Smartphone

Pilih Mana: Honor 9X vs 9X Pro

Honor resmi meluncurkan kedua smartphone terbarunya pada bulan Agustus 2019, yaitu Honor 9X dan 9X Pro, Kedua smartphone tersebut dirilis pertama kali di Tingkok, China. Kedua smartphone ini mengusung layar penuh dengan sistem pop-up pada kamera depannya.

Pada artikel selera.id kali ini kami akan membahas kedua smartphone terbaru dari Honor ini dan mencoba membandingkan keduanya, Smartphone mana yang layak untuk menjadi pilihan terbaik? Yuk langsung saja cari jawabannya di bawah ini!

Honor 9X vs 9X Pro

Honor 9X

Honor 9X series ini didukung dengan chipset kelas menengah premium terbaru milik Huawei, Kirin 810. Chipset memiliki CPU octa-core (2x A76 di 2.3GHz, 6x A55 di 1.9GHz) dan GPU Mali-G52. Perangkat berjalan menggunakan sistem operasi Android 9 Pie yang dikustomisasi ke dalam EMUI 9.1. Pengguna juga dapat merasakan fitur GPU Turbo 3.0 yang telah tertanam di dalam smarphone. Baca juga: Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor View 20?

Honor 9X series membawa layar IPS LCD 6,59 inci beresolusi Full HD Plus (1,080 x 2,340 piksel), mirip seperti Huawei P Smart Z.

Desain Honor 9X

Pada desain eksteriornya smartphone Honor 9X ini membawa konsep desain unik. Pasalnya, pada sisi bodinya, khususnya di bagian belakang tampak gradasi warna dengan aksen huruf “X” yang sangat anggun dan terkesan mewah. Selain itu, layarnya juga canggih berkat mengusung panel LTPS IPS LCD dengan ukuran layar 6.59 inci yang siap menjamin visualisasi tajam dan lebih jernih.

Honor 9X ini memiliki ukuran dimensi bodi yang terbilang cukup ideal untuk sekelas smartphone di lainnya saat ini. Dimana, Smartphone Honor 9X yang berasal dari Tiongkok tersebut mengusung dimensi bodi 163.1 x 77.2 x 8.8 mm yang membuatnya tampak terkesan cukup tipis.

Selain itu, bobotnya juga bisa dibilang cukup ideal dan pas 206 gram dengan tepi sisi yang dibuat begitu smooth sehingga cukup nyaman berada di genggaman.

Spesifikasi Honor 9X

Honor 9X Series hadir dengan layar IPS LCD 6,59 inci beresolusi Full HD Plus (1,080 x 2,340 piksel). Perangkat ini memiliki layar yang luas berkat kamera selfie pop-up 16 MP yang tersemat di bagian depan.

Diotaki dengan chipset Kirin 810 dengan CPU Octa-Core 2,3 GHz dan GPU Mali-G52, Honor 9X Series telah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dikustomisasi ke dalam EMUI 9.1. Sektor kamera Honor 9X sendiri memiliki kamera belakang ganda beresolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan 2 MP.

Honor 9X ini dibekali dengan dua kamera belakang yang memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan 2 MP sebagai depth sensor.

Honor 9X dibekali dengan RAM sebesar 6 GB dan dua varian penyimpanan sebesar 64 GB dan 128 GB. Sedangkan Honor 9X Pro menawarkan pikihan RAM 8 GB dan dua varian penyimpanan sebesar 128 GB dan 256 GB.

Honor 9X vs 9X Pro

Kelebihan Honor 9X

  • Desain mewah
    Honor 9X ini dihadirkan untuk jadi pesaing serius dari realme X dan Redmi K20. Smartphone ini datang dengan desain yang cukup mewah dan anggun namun tetap kokoh. Bagian belakangnya berisikan kombinasi dari material kaca dan logam yang menambah kesan megah pada smartphone ini.
  • Dilengkapi dengan chipset yang bertenaga
    Kelebihan Honor 9X lainnya terdapat pada sisi chipset. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Kirin 810 yang cukup kuat. Dan juga smartphone ini dilengkapi dengan dukungan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB menjadikan smartphone ini sangat mantap untuk menggunakan berbagai aplikasi.
  • Terdapat kamera pop-up
    Kamera depan pada smartphone Honor 9x ini menggunakan mekanisme pop-up kamera yang punya resolusi 16 MP. Dengan sejumlah kamera ini diyakini foto yang dihasilkan bakal bagus dan tangguh disegala kondisi cahaya.

Kekurangan Honor 9X

  • Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia
    Kekurangan yang pertama yang ada pada Honor 9X ini yaitu dari segi persediaannya, dimana persediaan smartphone ini masih cukup langka, Mengingat smartphone ini baru dirilis di Negara asalnya yang memungkinkan persediaan di Indonesia masih jarang.
  • Rentan kotor
    Kekurangan yang lainnya pada Honor 9X ini yaitu dariu segi bodinya yang rentan kotor karena bekas sidik jari, Sehingga kalian perlu menggunakan case perlindungan tambahan untuk menjaga smartphone agar tetap bersih dan terlihat menarik.
  • Belum mendukung quick charge
    Tidak ada salahnya jika mengharapkan fitur pengisian cepat pada smartphone ini. Karena smartphone saat ini sudah banyak dibekali dengan fitur ini. Tetapi, sayangnya, Anda tidak akan bisa mendapatkan pengisian cepat pada smartphone ini.

Honor 9X Pro

Perubahan yang cukup drastis ini pun sudah kelihatan dari luar. Baik Honor 9X maupun 9X Pro sama-sama mengadopsi desain tanpa bezel ataupun notch, sehingga cuma menyisakan sedikit bezel di bawah layar. Mengikuti tren yang sedang ramai sekarang.

