Smartphone

Pilih Mana: Infinix Hot 8 atau Realme C2?

Selama beberapa tahun terakhir, Beberapa produsen smartphone meluncurkan ponsel yang berfokus pada peminat remaja. Fokus utama perusahaan yaitu untuk memikat pelanggan remaja yang mencari telepon yang terlihat gaya, spesifikasi yang baik, serta ringan untuk di genggam karena remaja saat ini tidak dapat lepas dari gadget.  Salah satu, Smartphone yang sangat cocok untuk remaja tersebut adalah Infinix Hot 8 dan Realme C2.

Kedua smartphone Infinix Hot 8 dan Realme C2 ini bersaing dalam segmen harga yang sama. Jadi sebelum kalian memutuskan untuk membeli antara kedua smartphone tersebut, Kami sarankan untuk terlebih dahulu membaca perbandingan kami dibawah ini.

Infinix Hot 8 atau Realme C2

Infinix Hot 8

Infinix telah meluncurkan sejumlah ponsel yang terjangkau dalam beberapa bulan terakhir, mengemas fitur-fitur seperti kamera triple belakang, dan beragam fitur canggih lainnya. Baca juga Pilih Mana: Realme C2 atau Oppo A3S?

Penawaran terbaru perusahaan smartphone ini yaitu, Infinix Hot 8 , tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Smartphone ini memiliki desain gradien terbaru pada bagian belakang dan mengadopsi beberapa elemen seri sebelumnya, seperti dilengkapi dengan tiga kamera belakangnya dan dilengkapi dengan prosesor MediaTek entry-level, dan baterai besar.

Infinix Hot 8 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P22 2GHz octa-core. Muncul dengan RAM 4GB. Dan Infinix Hot 8 menjalankan Android Pie dan ditenagai oleh baterai 5000mAh.

Untuk segi kameranya, Infinix Hot 8 di bagian belakang dibekali dengan kamera utama 13 megapiksel dengan aperture f / 1,8 dan kamera 2 megapiksel kedua. Pengaturan kamera belakang memiliki autofokus deteksi fase. dan dilengkapi pula dengan performa kamera 8-megapiksel di bagian depan untuk selfie, dengan aperture f / 2.0.

Kelebihan Infinix Hot 8

  • Dilengkapi dengan tiga kamera untuk mendukung fotografi
    Untuk kelebihan pertama yaitu dari sektor fotografinya, Infinix Hot 8 dilengkapi dengan total empat kamera pada perangkatnya. Pengaturan triple kamera di belakang dengan sebuah kamera depan. Triple kamera Infinix Hot 8 dilengkapi dengan tiga buah sensor, 13MP f/1.8 wide, 2MP depth sensor, dan QVGA lowlight sensor, yang dapat membuat hasil foto lebih memukau.
  • Memiliki kapasitas baterai besar
    Infinix Hot 8 dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh, Dari situs resminya smartphone ini dikabarkan memiliki daya tahan sampai 4 hari (dalam mode stand-by). Dengan baterai berkapasitas ini pastinya dapat melakukan berbagai aktivitas melalui smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar yang satu ini, seperti streaming film, bermain game maupun musik.
  • Dilengkapi dengan layar IPS 6,6 inci yang lebih hemat baterai
    Infinix Hot 8 ini juga dilengkapi dengan layar IPS 6,6 inci yang lebih hemat baterai, karena memiliki resolusi terkecil untuk ponsel masa kini, HD+ (1.600 x 720 piksel). Sebagai informasi bahwa, semakin kecil resolusi maka semakin kecil konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan layar smartphone lho!

Infinix Hot 8 atau Realme C2

Kekurangan Infinix Hot 8

  • Pengisian daya yang masih standar
    Infinix Hot 8 masih menggunakan fitur pengisian yang masih biasa saja untuk baterainya yang besar. Meskipun diklaim fast charging, pengisian daya di Infinix Hot 8 hanya dapat beroperasi hingga 2A  yang dapat mengisi daya sampai 3 jam berdasarkan data Infinix.
  • Resolusi layar masih HD+
    Kekurangan Infinix Hot 8 selanjutnya, terdapat pada sektor layar, di mana masih menggunakan resolusi HD+ sebesar 720 x 1600 piksel. Hal tersebut, dapat berdampak ketika melihat gambar atau video akan terlihat sedikit pecah saat melakukan streaming walau dalam resolusi FullHD 1080p.
  • Tidak dilengkapi dengan perlindungan layar
    Selain itu kekurangan Infinix Hot 8 juga belum dilengkapi dengan pelindung apapun dari segi layarnya, Padahal produsen smartphone yang lain sudah menyertakan pelindung seperti P2i nano coating dan Gorilla Glass.

Realme C2

Realme anak perusahaan dari Oppo, kembali meluncurkan ponsel terbarunya. Bertempat di India, Realme resmi memperkenalkan Realme C2.

Realme C2 merupakan generasi penerus dari salah satu ponsel terlaris, Realme C1. Realme C2 ini merupakan spesifikasi entry-level yang cocok dimiliki untuk para pengguna baru smartphone atau ingin memiliki ponsel kedua dengan spesifikasi yang tidak terlalu rendah.

Dari segi desain, Realme C2 ini ini sama sekali tidak terlihat murahan meskipun harga yang dibandrol sangat terjangkau. Layar Realme C2 ini cukup luas, yaitu memiliki bentang sebesar 6,1 inci. Meski masih IPS LCD, kontras warna dapat ditampilkan dengan baik di ponsel ini. Layar tersebut juga sudah dilindungi Gorilla Glass 3.

