Makanan dan Minuman

Pilih mana: Indomie vs Mie Sedap?

Anda penggemar mie instan? Seringkali mie instan menjadi makanan pendamping untuk mengganjal rasa lapar. Selain, cara membuatnya yang praktis dan mudah. Beberapa keunggulan seperti varian rasa yang beragam pun menjadi salah satu kenapa mie instan tetap menjadi primadona banyak orang terutama Indonesia.

Di Indonesia sendiri, mie instan merupakan menu makanan yang murah dan simpel. Bisa untuk sarapan, makan siang, atau sekadar sebagai selingan saat perut keroncongan.

Nah, bagi Anda yang sangat suka mengkonsumsi mie maka sudah tidak asing lagi dengan kedua brand populer ini. Ya, Indomie dan Mie Sedap. Brand produk mie ini sangat terkenal di semua kalangan. Apalagi tidak hanya di Indonesia namun di luar negeri pun.

Nah, kalau Anda pilih yang mana? Penasaran dengan perbedaan kedua produk ini? Tenang, kami akan mengulasnya untuk Anda.

Indomie vs Mie Sedap

Indomie

Indomie adalah merk produk mie instan dari Indonesia. Di Indonesia sendiri, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Indomie mulai diperkenalkan di Nigeria sejak tahun 1988 dan mulai diproduksi tahun 1995 melalui Dufil Prima Foods, di mana itu adalah merk yang populer dan memiliki pabrik mie instan terbesar di Afrika.

Indomie tak hanya menjadi sekedar makanan, melainkan juga menjelma ikon budaya populer khususnya di Indonesia. Pada 6 Desember 2018 lalu, Indomie secara resmi berkolaborasi dengan Goods Dept meluncurkan beberapa jenis barang fashion, di antaranya kemeja, kaos, tas, dan topi. Yang semua unsurnya memiliki corak bernuansa Indomie. Baca juga: Pilih Mana: Mie atau Nasi?

Kini Indomie juga banyak peminatnya. Tak hanya di Indonesia melainkan mancanegara. Indomie menghadirkan produk mie dengan banyak varian rasa terutama rasa nusantara. Lengkap dengan mie goreng dan kuahnya. Nah, kira-kira apa ya yang membedakannya dengan merk produk mie lain? Tenang kami telah mengulasnya. Berikut pembahasannya:

Kelebihan Indomie

Berikut ini Kelebihan Indomie:

  • Memiliki aroma yang enak
    Kelebihan pertama yang tidak dimiliki oleh produk mie lain adalah aromanya yang khas. Saat Anda mulai membuatnya, Anda bisa langsung mencium aromanya yang enak dan otomatis akan segera menyantapnya. Tentu, Anda akan tergoda bukan? Hal inilah menjadi salah satu poin kenapa Indomie banyak penggemarnya.
  • Memiliki kemasan yang beragam
    Selain aromanya yang enak. Desain produk kemasannya juga memiliki warna yang sangat beragam dan berbeda-beda sesuai dengan varian rasanya. Kemasan yang mencolok ini mampu menggaet penikmatnya.

Indomie vs Mie Sedap

Kekurangan Indomie

Berikut ini Kekurangan Indomie:

  • Mengandung bahan kimia
    Setiap produk mie tentu kadang mengandung beberapa zat yang tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan metil p-hidroksibenzoat yang terdapat di produk mie ini memang sedikit dan bisa membahayakan. Indomie masih aman untuk dimakan,kok. Tetapi Anda harus mengkonsumsinya dalam batas wajar ya. Dan mengurangi konsumsi mie instan dalam jangka waktu yang singkat.
  • Kurangnya varian rasa baru
    Semakin lama, strategi pertahanan pasar yang lemah. Hal ini dilihat bahwa Indomie lebih mengutamakan distribusi produk. Akibatnya, ketika ada merk lain yang muncul dan punya keragaman baru di tengah pasar Indomie yang kurang variatif, goyahlah posisi Indomie sebagai market leader. Ini juga memicu Indomie tidak lagi memunculkan varian rasa baru.

Mie Sedap

Mie Sedaap adalah merk mie instan yang diproduksi oleh Wings Food dan produk mie instan ini masuk ke peringkat kedua di Indonesia sebagai mie populer setelah Indomie. Meskipun begitu peminatnya juga tak kalah dari pesaingnya.

Diluncurkan pada tahun 2003, tiga puluh satu tahun setelah Indomie. Selain di Indonesia, Mie Sedaap juga dijual di luar negeri, antara lain Malaysia dan Nigeria. Pada tahun 2009 Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Kari Spesial dengan Bumbu Kari Kental dan Rasanya Rendang.

Kemudian Pada tahun 2011, Mie Sedaap meluncurkan rasa barunya, Rasa Ayam Spesial dengan tagline Mantap Kaldunya. Saat ini, Mie Sedaap merupakan kompetitor dari Indomie. Sama halnya dengan Indomie varian rasa yang dihadirkan oleh produk mie ini juga sangat beragam mulai dari rasa original, pedas sampai cita rasa nusantara. Baca artikel lainnya Pilih Mana: Bakso atau Mie Ayam?

