ElektronikTechnology

Pilih Mana: IndiHome atau MyRepublic?

Menikmati serunya berinternet ria di rumah menggunakan provider berbayar tentu menjadi hal yang menyenangkan. Dimana kita bisa menonton video, mendownload musik, mendownload film, streaming tanpa ada gangguan bahkan kuota alias unlimited. Salah satu provider yang terkenal akan kecepatan koneksinya yaitu IndiHome dan MyRepublic.

IndiHome dan MyRepublic sendiri memiliki kualitas koneksi yang baik, maka tak heran bila banyak yang menggunakan. Namun jika membandingkan keduanya, jelas masih banyak yang menggunakan IndiHome mengingat MyRepublic masih ada beberapa daerah yang belum bisa dijangkaunya.

Lalu bagaimana detail dan paket apa saja yang tersedia dari kedua provider tersebut? Apakah IndiHome dan MyRepublic memiliki kelebihan dan kekurangan? Simak terus penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini ya guys. Stay tune!

IndiHome

Indonesia Digital HOME IndiHome Indonesia Digital HOME (disingkat IndiHome) merupakan salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USeeTV Cable, IP TV).

Sebab penawaran inilah Telkom memberi label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, konsumen juga memperoleh tayangan televisi berbayar dan saluran telepon.

Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation. Sejak diluncurkannya IndiHome , konsumen yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk berpindah memakai IndiHome , sebab layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.

IndiHome resmi dirilis pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015. Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng beberapa pengembang teknologi telekomunikasi untuk membuat rumah berkonsep digital.

Pelayanan IndiHome cuma dapat digunakan pada rumah yang di wilayahnya yang tersedia jaringan serat optik dari Telkom (FTTH) dan area yang masih memakai kabel tembaga.

Perkembangan Telkom mengklaim produk IndiHome sudah dipesan sebanyak 2.000 tiap harinya konsumen sepanjang tahun 2015. konsumen dengan respon terbaik terletak di Jabodetabek. Baca juga Pilih Mana: First Media atau Indihome?

Paket IndiHome

  1. IndiHome Paket Netizen I
    Dual Play Phone merupakan paket dengan hanya memperoleh 2 dari 3 layanan yang ada. Paket Dual Play tidak dilengkapi dengan layanan interactive TV seperti pada paket Triple Play.
  2. IndiHome Paket Netizen II
    Dual Play juga merupakan paket yang cuma memperoleh 2 dari 3 layanan. Bedanya dengan yang pertama, paket Dual Play II tidak menyertakan layanan telepon rumah.
  3. Paket Internet IndiHome Premium
    Paket IndiHome unlimited ini dilengkapi dengan berbagai bonus di antaranya yaitu gratis nelpon, nonton di banyak channel dalam USEETV, dan lainnya buat paket tertentu. Sementara, syarat serta ketentuan paket ini sama dengan paket lainnya.
  4. IndiHome HSI IndiHome Gamer
    IndiHome HSI Indihome Gamer yaitu paket sangat sesuai buat kebutuhan gaming yang mencakup semua layanan yang disediakan IndiHome yakni internet, telepon rumah, dan interaktif TV.
  5. Paket Internet IndiHome Value
    Paket internet rumahan yang paling terjangkau yaitu IndiHome Value dengan OTT. Kamu bisa merasakan internet cepat dengan bonus menarik dari harga 360 ribu rupiah.

Kelebihan IndiHome

  • Akses internet cepat dan stabil
    Amat cocok untuk kamu yang sehari-hari aktif bekerja memakai internet, bermain game online, streaming video di Youtube, atau download file besar.
  • Pelayanan customer service yang baik
    Pelayanan customer service yang baik bila dibandingkan dengan ISP lainnya, dan cepat dalam menanggapi keluhan konsumen. Bila terjadi masalah, maka akan diberikan solusi melalui telepon atau sosial media. Bila belum teratasi maka teknisi akan datang langsung ke rumah untuk memperbaiki (Free tanpa dikenakan biaya).
  • Jarang terjadi gangguan
    Bila dibandingkan dengan koneksi internet dari modem yang notaben memakai jaringan wireless seperti GSM dan CDMA, tentu IndiHome ini jauh lebih oke serta lebih nyaman. Sangat-sangat jarang sekali putus nyambung koneksinya.

Kekurangan IndiHome

  • Harga relatif mahal
    Biayanya lebih mahal dari kebanyakan provider lainnya. Tetapi kembali lagi ke opini individu, ada yang bilang ada harga ada kualitas.
  • Hanya dipakai disekitar rumah
    Karena IndiHome merupakan internet rumahan. Tentu penggunaannya hanya untuk di sekitar rumah. Tidak bisa dibawa untuk bepergian.
  • Resiko tersambar petir
    Bila hujan dan banyak petir, kalian mesti mematikan modem bila tidak mau rusak karena tersambar petir.
SpesifikasiIndiHOME
Produk PT Telekomunikasi Indonesia
Tahun berdiriTahun 2015
Pilihan paketIndiHome Paket Netizen I, IndiHome Paket Netizen II, Paket Internet IndiHome Premium, IndiHome HSI Indihome Gamer, Paket Internet IndiHome Value
Varian harga Rp 380.000 - Rp 1.890.000,- per September 2019
Lihat juga:  Pilih Mana: Home Theater atau Soundbar?

MyRepublic

MyRepublic merupakan perusahaan Internet multinasional yang berkantor pusat di Singapura. Perusahaan ini dibentuk untuk memanfaatkan Jaringan Broadband Nationwide Next Generation Singapura (Next Gen NBN). Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2011, perusahaan ini sudah berkembang ke 3 negara lain yaitu Australia, Selandia Baru dan Indonesia.

MyRepublic menawarkan layanan broadband serat di keempat negara dan konsep ADSL di Australia, layanan VDSL di Selandia Baru, dan paket TV kabel di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai basis konsumen gabungan 200.000 di empat negara.

MyRepublic juga menawarkan layanan internet terbaik memakai teknologi “Fiber To The Home (FTTH)”, tercepat dengan harga terjangkau. My Republic mempunyai nilai dan budaya yang mengakar pada peningkatan kualitas masyarakat “empowering society” dimanapun MyRepublic menyediakan layanannya.

Layanan MyRepublic dirilis untuk menjawab keinginan kamu akan layanan internet berkualitas dengan pengalaman terbaik. kamu bisa menikmati internet super cepat, stabil, tanpa kuota, aman, dan dengan hiburan terbanyak.

Paket MyRepublic

  1. MyRepublic FAST
    Kecepatan download 50 Mbps dan upload 25 Mbps, cocok untuk 30 maksimal jumlah pengguna dan mempunyai paket TV kabel yang bisa ditambahkan dengan total 62 TV Channel.
  2. MyRepublic NOVA
    Kecepatan download 100 Mbps dan upload 50 Mbps, cocok untuk 31 sampai 60 gadget/ perangkat dan bisa dipakai untuk kebutuhan internet yang super berat.
  3. MyRepublic GAMER
    Kecepatan download 150 Mbps dan upload 150 Mbps, cocok untuk kamu para gamers dengan maksimal 80 pemakai dalam waktu bersamaan dan download lagu dalam jangka waktu 1 detik saja.
  4. MyRepublic SUPERNOVA
    Kecepatan download 300 Mbps dan upload 150 Mbps, bisa dipakai untuk maksimal 150 pemakai sekaligus dan dapat download film kesukaan kamu kualitas HD dalam waktu 2 menit

Kelebihan MyRepublic

  • Harga murah
    Yang menjadi salah satu kelebihan andalan dari MyRepublic adalah harga yang ditawarkan dapat dikatakan sangat murah. Meski begitu, koneksi yang diberikan juga tidak kalah cepat dibanding dengan provider lainnya.
  • Akses internet cepat
    Sama halnya dengan IndiHome, akses internet dari MyRepublic pun sangat cepat meskipun kamu hanya mengambil paket kualitas koneksi yang paling kecil sekalipun. Murah dan cepat menjadi daya tarik MyRepublic untuk masyarakat di Indonesia.
  • Tidak ada kuota alias unlimited
    Ini sudah dibuktikan dengan review pemakainya yang puas dengan unlimited internet setiap harinya. Bahkan ada yang mengunduh dan mengunggah berkas file kerja nya hingga 30-an giga.

Kekurangan MyRepublic

  • Tambahan biaya Rp 50.000/bulan untuk menikmati layanan TV kabel
    Menurut informasi di situsnya, dengan berlangganan paket internet manapun kita dapat menikmati free 23 saluran TV lokal dengan membayar biaya sewa dekodernya sebesar Rp 50.000/bulan.
  • Daerah yang tercover masih sedikit
    Sayangnya coverage area MyRepublic masih terbatas dan biasanya ada di lingkungan perumahan, tetapi setidaknya di situsnya kita dapat memeriksa sendiri apakah rumah, toko atau kantor sudah masuk belum jaringannya pada halaman order.
  • Layanan costumer service kurang memuaskan
    Berbeda dengan IndiHome , pelayanan costumer service dari MyRepublic terbilang kurang memuaskan jika kita mengeluhkan koneksi atau beberapa hal yang menyangkut koneksi kita di rumah.
SpesifikasiMyRepublic
Produk Sinarmas Group
Tahun berdiriTahun 2011
Pilihan paketMyRepublic FAST, MyRepublic NOVA, MyRepublic GAMER dan MyRepublic SUPERNOVA
Varian harga Rp 289.000 - Rp 999.000,- per September 2019

Pilih Mana: IndiHome atau MyRepublic?

IndiHOME MyRepublic
Kelebihan- Akses internet cepat dan stabil - Pelayanan customer service yang baik - Jarang terjadi gangguan - Harga murah - Akses internet cepat - Tidak ada kuota alias unlimited
Kekurangan- Harga relatif mahal - Hanya dipakai disekitar rumah - Resiko tersambar petir - Tambahan biaya Rp 50.000/bulan untuk menikmati layanan TV kabel - Daerah yang tercover masih sedikit - Layanan costumer service kurang memuaskan

Kesimpulan

IndiHome dan MyRepublic adalah salah satu dari sekian banyak provider yang menyediakan kenikmatan berinternet dengan sesuka hati dirumah. Kelebihan dan kekurangan tentu saja dimiliki dari kedua provider tersebut. Untuk itu pilih provider andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

IndiHOME vs MyRepublic

VS