Smartphone

Pilih Mana: Huawei P30 Lite vs Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Saat ini sudah banyak smartphone dengan kualitas terbaik yang bisa kamu jadikan andalan untuk aktivitas sehari-hari dengan harga yang tidak terlalu tinggi, salah duanya seperti Huawei P30 Lite dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Huawei P30 Lite dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah dua smartphone canggih yang menjadi andalan banyak orang, khususnya kaum milenial. Warna yang diusung oleh kedua smartphone ini cukup bervariasi dan memanjakan mata.

Kali ini Selera.id akan mengulas lebih dalam mengenai kedua smartphone canggih ini sehingga bisa kamu jadikan acuan dan referensi saat memilihnya nanti. Disini aja ya!

Merk Alat Pembuat Pasta Terbaik

Huawei P30 Lite

Untuk menunjang kinerja smartphone ini Huawei membenamkan chipset Kirin 710 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G51 MP4. Penyimpanannya disokong RAM 6GB, ROM 128GB dan slot MicroSD sampai 512GB.

Dukungan teknologi GPU Turbo berbasis AI sanggup memberikan performa maksimal terutama saat bermain game. Selain performa optimal, teknologi GPU Turbo sanggup membuat daya tahan baterai lebih hemat. Baca juga Pilih Mana: Huawei Y9 Prime vs Samsung Galaxy A50

Kamera Huawei P30 Lite

Kamera belakang milik P30 Lite dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera, yang terdiri dari satu kamera beresolusi 24 MP dengan aperture f/1.8 untuk memotret sudut lebar, satu kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.4 untuk memotret sudut ultra lebar.

Dan satu kamera lagi beresolusi 2 MP yang berguna untuk menghadirkan efek bokeh. Berbeda dengan dua saudaranya, yakni P30 serta P30 Pro, ponsel P30 Lite tidak ada kolaborasi bersama Leica pada kameranya.

Baterai Huawei P30 Lite

Huawei membekali P30 Pro ini dengan baterai sebesar 4.200 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini dan dalam pemakaian yang normal, perangkat akan sanggup bertahan seharian tanpa mesti menchargenya.

Huawei juga melengkapi pengisian daya nya dengan memberikan fitur 40w SuperCharge yang sanggup mengisi daya sebanyak 70 persen dalam waktu 30 menit.

Merk Alat Pembuat Pasta Terbaik

Fitur Huawei P30 Lite

  1. Fingerprint
    Pemindai sidik jari di Huawei P30 Lite berfungsi dengan baik dan cuma membutuhkan waktu 0,25 detik untuk mengenalinya. Dalam kondisi jari basah fitur ini juga masih sanggup bekerja.
  2. Face unlock
    Pengenal wajah juga bisa berfungsi dengan sudut kemiringan 45 derajat baik sisi kanan, kiri maupun atas, bawah wajah.

Kelebihan Huawei P30 Lite

  • Desain kekinian
    Sama seperti dua saudaranya, HP Huawei P30 Lite juga hadir dengan konsep kekinian. Cover belakang HP ini dibuat dari bahan plastik atau polikarbonat yang terbuat reflektif sehingga tampilannya terlihat seperti kaca.
  • Kualitas layar bagus
    Layar HP Huawei P30 Lite ini masih memakai panel berteknologi IPS LCD. Walaupun begitu, layarnya tetap nyaman dipandang mata karena resolusinya juga sudah full HD+ 1080 x 2312 piksel dengan kerapatan layar di atas~400 ppi.
  • Baterai cukup awet
    Huawei P30 Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 3.340 mAh yang tergolong cukup. Daya tahan baterai HP ini juga cukup awet. Baterai HP ini sanggup bertahan selama 13 jam 7 menit untuk memutar video secara terus menerus.

Kekurangan Huawei P30 Lite

  • Tidak tahan air dan debu
    HP Huawei P30 Lite juga memiliki kekurangan tersendiri, nih. Yap, HP ini tidak mempunyai sertifikasi IP manapun, baik IP53, IP67 ataupun IP68. Singkatnya, HP terbaru dari Huawei ini tidak mempunyai ketahanan yang bagus terhadap air dan debu.
  • Cover belakang gampang kotor
    Walaupun cover belakangnya terlihat elegan bak dilapisi kaca, karena bahannya masih memakai polikarbonat alias plastik, alhasil bodi belakang HP ini rentan dipenuhi bekas sidik jari maupun goresan. Jadi, kamu mesti hati-hati saat memakainya. Bila perlu, kamu dapat memasangkan case untuk meminimalisir resiko ini.
  • Kurang terkenal
    Produk dari Huawei yang satu ini dirasa kurang begitu terkenal sehingga membuat orang jadi kurang tertarik menggunakannya. Untuk itu Huawei agar bisa lebih digencarkan lagi pemasarannya agar bisa menarik perhatian banyak orang.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Note 8 Pro dibekali prosesor anyar milik MediaTek yaitu seri G90T. Prosesor ini mempunyai 8 inti atau octa-core dengan konfigurasi 2x Cortex-A76 2.05 GHz dan 6×2.0 GHz Cortex A55, grafis Mali-G76 dan tipe memori dengan cache L3 yang besar.