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau Samsung Galaxy S10e?
Honor 9X dan 9X Pro juga mengusung kamera depan model pop-up.

Honor 9X vs 9X Pro

Honor 9X Pro yang telah diluncurkan di Tiongkok menggunakan chipset Kirin 810 Octa-Core terbaru yang sudah menggunakan teknologi proses 7nm sehingga efisien dalam menggunakan daya baterai.

Spesifikasi Honor 9X Pro

Spesifikasi Utama Honor 9X Pro hadir dengan spek yang sangat mirip dengan Honor 9X selain perbedaan pada sektor kameranya. Berbeda dengan Honor 9, versi “Pro” memiliki pengaturan tiga Kamera pada sasis belakangnya yang terdiri dari sensor utama besar 48-megapiksel, sensor sudut ultrawide 8-megapiksel dan sensor depth 2-megapiksel.

Smartphone ini juga didukungan dengan RAM 8 GB dan storage internal dengan pilihan 128 GB atau 256 GB, membuat Honor 9X Pro mampu menjalankan aplikasi maupun game secara multitasking dengan lancar.

Dibandingkan smartphone Honor generasi sebelumnya, Honor 9X mempunyai layar yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni sekali. Hal ini bisa terjadi berkat kamera depannya yang menggunakan sistem pop-up sehingga berada di bagian dalamya.

Kamera depannya ini mempunyai resolusi 16 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik. Sementara tiga kamera belakangnya mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP, kamera sekunder 2 MP, dan kamera ultra-wide 8 MP.

Dengan fitur yang menarik ini, Honor 9X Pro dijual dengan harga yagn dimulai sekitar Rp 4,48 juta di Tiongkok saat perilisan pertamanya pada bulan Agustus 2019.

Kelebihan Honor 9X Pro

  • Dilengkapi dengan RAM yang besar
    Kelebihan Honor 9X Pro ini yaitu Smartphone ini didukungan dengan RAM 8 GB dan storage internal dengan pilihan 128 GB atau 256 GB, membuat Honor 9X Pro mampu menjalankan aplikasi maupun game secara multitasking dengan lancar.
  • Memiliki layar yang luas
    Dibandingkan smartphone Honor generasi sebelumnya, Honor 9X mempunyai layar yang benar-benar memenuhi bagian depan tanpa hadirnya poni sekali. Yang membuat penggunaan lebih puas dan layarnya pun cukup tajam.
  • Memiliki kamera pop-up dan tiga kamera belakang
    Kamera depan smartphone ini dilengkapi dengan kamera pop-up yang kekinian yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik. Sementara tiga kamera belakangnya mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP, kamera sekunder 2 MP, dan kamera ultra-wide 8 MP yang dapat menunjang kebutuhan photography mu menjadi lebih baik.

Kekurangan Honor 9X Pro

  • Harga lebih tinggi
    Kekurangan yang pertama yang ada pada Honor 9X Pro ini yaitu dari segi harganya, Jika dibandingkan dengan 9X, 9X Pro ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi mengingat embel-embel X yang ada pada namanya dan berbagai fitur unggulan yang ada pada smartphone ini.
  • Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia
    Kekurangan yang lainnta yang ada pada Honor 9X Pro ini serupa dengan 9X yaitu dari segi persediaannya, dimana persediaan smartphone ini masih cukup langka, Mengingat smartphone ini baru dirilis di Negara asalnya yang memungkinkan persediaan di Indonesia masih jarang.
  • Tidak dilengkapi dengan quick charge
    Tidak ada salahnya jika mengharapkan fitur pengisian cepat pada smartphone ini. Karena smartphone saat ini sudah banyak dibekali dengan fitur ini. Tetapi, sayangnya, Anda tidak akan bisa mendapatkan pengisian cepat pada smartphone ini.
Spesifikasi Honor 9XHonor 9X Pro
Dimensi 163.1 x 77.2 x 8.8 mm (6.42 x 3.04 x 0.35 in) 163.1 x 77.2 x 8.8 mm (6.42 x 3.04 x 0.35 in)
Resolusi1080 x 2340 piksel, rasio 19,5: 91080 x 2340 piksel, rasio 19,5: 9
CPU Octa-core (2x2.27 GHz Cortex-A76 & 6x1.88 GHz Cortex-A55) Octa-core (2x2.27 GHz Cortex-A76 & 6x1.88 GHz Cortex-A55)
Intern 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM
Fitur LED flash, HDR, panoramaLED flash, HDR, panorama

Pilih Mana Honor 9X vs 9X Pro

Honor 9XHonor 9X Pro
Kelebihan- Desain mewah - Dilengkapi dengan chipset yang bertenaga - Terdapat kamera pop-up - Dilengkapi dengan RAM yang besar - Memiliki layar yang luas - Memiliki kamera pop-up dan tiga kamera belakang
Kekurangan - Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia - Rentan kotor - Belum mendukung quick charge - Harga lebih tinggi  - Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia - Tidak dilengkapi dengan quick charge

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas mengenai kedua smartphone asal Tiongkok yaitu Honor 9X dan 9X Pro dapat kita simpulkan bahwa keduanya banyak kesamaan, Namun tetap saja ada beberapa perbedaan yang ada menginat 9X Pro lebih unggul dalam berbagai fitur dan RAM nya yang lebih besar. Namun, untuk varian Honor 9X ini dibandrol dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan 9X Pro. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kalian sediakan ya guys!

Leave a Reply