Pilih Mana: Infinix GT 10 Pro atau Redmi Note 12 Pro 5G?

Persaingan di pasar smartphone kelas menengah selalu menarik perhatian. Hal ini dikarenakan para vendor berlomba-lomba untuk memberikan penawaran terbaik dengan berbagai fitur unggulan, bahkan turunan dari fitur flagship. Dalam hal ini, kita akan membandingkan Infinix GT 10 Pro dengan Redmi Note 12 Pro 5G.

Kedua smartphone ini tengah menjadi sorotan karena menawarkan keunggulan yang menarik. Meskipun pendekatannya berbeda, Redmi Note 12 Pro 5G menonjolkan kemampuan kamera sebagai keunggulannya, sementara Infinix GT 10 Pro hadir sebagai smartphone khusus gaming.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kedua smartphone tersebut, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Infinix GT 10 Pro

Infinix akhirnya meluncurkan seri ponsel gaming khusus pada bulan Agustus 2023 untuk pasar global. Seri ponsel ini dikenal sebagai Infinix GT 10 Pro. Rupanya, ini merupakan respons dari Infinix terhadap merek-merek lain yang telah lebih dulu memiliki seri gaming, seperti realme GT series, Xiaomi dengan BlackShark series, atau POCO dengan seri GT-nya.

Dibandingkan dengan merek lain yang telah disebutkan sebelumnya, Infinix GT 10 Pro cukup unik karena memiliki harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 3 jutaan, berdasarkan nilai tukar dolar Amerika. Ketika diluncurkan di Indonesia, harganya mungkin sekitar Rp3 jutaan atau mungkin sedikit lebih tinggi.

Berikut spesifikasi Infinix GT 10 Pro:

Performa

Infinix GT 10 Pro dilengkapi dengan prosesor Mediatek Dimensity 8050 (6 nm) yang memiliki CPU Octa-core (1×3.0 GHz Cortex-A78 & 3×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G77 MC9. Ketika berbicara tentang kinerjanya, performanya sudah memuaskan untuk kelasnya. Berikut adalah spesifikasi Infinix Note 30.

Mengenai memori, unit review Infinix GT 10 Pro menggunakan memori 256GB 8GB RAM dan mendukung microSDXC (slot khusus). Setidaknya, kapasitas ini sudah mencukupi untuk kebutuhan aplikasi serta penyimpanan file musik dan video. Smartphone ini didukung oleh jaringan lengkap mulai dari GSM / HSPA / LTE / 5G dengan kecepatan HSPA, LTE, 5G.

Fitur

Fitur lain yang tertanam dalam Infinix GT 10 Pro mencakup WLAN dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, Ya, GPS, GLONASS, GALILEO, NFC Ya, Radio FM, dan USB Type-C 2.0. Tidak lupa Sensor Fingerprint (di bawah layar, optik), accelerometer, proximity, compass, dan gyro.

Baterai

Masuk ke bagian baterai, Infinix GT 10 Pro memiliki baterai Li-Po 5000 mAh yang tidak dapat dilepas, dilengkapi dengan charger handal.

Desain

Meskipun fokus pada kinerja dan harga, Infinix GT 10 Pro tetap memperhatikan desain. Dengan dimensi 162.7 x 75.9 x 8.1 mm (6.41 x 2.99 x 0.32 in) dan berat 187 g (6.60 oz), ponsel ini dilengkapi dengan slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Seperti biasa, bagian ponsel dilengkapi dengan fitur standar termasuk port USB, mikrofon, grill speaker, tray SIM, tombol volume, dan mikrofon. Seri ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu Cyber Black dan Mirage Silver.

Display

Di bidang layar, Infinix GT 10 Pro dalam ulasan unit menyajikan pengalaman visual bagi konsumen dengan layar berukuran 6,67 inci, 107,4 cm2 (~87,0% rasio layar-ke-tubuh), memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (~395 ppi kepadatan) dan jenis layar AMOLED, 1 miliar warna, 120Hz, 900 nits (puncak).

Kamera

Dari segi kamera, Infinix GT 10 Pro memiliki kamera utama 108 MP, f/1.8, (wide), 1/2.55″, AF 2 MP, (macro) 2 MP, (depth), dan kamera selfie 32 MP, f/2.5, (wide). Fitur yang didukung meliputi Quad-LED flash, HDR, panorama, 4K@30fps, 1080p@30/60fps. Secara teknis, kualitas yang disajikan dalam hal fotografi tidak mengecewakan. Fitur otomatis pada kamera utamanya mampu menghasilkan foto outdoor dengan komposisi warna dan pencahayaan yang seimbang. Bahkan dalam kondisi cahaya rendah atau malam, kamera tetap dapat mengoptimalkan hasil fotonya.

Kelebihan Infinix GT 10 Pro

Performa yang Super Kencang di Kelasnya

Chipset yang menggerakkan Infinix GT 10 Pro adalah Dimensity 8050 yang difabrikasi pada 6 nm. SoC ini sebenarnya merupakan hasil rebranding dari Dimensity 1300, karena keduanya memiliki konfigurasi prosesor yang identik.

