Pilih Mana: Infinix Note 30 atau Xiaomi Redmi Note 12?

Infinix dan Xiaomi Redmi adalah dua merek ponsel yang populer di Indonesia. Keduanya memiliki berbagai keunggulan yang menjadikan produk-produknya sangat diminati oleh para pengguna. Fitur-fitur unggulan seperti harga terjangkau, desain modern, dan kinerja tinggi merupakan alasan utama kenapa Infinix dan Xiaomi Redmi begitu disukai oleh masyarakat Indonesia.

Infinix Note 30 dan Xiaomi Redmi Note 12 merupakan contoh produk dari Infinix dan Xiaomi, kedua ponsel tersebut dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi dan fitur-fitur yang canggih. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kedua ponsel tersebut, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Infinix Note 30

Infinix telah resmi meluncurkan lini ponsel mid-range terbarunya di Indonesia, yakni Infinix Note 30 series yang terdiri dari dua model yakni Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro. Infinix Note 30 hadir dengan desain yang menawan di Indonesia pada 8 Juni 2023. HP ini memiliki tampilan mewah dan elegan. Selain itu, Infinix Note 30 juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan modern yang dapat memanjakan penggunanya.

Berikut spesifikasi Infinix Note 30:

Infinix Note 30 hadir dengan spesifikasi yang mengesankan, mulai dari layar LCD 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz. Dengan tingkat kecerahan mencapai 580 nits, pengguna dapat menikmati visual yang tajam dan jernih. Smartphone ini memiliki dimensi 168,62 x 76,6 x 8,6 mm dan bobot 219 gram, memberikan keseimbangan yang nyaman di tangan. Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99 dan didukung oleh RAM 8 GB serta media penyimpanan internal sebesar 256 GB (dengan tambahan Extended RAM 8 GB), Infinix Note 30 menawarkan performa yang tangguh.

Sektor fotografi pada perangkat ini tidak kalah menarik, dengan kamera depan 16 MP untuk selfie yang jernih. Sementara di bagian belakang, tersedia kamera utama 64 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan kamera QVGA, memastikan pengguna mendapatkan hasil tangkapan yang memukau. Sistem operasinya berjalan pada Android 13 dengan lapisan UI XOS 13, memberikan pengalaman pengguna yang lancar dan responsif.

Dukungan daya baterai pada Infinix Note 30 mencapai 5.000 mAh, dilengkapi dengan fitur fast charging 45 Watt, sehingga pengguna dapat mengisi daya dengan cepat. Fitur pendukung lainnya meliputi Bypass Mode, konektivitas 4G, NFC, pemindai sidik jari samping (side-mounted), tahan air dan debu dengan rating IP53, dual speaker, audio jack 3,5 mm, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, USB Type-C, dan slot microSD. Tersedia dalam pilihan warna Interstellar Blue, Sunset Gold, dan Magic Black, Infinix Note 30 menawarkan kombinasi yang serasi antara desain menawan dan performa tinggi.

Kelebihan Infinix Note 30

Desain yang Menawan

Infinix Note 30 hadir dengan desain yang menawan. Material kaca pada bodi belakangnya memberikan kesan mewah. Modul kamera tanpa island pun menjadi salah satu ciri khas HP ini. Di sisi lain, slot SIM Card dan microSD lengkap dihadirkan di sisi kiri frame HP. Bagian atasnya juga didukung oleh teknologi audio dari JBL. Sementara itu, bagian bawah frame Infinix Note 30 terdiri dari speaker, port USB-C, dan audio jack 3.5 mm. Layar HP ini juga dilengkapi dengan bezel tipis di bagian samping dan atasnya serta satu punch hole untuk kamera selfie di bagian atas layar.

Tahan Terhadap Cipratan Air

HP Infinix Note 30 hadir dengan sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air dan debu. Meskipun demikian, jangan berharap bisa membawa HP ini berenang. Selain itu, layar HP ini juga dilindungi oleh pelindung yang tidak disebutkan lebih detail oleh Infinix.

