HiburanLayanan

Pilih Mana: Indovision atau IndiHome?

Di era modern saat ini, kebutuhan internet dan TV kabel semakin meningkat. Antusiasme masyarakat terhadap internet karena adanya penggunaan ponsel yang semakin meningkat. Oleh karenanya, Layanan komunikasi seperti Indovision dan IndiHome bersaing dengan ketat untuk merebut hati para masyarakat dengan menghadirkan banyak pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, Bagi kalian yang bingung untuk memilih Indovision ataupun IndiHome untuk kebutuhanmu, Ada baiknya kalian membaca artikel di bawah ini agar mendapatkan pilihan yang tepat, Karena kami akan mengulas lebih lanjut antara Indovision ataupun IndiHome.

Indovision

Indovision merupakan perusahaan TV kabel yang dinaungi PT MNC Sky Vision. Sebelumnya, Indovision menggunakan jasa satelit Palapa C-2 dengan transponder dan sistem broadcasting dan menggunakan analog dan frekuensi C-Band.

Tetapi sekarang telah menggunakan satelit Indostar 1 atau yang lebih dikenal dengan satelit Cakrawarta 1 yang menggunakan frekuensi S-Band yang lebih tahan terhadap cuaca buruk dan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

MNC Sky Vision bernaung di bawah sebuah induk perusahaan bernama Global Mediacom. Pada awal tahun 2008, MNC Sky Vision meluncurkan produk televisi berlangganan lainnya, TOP TV. Direktur Utama Indovision saat ini adalah Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo, yang merupakan kakak kandung dari Hary Tanoesoedibjo, CEO dari MNC.

Pilihan Paket Indovision

1. Super Galaxy
Indovision memberikan pilihan paket untuk kalian nikmati yang pertama paket pertama adalah paket Super Galaxy yang hadir dengan mini parabola, remote, dan decoder. Paket ini menyuguhkan 100 channel menarik dan 12 channel lokal. Kalian dapat berlangganan paket ini hanya dengan Rp 279.900 per bulan.

2. Galaxy
Paket kedua yaitu paket Galaxy yang juga hadir dengan mini parabola, remote, dan decoder. Channel yang ada paket ini adalah 94 channel dengan tambahan 12 channel lokal. Untuk berlangganan paket ini cukup dengan Rp 209.900 per bulan saja.

3. Venus
Paket ketiga adalah paket Venus dengan mini parabola, remote dan decoder. Paket ini menyediakan 72 Channel terbaik untuk kalian dengan tambahan 12 Channel Lokal. Untuk dapat menikmati paket ini, Kalian hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 179.900 per bulan.

4. Gold
Paket yang lainnya yaitu paket Gold yang hadir dengan mini parabola, remote, dan decoder. Dilengkapi dengan 60 Channel dan ditambah dengan 12 Channel Lokal. Kalian dapat berlangganan paket ini hanya dengan Rp 149.900 per bulan.

5. Silver
Paket terakhir yang ditawarkan Indovision yaitu paket Silver. Paket ini juga hadir dengan mini parabola, remote dan decoder. Menyediakan 42 Channel dan 12 Channel Lokal yang berkualitas. Anda bisa berlangganan paket ini hanya dengan Rp 109.900 perbulan.

Paket diatas dapat berbeda harganya sesuai dengan Daerah masing-masing.

Kelebihan Indovision

  • Tahan cuaca
    Menggunakan frekuensi S-Band melalui Satelit Indostar-2 milik sendiri, frekuensi S-Band mempunyai daya tahan terhadap cuaca yang tinggi,dengan kualitas tinggi diatas KU-Band dan C-Band.
  • Pilihan channel anak terlengkap
    Menghadirkan saluran anak terlengkap,mulai kategori anak umur 0-15 tahun. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan kurangnya tayangan khusus anak yang mendidik.Channel khusus anak ini ditayangkan Non-Stop 24 Jam sehingga kapanpun dapat menikmati channel anak ini.
  • Semua peralatan dipinjamkan gratis selama berlangganan
    Dari Parabola,kabel,decoder sampai dengan remote dan jika ada kerusakan pun diganti gratis selama berlangganan. Sehingga pelanggan tidak perlu beli alat dan hanya perlu bayar iuran bulanan saja.

Kekurangan Indovision

  • Paket harga basic mahal dan ditambah pajak
    Kekurangan yang pertama pada Indovision ini yaitu harga paket basic yang cukup mahal dan juga harga tersebut belum termasuk pajak, Namun dengan harga yang cukup mahal channel yang ditawarkan cukup beragam dan banyak.
  • Ada pinalti kalo kita berhenti berlangganan sebelum 6 bulan
    Kekurangan yang terakhir yaitu adanya kebijakan pinalti jika kalian ingin berhenti berlangganan sebelum 6 bulan, dan harus membayar sesuai dengan kebijakan Indovision
  • Setiap bulan mengalami perubahaan tagihan
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Indivison yaitu beberapa pelanggan mengeluhkan bahwa setiap bulan saat ingin melakukan pembayaran harga mengalami perubahan. Hal ini lah yang membuat pelanggan banyak yang kecewa.

IndiHome

Indonesia Digital HOME atau biasa disebut dengan singkatan IndiHome merupakan salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USee TV Cable, IP TV).

IndiHome merupakan layanan terbaru yang menggunakan fiber optic dengan dilengkapi sistem triple play untuk telpon rumah, internet, dan TV kabel di rumah Anda, hanya dengan 1 modem saja.