SoC ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari satu unit ultra core Cortex A78 (3,0 GHz), tiga inti performance core Cortex A78 (2,6 GHz), dan empat unit efficiency core Cortex A55 (2,0 GHz).

Untuk memberikan pengalaman gaming yang optimal, prosesor ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali G77 MC9 yang memiliki 9 core GPU. Ponsel yang menggunakan SoC ini dapat menampilkan refresh rate hingga 168 Hz pada layar Full HD+.

Dalam hal kemampuan fotografi, chipset ini mampu mendukung kamera utama dengan resolusi hingga 200 MP. Pengguna juga dapat merasakan pengalaman gaming yang lebih menyenangkan berkat MediaTek HyperEngine 5.0.

Fitur HyperEngine 5.0 ini merupakan serangkaian optimasi gim yang dapat mengalokasikan daya CPU dan GPU dengan lebih baik, serta meningkatkan kecepatan koneksi internet untuk gaming online yang lancar.

Ram dan Storage yang Besar

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk tugas berat, Infinix GT 10 Pro hadir dengan RAM sebesar 8 GB LPDDR4x yang dapat diperluas secara virtual hingga 8 GB tambahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja perangkat saat menggunakan banyak aplikasi sekaligus dan juga untuk meningkatkan performa saat bermain gim.

Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan penyimpanan berkapasitas 256 GB dengan standar UFS 3.1, sedangkan banyak ponsel dengan harga sekitar Rp3 jutaan masih menggunakan UFS 2.2.

Dengan versi standar yang lebih tinggi, perangkat ini dapat melakukan transfer data, memuat gim dan aplikasi, serta mengekstrak file dengan lebih cepat. Jika dirasa kapasitasnya kurang, pengguna juga dapat memperluas penyimpanannya melalui slot memori terpisah hingga 1 TB.

Bisa Gunakan Tombol Volume sebagai Tombol L + R

Jika Anda sudah akrab dengan fitur Air Trigger pada ASUS ROG Phone, pasti Anda tahu bahwa ponsel gaming tersebut memiliki tombol bahu L dan R mirip dengan kontroler PlayStation. Yang menarik, Infinix GT 10 Pro juga menawarkan fitur serupa.

Meskipun ponsel ini tidak dilengkapi dengan tombol bahu khusus, namun terdapat fitur pemetaan tombol volume atas dan bawah untuk perintah dalam gim. Sebagai contoh, Anda dapat menekan tombol volume atas untuk melompat, membidik, menembak, dan sebagainya.

Kekurangan Infinix GT 10 Pro

Tidak dilengkapi Gorilla Glass

Infinix GT 10 Pro memiliki kualitas konstruksi yang baik. Tubuh smartphone ini tahan terhadap percikan air dan tidak mudah rusak meskipun terjatuh. Namun, ketiadaan lapisan Gorilla Glass pada layarnya meningkatkan risiko baret dan retak.

Redmi Note 12 Pro 5G

Redmi Note 12 Pro 5G secara resmi diperkenalkan di Cina pada akhir tahun 2022, dan kemudian diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 30 Maret 2023. Sebagai salah satu produk Xiaomi di kategori menengah, pengguna dapat berharap banyak dari smartphone ini dengan harga sekitar Rp3 juta.

Dikenal dengan reputasi nilai yang sangat baik, Redmi Note 12 Pro 5G juga menawarkan spesifikasi yang sangat tinggi untuk kelas menengah.

Berikut spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G:

Layar dan Performa

Redmi Note 12 Pro 5G menampilkan sejumlah spesifikasi unggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik di kelasnya. Dengan layar Samsung P-OLED berukuran 6,67 inci dan resolusi 1080 x 2400 piksel (FHD+), smartphone ini memberikan visual yang tajam dan jernih, didukung oleh refresh rate 120Hz untuk pengalaman tampilan yang halus. Chipset yang digunakan adalah Mediatek Dimensity 1080, dipadukan dengan GPU Mali-G68, menjadikannya andal dalam kinerja. Sistem operasinya berjalan pada Android 12 dengan antarmuka MIUI 13.

Kamera dan Storage

Redmi Note 12 Pro 5G juga menawarkan kapasitas memori yang besar dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Bagian kamera smartphone ini didukung oleh triple camera pada bagian belakang, masing-masing dengan resolusi 50MP (wide), 8MP (ultrawide), dan 2MP (macro), serta kemampuan merekam video 4K@30fps. Kamera depannya memiliki resolusi 16MP untuk kebutuhan swafoto dan video call.

Baterai dan Konektivitas

Daya tahan baterai juga menjadi keunggulan dengan kapasitas 5.000 mAh, dan fitur fast charging 67W memastikan pengisian daya yang cepat. Redmi Note 12 Pro 5G juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti dukungan Dual SIM, ketahanan terhadap debu dan cipratan air dengan sertifikasi IP53, konektivitas 5G, jack audio 3,5mm, port USB Type-C, NFC, dan sensor sidik jari untuk keamanan tambahan. Dengan kombinasi spesifikasi tersebut, Redmi Note 12 Pro 5G menawarkan pengalaman yang komprehensif bagi pengguna di segmen menengah.