Layar yang Luas dengan Refresh Rate 120 Hz

Layar Infinix Note 30 memiliki ukuran 6.78 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel). Panel IPS LCD yang dipakai punya tingkat kecerahan hingga 607 nits. Refresh rate-nya juga sudah mencapai 120 Hz, serta mendukung 240 Hz touch sampling rate.

Ketika diuji coba, layar HP ini mampu menjalankan beberapa game dengan baik. Aktivitas scrolling pun terasa mulus dan responsif. Meski demikian, ada beberapa permainan yang tidak dapat berjalan begitu lancar.

Infinix Note 30 juga sudah memiliki sertifikasi Widevine L1 sehingga Anda bisa nonton Netflix dengan kualitas visual yang bagus. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena biasanya HP Rp2 jutaan hanya dibekali refresh rate 90 Hz saja.

Baterai yang Besar dan Dilengkapi Fitur Bypass Charging

Infinix Note 30 Pro hadir dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Tak hanya itu, pengisian daya pun tergolong cepat karena sudah mendukung fast charging 45W. Pihak Infinix menyebutkan jika dari 0% ke 75% dapat dicapai hanya dalam waktu setengah jam atau 30 menit. Selain itu, 5 menit saja sudah cukup untuk membuat HP ini bisa digunakan selama 2 jam untuk bermain game Mobile Legends: Bang Bang.

Tidak hanya itu saja, Infinix juga memberikan teknologi bypass charging dan reverse charging yang membuat umur baterai HP ini awet dan Anda pun tak perlu khawatir lagi akan kondisi ‘kesehatan’ baterai. Bahkan di kotak penjualannya sudah disertakan charger yang siap digunakan untuk mengisi daya HP lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, Infinix Note 30 Pro layak diacungi jempol di sektor baterai.

Performa yang Mantap di Kelasnya

Infinix Note 30 hadir dengan chipset MediaTek Helio G99 yang memiliki delapan inti. Dua core Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam core Cortex A55 (2.0 GHz) bersama dengan pengolah grafis Mali G57-MC2 menjamin performa lancar. Untuk mendukungnya, Infinix menyematkan RAM LPDDR4 8 GB dan RAM virtual 8 GB sehingga Anda dapat menikmati kinerja optimal di HP ini. Selain itu, pengguna juga dapat memilih antara 128 GB atau 256 GB untuk penyimpanan internal serta pasang MicroSD jika masih kurang.

Kombinasi spesifikasi tersebut tentu akan memberikan pengalaman yang lancar bagi para pengguna Infinix Note 30, baik untuk aktivitas ringan seperti media sosial maupun game kasual.

Kamera yang Bagus untuk Kelasnya

Meskipun dianggap sebagai HP gaming, Infinix tak mengabaikan sektor lain. Infinix Note 30 hadir dengan konfigurasi kamera utama yang terdiri dari satu lensa wide 64 MP (f/1.7) dengan PDAF dan lensa depth sensor 2 MP. Selain itu, HP ini juga dilengkapi dengan kamera selfie 16 MP (f/2.0).

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utamanya cukup bagus. Dynamic range-nya luas dan detailnya juga baik meski warnanya cenderung oversaturated. Hasil jepretan dari kamera selfie-nya pun terbilang oke untuk ukuran HP kelas menengah ke bawah ini.

Kekurangan Infinix Note 30

Banyak Bloatware

Infinix Note 30 hadir dengan XOS 13 dan Android 13 yang menawarkan pengalaman pengoperasian yang lancar. Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup menarik, termasuk menu pintasan untuk akses opsi tertentu. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli perangkat ini yaitu bloatware. Jumlahnya cukup banyak dan merupakan salah satu kekurangan dari Infinix Note 30.

Xiaomi Redmi Note 12

Setelah lama dinanti, Xiaomi akhirnya merilis Redmi Note 12 Series pada akhir Maret 2023. Seri ini menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi unggul dengan harga yang masih terjangkau. Salah satu model yang hadir untuk seri kali ini adalah Redmi Note 12 atau Redmi Note 12 4G LTE. HP ini dibekali dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang cukup menarik untuk para Mi Fans di Indonesia.

Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12:

Xiaomi Redmi Note 12 menawarkan spesifikasi yang impresif dengan performa tangguh. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 685 yang dipadukan dengan pilihan RAM 4GB, 6GB, atau 8GB, serta penyimpanan internal 128GB atau 256GB. Dalam hal fotografi, Redmi Note 12 mengandalkan tiga kamera utama yang terdiri dari lensa wide angle 50MP, ultra wide angle 8MP, dan macro 2MP. Meskipun perekaman videonya terbatas pada 1080p@30fps, kamera depan 13MP siap memenuhi kebutuhan selfie dan video call.

Tampilannya tidak kalah menarik dengan layar menggunakan panel AMOLED buatan Samsung berukuran 6,67 inci. Layar tersebut mampu menampilkan resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz, memberikan pengalaman visual yang tajam dan responsif. Dengan kombinasi kamera dan layar yang canggih, tidak heran jika Redmi Note 12 menjadi favorit di pasaran. Harga yang semakin terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menunjang semua fitur tersebut, Xiaomi melengkapi ponsel ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung oleh teknologi fast charging 33W. Dengan klaim dapat mengisi daya 50% dalam waktu hanya 20 menit, Redmi Note 12 menawarkan paket lengkap bagi para pengguna yang menginginkan kinerja, tampilan, dan daya tahan baterai yang optimal.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 12

Desain yang Menarik dan Tahan Cipratan Air serta Debu

Redmi Note 12 hadir dengan tampilan yang lebih sederhana. Modul kamera dan lensa-nya dibuat lebih besar, serta warna modul kameranya disesuaikan dengan warna bodi. Desain bodinya yang datar di bagian luarnya membuatnya terlihat menarik, namun tidak begitu nyaman untuk digenggam. Namun, Redmi Note 12 ini memiliki sudut melengkung di tiap frame-nya sehingga akan sedikit lebih nyaman ketika digenggam. HP ini juga cukup tipis dengan dimensi 165,66 x 75,96 x 7,85 mm dan bobot 183,5 gram. Sertifikasi IP53-nya pun membuat Redmi Note 12 tahan terhadap debu dan cipratan air. Di bagian depannya adalah notch punch hole dengan bezel tipis sebagai tempat kamera selfie-nya.

Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Redmi Note 12 hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang memiliki rasio layar ke bodi 85,3 persen. Resolusinya pun masih Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel. Fitur pendukungnya juga sudah ditingkatkan seperti refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan kecerahan layar puncak hingga 1200 nit, DCI-P3, scratch resistant, hingga perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3.

Kamera yang Oke dan Fitur Ultrawide

Redmi Note 12, sebagai penerus Redmi Note 11, tidak menawarkan banyak peningkatan di sektor kamera. Meski begitu, ia masih membawa tiga kamera di bagian belakang dengan susunan cukup lengkap. Kamera utamanya berukuran 50 MP (f/1.8) dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 dan mampu menghasilkan piksel berukuran 0,64 µm tanpa teknologi OIS. Selain itu, ada juga kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) yang mampu menghasilkan sudut pandang 120 derajat serta kamera makro 2 MP (f/2.4). Sayangnya, Redmi Note 12 hanya dibekali resolusi video 1080p dengan 30 fps dan kamera depan 13 MP (f/2.5). Walaupun demikian, ia masih membawa kelebihan yaitu adanya fitur kamera ultra wide yang jarang dimiliki oleh smartphone lainnya di kelas harga yang sama.