Pilihan Paket IndiHome

1. Paket Deluxe dan Premium (Triple Play) 10 Mbps
Paket pertama adalah paket IndiHome Paket Deluxe dan Premium (Triple Play) 10 Mbps. Paket ini menyuguhkan Anda berbagai fitur seperti Interactive TV Channels Eseential, IndiKids Lite, dan IndiMovie 2. Paket ini hanya berharga Rp 460.000 saja untuk pembayaran per bulan.

Lihat juga:  Pilih Mana: First Media atau Biznet?

2. Paket 20 Mbps
Paket kedua adalah paket 20 Mbps dengan fitur Interactive TV Channels Eseential, IndiKids Lite, dan IndiMovie 2. Anda bisa berlangganan paket ini hanya dengan Rp 630.000, per bulan.

3. Paket 30 Mbps
Selanjutnya paket ketiga yang ada yaitu paket 30 Mbps yang manawarkan fitur Interactive TV Channels Eseential, IndiKids Lite, dan IndiMovie 2 hanya dengan Rp 820.000, per bulan.

4. Paket 40 Mbps
Kemudian paket yang tersedia ada 40 Mbps dengan fitur Interactive TV Channels Essential, IndiKids Lite, IndiMovie 2, dan IndiMovie 1 yang bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 995.000, perbulan.

5. Paket 50 Mbps
Lalu paket Indihome lainnya yaitu, 50 Mbps yang menawarkan Anda fitur Interactive TV Channels Extra (All Channels) dengan harga Rp 1.250.000, per bulan.

6. Paket triple play 
Paket triple play merupakan paket IndiHome dengan 100 Mbps dengan fitur Interactive TV Channels Extra (All Channels). Anda bisa berlangganan paket ini hanya dengan Rp 1.750.000 per bulan.

Paket diatas dapat berbeda harganya sesuai dengan Daerah masing-masing.

Kelebihan IndiHome

  • Tidak banyak peralatan yang digunakan
    Kelebihan yang pertama pada Indihome yaitu hanya menggunakan satu modem untuk berbagai kebutuhan, Berbeda dengan Indovison yang masih menggunakan Parabola dll.
  • Pelayanan customer service yang baik bila dibanding dengan ISP lainnya
    Selain itu customer service nya juga cepat dalam menanggapi keluhan konsumen. Bila terjadi masalah, maka akan diberikan solusi melalui telepon atau sosial media. Bila belum terselesaikan maka teknisi akan tiba langsung ke rumah untuk memperbaiki (Gratis tanpa dikenakan biaya).
  • Channel yang kurang lengkap
    Berbeda dengan Indovison yang menawarkan ratusan channel pilihan terbaik, Namun Indihome hanya menawarkan channel terbatas untuk beberapa paket yang tersedia karena lebih berfokus pada jaringan Internetnya.

Kekurangan IndiHome

  • Layanan masih terbatas
    Mungkin IndiHome sedang berangsur untuk memperluas jaringannya, Namun saat ini untuk menikmati layanan IndiHome di wilayah tertentu harus ada minimal pemasangan terlebih dahulu untuk daerah yang belum terjangkau.
  • Harga yang tidak stabil
    Kekurangan selanjutnya dari IndiHome ini yaitu banyak orang yang mengeluh bahwa harga paket IndiHome setiap bulannya mengalami perubahan dan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Sehingga harus selalu komplain dan harga kembali normal.
  • Resiko tersambar petir
    Jika hujan dan banyak petir, kamu mesti mematikan modem jika tidak mau rusak karena tersambar petir. Jika hal ini terjadi akan merugikan seluruh konsumen dan menunggu untuk mendapatkan modem baru lagi dari IndiHome.

Spesifikasi IndovisionIndiHome
Produk PT MNC Sky Vision PT Telekomunikasi Indonesia
Tahun Menyediakan Layanan BerlanggananTahun 2008Tahun 2015
Pilihan Paket Super Galaxy, Galaxy, Venus, Gold, SilverPaket Deluxe dan Premium (Triple Play) 10 Mbps, Paket 20 Mbps, Paket 30 Mbps, Paket 40 Mbps, Paket 50 Mbps, Paket triple play.

Pilih Mana: Indovision atau IndiHome?

IndovisionIndiHome
Kelebihan- Tahan cuaca - Pilihan channel anak terlengkap - Semua peralatan dipinjamkan gratis selama berlangganan - Tidak banyak peralatan yang digunakan - Pelayanan customer service yang baik bila dibanding dengan ISP lainnya - Channel yang kurang lengkap 
Kekurangan- Paket harga basic mahal dan ditambah pajak - Ada pinalti kalo kita berhenti berlangganan sebelum 6 bulan - Setiap bulan mengalami perubahaan tagihan - Layanan masih terbatas - Harga yang tidak stabil - Resiko tersambar petir

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa Indovision dan IndiHome merupakan layanan yang banyak diminati saat ini oleh masyarakat, Namun keduanya cukup berbeda. Seperti Indivison yang lebih berfokus ke TV kabelnya sehingga memiliki pilihan channel yang beragam dibandingkan IndiHome, meskipun IndiHome juga menyediakan layanan tersebut, Tetapi IndiHome lebih berfokus ke jaringan Internetnya. Dianatara keduanya dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Indovision vs IndiHome

VS

 

Leave a Reply