang terlalu sempit sehingga pengendara tidak terlalu bebas memposisikan kaki kakinya jika mengendarai motor ini jarak jauh. Hal ini dikarenakan motor ini membawa ukuran tubuh yang kecil.

Scoopy eSP

Meski dihadirkan dengan tampilan baru dan fitur yang lebih canggih namun untuk spesifikasi yang diusung Honda Scoopy eSP terbaru ini masih tetap mengandalkan desain bodi yang khas bergaya retro yang begitu unik dan imut sebagai identitas khas Scoopy Style.

Hanya saja, untuk tampilan desain eksteriornya ini sedikit dipoles dengan konsep retro-modern sehingga akan tampak lebih kekinian. Sementara itu, untuk urusan mesin Honda Scoopy eSP masih menggunakan mesin yang sama di mana mesin berkapasitas 110cc eSP (Enhanced Smart Power) masih menjadi andalan dari skutik buatan pabrik Honda ini.

Berikut spesifikasi Scoopy eSP:

Honda Scoopy eSP hadir dengan sejumlah spesifikasi yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik dalam kategori skuter matik. Mesinnya didukung oleh teknologi canggih eSP (enhanced Smart Power) yang menjadikannya efisien dan ramah lingkungan. Mesin berkapasitas 108,2 cc, 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, memberikan performa yang solid dengan daya mencapai 6,4 kW pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,1 N.m pada 6.000 rpm. Tipe kopling otomatis, sentrifugal, tipe kering, memberikan kemudahan dalam pengoperasian.

Secara dimensi, Honda Scoopy eSP memiliki panjang 1.856 mm, lebar 694 mm, dan tinggi 1.060 mm dengan berat 96 kg. Rangka tulang punggung memberikan stabilitas dan kenyamanan saat berkendara. Suspensi depan menggunakan sistem teleskopik, sementara suspensi belakang menggunakan lengan ayun dengan shockbreaker tunggal, mengoptimalkan kenyamanan selama perjalanan.

Dengan ban tubeless berukuran 80/90 – 14 M/C 40P di bagian depan dan 90/90 – 14 M/C 46P di bagian belakang, Scoopy eSP menawarkan kestabilan yang baik. Sistem pengereman terdiri dari cakram hidrolik dengan piston tunggal di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang.

Dalam hal kelistrikan, Scoopy eSP dilengkapi dengan sistem pengapian full transistorized, baterai 12 V – 5 A.h tipe MF, dan busi tipe NGK MR9C-9N/Denso U27EPR-N9. Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3,7 liter, skuter ini dapat menempuh perjalanan jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar. Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Honda Scoopy eSP menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan skuter matik dengan performa handal dan desain yang stylish.

Kelebihan Scoopy eSP

Desain Elegan dan Klasik

Dengan membawa desain yang retro klasik, tentu saja motor ini memiliki nilai plus tersendiri di mata konsumen. Pasalnya sebelum hadirnya Yamaha Fino 125, Motor Honda Scoopy eSP ini merupakan satu satunya motor matic di Indonesia yang memiliki tampilan yang klasik dan retro.

Ruang Bagasi Luas

Dimana dengan ruang bagasi yang luas akan memberikan kemudahan bagi pemilik motor ini apabila ingin membawa barang bawaan dengan jumlah yang banyak namun tidak merasa kerepotan sebab barang bawaan bisa ditaruh di bagasi motor.

Mudah Di Modifikasi

Sedangkan untuk Kelebihan Motor Scoopy eSP yang terakhir yaitu mudah untuk di modifikasi. Dibalut dengan desain yang simple namun memiliki kesan retro, menurut modifikator Motor Scoopy eSP ini termasuk motor yang sangat mudah dilakukan custom dengan berbagai konsep modifikasi.

Kekurangan Scoopy eSP

Performa Kurang Bertenaga

Performa mesin yang kurang bertenaga merupakan kekurangan yang ada pada motor ini, hal ini dikarenakan pabrikan honda hanya membekali motor ini dengan mesin berkapasitas 110cc saja sehingga untuk performanya pun cukup standar.

Harga Cukup Mahal

Memang tidak bisa dipungkiri, dibandrol dengan harga 17 jutaan ( per Agustus 2019) namun membawa mesin 110 cc. Motor ini cukup mahal, pasalnya jika melihat pesaingnya dengan harga sebesar itu bisa mendapatkan matic 125 cc.

Kapasitas Tangki BBM Sedikit

Lalu untuk Kekurangan Honda Scoopy eSP yang terakhir yaitu kapasitas tangki bbm yang sedikit. Yang mana daya tampung bbm pada motor ini hanya sebesar 3,7 L saja, padahal jika melihat ukuran tubuh yang cukup bongsor seharusnya motor ini bisa memiliki ukuran tangki bbm dengan kapasitas yang lebih besar.

Perbandingan Honda Beat eSP dan Scoopy eSP

Honda Beat eSPHonda Scoopy eSP
Kelebihan- Lincah dan Gesit
- Mesin Cukup Bertenaga
- Fitur Cukup Lengkap
- Desain Elegan dan Klasik
- Ruang Bagasi Luas
- Mudah Di Modifikasi
Kekurangan- Tarikan Kurang Responsif
- Ukuran Bagasi Kecil
- Ruang Pijak Terlalu Sempit
- Performa Kurang Bertenaga
- Harga Cukup Mahal
- Kapasitas Tangki BBM Sedikit
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara Honda Beat eSP dan Scoopy eSP tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan penggunaan sehari-hari, dan gaya hidup. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur spesifik, kinerja mesin, kenyamanan, dan desain eksterior sebelum membuat keputusan akhir. Dengan memahami keunggulan dan kelemahan masing-masing model, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan ekspektasi dan keinginan mereka.

Anda Pilih Honda Beat eSP atau Scoopy eSP?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!