LifestyleMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Infused Water atau Jus?

Untuk kamu siapa yang suka mengkonsumsi Infused Water dan Jus, keduanya adalah minuman yang sehat yang dapat membuat kamu lebih segar guys. Nah apakah kamu tahu manfaat dari Infused Water dan Jus? Dan apakah kamu tahu kekurangan dari mengkonsumsi Infused Water dan Jus. nah, disini saya akan membahas mengenai penjelasan pengertian Infused Water dan Jus, manfaat dari keduanya dan juga kekurangan mengenai keduanya.yuk, dibaca ya.

Infused Water

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah. Kamu bisa membuat minuman satu ini sendiri di rumah. Tidak ada buah, sayuran, herbal atau rempah khusus untuk membuat infused water. Pilihan bahan-bahan itu disesuaikan dengan apa yang kamu sukai misalnya menggunakan lemon. Minuman ini akan disimpan dalam sebotol air mineral dan dinginkan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air.

Setelah didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran yang dipakai biasanya akan menjadi lembek. Untuk beberapa orang, bahan-bahan tersebut dibuang karena dirasa kurang enak ketika dimakan. Oleh karena itu, banyak orang menyebut infused water sebagai minuman rasa buah atau minuman sari buah. Lantaran mereka hanya mengkonsumsi air rendaman buah dan sayuran saja. Baca juga Pilih Mana: Kopi Arabika atau Robusta?

Berbagai Manfaat Infused Water

Sarana Detoks dan Trik Memperlancar Metabolisme Tubuh
Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik untuk tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini dapat dihilangkan. Tetapi tidak ada fakta bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu, karena jika benar demikian, tubuh akan sering sakit. Diet atau pola makan detoks belum terbukti secara klinis berguna untuk tubuh.

Anti Penuaan
Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang banyak antioksidan, seperti delima dan stroberi, dikira bisa jadi alat jitu melawan dampak penuaan. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk untuk tubuh. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur- sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water dapat memberikan manfaat lebih dalam anti penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Tetapi jika ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

Menurunkan Berat Badan Menjadi Lebih Ideal
Mengkonsumsi infused water diklaim dapat menurunkan berat badan. Namun belum terdapat riset kedokteran yang meyakinkan klaim itu dengan jelas. Berat tubuh ideal sangat bagus dicapai dengan berolahraga teratur dan pola makan yang sehat. Tetapi memang dengan mengonsumsi lebih banyak air putih atau infused water seseorang dapat merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan bisa dikurangi.

Kekurangan Infused Water

Dapat Membuat Asam Lambung Menjadi Naik
Hal ini terjadi karena infused water yang dicampur dengan potongan lemon memiliki rasa asam yang akan membuat asam lambung terus menjadi parah. Jadi untuk kamu yang telah mempunyai riwayat sakit pada lambung, lebih baik jangan terlalu sering ya.

Erosi Gigi
Lemon yang terdapat didalam infused water mempunyai rasa asam yang akan memunculkan erosi gigi jika terlalu sering dikonsumsi. Akibat dari erosi gigi tersebut, gigi kamu akan menjadi lebih sensitif terutama saat sedang mengkonsumsi makanan panas dan dingin.

Jus

Sari buah atau jus(berasal dari bahasa Inggris juice, tetapi lebih tepatnya fruit juice) merupakan larutan yang ada secara alami dalam buah-buahan. Sari buah populer dikonsumsi manusia sebagai minuman. Biasanya terbuat dengan metode memblender buah-buahan bersama sedikit air dan takaran gula yang sesuai. Banyak jus yang dijual di mall atau pasar swalayan yang siap dikonsumsi seperti di Hypermart.

Berbagai Manfaat Jus

Mengontrol Kelebihan Gula
Jus segar sebagai bagian dari diet seimbang, membantu kamu mengontrol kadar gula. Ketika kamu tetap dengan jus segar diperas yang tidak dikemas, kamu dapat menghindari banyak gula tambahan.

Kaya Antioksidan
Juice yang banyak akan vitamin A, C, dan E berperan sebagai zat antioksidan pada tubuh. Sehingga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Hanya informasi, radikal bebas pada tubuh berasal dari polusi, sinar matahari yang mengganggu dan merokok.

Alternatif Minuman Bernutrisi
Bila dibanding soda dan minuman olahraga, jus lebih banyak memberikan nutrisi pada tubuh. Tidak hanya itu, minuman yang berasal dari sari buah ataupun sayuran ini lebih sehat dibandingkan yang lain.

Pengganti Cairan
Kebanyakan orang lupa untuk penuhi cairan dalam tubuh. Dapat jadi hal itu disebabkan malas minum air putih yang mempunyai rasa tawar. Kamu dapat menggunakan jus untuk menanggulangi hal ini.

Kekurangan Jus

Jus Tidak Mengganti Makanan
Sebagian besar percaya jus adalah salah satu alternatif sehat untuk makanan sehat. Tapi, kebanyakan para ahli sepakat kalau sari pati buah-buahan atau sayuran ini tidak pengganti makanan. Contohnya, jus kangkung, bayam, dan sayuran lainnya hanya menawarkan jumlah protein yang sederhana. Oleh sebab itu, jus tidak sesuai dijadikan sebagai pengganti asupan makanan utama.

Jus Tidak Untuk Membersihkan Racun
Terdapat kesalahpahaman bahwa jus bisa membersihkan racun pada tubuh. Sebenarnya, tubuh tidak membutuhkan jus untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Mengurangi Asupan Serat
Ketika kamu mengganti bentuk buah-buahan atau sayuran dari padat menjadi cair, maka hal itu akan mengurangi jumlah serat terkandung di dalamnya. Sementara itu, serat masih sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan.

Pilih Mana: Infused Water atau Jus?

Infused Water Jus
Kelebihan- Sarana setoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh anti penuaan - Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal- Mengontrol kelebihan gula - Kaya antioksidan - Pengganti cairan
Kekurangan- Dapat membuat asam lambung menjadi naik - Erosi gigi - Jus tidak untuk membersihkan racun - Mengurangi asupan serat

Kesimpulan

Infused Water dan Jus adalah minuman yang sehat yang berasal dari buah-buahan atau sayuran. Tetapi mengenai prosesnya memang berbeda ya jika Infused Water air dari buahan yang dipotong, sementara Jus dari buahan yang dihancurkan menggunakan blender. Keduanya sama memiliki manfaat yang baik seperti penjelasan diatas bahwa banyak manfaat dari keduanya. Tetapi untuk soal diet, banyak beranggapan jika Jus dapat membuat berat badan kamu turun, nah riset tentang itu keliru guys. Yang ampuh untuk kamu menurunkan berat badan dari kedua ini yaitu Infused Water. Nah, sekarang jadi lebih tau ya manfaat dari keduanya. Silahkan konsumsi sesuai kebutuhan kamu guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Infused Water vs Jus

VS

Leave a Reply