Dengan cache yang besar, prosesor ini menjanjikan kinerja multi-threaded sampai 9% dibanding dengan chip pesaing. Sementara UFS 2.1 menawarkan streaming data yang lebih cepat, dan RAM LPDDR4x yang mendukung sampai 10GB pada 2133MHz untuk memori yang lebih baik dan optimalisasi bandwidth.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V15 Pro atau Xiaomi Mi 9?

Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro menawarkan upgrade yang cukup mengejutkan pada kameranya. Redmi note 8 pro membawa kamera 64MP pertama di Indonesia.

Total kamera utamanya ada 4, satu kamera utama beresolusi 64MP, satu kamera ultra wide beresolusi 8MP, satu kamera makro beresolusi 2MP, dan satu kamera 2MP untuk depth sensor.

Merk Alat Pembuat Pasta Terbaik

Secara teknis, sensor gambar Redmi Note 8 Pro memang benar- benar mempunyai resolusi 64 MP. Namun, resolusi tersebut mesti diaktifkan melalui mode 64 MP. Jadi secara default, pada mode Photo konsumen akan menghasilkan foto dengan resolusi 16 MP. Perihal ini akan memungkinkan cahaya lebih banyak masuk untuk menghindari gangguan noise.

Baterai Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro membawa baterai yang tergolong besar, yaitu 4.500 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini mampu bertahan sampai sehari lebih pada pemakaian normal.

Dalam hal ini, kamu bisa menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Fitur Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  1. Face unlock
    Fitur face unlock-nya cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Sehingga bisa kamu jadikan andalan untuk mengunci smartphone kamu dengan baik.
  2. Finger print
    Selain face unlock, smartphone ini juga memiliki fingerprint-nya yang multifungsi. Fitur ini bisa membuka Redmi Note 8 Po dengan cukup cepat.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Desain dan build quality bagus
    Redmi Note 8 Pro hadir dengan konsep serta build quality yang baik di kelasnya. Bagian pinggir HP ini memang dibuat dari plastik namun lapisan depan dan belakang Redmi Note 8 Pro sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.
  • Panel LCD yang cerah dan fitur HDR
    Redmi Note 8 Pro menawarkan layar 6, 53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini memakai panel IPS dan hadir dengan rasio 19.5:9. Selain itu layar HP ini telah dilengkapi dengan fitur HDR, fitur yang jarang dapat ditemukan di HP sekelasnya.
  • Daya tahan baterai yang baik
    Realme Note 8 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini terbesar untuk Redmi Note series. Perihal ini karena Redmi Note series sebelumnya umumnya cuma menawarkan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh saja.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Kamera makro dan ultrawide kurang memuaskan
    Redmi Note 8 Pro memang unggul dengan kamera 64 MP-nya. Cuma saja, kamera lainnya kurang memuaskan. Kamera lain yang dimaksud yaitu kamera ultra-wide dan kamera makro.
  • Speaker mono
    Redmi Note 8 Pro tidak menawarkan speaker stereo. HP ini cuma mempunyai satu speaker saja alias speaker mono. Sesungguhnya hasil suara masuk kategori oke, namun suaranya tidak lantang dan renyah. Akan lebih baik memakai headphone, terlebih HP ini masih mempertahankan audio jack 3,5mm.
  • Masih masalah promosi di MIUI
    Redmi Note 8 Pro menawarkan antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. MIUI sendiri merupakan antarmuka yang cukup terkenal dan mempunyai banyak fitur menarik. Cuma saja, MIUI bukan tanpa masalah. Munculnya iklan pasti jadi masalah tersendiri untuk sebagian konsumen.
SpesifikasiHuawei P30 LiteXiaomi Redmi Note 8 Pro
OSEMUI 9.0.1 (Android 9.0 Pie) MIUI 10, based on Android 9.0 Pie Supports MI Turbo, Game Turbo 2.0
CPUHUAWEI Kirin 710 Octa coreMediaTek Helio G90T (11 nm) Octa-core
Ukuran layar 6.15 inches 6.53 inches
ResolusiFHD+ 2312×1080 pixels FHD+ 2340x1080 pixels
Dimensi152.9 x 72.7 x 7.4 mm 161.35 x 76.4 x 8.79 mm
Berat159 g199.80 g
Harga per Februari 2020Rp 2.950.000,-Rp 2.860.000,-

Pilih Mana: Huawei P30 Lite vs Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Huawei P30 LiteXiaomi Redmi Note 8 Pro
Kelebihan- Desain kekinian - Kualitas layar bagus - Baterai cukup awet - Desain dan build quality bagus - Panel LCD yang cerah dan fitur HDR - Daya tahan baterai yang baik
Kekurangan - Tidak tahan air dan debu - Cover belakang gampang kotor - Kurang terkenal - Kamera makro dan ultrawide kurang memuaskan - Speaker mono - Masih masalah promosi di MIUI

Kesimpulan

Setelah membahas Huawei P30 Lite dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini cocok dan mumpuni untuk kamu jadikan andalan untuk aktivitas kamu sehari-hari. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya Xiaomi Redmi Note 8 Pro aja deh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply