Elektronik

Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau iPhone XS Max?

Smartphone sekarang semakin canggih dengan disematkannya spesifikasi dan fitur yang sangat mumpuni, maka tak heran kalau harganya pun selangit. Seperti halnya Huawei P30 Pro dan iPhone XS Max, kedua smartphone ini bisa dibilang termahal untuk ukuran smartphone saat ini. Apa yang membuat kedua smartphone ini begitu mahal? So kali ini saya akan bahas mengenai Huawei P30 Pro dan iPhone XS Max. Stay tune ya.

Huawei

Huawei ialah Perusahaan ICT yang memiliki 3 bisnis area ialah Carrier, Enterprise dan Consumer. Di Indonesia, Huawei memiliki Representative office dengan nama PT.Huawei Tech Investment (HTI). HTI mendirikan kantor Utama nya di Jakarta pada tahun 2000. Saat itu cuma terdapat 7 karyawan HTI serta tugasnya hanya satu, yaitu memperkenalkan industri telekomunikasi ini ke perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Namun sekarang Huawei sudah terkenal dan banyak digemari oleh kebanyakan orang terkhusus para anak muda yang membutuhkan spesifikasi dan performa smartphone yang mumpuni. Baca juga Pilih Mana: Vivo V15 atau Oppo F11 Pro?

Huawei P30 Pro

P30 Pro memakai chipset yang sama dengan yang digunakan Mate 20 Pro, yaitu Kirin 980. Secara tertulis, angka yang diperoleh Huawei P30 Pro di aplikasi pengujian benchmark AnTuTu yaitu 316255 sedangkan di Geekbench 3323 buat single core, dan 9948 buat multi core.

Pada sistem operasinya, Huawei P30 Pro telah memakai sistem operasi Android 9 yang dibalut dengan EMUI 9.1. Secara bawaan, aplikasi di EMUI 9.1 ditunjukkan seluruh di layar home tanpa drawer aplikasi. Tetapi ini dapat diganti di bagian pengaturan buat memunculkan drawer aplikasi.

Kamera Huawei P30 Pro

Konfigurasi kamera belakang P30 Pro dilengkapi dengan 4 buah kamera. Masing-masing dari keempat kamera itu meliputi kamera utama dengan sensor beresolusi 40MP f/1.6 27mm OIS, kamera ultra lebar 16mm dengan aperture f/2.2, kamera berwujud periskop 8 MP f/3.4 telefoto 125 mm, serta kamera Time of Flight (ToF).

Sesuai namanya, sistem kamera periskop meminjam dari mekanisme periskop yang secara umum ada di kapal selam. Sebab bodi P30 Pro mempunyai ketebalan cuma 8,41 mm, maka sangat tidak mungkin memperkenalkan zoom optik sejauh 5x. Oleh sebab itu, Huawei menyiasatinya dengan meletakan bagian kamera membelok sebesar 90 derajat dari cover.

Terdapat beragam mode yang dihadirkan P30 Pro, yaitu Aperture, Night, Portrait, Photo, Video, Pro, serta More. Pada opsi‘ More’, kalian akan melihat segambreng fitur yang bisa dipilih buat tingkatkan kreativitas, seperti Slow- mo, Panorama, Monochrome, AR Lens, HDR, Time-lapse, dan sebagainya. Mode bisa dipilih dengan cara menekannya di bagian bawah.

Baterai Huawei P30 Pro

Dari sisi baterai, P30 Pro dibekali daya sebesar 4.200 mAh. Daya ini jadi modal besar buat suatu perangkat bisa awet saat digunakan.

Dalam pemakaian sedang sampai berat, P30 Pro sanggup bertahan sampai satu setengah hari dalam sekali charge. apabila kehabisan baterai saat lagi memakainya, tidak perlu takut sebab pengisian ulang baterai berlangsung cepat.

Melalui pengisian cepat dengan memakai colokan bawaannya, P30 Pro cuma membutuhkan durasi sekitar 45 menit buat memuat daya baterai dari level 15% ke 100%. Handphone ini pula dapat jadi powerbank karena kemampuan reverse wireless charging yang dibenamkan.

Harga Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro sendiri mematok harga sekitar 999 euro ataupun setara dengan Rp16 juta. Versi paling tinggi dari Huawei P30 Pro dengan kapasitas memori internal 512 GB dihargai dengan harga 1.249 euro atau 20 juta rupiah. Terdapat 5 versi warna yang dapat dipilih, di antara lain yakni Amber Sunrise (jingga), Aurora (biru tua dengan nuansa ungu dan sedikit hint warna hijau), Breathing Crystal (biru muda dengan nuansa ungu dan pink), Black dan White.

iPhone

Apple sudah resmi memperkenalkan iPhone versi 2018 terbaru. Tidak tanggung- tanggung, 3 iPhone dirilisnya sekaligus. Ketiganya yaitu iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max. Ketiga iPhone tipe 2018 yang diluncurkan berbarengan ini mempunyai fitur utama yang hampir sama. Tetapi tetap saja terdapat perbedaan, dengan menyasar pasar yang juga berbeda.