Performa yang Tinggi

Redmi Note 12 4G menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya, Redmi Note 11. Dengan chipset Snapdragon 685 berprosesor octa-core, kinerja yang dihasilkan jauh lebih baik. Prosesor terdiri dari empat core Cortex A73 dengan frekuensi 2,8 GHz untuk performa tinggi dan empat core Cortex A53 dengan frekuensi 1,9 GHz untuk efisiensi energi.

Kemampuan grafisnya juga mengalami peningkatan dengan GPU Adreno 618 yang memungkinkan pengguna untuk bermain game tanpa hambatan. Selain itu, RAM dan penyimpanannya juga lebih besar dibandingkan pendahulunya. Redmi Note 12 4G hadir dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB yang dapat diperluas hingga 512 GB melalui slot microSDXC.

Dilengkapi dengan Berbagai Sensor

Redmi Note 12 memiliki kelengkapan yang cukup baik dari segi sensor dan konektivitas. Sensor gyroscope hardware yang terdapat pada HP ini berfungsi untuk menjaga arah dan navigasi sesuai dengan pergerakan. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang suka bermain game racing atau perang seperti PUBG Mobile, Call Of Duty, dan lainnya. Selain itu, HP ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint, akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas hingga NFC.

Daya Tahan Baterai Oke dan Pengisian yang Cepat

Redmi Note 12 hadir dengan baterai Li-Polymer berkapasitas 5000 mAh yang siap melayani aktivitas sehari-hari Anda tanpa harus khawatir kehabisan daya. Fitur fast charging 33 W juga disematkan untuk memudahkan proses pengisian dayanya hingga 100 persen dalam waktu kurang lebih 60 menit saja. Dengan begitu, Anda dapat merasakan manfaat dari teknologi terbaru ini tanpa harus menunggu lama untuk mengisi ulang HP Anda.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12

Kurang Maksimal untuk Gaming

Meskipun Redmi Note 12 memiliki Snapdragon 685 yang cukup oke untuk multitasking, namun performanya tidaklah optimal jika digunakan untuk main game berat. Terutama Genshin Impact yang bisa menyebabkan ketidakstabilan fps dan pengalaman bermain game kurang maksimal. Oleh karena itu, jika Anda ingin merasakan pengalaman gaming terbaik, lebih baik cari smartphone dengan spesifikasi tinggi agar dapat menjalankan game-game berat dengan lancar tanpa gangguan.

Perbandingan Infinix Note 30 dan Xiaomi Redmi Note 12

Infinix Note 30Xiaomi Redmi Note 12
Kelebihan- Desain yang Menawan
- Tahan Terhadap Cipratan Air
- Layar yang Luas dengan Refresh Rate 120 Hz
- Baterai yang Besar dan Dilengkapi Fitur Bypass Charging
- Performa yang Mantap di Kelasnya
- Kamera yang Bagus untuk Kelasnya
- Desain yang Menarik dan Tahan Cipratan Air serta Debu
- Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz
- Kamera yang Oke dan Fitur Ultrawide
- Performa yang Tinggi
- Dilengkapi dengan Berbagai Sensor
- Daya Tahan Baterai Oke dan Pengisian yang Cepat
Kekurangan- Banyak Bloatware- Kurang Maksimal untuk Gaming
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam memilih antara Infinix Note 30 dan Xiaomi Redmi Note 12, sejumlah faktor perlu dipertimbangkan. Infinix Note 30 menonjol dengan kinerja tinggi berkat prosesor Helio G99 dan kamera belakang 64MP yang menarik. Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 12 menawarkan daya saing dengan chipset Snapdragon 685, layar AMOLED 6,67 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz, dan kamera utama 50MP. Harga yang semakin terjangkau pada Redmi Note 12 juga menjadi pertimbangan penting.Kesimpulannya, pemilihan antara Infinix Note 30 dan Xiaomi Redmi Note 12 tergantung pada prioritas pengguna dan kriteria yang diinginkan dalam sebuah smartphone. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Infinix Note 30 atau Xiaomi Redmi Note 12?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!