Lihat juga:  Pilih Mana: Frisian Flag atau Vidoran Xmart?

Kelebihan Mie Sedap

Berikut ini Kelebihan Mie Sedap:

  • Memiliki Varian rasa yang selalu baru
    Bagi Anda yang bosan dengan rasa mie yang itu-itu saja maka mie ini tentu bisa jadi pilihan Anda. Karena memiliki varian rasa yang beragam dan yang pastinya mie sedap akan selalu mengeluarkan varian rasa baru dalam jangka waktu yang tidak lama. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama jika ingin mencoba varian yang baru.
  • Memiliki isian yang lengkap
    Kelebihan ini menjadi hal yang penting loh. Dibandingkan mie lainnya yang serupa mie ini memang lebih membuat kenyang karena isiannya yang lengkap dan banyak. Seperti adanya tambahan bawang goreng yang keriuk menambah citarasa dari mie sedap ini.

Indomie vs Mie Sedap

Kekurangan Mie Sedap

Berikut ini Kekurangan Mie Sedap:

  • Kurangnya varian rasa pedas
    Anda penyuka citarasa pedas? Maka kekurangan satu ini akan terdengar mengganggu untuk Anda. Beberapa varian mie sedap yang menawarkan rasa pedas kadang masih kurang pedas. Apalagi jika peminatnya orang Indonesia, tentu ini menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan.
  • Bumbunya terlalu menyengat
    Sebagian orang mengklaim setelah mengkonsumsi mie produk ini terlalu banyak perisa atau kandungan micinnya yang membuat tenggorokan gatal dan batuk batuk ringan. Hal ini membuktikan bahwa bumbu yang disediakan dalam produk mie ini cukup menyengat.

Cara Membuat Mie Instan yang Sehat

  1. Anda bisa tidak memakai bumbu olahan yang telah tersedia.
    Hal ini mungkin bisa membantu Anda untuk membuat mie instan yang sehat. Anda tidak perlu menggunakan bumbu tersebut. Sebagian besar bumbu tersebut memiliki tingkat natrium yang melebihi apa yang direkomendasikan dalam Dietary Guidelines for American 2015-2020. Anda bisa tambahkan beberapa bumbu yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu seperti minyak wijen, pasta miso, kecap, saus ikan. Namun perlu diingat bahwa semangkuk mie instan dengan rasa yang terlalu banyak mungkin tidak membuat hidangan lebih nikmat. Lihat dahulu kandungan natrium dari bumbu yang Anda pilih,ya.
  2. Tambahkan beberapa sayuran agar terlihat berwarna berserat
    Semangkuk tepung murni tentu membosankan. Namun, Anda bisa buat mie instan lebih warna-warni tanpa harus mengandalkan sayuran kering yang terdapat dalam kemasan mie. Anda bisa menambahkan beberapa sayuran segar seperti bok choy, atau yang juga dikenal dengan nama sawi sendok. Selain itu, bisa juga dengan selada dan wortel. Sayuran dapat memberimu nutrisi yang penting seperti kalium, serat pangan, folat, vitamin A, dan vitamin C. Kami juga merekomendasikan untuk menambahkan brokoli segar untuk meningkatkan vitamin C dan serat sehat. Sayuran yang Anda tambahkan bisa dalam keadaan sudah direbus atau dimasak terlebih dahulu sembari Anda menunggu mie instan matang.
  3. Masukan protein kesukaan Anda Agar mie instan Anda lebih sehat.
    Anda bisa menambahkan telur di kuah mie. Selain itu, Anda juga bisa gunakan telur rebus yang dibelah menjadi dua, telur apung (poached egg), atau telur goreng. Apabila Anda tidak terlalu suka telur, Anda bisa tambahkan irisan daging tanpa lemak.
  4. Sesekali Anda bisa menumisnya agar bisa Anda beri rasa sesuai dengan keinginan.
    Jika Anda tidak ingin menikmati semangkuk mi instan berkuah, kamu bisa mengosengnya setelah mie instan direbus dan dikeringkan. Siapkan wajan panas yang telah dilumuri minyak sayur. Kemudian, masukkan potongan sayuran dan potongan daging atau tahu. Anda juga bisa tambahkan garam dan lada, kecap, atau bubuk cabai.

Pilih mana: Indomie vs Mie Sedap?

Keterangan Indomie Mie Sedap
Kelebihan-Memiliki aroma yang enak -Memiliki kemasan yang beragam -Memiliki Varian rasa yang selalu baru -Memiliki isian yang lengkap
Kekurangan-Mengandung bahan kimia -Kurangnya varian rasa baru-Kurangnya varian rasa pedas -Bumbunya terlalu menyengat

Kesimpulan

Nah, itulah pembandingan indomie dan mie sedap yang bisa kami hadirkan untuk Anda. Apapun pilihan rasa dan merknya. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa yang beragam dan enak kok. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Indomie vs Mie Sedap

VS

Leave a Reply