Lihat juga:  9 Merk Flashdisk Yang Bagus 2021

iPhone XS Max jadi seri iPhone paling mahal di antara lini iPhone tipe 2018 lainnya, sekalian jadi handphone paling mahal saat ini. Tidak berbeda dengan iPhone XS, flagship yang membawa nama iPhone XS Max muncul dengan beberapa kelebihan yang amat mutahir dengan kemewahan tampilannya.

iPhone XS Max

Dari aspek performa, iPhone XS Max meningkat signifikan dengan mempercayakan prosesor A12 Bionic. Prosesor itu merupakan yang pertama memakai chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor. Bila dipaparkan, dalam satu prosesor ada 4-Core GPU, 6-core CPU, serta Neural Engine. Masing-masing Core CPU A12 diklaim sanggup melaksanakan program 15 persen lebih cepat dibanding A11 Bionic.

Performa iPhone XS Max pula telah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4GB sebagai penunjang kegiatan multitasking, yang sanggup menjalankan program secara lebih responsif serta mempunyai tingkat kestabilan sistem handal.

Sedangkan buat soal sistem operasinya, handphone pintar besutan Apple ini telah mensupport fitur-fitur di OS iOS 12, yang berkutat pada implementasi Augmented Reality (AR), Machine Learning (ML), Memoji, dan pemakaian asisten digital Siri.

iPhone XS pula menawarkan 3 versi memory internal handal dengan kapasitas ruang jumbo, antara lain 64 GB/ 256 GB/ 512 GB. Ketiganya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Kamera iPhone XS Max

iPhone XS Max memakai modular ganda( dual- camera) pada bagian belakang. Kedua kamera belakang itu beresolusi 12 MP dan 12 MP, satu dengan lensa wide angle dan lainnya buat telephoto.

Tiap-tiap kamera telah dilengkapi dengan Stabilizer Optical (OIS), phase detection autofocus (PDAF), serta lensa 6 elemen. Sedangkan bukaannya f/ 1.8,28mm, 1.4µm (wide angle) serta f/2.4, 52mm, 1.0µm, (telephoto) yang dapat melakukan zoom optical sampai 2x.

Di bagian depan, konsumen dapat selfie dengan kamera 7 MP. Sensornya diklaim lebih cepat serta bukaannya f/ 2.2. Dengan teknologi Image Signal dan Neural Engine, hasil selfie kamera depan ini dapat ditingkatkan secara maksimal.

Karakteristik kamera yang ditonjolkan yaitu “Smart HDR”. Di mana dengan fitur ini, konsumen dapat membidik 4 foto beruntun tanpa ada shutter lag sama sekali. Jadi, tidak perlu takut kala ingin menjepret objek yang bergerak.

Baterai iPhone XS Max

Perihal mengesankan lainnya dari iPhone XS Max merupakan baterai. Versi XS memang mempunyai baterai yang diklaim 30 menit lebih tahan lama dibandingkan iPhone X keluaran tahun 2017 lalu.

iPhone XS Max dibekali dengan baterai berkapasitas 3.174 mAh, yang diklaim sanggup bertahan 90 menit lebih lama bila dibanding iPhone X. iPhone XS Max pula mengangkat fitur pengisian baterai cepat (Fast Battery Charging). Tidak cuma itu aja, QI Wireless Charging juga jadi fitur yang disematkan sebagai model pengisian melalui Bluetooth.

Harga iPhone XS Max

Soal harga, iPhone XS Max dengan storage paling rendah yakni 64 GB dihargai dengan sekitar Rp 19 jutaan. Buat varian 256 GB, dijual seharga sekitar Rp 21 jutaan. Sebaliknya buat varian 512 GB dijual sekitar sekitar Rp 25 jutaan. iPhone XS Max ada dalam 3 varian warna, yaitu Gold, Silver, dan Gray.

Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau iPhone XS Max?

Huawei P30 ProiPhone XS Max
Kelebihan - Teknologi nano memory - Memiliki OIS yang stabil - Kapasitas baterai besar- Sudah memakai iOS 12 - Memiliki fitur Face ID - Dua kamera belakang
Kekurangan- Baterai tergolong boros - Bodi licin - Harga sangat mahal - Tidak memiliki fitur finger print

Kesimpulan

Berbicara soal kepopuleran maka iPhone XS Max yang saat ini masih menduduki peringkat pertama karena memang fitur dan desain yang begitu premium sehingga banyak yang berminat, namun Huawei P30 Pro juga tak kalah keren dibanding iPhone XS Max. Buat kamu yang doyan photography maka Huawei P30 Pro bakal cocok banget buat kamu. Tentukan pilihamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei P30 Pro vs iPhone XS Max

VS

Leave a Reply