Smartphone

Pilih Mana: Honor 9X vs Redmi Note 8 Pro?

Saat ini persaingan di dunia smartphone semakin memanas, Para produsen terus berlomba menghadirkan smartphone dengan kualitas terbaik, Salah satunya produsen smartphone Honor dan Redmi, Keduanya mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi unggul yaitu Honor 9X dan Redmi Note 8 Pro.

Kedua smartphone tersebut cukup bersaing dengan sengit di pasaran, Nah, bagi kalian yang bingung untuk memilih keduanya, dan ingin melihat smartphone mana yang lebih unggul, Jangan lewatkan artikel di bawah ini, Karena kami akan membandingkan keduanya dengan detail untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Honor 9X vs Redmi Note 8 Pro

Honor 9X

Honor 9X series ini dilengkapi  dengan chipset kelas menengah premium terbaru milik Huawei, Kirin 810. Chipset memiliki CPU octa-core (2x A76 di 2.3GHz, 6x A55 di 1.9GHz) dan GPU Mali-G52. Perangkat berjalan menggunakan sistem operasi Android 9 Pie yang dikustomisasi ke dalam EMUI 9.1. Pengguna juga dapat merasakan fitur GPU Turbo 3.0 yang telah tertanam di dalam smarphone. Baca juga Pilih Mana: Honor 9X vs 9X Pro

Honor 9X series membawa layar IPS LCD 6,59 inci beresolusi Full HD Plus (1,080 x 2,340 piksel), mirip seperti Huawei P Smart Z.

Spesifikasi Honor 9X

Honor 9X Series hadir dengan layar IPS LCD 6,59 inci beresolusi Full HD Plus (1,080 x 2,340 piksel). Perangkat ini memiliki layar yang luas berkat kamera selfie pop-up 16 MP yang tersemat di bagian depan.

Diotaki dengan chipset Kirin 810 dengan CPU Octa-Core 2,3 GHz dan GPU Mali-G52, Honor 9X Series telah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dikustomisasi ke dalam EMUI 9.1. Sektor kamera Honor 9X sendiri memiliki kamera belakang ganda beresolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan 2 MP.

Honor 9X ini dibekali dengan dua kamera belakang yang memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan 2 MP sebagai depth sensor.

Honor 9X dibekali dengan RAM sebesar 6 GB dan dua varian penyimpanan sebesar 64 GB dan 128 GB. Sedangkan Honor 9X Pro menawarkan pikihan RAM 8 GB dan dua varian penyimpanan sebesar 128 GB dan 256 GB.

Desain Honor 9X

Pada desain eksteriornya smartphone Honor 9X ini membawa konsep desain unik. Pasalnya, pada sisi bodinya, khususnya di bagian belakang tampak gradasi warna dengan aksen huruf “X” yang sangat anggun dan terkesan mewah.

Honor 9X vs Redmi Note 8 Pro

Layar Honor 9X ini juga canggih berkat mengusung panel LTPS IPS LCD dengan ukuran layar 6.59 inci yang siap menjamin visualisasi tajam dan lebih jernih.

Honor 9X ini memiliki ukuran dimensi bodi yang terbilang cukup ideal untuk sekelas smartphone di lainnya saat ini. Dimana, Smartphone Honor 9X yang berasal dari Tiongkok tersebut mengusung dimensi bodi 163.1 x 77.2 x 8.8 mm yang membuatnya tampak terkesan cukup tipis.

Kelebihan Honor 9X

  • Tampilan desain mewah
    Smartphone Honor 9X ini hadir dilengkapi dengan desain yang cukup mewah dan anggun namun tetap kokoh. Bagian belakangnya berisikan kombinasi dari material kaca dan logam yang menambah kesan megah pada smartphone ini.
  • Kamera depan pop-up
    Kamera depan pada smartphone Honor 9x ini menggunakan mekanisme pop-up kamera yang punya resolusi 16 MP. Dengan sejumlah kamera ini diyakini foto yang dihasilkan bakal bagus dan tangguh disegala kondisi cahaya.
  • Dilengkapi dengan chipset yang bertenaga
    Kelebihan Honor 9X lainnya terdapat pada sisi chipset. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Kirin 810 yang cukup kuat. Dan juga smartphone ini dilengkapi dengan dukungan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB menjadikan smartphone ini sangat mantap untuk menggunakan berbagai aplikasi.

Kekurangan Honor 9X

  • Bodi yang rentan kotor
    Kekurangan yang pertama pada Honor 9X ini yaitu dariu segi bodinya yang rentan kotor karena bekas sidik jari, Sehingga kalian perlu menggunakan case perlindungan tambahan untuk menjaga smartphone agar tetap bersih dan terlihat menarik.
  • Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia
    Kekurangan yang lainnya yang ada pada Honor 9X ini yaitu dari segi persediaannya, dimana persediaan smartphone ini masih cukup langka, Mengingat smartphone ini baru dirilis di Negara asalnya yang memungkinkan persediaan di Indonesia masih jarang.
  • Belum mendukung quick charge
    Tidak ada salahnya jika mengharapkan fitur pengisian cepat pada Honor 9X ini. Karena smartphone saat ini sudah banyak dibekali dengan fitur ini. Tetapi, sayangnya, Anda tidak akan bisa mendapatkan pengisian cepat pada smartphone ini.

Redmi Note 8 Pro

Smartphone Redmi Note 8 Pro ini merupakan salah satu andalan Xiaomi yang dilengkapi dengan sejumlah fitur yang cukup menarik, termasuk kamera utama dengan resolusi 64MP.

Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama yang hadir di Indonesia dengan kamera 64MP sebelum banyak smartphone pesaingnya. Redmi Note 8 Pro didukung dengan chipset MediaTek Helio G90T ini diperkuat baterai dengan kapasitas yang besar yakni 4.500mAh.

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro dibekali dengan konfigurasi quad-camera yang terdiri dari kamera beresolusi 64 MP (f/1.9, wide), 8 MP (f/2.2, ultrawide), 2 MP (f/2.4, macro lens), dan 2 MP (f/2.4, depth sensor).   Kamera belakang Redmi Note 8 Pro disusun secara vertikal dan diletakkan di bagian tengah atas bodi ponsel,

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V15 atau Samsung A50?

Honor 9X vs Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro dibekali kamera depan 20 MP (f/2.0), sementara milik Redmi Note 8 beresolusi 13 MP (f/2.0). Kamera selfie pada kedua ponsel ini disematkan di dalam poni (notch) dengan model yang sama, dengan gaya ala tetesan air (waterdrop).

Di segi display, ukuran layar Redmi Note 8 Pro sedikit lebih besar yakni 6,53 inci, sementara Redmi Note 8 berdiagonal 6,3 inci. Jenis panel dan resousi layar keduanya serupa (IPS LCD, Full HD Plus), demikian juga aspect ratio yang sama-sama 19,5:9.

Desain Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,53 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan desain waterdrop notch. Lubang di atas layar merupakan tempat untuk kamera depan. Smartphone ini cuma ada dua tombol fisik yang berfungsi untuk volume dan on/off. Kedua tombol ini berada di sisi kanan bodi smartphone.

Lalu, pada bodi bagian bawah, terdapat speaker grill, port USB Type-C, dan audio jack 3.5mm. Xiaomi meletakkan tray kartu SIM dan microSD di sisi kiri. Smartphone dengan berat 200 gram ini terasa nyaman digenggam. Hal ini terutama berkat desain lekukan yang ada di sisi kanan dan kiri, sehingga terasa nyaman di dalam genggaman.

Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone segmen menengah dengan desain premium. Tampilannya dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang.

Kelebihan Redmi Note 8 Pro

  • Dilengkapi dengan kamera dengan spesifikasi tinggi
    Redmi Note 8 Pro hadir dengan memiliki empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth sensor 2MP, dan kamera utama yang jadi primadona, kamera 64 MP. Sehingga hasil foto pada smartphone ini layak di acungi jempol.
  • Desain dan build quality mewah
    Redmi Note 8 Pro memiliki desain dan build quality yang bagus di kelasnya. Bagian pinggir HP ini memang terbuat dari plastik tetapi lapisan depan dan belakang Redmi Note 8 Pro sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.
  • Daya tahan baterai yang baik
    Realme Note 8 Pro ditopang dengan kapasitas baterai 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini  terbilang besar untuk Redmi Note series. Hal ini karena Redmi Note series sebelumnya umumnya hanya menawarkan baterai dengan kapasitas 4.ooo mAh saja.

Kekurangan Redmi Note 8 Pro

  • Menggunakan slot SIM hybrid
    Hanya saja, Redmi Note 8 Pro ini masih menggunakan slot SIM hybrid di mana pengguna hanya dapat menggunakan satu kartu SIM saja jika ingin menambahkan memori ekternal pada smartphone. Hal ini sayangnya dianggap kurang efektif dan merepotkan oleh sebagian pengguna.
  • Hanya dilengkapi dengan speaker mono
    Redmi Note 8 Pro belum melengkapi dengan speaker stereo. Smartphone  ini hanya memiliki satu speaker saja alias speaker mono. Sehingga hasil suara pada smartphone ini cukup oke, Namun suaranya tidak lantang dan renyah jika dibandingkan dengan stereo.
  • Lensa macro dan wide kurang maksimal
    Meskipun telah mengusung konfigurasi quad kamera pada bodi bagian belakangnya, tapi menurut sejumlah pengguna yang telah mencobanya, lensa kamera macro dan wide dari Redmi Note 8 Pro ini dirasa kurang maksimal.
Spesifikasi Honor 9XRedmi Note 8 Pro
Prosesor HiSilicon Kirin 810 MediaTek Helio G90T
Baterai 4000 mAh 4500 mAh
Kamera 48 MP + 2 MP 64 + 8 + 2 + 2 MP
Penyimpanan 64 GB 64 GB
Sistem Operasi Android v9.0 (Pai) Android v9.0 (Pai)

Pilih Mana: Honor 9X vs Redmi Note 8 Pro?

Honor 9XRedmi Note 8 Pro
Kelebihan - Tampilan desain mewah - Kamera depan pop-up - Dilengkapi dengan chipset yang bertenaga - Dilengkapi dengan kamera dengan spesifikasi tinggi - Desain dan build quality mewah - Daya tahan baterai yang baik
Kekurangan - Bodi yang rentan kotor - Ketersediaan produk yang masih terbatas di Indonesia - Belum mendukung quick charge - Menggunakan slot SIM hybrid - Hanya dilengkapi dengan speaker mono - Lensa macro dan wide kurang maksimal

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan dari artikel di atas yang telah membahas mengenai Honor 9X dan Redmi Note 8 Pro, Bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi kami bisa merekomendasikan untuk memiliki Redmi Note 8 Pro jika kalian menginginkan smartphone dengan kamera yang cukup memupuni. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply