Perangkat KerasTechnology

Pilih Mana: Huawei E5573 vs Huawei E5577

Internet merupakan salah satu kebutuhan manusia yang cukup penting. Dengan berinternet, kita tentu bisa mengetahui informasi, data dan sebagainya dari dunia luar. Untuk itulah Huawei meluncurkan beberapa modem yang bisa digunakan untuk berinternet ria, salah satunya seperti Huawei E5573 dan Huawei E5577.

Huawei E5573 dan Huawei E5577 merupakan modem yang berukuran minimalis dan simpel yang bisa kamu bawa kemana-mana dengan mudah. Performa internet yang dihasilkan juga mumpuni, tentunya dibantu dengan provider yang mumpuni juga ya guys.

Pada artikel kali ini, Selera.id akan membahas lebih dalam mengenai Huawei E5573 dan Huawei E5577 yang bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih modem andalan kamu. Stay tune guys!

Huawei E5573 vs Huawei E5577

Huawei E5573

Tahun 2014 menjadi tahun dirilisnya produk terbaru berupa modem Huawei E5573. Modem itu memiliki desain yang simpel dan dengan dimensi yang sedikit lebih besar dibanding dengan modem Huawei E5577. Tetapi keduanya tetap dalam bentuk yang terbilang minimalis yang bisa dikatakan ramah tempat karena tidak memerlukan banyak ruang.

Huawei e5573 menjelaskan kalau modem itu juga didukung oleh jaringan 4G yang sudah banyak dipakai oleh perangkat lain. Kecepatan downloadnya sanggup mencapai 150 Mbps dan juga bisa diakses oleh sebagian orang sampai 10 perangkat dalam satu modem.

Akan terbayang begitu unggulnya dan bermanfaatnya modem ini diciptakan yang pasti sudah disesuaikan dengan kebutuhan serta permintaan masyarakat. Untuk bisa memakainya kamu cuma mesti menekan tombol yang ada ditengah modem dan akan langsung bisa mencicipi berselancar di dunia internet dengan cepat.

Mobile Wi-Fi ini bisa kamu gunakan dengan sistem operasi komputer Windows atau Mac cukup dengan bermodalkan kabel USB dan kamu bisa langsung memakainya. Adapun kabel USB yang disediakan mempunyai pin Micro USB dan mempunyai panjang 1,2 m sehingga kamu bisa menggunakannya dengan lebih nyaman.

Tidak lupa pula disediakan micro SD card slot yang sanggup menampung kartu memori hingga kapasitas 32 GB. Baca juga Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Huawei E5573 vs Huawei E5577

Kelebihan Huawei E5573

  • Desain simpel dan mudah dipakai
    Di bagian depan terdapat tombol Power dengan logo Huawei di atasnya. Di sebelah kanan tombol ada indikator baterai serta di kiri terdapat indikator sinyal. Kamu dapat mengetahui kekuatan sisa kapasitas baterai dan kekuatan sinyal dari warna lampu indikator. Huawei E5573 hadir dalam opsi warna hitam dan putih. Beratnya cuma berkisar 100 gram dan tebal 12. 8 mm sehingga terasa ringan saat dikantongi.
  • Mendukung 4G sampai 150 Mbps
    Huawei E5573 mendukung jaringan 4G LTE Cat 4 yang mempunyai Bandwidth kecepatan Download sampai 150 Mbps dan Upload sampai 50 Mbps. Kemampuan berjalan di banyak frekuensi jaringan 4G memungkinkan Modem ini dapat dipakai dengan berbagai merek operator di tanah air. Seri E5573 bekerja dengan cara menembakan sinyal Wi-Fi ke perangkat Mobile.
  • Bisa membagi koneksi sampai 10 user
    Huawei Modem MiFi E5573 bisa membagi koneksi internet sampai ke 10 User atau perangkat secara bersamaan. Modem ini juga mempunyai fitur Auto APN untuk memudahkan kamu menyeting internet di operator berbeda.

Kekurangan Huawei E5573

  • Kapasitas baterai kecil
    Modem Huawei e5573 memiliki kelemahan dalam kapasitas baterainya yang cuma dibekali 1500 mAh saja yang hanya sanggup bertahan 4-6 saja dengan pemakaian yang intens. Maka dari itu, sangat diperlukannya powerbank atau USB yang disambungkan dengan laptop untuk memuat dayanya sehingga bisa dipakai lebih lama tanpa menghiraukan baterai.
  • Baterai tidak bisa di cek saat di bypass
    Modem ini bisa di bypass bisa hidup tanpa baterai dengan aplikasi DC unlocker, namun ketika di bypass baterai maka indikator baterai tidak akurat, akan selalu tertulis 100%. Sehingga tentunya kita tidak tahu modem ini sudah terisi penuh atau belum.
  • Tidak ada antena port
    Seperti yang kita tahu bahwa antena port berguna untuk mencari dan meningkatkan sinyal jadi lebih baik lagi. Hal ini sayangnya tidak disematkan oleh Huawei E5573. Namun sebagian besar review dari para penggunanya bahwa sinyal yang didapat dari modem ini sudah cukup baik.

Huawei E5577

Huawei E5577 dibalut dengan bodi plastik berwarna hitam. Dimensi keseluruhannya terbilang cukup mungil untuk sebuah MiFi, yaitu 93,5 x 57,1 x 14,4 mm. Sementara beratnya cuma sekitar 82 gram (sudah termasuk baterai). Hal tersebut membuatnya cukup nyaman untuk dibawa kemana-mana. Pasalnya, tak hanya ukurannya yang pas disaku, bobotnya juga cukup enteng.

Melalui tombol power, tombol menu, dan layar LCD, konsumen dapat mengakses berbagai konfigurasi yang ada pada MiFi Huawei E5577 secara langsung. Ketika masuk ke dalam konfigurasinya, tombol menu berfungsi sebagai tombol next dan tombol power berfungsi untuk tombol OK.

Huawei E5573 vs Huawei E5577

Selain dapat dipakai sebagai modem dial-up, MiFi ini juga bisa difungsikan sebagai range extender. Oleh karena itu, ia dibekali dengan konfigurasi WiFi Extender yang dapat diakses langsung melalui perangkat.

Huawei E5577 sendiri mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G LTE baik FDD maupun TDD. Untuk FDD, MiFi ini dapat ‘berlari’ dengan kecepatan sampai 150 Mbps dan 112 Mbps untuk TDD.

Kelebihan Huawei E5577

  • Support 4G sampai 150 Mbps
    Tak ketinggalan dengan maraknya pemakaian 4G, Modem jenis ini mendukung konektivitas 4G dengan kecepatan bisa menggapai 150 Mbps. Tentunya sangat menggiurkan untuk segera dimiliki tentunya yang dalam tempat apapun kamu bisa dengan mudah membawanya tanpa khawatir memenuhi tas kamu.
  • Berbagi koneksi sampai 10 perangkat
    Sama halnya dengan Huawei E5773, yaitu kemampuannya yang bisa membagikan konektivitas pada 10 perangkat yang bisa kamu nikmati bersama teman kamu maupun keluarga kamu.
  • Ukuran yang minimalis
    Dengan mengusung desain ukuran yang minimalis, modem ini mudah dan ringan untuk dibawa kemana-mana. Jangan khawatir jika kamu ingin membawanya ke dalam tas karena tidak memakan banyak tempat.

Kekurangan Huawei E5577

  • Kapasitas baterai yang kecil
    Bisa dibayangkan dengan kapasitas baterai sebesar 1500 mAh itu yang cuma sanggup bertahan 4 sampai 6 jam saja maka kamu pasti membutuhkan powerbank yang dipakai sewaktu-waktu bila baterai habis sementara kamu masih perlu memakainya.
  • Belum dilengkapi slot memory card
    Kekurangan lain dari Huawei E5577 ini yaitu tidak adanya slot memori yang dapat digunakan untuk kebutuhan penyimpanan data. Alhasil, kamu yang suka sekali melakukan aktivitas sinkronisasi data tentu akan cukup kesusahan.
  • Harga lebih mahal dari E5573
    Harga yang disematkan oleh Huawei untuk seri E5577 nya lebih mahal daripada E5573. Namun tentunya ini sesuai dengan performa dan manfaat yang diberikan oleh modem ini ya guys.
SpesifikasiHuawei E5573Huawei E5577
Frekuensi2600 MHz 2600 MHz
Kecepatan150 Mbps 150 Mbps
Dimensi96.8 x 58 x 12.8 mm 93.5 x 57.1 x 14.4 mm
Berat75 g 82 g
Kapasitas baterai1500 mAh1500 mAh

Huawei E5573 vs Huawei E5577

Tips memilih provider internet yang baik

1. Lihat lokasi
Kamu perlu tahu bahwa tidak seluruh layanan provider broadband dapat menjangkau seluruh lokasi di semua Indonesia, mungkin termasuk lokasi kamu. Misalnya menjangkau tapi layanan 3G tidak dapat dinikmati di wilayah tertentu. Agar tidak kecewa, lakukan survei kecilan-kecilan di sekitar rumah untuk mengetahui provider jenis apa yang lancar jaya di sekitar rumahmu.

2. Pahami kebutuhan
Dengan mengetahui apa yang paling kamu butuhkan akan mempermudah kamu memilih provider internet. Perihal ini juga dapat membantu kamu untuk menghemat rupiah. Kuota paket internet berbeda- beda jumlah dan masa aktifnya. Jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Ketahui harga
Dengan mengetahui harganya, kamu dapat mengetahui berapa dana yang mesti kamu siapkan untuk kebutuhan internet tiap bulannya. Karena itu, kamu perlu mengecek paket internet yang ditawarkan antar provider dan juga sesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Pilih modem
Nah, kamu yang memakai internet di komputer, sebaiknya mesti mempunyai modem yang oke, yakni yang awet serta tidak gampang panas. Pokoknya, yang mendukung kecepatan internet kamu. Jika kamu bingung untuk memilih modem mana yang akan dipakai, tanya ke teman kamu yang memakai modem atau langsung ke pihak penjual. Semakin bagus kualitas modem, umumnya akan semakin mahal harganya.

Pilih Mana: Huawei E5573 vs Huawei E5577

Huawei E5573Huawei E5577
Kelebihan- Desain simpel dan mudah dipakai - Mendukung 4G sampai 150 Mbps - Bisa membagi koneksi sampai 10 user - Support 4G sampai 150 Mbps - Berbagi koneksi sampai 10 perangkat - Ukuran yang minimalis
Kekurangan- Kapasitas baterai kecil - Baterai tidak bisa di cek saat di bypass - Tidak ada antena port - Kapasitas baterai yang kecil - Belum dilengkapi slot memory card - Harga lebih mahal dari E5573

Kesimpulan

Setelah kita bahas diatas mengenai Huawei E5573 dan Huawei E5577, maka dapat disimpulkan bahwa kedua modem ini memiliki performa dan kualitas yang sangat baik. Kekurangan yang cukup menonjol dari kedua modem ini adalah kapasitas baterai yang hanya bertahan sekitar 4-6 jam saja. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan modem andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei E5573 vs Huawei E5577

VS

Leave a Reply