Kelebihan Redmi Note 12 Pro 5G

Performa yang Tinggi dengan Dimensity 1080

Redmi Note 12 Pro 5G membawa peningkatan performa dibandingkan dengan versi sebelumnya. Redmi Note 11 Pro, yang menjadi pendahulunya, menggunakan SoC Helio G96, sebuah chipset yang cukup handal di kelas menengah.

Namun, mengingat bahwa pada tahun 2022 sudah ada ponsel dengan harga Rp2 jutaan yang menggunakan Helio G99 (seperti Tecno POVA 4), tentu saja standar untuk ponsel dengan harga Rp3 jutaan juga perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, Redmi Note 12 Pro 5G kini dilengkapi dengan chipset Dimensity 1080, yang menawarkan performa dan konektivitas yang lebih tinggi.

Dimensity 1080 adalah chipset yang dibangun dengan teknologi manufaktur 6 nm. Chipset ini termasuk dalam kategori baru pada akhir tahun 2022. Hal ini terlihat dari beberapa ponsel lain yang juga menggunakan chipset ini, dirilis dalam rentang waktu yang tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 12 Pro 5G.

Layar yang Menampilkan Warna yang Luas

Spesifikasi dan kualitas layar Redmi Note 12 Pro 5G memberikan kesan sebagai ponsel flagship. Hal ini tidaklah mengherankan karena ponsel ini telah dilengkapi dengan sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+ untuk meningkatkan kualitas tampilan saat menonton film. Dengan menggunakan panel OLED, layar smartphone ini mendukung kontras rasio hingga 5.000.000:1.

Layar smartphone ini juga memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 500 nit dan dapat mencapai kecerahan High Brightness Mode (HBM) hingga 900 nit. Selain itu, pengguna dapat merasakan pengalaman penyegaran tinggi 120 Hz saat melakukan scrolling di media sosial atau memainkan sejumlah gim yang mendukung.

Kemampuan Kamera yang Hebat

Redmi Note 12 Pro 5G menampilkan kemampuan kamera yang luar biasa. Bahkan, HP ini tidak terpengaruh oleh isu kelangkaan chipset yang sering memaksa smartphone kelas menengah mengorbankan fitur videografi.

Sementara beberapa ponsel keluaran tahun 2022 lainnya tidak dapat merekam video 1080p pada 60 FPS, Redmi Note 12 Pro 5G sudah menyediakan fitur tersebut. Bahkan, pengguna dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30 FPS dengan HP ini.

Xiaomi menanamkan sensor utama flagship Sony IMX 766 dengan resolusi 50 MP pada ponsel ini. Sensor ini juga digunakan oleh sejumlah ponsel flagship seperti Xiaomi 13 Lite, Huawei Mate 50 Pro, iQOO Neo7, dan ASUS ROG Phone 6D.

Kamera utama ini dilengkapi dengan PDAF dan stabilisasi OIS (Optical Image Stabilization), sehingga video yang direkam tidak mudah goyang. Kamera ultrawide memiliki resolusi 8 MP dengan sudut pandang 119 derajat.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi kamera makro beresolusi 2 MP pada bukaan f/2.4. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dan mendukung perekaman video 1080p pada 60 FPS.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro 5G

Tidak dilengkapi Slot Memori Eksternal

Varian paling terjangkau dari Redmi Note 12 Pro 5G dilengkapi dengan RAM LPDDR4x berkapasitas 6 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 sebesar 128 GB. Meskipun kapasitasnya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun bagi yang sering merekam video, ruang penyimpanannya pasti akan cepat terpakai.

Sayangnya, Redmi Note 12 Pro 5G tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal. Jadi, bagi Anda yang berencana untuk menggunakan kartu microSD dari ponsel lama ke ponsel baru, harus mengurungkan niat tersebut.

Perbandingan Infinix GT 10 Pro dan Redmi Note 12 Pro 5G

Infinix GT 10 ProRedmi Note 12 Pro 5G
Kelebihan- Performa yang Super Kencang di Kelasnya
- Ram dan Storage yang Besar
- Bisa Gunakan Tombol Volume sebagai Tombol L + R
- Performa yang Tinggi dengan Dimensity 1080
- Layar yang Menampilkan Warna yang Luas
- Kemampuan Kamera yang Hebat
Kekurangan- Tidak dilengkapi Gorilla Glass- Tidak dilengkapi Slot Memori Eksternal
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

pembaca perlu mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi mereka sebelum memutuskan antara Infinix GT 10 Pro dan Redmi Note 12 Pro 5G. Meskipun keduanya menawarkan fitur-fitur yang menarik, seperti RAM dan penyimpanan internal, perbedaan-perbedaan, seperti ketersediaan slot memori eksternal pada Redmi Note 12 Pro 5G, dapat menjadi faktor penentu dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan individu. Dianjurkan untuk melakukan perbandingan lebih lanjut dan menimbang kelebihan serta kekurangan masing-masing perangkat sebelum membuat keputusan akhir. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Infinix GT 10 Pro atau Redmi Note 12 Pro 5G?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!