Kelebihan Realme C2

  • Memiliki desain modern dan mewah
    Realme C2 hadir dengan desain yang disebut Diamond Cut, yaitu sebuah desain unik yang seperti berlian untuk mematahkan desain tradisional smartphone lainnya. Hal ini lah yang membuat Realme C2 ini terlihat mewah meski dibanderol dengan harga yang cukup murah.
  • Performa yang cukup mengesankan
    Realme C2 telah menggunakan prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core dan dilengkapi dengan kecepatan hingga 2.0GHz. Smartphone Realme C2 ini juga dilengkapi dengan 2GB RAM dengan 16GB ROM atau 3GB RAM dan 32GB ROM yang membuat performanya yang dapat bersaing dengan smartphone terbaru lainnya.
  • Software terkini
    Realme C2 beroperasi dengan Android Pie versi terbaru. Dengan ColorOS 6, Realme C2 merombak banyak perubahan baru dan perbaikan visual dari versi sebelumnya. Dalam hal desain, UI baru menggunakan latar belakang putih dengan warna gradien halus untuk penampilan yang bersih.

Infinix Hot 8 atau Realme C2

Kekurangan Realme C2

  • Material smartpone yang cukup rentan
    Smartphone Realme C2 ini dilengkapi bodi dengan material plastik halus yang membuatnya agak rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan yang tidak disengaja. Jadi, saat menggunakan smartphone ini  harus sangat berhati-hati.
  • Tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari
    Sepertinya saat ini, sudah menjadi kewajiban semua smartphone terbaru memiliki fitur sidik jari agar memudahkan penggunanya. Tetapi, absennya fitur penting ini di Realme C2 adalah sesuatu yang tidak perlu dipermasalahkan mengingat harga jualnya yang murah dan terjangkau. Sebagai gantinya, Realme membekali fitur AI face unlock yang cukup responsif.
  • Resolusi layar yang masih standar
    Resolusi layar Realme C2 yang hanya 720 × 1520 piksel terbilang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru. Hal tersebut akan berdampak kamu tidak dapat menikmati video Full HD di smartphone ini. Namun, resolusi yang ada pada Realme C2 ini juga dapat memberikan pengalaman yang cukup baik.

Infinix Hot 8 vs Realme C2

Spesifikasi Infinix Hot 8 Realme C2
Penyimpanan 64 GB16 GB
Baterai 5000 mAh 4000 mAh
Tampilan 6.52 "(16.56 cm) 6.1 "(15.49 cm)
Slot Sim Dual SIM, GSM + GSM Dual SIM, GSM+GSM, Dual VoLTE
Prosesor Inti octa, 2 GHz, Cortex A53 MediaTek Helio P22
Bobot, Ketebalan, Tinggi 179 gram, 8,7 mm, 165 mm166 gram , 8,5 mm, 154,3 mm

1. Layar
Dari segi layar, Realme C2 menampilkan layar HD + 6,1 inci kecil dengan rasio aspek 19,5: 9. Sedangkan, Smartphone Infinix hadir dengan layar 6,52 inci kekalahan dengan rasio aspek 20: 9 dan kaca 2,5d. Ini memiliki rasio layar terhadap tubuh 90,3 persen. Layarnya beroperasi pada resolusi HD +.

2. Chipset, RAM, Storage
Smartphone Realme C2 dibekali dengan SoC MediaTek Helio P22 SoC. Ini tersedia dalam tiga model, termasuk 2GB + 16GB, 2GB + 32GB, dan 3GB + 32GB. Infinix Hot 8 ditenagai oleh Mediatek Helio P22 SoC. Smartphone ini hanya tersedia dalam RAM 4GB dan konfigurasi penyimpanan 64GB.

Secara terpisah, smartphone Realme C2 lebih unggul, Karena smartphone ini dilengkapi dengan fitur radio FM nirkabel juga. Smartphone ini juga  dilindungi oleh pelapis P2i, artinya tahan teerhadapat percikan air.

3. Kamera
Dari segi kamera, Realme C2 memiliki dua kamera di bagian belakang. Jadi Anda mendapatkan kamera utama 13 megapiksel dengan lensa f / 2.2, dan kamera sekunder 2 megapiksel dengan lensa f / 2.4. Kamera Selfie mermiliki 5 megapiksel yang dapat menghasilkan foto yang yang lebih menawan.

Infinix Hot 8 memiliki pengaturan kamera belakang berjumlah tiga berbasis AI. Ini termasuk sensor utama 13 megapiksel dan sensor sekunder 2 megapiksel. Pengaturan kamera belakang juga dilengkapi sensor cahaya rendah khusus. Pengaturan disertai dengan flash yang dipimpin quad juga. Di bagian depan, ada kamera selfie 8 megapiksel.

Pilih Mana: Infinix Hot 8 atau Realme C2?

Infinix Hot 8 Realme C2
Kelebihan- Dilengkapi dengan tiga kamera untuk mendukung fotografi. - Memiliki kapasitas baterai besar. - Dilengkapi dengan layar IPS 6,6 inci yang lebih hemat baterai. - Memiliki desain modern dan mewah. - Performa yang cukup mengesankan. - Software terkini.
Kekurangan- Pengisian daya yang masih standar. - Resolusi layar masih HD+. - Tidak dilengkapi dengan perlindungan layar. - Material smartpone yang cukup rentan. - Tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. - Resolusi layar yang masih standar.

Kesimpulan 

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai perbandingan dari kedua smartphone Infinix Hot 8 dan Realme C2 bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti pada Infinix Hot 8 yang memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan dilengkapi dengan tiga kamera yang sangat cocok untuk kalian penggemar fotography, Sedangkan Realme C2 memiliki keunggulan yaitu dari segi desain yang menawan serta memiliki software terbaru dan performa yang cukup tangguh.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Infinix Hot 8 vs Realme C2

VS

Leave a Reply